≑ Menu

Memilih merek kamera digital SLR

Tidak seperti membeli barang elektronik lainnya, seperti kamera saku, membeli kamera digital SLR memerlukan pertimbangan ekstra. Sebabnya karena membeli kamera dSLR seperti membeli sistem bukan hanya badan kamera. Sistem ini termasuk kamera, lensa, flash dan aksesoris lainnya.

Karena membeli sebuah sistem, maka bila Anda ingin pindah sistem, Anda akan menemui kendala kompatibilitas danΒ  biaya. Misalnya, bila Anda memiliki kamera merek Canon, dan ingin pindah ke Nikon, lensa Canon Anda tidak bisa digunakan di kamera Nikon (kecuali memakai adapter khusus. Alhasil, Anda harus menjual sistem Canon sebelum membeli sistem Nikon.

Selain itu, Anda harus belajar lagi mengunakan kamera Nikon karena tiap merek memiliki filosofi desain yang berbeda. Hal-hal tersebut membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih sistem kamera DSLR.

Canon EOS
Canon EOS adalah sistem DSLR yang komplit. Canon memiliki lensa dan kamera berbagai jenis untuk berbagai kebutuhan dari yang hobi fotografi ataupun untuk profesional. Harga kamera juga bervariasi dari sekitar $500 sampai $7000. Sampai saat ini, Canon memiliki koleksi lensa terlengkap dan tercanggih di dunia. Canon berbagi market share dengan Nikon sebesar kurang lebih 38% masing-masing.

Nikon
Nikon memiliki sejarah yang kuat di era kamera film tetapi saat revolusi kamera digital, Nikon agak terlambat dibanding Canon. Canon terlebih dahulu meluncurkan kamera full frame (kamera dengan ukuran sensor seperti ukuran pada kamera film). Tapi dalam tiga tahun terakhir, Nikon berhasil mengejar ketinggalan dengan meluncurkan kamera digital full frame dimulai dari Nikon D3, D700 dan D3X. Nikon juga berhasil mendesain lensa dengan harga murah tapi berkinerja tinggi. Tapi untuk lensa profesional, rata-rata lensa Nikon lebih mahal dari lensa Canon.

Sony
Pendatang baru di dunia DSLR ini menguasai keahlian Konica & Minolta dalam membuat kamera dan optik. Sebagai pendatang baru, Sony sangat ambisius. Selain membeli Konica Minolta, Sony juga bekerjasama dengan perusahaan pembuat lensa ternama, Carl Zeiss. Saat ini kamera digital SLR Sony bisa dibilang agak terbelakang daripada kamera Nikon dan Canon, tapi Sony memiliki kamera full frame yang sangat diminati fotografer profesional dan amatir. Selain itu, Sony dengan gencar meluncurkan lensa-lensa canggihnya untuk berkompetisi dengan Canon dan Nikon. Saat banyak kamera dSLR memiliki fitur video recording, Sony belum memiliki kamera semacam itu, tapi dikabarkan Sony sedang membuat sebuah kamera yang mengintegrasikan video dan kamera lebih baik daripada merek lain.

Olympus
Saat ini Olympus memiliki dua sistem, pertama yaitu kamera digital SLR four thirds (4/3) yang kedua adalah kamera micro four thirds (4/3). Perbedaan kedua sistem ini adalah, micro four thirds tidak memiliki cermin atau prisma layaknya SLR, tetapi memiliki karakteristik lain yang dimiliki kamera DSLR yaitu sensor berukuran relatif besar dan dapat menukar lensa. Sistem micro four thirds lagi “in” sekarang karena ukurannya yang relatif kecil dibandingkan kamera DSLR biasa.

Yang perlu diperhatikan mengenai sistem 4/3 ini adalah rasio ukuran foto. Lain dengan sistem konvensional, foto yang dihasilkan Olympus berasio 4:3 bukan 3:2, sehingga foto terlihat lebih bujur sangkar daripada persegi panjang.

Panasonic
Panasonic bergabung dengan Olympus dalam konsorsoium 4/3. Beberapa kamera Panasonic seperti L1, kurang sukses di pasar, tapi ketika Panasonic membuat kamera micro 4/3, pasar menjadi bergairah kembali, terutama peluncuran Panasonic G1 dan GH1 beserta lensa-lensa baru berukuran kecil dan ringan.

Pentax
Pentax adalah salah satu perusahaan yang terkenal dalam era kamera film / analog, yang dalam transisinya ke digital sempat mengalami krisis sehingga dibeli oleh perusahaan Hoya. Saat pertama kali menggebrak dunia digital, Pentax terkenal sebagai perusahaan yang inovatif dengan peluncuran Pentax k10D yang memiliki teknologi built-in shake reduction, dan weather sealing dengan harga terjangkau. Pentax juga mengembangkan lensa yang dioptimalkan untuk kamera digital SLR yang memiliki harga relatif cukup murah.

Sayangnya Pentax tidak memiliki dan belum berencana mengeluarkan kamera digital full frame (yang sangat ditunggu-tunggu pemakai kamera film tradisional), dan juga koleksi kamera dan lensanya tidak selengkap dan secanggih Canon atau Nikon.

Samsung
Samsung memulai bisnis SLR sejak bekerjasama dengan Pentax untuk pembuatan komponen elektronik dari kamera, selanjutnya, Samsung juga berambisi untuk menguasai bisnis kamera saku, video camera dan dslr. Samsung bekerjasama dengan Scneider dan Pentax dalam pembuatan lensa. Saat ini, Samsung akan meluncurkan sistem baru seperti sistem micro four-thirds yang akan dinamakan Samsung NX.

Fujifilm
Fujifilm pernah berkolaborasi dengan Nikon dan meluncurkan beberapa kamera SLR. Fuji mengunakan sensor buatan sendiri yang pada saat itu termasuk yang disegani karena memiliki dynamic range yang tinggi. Kemampuan ini membuat kamera dSLR Fuji menjadi terkenal dikalangan fotografer pernikahan.

Tapi seiring waktu berjalan, kamera dSLR lain pun telah memiliki kemampuan atau melebihi kekuatan kamera Fuji, sehingga Fuji memutuskan untuk tidak meneruskan untuk merilis kamera dSLR lain. Meskipun demikian, Fuji tetap aktif di dunia digital SLR sebagai pembuat sensor dan komponen lainnya.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 112 comments… add one }
  • Tommy August 16, 2015, 9:02 pm

    Ko entje,mau tnya
    sya rncna mau beli kamera mirrorless shrga kisaran 8jtaan
    saya masih pemula di ftografi
    plihan sya antara fujifilm xm1 atau sony a5100
    kira” mna yg lbih bgus ko
    atau ko bisa saran kmera lain.mohon bntuanya ko
    Kamsiaa

    • Enche Tjin August 19, 2015, 5:57 am

      Banyak kelebihan Sony A5100 kalau kita lihat fiturnya, antara lain layar LCD bisa ditekuk ke atas, autofokus lebih cepat, layar touchscreen. Kelemahan A5100 tidak punya hotshoe untuk memasang flash (A5100 punya flash kecil dibagian atas kamera).

  • oryza January 28, 2015, 10:04 am

    om, kalau saya mau beli kamera prosumer fujifilm yang s4800 dibandingkan dengan canon Powershot SX170 mending yang mana ya om? karna saya mencari prosumer yang memiliki mode PSAM namun harga kisaran 2 juta saja. terima kasih masukkannya om πŸ™‚

    • Enche Tjin January 28, 2015, 10:09 am

      Bagus yang Fuji terutama dalam hal kemampuan zoomnya, cuma dua kali lebih berat dari yang Canon.

      • oryza January 28, 2015, 10:17 am

        terima kasih om, tapi om katanya kalau service fujifilm susah dicari karna jarang pemakai benar ya om?

  • Nando January 22, 2015, 7:04 pm

    Salam om enche..
    Sy masih bingung untuk satu hal ini sejak dulu mungkin bs diluruskan oleh om enche.
    Pertanyaannya : apa yg membuat Raw (DNG) pada kamera ( Brand ) tertentu menjadi lebih dan menjadi salah satu penentu orang memilih atau mengganti merk kameranya, selain bit tentunya.

    Thanks Sukses selalu om Enche…

    • Enche Tjin January 22, 2015, 7:41 pm

      Format RAW saja dan bit tentunya bukan satu-satunya faktor. Tapi banyak faktor lainnya seperti resolusi pixel, kemampuan low light/iso tinggi, dynamic range dan yang gak kalah penting koleksi lensa dan aksesorisnya.

  • serly June 3, 2014, 10:49 pm

    Pemula bnr nie pak,,,,mau nnya kamera canon yg harg 2jt type ya apa kira2 pak,?
    Mohon masukan nya pak,terimksh

  • Hamid April 29, 2014, 11:34 am

    Pak bisa nanya untuk kamera canon 600D dengan Nikon 5200 Yang mana lebih bagus dan kalau lensa tele canon mana yg lebih bagus dibanding lensa tele Nikon..Mohon penjelasannya

    • Enche Tjin April 30, 2014, 1:09 pm

      Secara umum Nikon D5200 lebih bagus. Kalau lensa telefoto banyak sekali ragamnya, tergantung harganya berapa. Jika dibandingkan, sebagian besar lensa Nikon lebih baik, tapi lebih mahal juga tentunya.

  • viska juniarti March 5, 2014, 9:42 pm

    Ka mendingan canon 1100D atau nikon d3100 ? Terus cepat rusak mana?

  • ekha December 25, 2013, 1:13 am

    Ka mau tanya nih lebih mantepan mana nikon p520 sama canon D1100 ?

    • Enche Tjin December 25, 2013, 3:07 pm

      @ekha tergantung fitur apa yang penting. P520 bisa zoom jauh, kualitas gambar dibawah 1100D, dan gak bisa ganti lensa. Baca plus minus prosumer.

  • iruka August 8, 2013, 9:11 pm

    om enche,
    secara objektif, om lebih prefer ke Canoo, Nikon atau Fujifim?

    • Enche Tjin August 10, 2013, 10:52 pm

      @iruka Namanya pendapat, ya gak akan objektif. Masing2 ada kelebihan masing2 dan saya sih gak masalah pakai yang mana saja. Tapi terus terang, merek kamera yang benar2 saya sukai adalah Ricoh he he he

  • iwan September 23, 2012, 11:08 am

    Terimakasih Pak Enche, kebetulan saya sudah punya kamera superzoom FUJI HS30EXR, jangkauan zoom maksimal hanya 30 meter, jadi masih kurang jauh jangkauannya.
    Saya coba browsing mau coba Nikon D700 dan lensa Nikon AF-S 500mm f/4G ED AS-F VR, apakah spek itu dapat mencukupi kebutuhan saya, kamera ini nantinya dipakai juga untuk inspeksi puncak tower antena tanpa memanjatnya, sehingga harus bisa memotret mur-baut yang ada di atas. Tks

  • iwan September 18, 2012, 3:52 pm

    Salam kenal Pak Enche, saya lagi cari kamera untuk kebutuhan foto objek dengan jarak targetnya diatas 70 meter, tapi dengan hasil gambar seperti diambil dari jarak dekat, mohon rekomendasinya harus beli kamera merk dan jenis/type apa, serta lensanya yg type apa. Tks

    • Enche September 19, 2012, 8:43 am

      @iwan mungkin lebih baik cari kamera superzoom seperti FUJI HS30EXR

  • Gery September 1, 2012, 8:46 am

    salam kenal mas Enche, saya mau beli kamera nih, merek mana sih yang bagus anggarannya 5 jt. tolong yah mas. tks

    • Enche September 3, 2012, 12:04 am

      @Gery Nikon D3100?

  • vino June 1, 2012, 1:00 pm

    bang bagusan mana,,,canon d3100,nikon d5000 kit

    • Enche June 1, 2012, 9:17 pm

      @Vino Canon D3100? maksudnya Nikon barangkali?

  • ito March 27, 2012, 11:06 pm

    pilih mana ya olympus e-520, canon eos 1100D, pentax K R? mohon pencerahan….nuhun

    • Enche March 27, 2012, 11:36 pm

      Pilih Canon 1100D. Olympus E-520 sistem four thirds sudah tidak dikembangkan lagi. Pentax Kr secara individual adalah kamera bagus, cuma akan sulit cari lensa, aksesoris dan susah jualnya.

  • candy March 11, 2012, 3:36 am

    apakah benar, kamera digital sony pocket, type W630, dan type tipe yg baru, belakangan ini, tidak begitu bagus dibandingkan SONY, type lama? saya ingin membeli kamera SONY W630, 16 megapixel, penjualnya malah menyarankan merk lain, saya bingung, lalu disodorkan FUJI FINEPIX S2950, tapi saya merasa hasil dari fujifilm kok tidak terlalu bagus ya? bagaimana pendapat anda?

    • Enche March 12, 2012, 10:29 pm

      @candy Mestinya ga lebih buruk daripada pendahulunya ya. Kalau soal fuji finepix S2950 kualitas fotonya memang agak kalah dengan yang Sony, tapi zoomnya bisa jauh.

  • Hugo February 25, 2012, 10:35 pm

    mau tanya
    Camera fujifilm s2950 bagus gak ?

    • Enche February 26, 2012, 1:26 pm

      Kurang tau si Hugo, biasanya kamera semacam itu buat travel.

  • kocu September 15, 2011, 11:05 am

    maaf om pemula kebangetan saya mau beli kamera digital yg harganya antara 1 jt – 1,5 jt mana yg bagus antara nikon dan canon, klo nikon type brp dn klo canon type brp om, saya sudah punya sony cybrshot sy lupa typenya harga 1,4 jt tapi hasil cetaknya kurang oke haya tampil layarnya aja yg bagus tlg dong om infonya makasih om

  • doetsz July 16, 2011, 9:15 pm

    Makasih sarannya Koh Enche
    Ada rekomendasi toko kamera yang terpercaya ? Soalnya gak bisa nawar dan supaya dapat yang bagus

  • doetsz July 16, 2011, 12:14 am

    Koh Enche
    Saya pemula banget nich, baru akan menekuni fotografi
    Penginnya beli yg sekelas Nikon D700 (full frame dan AF ya?)
    Termasuk lensa2nya yg bagus (saya seneng out-dor)
    Anggaran 50jt
    Tolong minta saran2 nya
    Trims

    • Enche July 16, 2011, 7:39 am

      Untuk memulai saya sarankan D700 dengan lensa Nikon 24-120 F/4 VR untuk multifungsi dan Sigma 85mm f/1.4 EX HSM untuk potret kalau ada sisa bisa untuk lensa telefoto 70-300mm VR atau lebar 16-35mm f/4 VR.

  • ario June 19, 2011, 2:56 pm

    Sy baru rencana beli sesuai budget EOS 550/600D atau Nikon D90..

    Tp saya baru mulai belajar camera manakah yg lebih baik , sebelumnya pernah dijawab Mas Enche bahwa utk outdoor Nikon D90 lebih baik, krn saya suka landscape, scenic dan model utk outdoor.

    Saya liat utk handling enak D90 dibanding 600D, dan body lebh bgs D90, tp masalahnya Nikon D90 sdh Made In Thailand sementara 600D msh buatan Jepang

    Mohon info nya

  • boedie June 17, 2011, 11:05 am

    salam kenal om enche… klo menurut om enche fuji finefix hs 10 bagaimana om?? untuk pemula ok ga??

    • Enche June 17, 2011, 11:19 am

      Bisa mulai dari sana untuk pemula karena punya fitur manualnya. Kalau saya lebih rekomendasikan kamera seperti Canon G12, Panasonic LX5 dan kamera saku canggih lainnya, karena kualitas sensor dan lensanya lebih baik = hasil lebih baik. Namun zoomnya memang ga sebaik Finepix.

  • rahmawan May 1, 2011, 11:59 am

    Tanya lgi ni bang…DSLR yg buat pemula banget,budget 3-4 jta ada gak?Klo ada,apa aja..trs,kelebihan & kekuranganx apa aja?Thanks infonya…

  • rahmawan May 1, 2011, 11:29 am

    Bang Enche.. Fujifilm Finepix s1800 tu termasuk DSLR apa bukan? Maaf..pemula banget nih..

    • Enche May 1, 2011, 11:34 am

      Gak, Fuji udah ga bikin kamera DSLR lagi

  • yo March 16, 2011, 7:21 am

    Bang Enche, dilihat dari sisi kualitas kamera tanpa memperhitungkan video, bagusan mana Nikon D7000 atau Canon 7D ?

    • Enche March 16, 2011, 7:29 am

      Kualitas Canon 7D lebih baik dari Nikon D7000 di beberapa sisi, terutama kualitas bodi kamera, handling and control+interface dan kecepatan tembak continue & tentunya format perekaman video yang lebih baik (tidak diitung hehe).

  • beralarmoteret December 5, 2010, 6:06 am

    buat sapa aja yang udah senior mohon bantuanya…
    saya bingung milih nieh bagusan mana ya…
    DSLR Sony Alpha a200
    canon 400d
    kondisi sama 2nd….

    • Enche December 6, 2010, 12:55 am

      Mirip-mirip sih dari spesifikasinya, tapi sepertinya Sony A200 lebih enak di pegang ya (feeling aja) dan juga ada built-in stabilization. Lalu juga harus diperhatikan ekosistem lensa2nya dan servisnya. Kalau di Indonesia tampaknya Canon lebih gampang cari aksesoris atau lensa baru/bekas daripada Sony.

  • zabine December 3, 2010, 10:54 pm

    om mau tanya neh dari segi merk bagusan mana Nikon sm FujiFilm? saya mau beli camdig neh merk Nikon seri CoolPix S1000PJ dengan FujiFilm FinePix S1800?

    Terimakasih om ditunggu reviewnya

    • Enche December 5, 2010, 1:03 am

      Tergantung modelnya sih, Nikon S1000PJ itu spesialisasinya di projektor dan kecil ukurannya, sedangkan kamera fuji S1800 itu spesialisasinya lebih ke jangkauan zoom yang jauh, dan kameranya agak besar.

  • Kustiyanto September 27, 2010, 12:13 am

    Bung Enche, saya tertarik dengan kamera Nikon D7000, sebaiknya beli kamera BO + lensa tambahan atau paket kamera + lensa Kit?
    Tks Bung.

    • Enche September 28, 2010, 6:32 am

      Tergantung anggaran si, kalau pas-pasan ambil aja kitnya, 18-105mm.

  • Wildan September 20, 2010, 9:11 am

    Salam kenal Om enche,,
    saya bner2 pemula di dunia fotografi,,tp klo beli kamera pemula kayanya tanggung, saya ingin beli kamera kelas menengah ke atas, tp msih bingung antara canon 7D/60D atau nikon D300 mohon sarannya om, lensanya jg cocoknya apa??
    Trimaksih om,,:)

    • Enche September 20, 2010, 9:56 am

      Dari kamera yang disebutkan diatas, yg paling bagus Canon 7D, cuma memang agak berat dan paling mahal. 60D lebih ringan dan sedikit lebih kedil dengan LCD putar, lumayan bagus. Lalu Nikon D7000, kamera yang baru diluncurkan juga layak di intip, karena ukurannya yang relatif kecil namun kemampuannya lumayan dashyat.

  • diandra June 26, 2010, 5:10 pm

    bang enche,di photorumor sudah mulai release canon 2000d dan canon 60d.specs,compare dan harga,yaa…thanks,bang.

  • hanung June 20, 2010, 5:29 pm

    Enche aq mw tanya…untuk kamera SLR merk fujifilm Finepix S700 apakah sdh bagus untuk yg hobinya poto2 pemandangan…thx

    • Enche June 20, 2010, 8:41 pm

      Cukup baik mas, cuma kalau foto ditempat temaram, seperti matahari terbenam, pengunaan tripod menjadi sangat penting.

  • ridwan bin judin June 1, 2010, 1:22 am

    enche hasil jepretan nikon d90 dengan nikon d5000 ada g?mungkin dr ktajaman foto..scara mereka menggunakan sensor yang sama,,hanya saja nikon d90 920.000 piksel..lalu bisa gak dslr untuk jepret tanpa pake lensa.?thanks

    • Enche June 1, 2010, 1:42 am

      Setau gue ga bisa ga pake lensa.

  • ari May 27, 2010, 6:45 am

    salam kenal mas…situs yang luar biasa membantu..
    saya pemula sudah membaca situs ini bolak-balik untuk lebih memahami teori dari fotografi…sekarang pengen praktek, jadi pengen beli kamera dslr…dengan anggaran 7jt kira-kira kamera apa yang cocok?saya sudah mengincar canon 500d…bagaimana menurut pendapat mas enche?
    terima kasih

  • oliv May 4, 2010, 7:50 am

    mas..foto2 yg d portofolio hsil editan atw tanpa editing,,murni hsil foto aj??
    abis’a keren2 smua,,

    • Enche May 4, 2010, 9:29 am

      Sebagian besar tanpa edit.

  • guest March 21, 2010, 8:53 am

    mas mau nanya,saya mulai tertarik dgn dunia photografer tapi saya gak th kamera merk ap yg memiliki fasilitas bagus dan harga terjangkau untuk mulai belajar photografer,minta sarannya dan info terupdate untuk harga kamera,thnx.

    • Enche March 21, 2010, 9:12 am

      Harga kamera berubah-ubah saya sarankan untuk mengecek di toko kamera secara langsung. Sebelum membeli saran, saya perlu tau anggaran yang disiapkan untuk membeli kamera.

  • evelyne March 15, 2010, 12:36 pm

    mas,tanya donk.. saya mau cari kamera digital yang ada micro nya (bisa foto dengan jelas KTP atau kartu kredit) tidak blur dan pecah gambarnya.. saya juga masih pemula, terima kasih banyak yaa..

    • Enche March 15, 2010, 12:40 pm

      Ini mungkin lebih karena masalah teknis daripada jenis kameranya. Kamera saku misalnya, rata2 bisa mengambil foto KTP / kartu kredit dengan jelas. Saya sarankan untuk mengunakan tripod dan belajar teknik penggunaan kamera.

  • andin February 27, 2010, 11:22 am

    bedanya kamera slr sama dslr itu apa, ya?
    secara kualitas bagus mana? kalau untuk pemula enaknya beli yang mana, ya?
    thx πŸ™‚

    • Enche February 27, 2010, 12:02 pm

      bedanya slr = pakai film, digital slr (DSLR) pakai file. Pemula saya sarankan beli dslr.

  • QONE February 16, 2010, 7:49 am

    tlong kash tau mending sony a550/eos 500d?……
    kelebihan dan kekurangnnya?….

    • Enche February 16, 2010, 8:46 am

      Sony A550, kelebihannya kontrol kamera, kecepatan pengambilan gambar, kualitas sensor/foto, built-in stabilization. Kekurangannya, tidak bisa rekam video.

  • christin February 16, 2010, 5:02 am

    mas, apakah lensa nikon AF Nikkor 70-300 cocok utk nikon D3000 saya?
    kalau mmg lensa autofokus, kenapa tidak ada fitur utk setting
    manual/autofokus di lensa Nikkor itu ya? terima kasih.

    • Enche February 16, 2010, 8:44 am

      Tidak cocok karena tidak bisa Auto Fokus di D3000

  • andry February 4, 2010, 3:16 am

    wah.. terima kasih mas…

  • andry February 1, 2010, 5:03 am

    mas sarankan kamera ku d3000 tapi puyeng alias pusing pilih lensanya…
    sebaiknya bagaimana melihat lensa yang cocok dengan kamera aku??

    ada tawaran datang nikon 50mm f/1.8d, bisa???

    • Enche February 1, 2010, 5:34 am

      50mm f/1.8 bisa dipasang di Nikon D3000, tapi tidak bisa auto focus.

      Untuk melihat lensa apa saja yang cocok dan saya rekomendasikan untuk Nikon D3000, bisa kunjungi halaman dibawah ini:

      Recommended lenses for Nikon D3000

  • sasa January 27, 2010, 8:56 am

    mas, kalau aku mau beli kamera dslr yang harganya sekitar 5 juta an, tapi aku bingung mau beli kamera apa . . tolong sarannya donk .
    aku penggennya beli nikon , tp masi bingung .
    dengan fitur yang memuaskan sebagai pemula . thx πŸ™‚

    • Enche January 27, 2010, 9:29 am

      Saran saya Canon 1000D atau kalau ada tambahan uang, Pentax kx

  • syahfitri kartika lidya January 25, 2010, 6:31 am

    Mas saya mau tanya, camera yg bisa digunakan untuk pemula dan dan bisa digunakan untuk profesional,
    slr canon tipe apa ya mas ? Dengan budget saya kurang lebih 10 juta, takut salah beli mas hehhe tolong konfirmasi nya ya

    • Enche January 25, 2010, 6:37 am

      Untuk keperluan professional Canon 40D cukup baik. Tapi memang agak rumit untuk pemula. Kalau ada waktu untuk belajar dan punya guru yang baik, mestinya gak masalah.

  • Johannes B Wibisono January 13, 2010, 1:23 pm

    Mohon saran para mas mas,..karena saya pemula dengan budget yg pas pasan,..agak bingung memilih antara nikon d90 dan sony alpha 380,….mana yang lebih bagus dan mudah dipelajari….
    Apakah lensa lensa sony memagg benar2/ mahal??

    • Enche January 13, 2010, 1:58 pm

      Nikon D90 adalah kamera yang lebih baik dari kamera pemula, namun masih cukup mudah dipelajari dan digunakan. Secara umum lensa Sony memang lebih mahal dari lensa Canon, tapi semua lensa Sony akan mendapatkan keuntungan built-in body image stabilization dari kamera, sedangkan lensa Canon ada yang tidak memiliki fasilitas ini.

  • redloco December 8, 2009, 12:23 am

    Saya sngat terbantu sekali dgn ulasan2 di infofotografi ini,
    saya ingin mmbeli kamera dslr dan tertarik dgn nikon D90,
    Apakah sdh cukup baik utk seorang pemula spt saya.
    Note: sy pakai hnya utk hobi saja (bkn utk profesional) nntinya
    Thx utk pencerahannya mas,

    • Enche December 8, 2009, 12:28 am

      Nikon D90 cukup baik untuk pemula ataupun serius. Salah satu kamera favorit saya karena bisa dipakai untuk serius dan santai. πŸ™‚

  • s4fr1 December 6, 2009, 8:14 am

    Saya pengen beli kamera DSLR , mohon sarannya dan kelebihan (termasuk harganya) antara Nikon D5000, Canon EOS 500D dan Sony A380 (atau A350).
    Terima kasih

    • Enche December 6, 2009, 5:01 pm

      Untuk harga tiap daerah mungkin lain lain, jadi sebaiknya hubungi toko kamera di kota Anda.

      Untuk kamera, perbedaan kualitas gambar cukup sedikit, yang beda antara lain:

      Nikon D5000 dan Canon 500D ada fitur untuk merekam video, Sony A380 tidak ada
      Nikon D5000 dan Sony A380 LCD nya bisa diputar, Canon tidak bisa cuma resolusi layar LCD lebih baik.
      Sony A380 punya fitur image stabilization built-in, jadi lensa apa yang dipasang memiliki fasilitas IS.
      Sony A380 punya sensor kedua, sehingga auto fokus ketika mengaktifkan live view(mengunakan layar LCD untuk mengkomposisikan foto lebih cepat.

      dan tentu masih ada perbedaan2 kecil lainnya, untuk lebih jelasnya bisa cek di website perusahaan kamera masing-masing.

  • andra December 4, 2009, 12:24 pm

    antara Nikon D3000 ato canon EOS 500d,,, bagus mana ya?

    • Enche December 4, 2009, 3:45 pm

      Canon 500D

  • nur haris November 29, 2009, 12:30 am

    menurut anda pilih mana d3000 atau canon 1000d yang cocok ntuk pemula,dan tidak mudah rusak,terus apa kedua kamera itu ada auto fokusnya semua?n baterainya tahan lama mana?mohon pencerahan..terimakasih..salam..

    • Enche November 29, 2009, 2:34 am

      Nikon D3000 mungkin lebih cocok untuk pemula karena ada “guide mode” yang berfungsi untuk memberikan informasi dasar fotografi ke pemula. Kualitas foto terutama di siang hari juga sedikit lebih baik. Tapi D3000 tidak memiliki auto fokus motor di badan kamera. Akibatnya hanya kompatibel dengan lensa Nikon yang memiliki motor fokus. Nikon D3000 juga tidak memiliki live view, sehingga Anda cuma bisa mengkomposisi gambar memakai jendela bidik, tapi layar LCD D3000 sedikit lebih besar. Dengan lensa 18-55mm yang di dapatkan dari waktu pembelian, kedua kamera bisa auto fokus. Baterai kurang lebih sama.

  • hariz November 28, 2009, 12:26 am

    setahu saya kelebihan nikon adalah semua lensa baik lama maupun dapat dipakai. tapi saya dengar memilih lensa harus melihat fitur agar fungsinya optimal.

  • hariz November 28, 2009, 12:22 am

    Mas, setelah saya telah praktek untuk sekian kalinya dengan memakai kamera nikon d3000. saya berminat untuk membeli lens lagi… apakah seluruh lensa nikon bisa dipakai ke d3000? bagaimana melihat fitur lensa agar dapat melihat kamera dan lensa tsb dapat sesuai / cocok dengan optimal?

    dan juga saya mao tanya apa beda telephoto lens dengan micro lens? saya berencana mao membeli lensa yang dapat foto binatang kecil dengan jelas. lensa apakah itu? dan lensa apa yang cocok dengan kamera d3000?

    terima kasih

    • Enche November 28, 2009, 2:03 am

      Lensa lama Nikon (plus minus 50 tahun)Bisa dipasang, tapi ingat, meskipun bisa dipasang dan dipakai, tapi fungsi-fungsinya mungkin tidak bisa dipakai. Dalam kasus sekarang ini, Nikon D3000 tidak memiliki motor auto fokus jadi lensa yang gak ada motor auto fokusnya tidak bisa auto fokus meski bisa dipasang untuk mengambil foto (tentunya dengan fokus manual). Kode lensa yang ada motor auto fokusnya (yang full compatible dengan Nikon D3000) adalah lensa Nikon AF-S.

      Maka dari itu untuk Nikon D3000, carilah lensa yang ada kode AF-S nya. Lensa Nikon ada yang murah sampai mahal (diatas $1000). Semakin mahal, biasanya kinerjanya semakin tinggi.

      Telephoto itu berkaitan dengan rentang lensa, pada dasarnya, lensa 35mm (ekuivalen 50mm) itu disebut lensa standar/normal) lebih dari itu telephoto, misalnya 100mm, 200mm. Sedangkan kalau dibawah itu seperti 18mm, itu lensa wide angle.

      Lensa Micro, maksudnya adalah lensa yang memiliki kemampuan untuk bisa fokus di jarak yang sangat dekat antara kamera dan subjek foto. Akibatnya, kita bisa membuat subjek kecil keliatan menjadi sangat besar. Lensa mikro cocok buat foto-foto benda-benda kecil seperti mainan, atau serangga, bunga dan sebagainya.

      Lensa Micro yang popular seringkali merupakan lensa telephoto juga, yaitu memiliki rentang fokal lebih dari 50mm. Hal ini karena kalau foto serangga, kalau kita terlalu dekat ambilnya, serangga bisa kabur ataupun foto kita bisa rusak karena bayangan tubuh kita sendiri.

  • dimas November 17, 2009, 6:54 am

    thanks bung Enche,di tunggu tulisan berikutnya

  • dimas November 15, 2009, 4:22 am

    hi,saya mau menekuni fotografi dan beralih ke kamera dslr,saya berencana membeli nikon D3000 tapi jg tertarik sama canon 1000D,menurut bung Enche apa kelebihan canon 1000D disamping life view mode jika di bandingkan dengan nikon D3000 misalnya ttg kualitas gambar,thanks

    • Enche November 15, 2009, 4:37 am

      Untuk kualitas gambar, kalau di tempat terang (setting ISO rendah), Nikon lebih unggul, sebaliknya bila di tempat gelap, Canon 1000D lebih unggul. Selain itu Canon memiliki koleksi lensa yang lebih banyak dengan harga relatif lebih murah. Walaupun demikian, Nikon juga memiliki lensa yang cukup lengkap. Untuk lensa, Nikon lebih mementingkan segi kualitas konstruksi lensa, sehingga harga agak mahal.

  • andry November 12, 2009, 3:25 am

    ohh sekarang saya mengerti. thanks Enche…

  • Enche November 12, 2009, 3:01 am

    Di tempat yang terang, Sony A300 lebih baik, tapi kalau ditempat yang gelap (ISO tinggi) Canon lebih baik.

    Kualitas foto juga sangat tergantung pada kualitas lensa.

  • andry November 12, 2009, 2:58 am

    ohh… gitu ya. kalau kwalitas fotonya sendiri gimana?

  • Enche November 12, 2009, 2:54 am

    Koleksi lensa Canon lebih lengkap, lensa kit lens lebih baik daripada Sony 18-70mm yang dibundel dengan Sony A300. Juga ukurannya lebih kecil.

  • andry November 12, 2009, 2:48 am

    kelebihannya apa ya dari Alpha 300???/

  • Enche November 12, 2009, 2:43 am

    Coba cek Canon EOS 450D harganya kurang lebih sama.

  • andry November 12, 2009, 2:12 am

    saya sendiri juga gak gitu tau tentang kamera SLR. yang harganya sama seperti alpha 300 aja. thx..

  • andry November 10, 2009, 3:49 am

    minta saran nya donk.
    Saya punya rencana Mau beli sony Alpha 300, ada saran untuk yg lain gak???
    soalnya baru pemula nih. thank…………

    • Enche November 10, 2009, 9:30 am

      Waduh banyak banget alternatif yang lain. Bisa lebih spesifik fitur apa yang di inginkan?

  • nicho October 19, 2009, 4:31 am

    wah canon 500d ama 5000d kalo dibandingkan kenapa canon 500d?
    apakah anda beraliran canon? hehehe

    kalo dibandingkan dengan nikon menurut aq cuma menang di lensa yg bisa diputer” itu….
    kalo canon menang di megapixel kali yach?

    • Enche October 19, 2009, 7:49 am

      Sebaliknya, saya pemakai kamera Nikon. Hal ini terutama karena Nikon gak ada built-in auto focus di badan kameranya jadi kalau nanti mau beli lensa mesti yang kompatibel. Selain itu layar Canon lebih hi-res (920k vs 230k) dan Canon juga bisa rekam video lebih dari 5 menit berturut-turut.

      Beda kualitas tipis, tapi kalau bisa memilih diantara keduanya, kebetulan saya pilih Canon 500D. Tapi kalau Anda pilih Nikon D5000, juga tidak masalah, karena D5000 juga punya keunggulan seperti yang Anda sebut diatas.

  • Helman October 14, 2009, 7:54 am

    Mending mana Canon 500D, Nikon D5000 dan Sony A 350 dengan kit masing2?
    trims sebelumnya.

    • Enche October 14, 2009, 11:44 am

      Canon 500D

  • jeko September 29, 2009, 4:28 am

    ma kasih mas atas infonya….
    sekarang ada penjual toko mengatakan lensa nikon yang dulu dan sekarang itu tidak sama, apakah benar? atau hanya marketing belaka? jika saya membeli kamera nikon yang terbaru, contoh aja d5000 atau d3000. tapi saya mempunyai lensa bawaan dari d90 yakni AF-S DX VR 18-105mm f/3.5-5.6G ED (5.8X). apakah bisa terpasang dan terpakai?

    • Enche September 29, 2009, 4:42 pm

      Bisa, karena ada kode “AF-S” nya

  • ija September 28, 2009, 2:18 am

    mas, saya punya budget sekitar 5 – 6 jt
    saya kepincut sama canon 1000D yg harganya relatif lumayan murah (5,25 jt)
    akan tetapi saya tertarik dengan hasil gambar/warna yg dihasilkan oleh kamera nikon (apapun tipenya)
    menurut mas, kamera nikon apa yg sepantaran/sebanding dengan canon 1000D ?
    thx atas sarannya

    • Enche September 28, 2009, 11:07 am

      Nikon D3000

  • jeko September 23, 2009, 12:38 pm

    Saya ditawarkan oleh penjual toko d3000 nikon dan canon 1000d.. Karena saya memiliki budget, saya sungguh bingung.. Kl anda memilih mana ya? Apalagi lensa lensa nikon mahal tp saya sudah terbiasa memakainya, sedangkan canon msh baru bagi saya.

    Mohon sarannya pak..
    Horas dr pemula. ^_^

    • Enche September 23, 2009, 3:13 pm

      Saya sendiri pilih Canon, karena fiturnya lebih lengkap seperti ada live view dan kompatibel dengan semua lensa Canon eOS (ada built-in AF motor). Harga2 lensa Canon yang pro-grade juga lebih murah dan lebih bervariasi. Tapi ini semua tergantung apakah ada rencana membeli lensa profesional nantinya? dan seberapa pentingnya live view bagi kamu.

  • Enche August 16, 2009, 11:11 am

    Dari Canon yang paling dekat atau setara adalah Canon 1D mark III.
    Cuma ada perbedaan yang cukup mendasar, Canon 1D mark III tidak mengunakan full frame sensor, tapi 1.3X sensor.

    Akibatnya, noise pada ISO tinggi tidak sebaik Nikon D3. Tapi 1D mark III memiliki kecepatan tembak sedikit lebih tinggi (101 fps vs 9 fps), Jangkauan yang lebih panjang dan sekitar 8 juta lebih murah.

    Canon digosipkan akan membuat kamera yang lebih baik untuk menyaingi Nikon D3. Akhir bulan Agustus 2009 ada pengumuman dari Canon, mungkin akan terbit saingan yang lebih dekat dengan Nikon D3,

  • iwan August 16, 2009, 11:05 am

    saya minta bantuan infonya , saya akan membeli nikon D3……kalau saingannya dari canon apa ya ? terus terang sementara camera saya D300. terima kasih atas sarannya.

  • KatokOtak July 23, 2009, 5:09 am

    beli kamera SLR = beli sistem dari merk tertentu.. hehe..

Leave a Comment