≡ Menu

Memilih merek kamera digital SLR

Tidak seperti membeli barang elektronik lainnya, seperti kamera saku, membeli kamera digital SLR memerlukan pertimbangan ekstra. Sebabnya karena membeli kamera dSLR seperti membeli sistem bukan hanya badan kamera. Sistem ini termasuk kamera, lensa, flash dan aksesoris lainnya.

Karena membeli sebuah sistem, maka bila Anda ingin pindah sistem, Anda akan menemui kendala kompatibilitas dan  biaya. Misalnya, bila Anda memiliki kamera merek Canon, dan ingin pindah ke Nikon, lensa Canon Anda tidak bisa digunakan di kamera Nikon (kecuali memakai adapter khusus. Alhasil, Anda harus menjual sistem Canon sebelum membeli sistem Nikon.

Selain itu, Anda harus belajar lagi mengunakan kamera Nikon karena tiap merek memiliki filosofi desain yang berbeda. Hal-hal tersebut membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih sistem kamera DSLR.

Canon EOS
Canon EOS adalah sistem DSLR yang komplit. Canon memiliki lensa dan kamera berbagai jenis untuk berbagai kebutuhan dari yang hobi fotografi ataupun untuk profesional. Harga kamera juga bervariasi dari sekitar $500 sampai $7000. Sampai saat ini, Canon memiliki koleksi lensa terlengkap dan tercanggih di dunia. Canon berbagi market share dengan Nikon sebesar kurang lebih 38% masing-masing.

Nikon
Nikon memiliki sejarah yang kuat di era kamera film tetapi saat revolusi kamera digital, Nikon agak terlambat dibanding Canon. Canon terlebih dahulu meluncurkan kamera full frame (kamera dengan ukuran sensor seperti ukuran pada kamera film). Tapi dalam tiga tahun terakhir, Nikon berhasil mengejar ketinggalan dengan meluncurkan kamera digital full frame dimulai dari Nikon D3, D700 dan D3X. Nikon juga berhasil mendesain lensa dengan harga murah tapi berkinerja tinggi. Tapi untuk lensa profesional, rata-rata lensa Nikon lebih mahal dari lensa Canon.

Sony
Pendatang baru di dunia DSLR ini menguasai keahlian Konica & Minolta dalam membuat kamera dan optik. Sebagai pendatang baru, Sony sangat ambisius. Selain membeli Konica Minolta, Sony juga bekerjasama dengan perusahaan pembuat lensa ternama, Carl Zeiss. Saat ini kamera digital SLR Sony bisa dibilang agak terbelakang daripada kamera Nikon dan Canon, tapi Sony memiliki kamera full frame yang sangat diminati fotografer profesional dan amatir. Selain itu, Sony dengan gencar meluncurkan lensa-lensa canggihnya untuk berkompetisi dengan Canon dan Nikon. Saat banyak kamera dSLR memiliki fitur video recording, Sony belum memiliki kamera semacam itu, tapi dikabarkan Sony sedang membuat sebuah kamera yang mengintegrasikan video dan kamera lebih baik daripada merek lain.

Olympus
Saat ini Olympus memiliki dua sistem, pertama yaitu kamera digital SLR four thirds (4/3) yang kedua adalah kamera micro four thirds (4/3). Perbedaan kedua sistem ini adalah, micro four thirds tidak memiliki cermin atau prisma layaknya SLR, tetapi memiliki karakteristik lain yang dimiliki kamera DSLR yaitu sensor berukuran relatif besar dan dapat menukar lensa. Sistem micro four thirds lagi “in” sekarang karena ukurannya yang relatif kecil dibandingkan kamera DSLR biasa.

Yang perlu diperhatikan mengenai sistem 4/3 ini adalah rasio ukuran foto. Lain dengan sistem konvensional, foto yang dihasilkan Olympus berasio 4:3 bukan 3:2, sehingga foto terlihat lebih bujur sangkar daripada persegi panjang.

Panasonic
Panasonic bergabung dengan Olympus dalam konsorsoium 4/3. Beberapa kamera Panasonic seperti L1, kurang sukses di pasar, tapi ketika Panasonic membuat kamera micro 4/3, pasar menjadi bergairah kembali, terutama peluncuran Panasonic G1 dan GH1 beserta lensa-lensa baru berukuran kecil dan ringan.

Pentax
Pentax adalah salah satu perusahaan yang terkenal dalam era kamera film / analog, yang dalam transisinya ke digital sempat mengalami krisis sehingga dibeli oleh perusahaan Hoya. Saat pertama kali menggebrak dunia digital, Pentax terkenal sebagai perusahaan yang inovatif dengan peluncuran Pentax k10D yang memiliki teknologi built-in shake reduction, dan weather sealing dengan harga terjangkau. Pentax juga mengembangkan lensa yang dioptimalkan untuk kamera digital SLR yang memiliki harga relatif cukup murah.

Sayangnya Pentax tidak memiliki dan belum berencana mengeluarkan kamera digital full frame (yang sangat ditunggu-tunggu pemakai kamera film tradisional), dan juga koleksi kamera dan lensanya tidak selengkap dan secanggih Canon atau Nikon.

Samsung
Samsung memulai bisnis SLR sejak bekerjasama dengan Pentax untuk pembuatan komponen elektronik dari kamera, selanjutnya, Samsung juga berambisi untuk menguasai bisnis kamera saku, video camera dan dslr. Samsung bekerjasama dengan Scneider dan Pentax dalam pembuatan lensa. Saat ini, Samsung akan meluncurkan sistem baru seperti sistem micro four-thirds yang akan dinamakan Samsung NX.

Fujifilm
Fujifilm pernah berkolaborasi dengan Nikon dan meluncurkan beberapa kamera SLR. Fuji mengunakan sensor buatan sendiri yang pada saat itu termasuk yang disegani karena memiliki dynamic range yang tinggi. Kemampuan ini membuat kamera dSLR Fuji menjadi terkenal dikalangan fotografer pernikahan.

Tapi seiring waktu berjalan, kamera dSLR lain pun telah memiliki kemampuan atau melebihi kekuatan kamera Fuji, sehingga Fuji memutuskan untuk tidak meneruskan untuk merilis kamera dSLR lain. Meskipun demikian, Fuji tetap aktif di dunia digital SLR sebagai pembuat sensor dan komponen lainnya.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 102 comments… add one }

  • kocu September 15, 2011, 11:05 am

    maaf om pemula kebangetan saya mau beli kamera digital yg harganya antara 1 jt – 1,5 jt mana yg bagus antara nikon dan canon, klo nikon type brp dn klo canon type brp om, saya sudah punya sony cybrshot sy lupa typenya harga 1,4 jt tapi hasil cetaknya kurang oke haya tampil layarnya aja yg bagus tlg dong om infonya makasih om

  • Hugo Februari 25, 2012, 10:35 pm

    mau tanya
    Camera fujifilm s2950 bagus gak ?

    • Enche Februari 26, 2012, 1:26 pm

      Kurang tau si Hugo, biasanya kamera semacam itu buat travel.

  • candy Maret 11, 2012, 3:36 am

    apakah benar, kamera digital sony pocket, type W630, dan type tipe yg baru, belakangan ini, tidak begitu bagus dibandingkan SONY, type lama? saya ingin membeli kamera SONY W630, 16 megapixel, penjualnya malah menyarankan merk lain, saya bingung, lalu disodorkan FUJI FINEPIX S2950, tapi saya merasa hasil dari fujifilm kok tidak terlalu bagus ya? bagaimana pendapat anda?

    • Enche Maret 12, 2012, 10:29 pm

      @candy Mestinya ga lebih buruk daripada pendahulunya ya. Kalau soal fuji finepix S2950 kualitas fotonya memang agak kalah dengan yang Sony, tapi zoomnya bisa jauh.

  • ito Maret 27, 2012, 11:06 pm

    pilih mana ya olympus e-520, canon eos 1100D, pentax K R? mohon pencerahan….nuhun

    • Enche Maret 27, 2012, 11:36 pm

      Pilih Canon 1100D. Olympus E-520 sistem four thirds sudah tidak dikembangkan lagi. Pentax Kr secara individual adalah kamera bagus, cuma akan sulit cari lensa, aksesoris dan susah jualnya.

  • vino Juni 1, 2012, 1:00 pm

    bang bagusan mana,,,canon d3100,nikon d5000 kit

    • Enche Juni 1, 2012, 9:17 pm

      @Vino Canon D3100? maksudnya Nikon barangkali?

  • Gery September 1, 2012, 8:46 am

    salam kenal mas Enche, saya mau beli kamera nih, merek mana sih yang bagus anggarannya 5 jt. tolong yah mas. tks

    • Enche September 3, 2012, 12:04 am

      @Gery Nikon D3100?

  • iwan September 18, 2012, 3:52 pm

    Salam kenal Pak Enche, saya lagi cari kamera untuk kebutuhan foto objek dengan jarak targetnya diatas 70 meter, tapi dengan hasil gambar seperti diambil dari jarak dekat, mohon rekomendasinya harus beli kamera merk dan jenis/type apa, serta lensanya yg type apa. Tks

    • Enche September 19, 2012, 8:43 am

      @iwan mungkin lebih baik cari kamera superzoom seperti FUJI HS30EXR

  • iwan September 23, 2012, 11:08 am

    Terimakasih Pak Enche, kebetulan saya sudah punya kamera superzoom FUJI HS30EXR, jangkauan zoom maksimal hanya 30 meter, jadi masih kurang jauh jangkauannya.
    Saya coba browsing mau coba Nikon D700 dan lensa Nikon AF-S 500mm f/4G ED AS-F VR, apakah spek itu dapat mencukupi kebutuhan saya, kamera ini nantinya dipakai juga untuk inspeksi puncak tower antena tanpa memanjatnya, sehingga harus bisa memotret mur-baut yang ada di atas. Tks

  • iruka Agustus 8, 2013, 9:11 pm

    om enche,
    secara objektif, om lebih prefer ke Canoo, Nikon atau Fujifim?

    • Enche Tjin Agustus 10, 2013, 10:52 pm

      @iruka Namanya pendapat, ya gak akan objektif. Masing2 ada kelebihan masing2 dan saya sih gak masalah pakai yang mana saja. Tapi terus terang, merek kamera yang benar2 saya sukai adalah Ricoh he he he

  • ekha Desember 25, 2013, 1:13 am

    Ka mau tanya nih lebih mantepan mana nikon p520 sama canon D1100 ?

    • Enche Tjin Desember 25, 2013, 3:07 pm

      @ekha tergantung fitur apa yang penting. P520 bisa zoom jauh, kualitas gambar dibawah 1100D, dan gak bisa ganti lensa. Baca plus minus prosumer.

  • viska juniarti Maret 5, 2014, 9:42 pm

    Ka mendingan canon 1100D atau nikon d3100 ? Terus cepat rusak mana?

Leave a Comment