≡ Menu

Kamera digital kompak atau kamera Digital SLR

Sering banyak orang menanyakan ke saya, kamera apa yang cocok atau bagus buat dia? Topik ini dikhususkan untuk menjawab pertanyaan ini. Jenis kamera yang akan saya bahas adalah kamera digital.

Saya akan membahas kelebihan dan kekurangan  dua jenis kamera populer, pertama adalah kamera kompak / compact sering disebut juga kamera digital dan kamera digital SLR. (Ada pula kamera jenis lain seperti superzoom, micro 4/3  akan saya singgung secara sekilas).

Ada dua perbedaan utama kamera digital saku dan kamera digital SLR. Perbedaan itu adalah besarnya sensor, dan kemampuan kamera untuk mengubah lensa (interchangeable lens).

Perbedaan Ukuran Sensor
Perbedaan sensor mengakibatkan kualitas gambar DSLR lebih baik terutama dalam merekam warna, dan lebih detil dan lebih bebas “noise” atau bintik2 pada foto di setting ISO tinggi. Oleh sebab itu, kamera DSLR lebih baik dalam merekam foto di kondisi lingkungan yang gelap. Meskipun demikian kemampuan kamera DSLR untuk mengambil gambar yang baik di situasi yang gelap juga tergantung dari bukaan lensa.

Perbedaan sensor juga mengakibatkan kamera digital SLR lebih baik dalam mengatur “depth of field” sehingga lebih mudah membuat latar belakang/depan menjadi kabur (blur atau out of focus). Sensor kecil dalam kamera digital membuat efek ini sulit dicapai.

Kemampuan untuk mengganti lensa
Perbedaan kamera untuk mengganti lensa sangat penting terutama untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan fotografer. Banyak lensa dalam dunia digital SLR yang memiliki karakteristik yang berbeda. Contohnya lensa makro untuk foto benda-benda kecil, lensa fish-eye atau ultra wide untuk menggambil gambar super lebar, lensa telephoto untuk mengambil gambar dari jarak jauh. Dengan mengunakan lensa khusus, maka hasil gambar kamera digital SLR lebih baik dan sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Adapula perbedaan lain yang cukup ketara adalah kualitas dan besarnya badan (bodi) kamera. Kamera dSLR cenderung berukuran jauh lebih besar dari kamera kompak. Hal ini disebabkan karena kamera DSLR memiliki sensor yang lebih besar, memiliki cermin/prisma dan viewfinder sehingga fotografer bisa melihat dan mengkomposisikan gambar secara langsung dari lensa. Selain itu kamera DSLR juga memiliki baterai dalam ukuran yang lebih besar.

Selain itu kamera DSLR secara umum juga memiliki tingkat responsif yang tinggi dalam arti tidak ada jeda saat Anda menekan pemantik potret (shutter) dengan pengambilan gambar. Pengambilan gambar dengan kecepatan tinggi berturut-turut juga lebih baik dengan kamera digital SLR. Rata-rata kamera digital SLR pemula dapat mengambil gambar 3 foto per detik. Dan kamera digital SLR tingkat mahir dapat mengambil gambar antara 5 sampai 10 gambar per detik.

Poin terakhir adalah semua kamera digital SLR memiliki kemampuan untuk mengontrol kamera secara manual.  Belakangan ini, kemampuan ini tidak ekslusif karena hadirnya beberapa kamera digital tingkat mahir yang juga memiliki kemampuan ini.

Keunggulan kamera digital kompak
Meskipun kamera DSLR memiliki banyak keunggulan terutama dalam menghasilkan foto yang lebih baik, kamera kompak memiliki keunggulan sendiri. Keunggulan utama kamera kompak atau sering disebut juga kamera saku adalah ukurannya yang kecil dan juga lebih murah. Kamera kompak biasanya juga memiliki built-in mode makro.

Kamera lainnya
Kamera superzoom adalah kamera yang memiliki jangkauan zoom yang sangat lebar, sehingga Anda dapat mengambil gambar lebar maupun jauh/telephoto. Selain itu kamera superzoom biasanya lebih responsive daripada kamera kompak.

Kamera micro 4/3 (Four-Thirds) adalah kamera inovasi baru. Kamera ini memiliki sifat seperti DSLR seperti memiliki sensor ukuran besar (4-5 kali lebih besar dari kamera kompak) dan kemampuan mengganti lensa, tapi ukurannya lebih  kecil dari kamera DSLR tapi tidak sekecil kamera kompak secara umum. Ukuran ini bisa dicapai karena kamera micro 4/3 tidak memiliki cermin/prisma di dalam badan kamera. Akibatnya, pengguna kamera ini akan melihat viewfinder elektronik bukan secara langsung melalui lensa.

Kesimpulan
Lalu kamera jenis apa yang paling cocok untuk Anda? Tentunya dengan pemahaman Anda setelah membaca karakteristik jenis kamera digital yang ada, Anda dapat menentukan kamera yang paling pas untuk Anda. Hal-hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah anggaran Anda, ukuran dan tentunya kualitas gambar yang diinginkan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 35 comments… add one }
  • Ira April 4, 2018, 3:55 pm

    Halo mas, saya mau tanya. Kamera superzoom = kqmera prosumer nggak? Satu lagi, kamera micro 4/3 = kamera mirrorless nggak? Terimakasih

    • Erwin Mulyadi April 4, 2018, 4:16 pm

      Iya, bisa dibilang ada kesamaan. Superzoom itu yg lensanya bisa tele sekali, misal Nikon P900. Prosumer itu kamera yg lebih canggih dari kamera saku biasa, meski belum tentu punya lensa panjang. Kamera micro 4/3 itu mirrorless, tapi tidak semua yg mirrorless itu pakai micro 4/3 ya.

  • Bagas satria January 17, 2018, 5:56 pm

    Mau bertanya sedikit mas, saya belum terlalu paham dunia fotografi, apakah kamera nikon coolpix L310 termasuk ideal bagi pemula??? Karena dari yg saya baca kamera ini auto tanpa dilengkapi manual, apakah nantinya pemakai kamera ini bakal kesulitan menggunakan mode manual???

    • Enche Tjin January 18, 2018, 4:06 pm

      Kamera ini termasuk kamera superzoom, untuk travel enak karena bisa zoom jauh, tapi kalau untuk menekuni fotografi lebih serius tidak cocok karena tidak bisa ganti lensa dan kualitas gambarnya dibawah kamera mirrorless dan dslr pada umumnya. Coba baca artikel kamera prosumer/superzoom.

  • Abrar March 30, 2017, 8:58 pm

    Mau tanya dong kak, kamera pentax mx-1 itu untuk pemula cocok gak ? kualitasnya gmna, sama masuk ke jenis apa ? makasih

    • Enche Tjin March 31, 2017, 5:44 am

      Kualitasnya termasuk kamera saku, menurut saya sudah jadul di era saat ini, lebih baik kamera ponsel yang bagus.

  • Ginanjar adji pangestu June 25, 2016, 9:33 am

    gan mau tanya , saya kan masih awam banget dalam dunia foto grafi . dan saya ingin menekuni nya , apa yg saya harus beli dahulu untuk blajar kamera digital pocked apa kamera dslr ????

    • Enche Tjin June 25, 2016, 11:35 am

      Kamera DSLR untuk belajar fotografi lebih oke.

  • tiyo September 12, 2014, 10:08 pm

    Om Enche mau tanya lebih bagus mana sony rx100 vs panasonic lx7 ?

  • Tasiyanti January 23, 2014, 10:43 pm

    Om boleh nanyak..
    Gimana sih caranya buat ngedapet hsil pemotretan yang bagus? Apa kah perlu juga dengan kamera yg hrgnya mhl?

    • Enche Tjin January 24, 2014, 5:03 pm

      @Tasiyanti Kamera alat yang penting untuk membuat foto yang bagus, tapi bukan segalanya, yang terpenting adalah teknik dan kreativitas dari fotografernya.

  • sinar December 8, 2013, 10:14 pm

    saya suka dengan video.. apakah nikkon coolpix p520 itu sudah bagus..?

    • Enche Tjin December 10, 2013, 10:39 am

      @sinar Saran saya kamera DSLR, supaya bisa membuat efek sinematik seperti latar belakang blur.

  • dwi kurnia September 20, 2013, 6:10 am

    Klo kamera fuji finepic S4900 Apakah cocok untuk pemula? Kamera dengan dana 2jutaan yg bagus untuk pemula apa ya? ♡̬̩♏•Â•ǩ•Â•Š•Ǐ•Ħ♡̬̩

    • Enche Tjin September 24, 2013, 8:54 pm

      @dwi boleh tapi tanggung sih, kalau ingin serius di fotografi saran saya kamera DSLR/mirrorless bersensor besar

  • Osy June 16, 2013, 8:29 am

    Ane pemula bgt gan ,pgn bljar fotography dgn tingkat ktajaman oke.apa benQ A120 Cocok buat ane?thx gan

    • Enche June 17, 2013, 1:17 pm

      @Osy Kurang sih menurut saya

  • Heru March 6, 2013, 2:18 pm

    Bisa tolong info tentang Finepix HS25/30 EXR dibanding sama nikon D3000?Hanya untuk foto harian (saya suka motret apapun yang menurut saya menarik tapi dana untuk membeli d-SLR kelas menengah belum cukup). Terima kasih.

  • Rayy May 16, 2012, 5:08 am

    boleh minta infonya utk kamera panasonic Lumix G itu msk kategori kamera slr atau compact ya, bagus gak utk saya yg pemula

    • Enche May 16, 2012, 11:34 am

      @Rayy termasuk kategori kamera micro four thirds, bentuknya seperti kamera compact cuma sifatnya mirip kamera DSLR (punya sensor ukuran besar dan bisa ganti lensa)

  • lilik January 31, 2012, 11:01 am

    anak sy study lanjut ke desain komunikasi visual camera apa yg cocok dlm tugas kuliah?

    • Enche February 1, 2012, 7:44 am

      Tergantung dosen dan kurikulumnya, saran saya tanyakan ke dosen fotografinya.

  • rnop September 11, 2011, 5:20 am

    ijib buat blog 🙂

  • mrprop March 9, 2011, 4:41 pm

    Ajib artikelnya mas ..
    Izin jiplak boleh mas ? buat di blog ane .. hehehehe .

  • Dani December 2, 2009, 1:50 am

    salam kenal

    kamera dslr untuk tingkat pemula sebaiknya menggunakan merek apa ? dan fungsi apa saja di pakai untuk tingkat pemula ?

    Thanks

    • Enche December 2, 2009, 1:53 am

      Setiap merek dan model kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya. Fungsi utama untuk dipelajari pemula adalah fungsi manual. Setelah itu bisa, fungsi2 lain menjadi otomatis bisa atau mudah dimengerti.

Leave a Comment