≡ Menu

Fotojurnalism

Fotojurnalism adalah salah satu aliran foto yang menjadi prinsip dari wartawan foto / fotojurnalis. Berbeda dengan fotografi secara umum, fotojurnalis berupaya untuk menceritakan sebuah aktifitas. Dalam menjalankan tugas, wartawan foto berusaha tidak mengganggu dan mempengaruhi jalannya acara dengan bersikap hati-hati dan diam-diam.

Hasil foto fotojurnalism dinilai dari berapa jelas dan kuat cerita direpresentasikan dalam bentuk foto. Selain itu fotojurnalism mementingkan untuk menangkap momen puncak.  Beberapa jenis foto yang ditangkap fotojurnalis adalah:

  • Foto Berita umum: Acara sosial, ceramah, kriminal, perang, demonstrasi
  • Foto Fitur: Menangkap kejadian unik yang terjadi sehari-hari
  • Foto Potret: Agak berbeda dengan foto potret umum, fotojurnalis berupaya menangkap aktifitas subjek atau menempatkan subjek dalam lingkungan tertentu sehingga hasil foto lebih memancarkan kepribadian orang tersebut daripada mementingkan sisi keindahan.
  • Foto Olahraga: Meliput kegiatan olahraga.
  • Foto Essay: Rangkaian foto yang memiliki topik tertentu. Misalnya tentang gejolak perlawanan rakyat di Burma.
  • Foto Story: Rangkaian foto yang menceritakan secuil kehidupan seseorang. Misalnya pasien yang berjuang melawan penyakit kanker.

Aliran ini adalah salah satu aliran fotografi tersulit. Karena fotojurnalis dituntut untuk dapat mengambil momen tanpa melakukan instruksi, selain itu momen yang lewat tidak bisa diulang lagi. Fotojurnalis juga dituntut untuk menjunjung kode etik jurnalisme seperti meliput apa adanya tanpa mengubah isi foto melalui manipulasi sehingga dapat mengubah persepsi pembaca foto.

Contoh fotojurnalis terkenal: Robert Capa, wartawan foto perang, Deanne Fitzmaurice, wartawan foto pemenang pulitzer prize dan juga salah satu pendiri perusahan pembuat tas kamera untuk wartawan bernama Think Tank Photo. Dari dalam negeri, ada Oscar Matuloh.

Contoh agensi foto yang sebagian besar fotografernya beraliran fotojurnalis

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs Pulitzer Awards, penghargaan untuk fotojurnalis yang dibagi dalam dua kategori, breaking news dan feature.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • NHK_ June 29, 2013, 7:56 pm

    apakah poin nomor 3 (foto potret) diatas sering juga disebut human interest?

Leave a Comment