≡ Menu

Mode dalam kamera digital SLR

AUTO = Mode otomatis
Kamera akan mengukur cahaya, menginterpretasikannya dan kemudian mengatur setting kamera. Ketika kamera merasa kondisi lingkungan kurang terang, maka kamera akan otomatis menyalakan lampu kilat untuk mengkompensasi kekurangan tersebut.

Mode automatis praktis digunakan, tapi kita tidak leluasa mengatur setting-setting kamera, maka itu kita tidak dapat berkreasi secara optimal. Karena itulah mode ini hanya ditujukan oleh pengguna yang awam terhadap fotografi. Di beberapa kamera canggih dan profesional, mode ini tidak ada.

P = Program Mode
Seperti mode otomatis, kamera akan menentukan setting aperture, shutter speed secara otomatis. Bedanya dengan mode auto adalah, Anda bisa mengubah nilai kombinasi bukaan dan shutter speed. Di mode ini, kamera tidak akan menyalakan lampu kilat meskipun kondisi lingkungan cukup gelap. Kita juga lebih leluasa memilih setting kamera lainnya, termasuk menentukan nilai ISO.

A / Av = Aperture priority
Di mode ini, kita menentukan besarnya bukaan lensa, dan kamera menentukan shutter speed (kecepatan rana) yang sesuai.

Mode ini termasuk mode favorit saya, karena saya bisa menentukan ruang tajam. Contoh, bila saya sedang memotret foto portrait manusia, dan saya ingin latar belakangnya blur, maka saya akan mengunakan bukaan besar seperti f/2.8 atau f/1.4. sedangkan kalau saya sedang memotret foto kelompok atau pemandangan, dan saya ingin semua yang berada dalam foto tajam/fokus, maka saya set bukaan kecil f/8 atau f/16.

Bukaan lensa juga menentukan berapa banyak cahaya masuk. Jika saya berada ditempat yang gelap dan memerlukan lebih banyak cahaya, saya akan memperbesar bukaan supaya lebih banyak cahaya masuk.

Yang perlu diperhatikan dalam mode ini adalah jika cahaya lingkungan gelap, kamera terpaksa memilih shutter speed yang lambat. Hal ini dapat membuat foto menjadi blur karena kamera bergoyang saat merekam gambar. Untuk itu, solusinya memakai tripod, atau mengkompensasi dengan menaikkan ISO.

S /TV = Shutter priority
Di mode ini, kita menentukan nilai shutter speed, lalu kamera menentukan bukaan lensa. Setting ini dipakai kalau kita ingin mendapatkan efek freeze (beku) atau efek motion (gerak).

Kalau kita set shutter speed cepat seperti 1/500 detik, maka hasilnya gerakan orang atau benda yang sedang bergerak menjadi beku, sebaliknya kalau kita set 1/15 detik atau lebih rendah lagi benda/orang yang bergerak, maka kita akan menangkap motion blur. Teknik ini cocok untuk merekam gerakan air di pantai, gerakan air terjun ataupun merekam cahaya mobil yang lewat di malam hari. Seperti aperture, shutter speed juga mempengaruhi banyak sedikitnya cahaya yang masuk.

Masalah yang sering timbul adalah kamera tidak menemukan setting bukaan yang pas. Jika itu terjadi, foto akan gelap atau terlalu terang. Jika kamera memberikan tanda-tanda seperti kedap-kedip, evaluasi lagi nilai shutter speed dan ISO yang digunakan.

M = Manual Exposure
Di mode ini, kita menentukan setting bukaan, shutter speed secara independen. Kita juga bisa menentukan ISO jika Auto ISO tidak aktif.
Manual mode biasa saya pakai kalau memang saya mau mendapatkan hasil foto dengan efek tertentu, contohnya bila saya ingin hasil foto bernuansa gelap (low-key fotografi) jadi hasil akhirnya agak misterius, dramatis. Saya juga pakai manual fokus bila ingin bikin siluet dari sebuah objek.

Saya juga sering memakai mode manual ketika kondisi ruangan / lingkungan berganti2 intensitas cahayanya sehingga membingungkan kamera. Contoh seperti di konser, lampunya menyala dengan intesitas dan arah yang berubah-ubah, kadang sangat terang, kadang sangat gelap.

Manual juga sering saya pakai kalau kondisi cahaya lingkungan tidak berubah-ubah. Misalnya ketika pertandingan basket sekolah di dalam ruangan. Lampu-lampunyanya konstan. Pada saat tersebut, saya tinggal set aja bukaan, kecepatan dan ISO sebelum pertandingan dimulai. Hasil foto akan konsisten pencahayaannya dan saya dapat memakai mode ini sepanjang pertandingan. mudah bukan?

Baca juga Scene modes

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 113 comments… add one }
  • Yudha April 25, 2017, 11:49 pm

    Om may nanya nih saya make kamera nikon d 3100 pada saat memotret kenapa hasil gambarnya hitam blank.saya coba make auto tetep aja hasil yg d jepret hitam blank kenapa ya om tolong bantuannya om

  • Yanuar April 25, 2017, 6:20 pm

    Gan, kalo pada saat foto itu kyk ada delay dikameranya gmana!! “Jadi kalo di potret ada jedanya, baru jepret”

    • Enche Tjin April 28, 2017, 9:25 am

      Cari fungsi drive mode dan non-aktifkan self timernya/pilih single.

  • Afidz September 12, 2016, 7:55 am

    Maaf mau tanya kamera saya kok kadang lcdnya nyala kadang mati, kadang blank warna warni kadang juga blank hitam, itu kenapa ya?
    Trimakasih.

  • regix May 17, 2016, 8:40 pm

    mas maw tanya kmra saya D3100 dilayar atas ad garis hitam tp klu waktu ft hsl e gak ada htam
    gilran layar bersih hsil fto atas ad hitam nya mint solusi nya…..

  • vian February 9, 2016, 8:11 pm

    Pak enche. Iso punya pengaruh besar ga di camera ?

  • vian February 3, 2016, 1:53 pm

    Pak enche. Kalo iso range itu punya pengaruh besar ga sih di dalam camera ?

  • vian January 31, 2016, 12:21 am

    Pak enche kalo saya mau ganti camera bagusnya 60D atau 550D yah ? Sedangkan saya punya kiss x7, kalo di antara tiga itu apa camera saya lebih bagus dari keduanya ?

  • vian January 29, 2016, 10:08 pm

    Saya udah nguasain semua mode”nya. Tinggal gimana caranya supaya blitch nya nyala waktu merekam video ? Camera canon kiss x7

    • Enche Tjin January 30, 2016, 4:52 am

      Blit gak membantu apa2 saat merekam video, yang dibutuhkan mungkin lampu LED yang menyala terus menerus.

      • vian January 30, 2016, 2:33 pm

        Waduh. Jadi gelap”an trs dong yah kalo merekam video waktu malam.

  • vian January 29, 2016, 10:02 pm

    Pak enche saya punya camera canon kiss x7, kalo mau merekam video menggunakan blitch gimana caranya yah ? Saya udah coba” tapi ga ketemu cara supaya blicthnya bisa nya waktu merekam video

  • Alfred December 14, 2015, 2:53 pm

    Maaf pertanyaan saya sebelumnya kurang lengkap.

    Bagaimana cara menyalakan lampu bantu pada Camera DSLR Nikon D3100 jika kita ingin melakukan perekaman video di malam hari atau di tempat yang pencahayaannya sangat minim? Mohon pencerahan. Terimakasih.

    • Enche Tjin December 15, 2015, 9:55 am

      Di dalam menu kamera, cari item “built-in AF assist” lalu di hidupkan (on).

  • hopfy September 13, 2015, 2:31 pm

    Dear om ence,,kamera saya n d90. Saya mau tnya mngenai ss (shuter speed) n d90 koq akhir2 ini lemot ya,pdhl sdh pke mode manual speed setting paling tggi. Mohon. Bntuannya,apa yg hrus saya lakukan?

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:39 am

      Mungkin di menu ada “exposure delay” dalam kondisi on? Atau bisa juga mekanik shutternya sudah tidak bagus.

  • Lesti August 24, 2015, 10:30 pm

    Pak Enche, mohon bimbingannya…
    selama ini saya keliru menganalogikan cara setting bukaan dan shutter speed di kamera saya Sony Alpha 230, sehingga mengakibatkan switch Manual saya jadi error…selama ini saya selalu menggunakan setting Manual, tetapi dalam mengatur bukaan saya putar switch ke S dulu, saya atur bukaan sesuai kondisi, kemudian switch saya putar lagi ke M, saya atur ISO…demikian seterusnya bila kondisi outdoor atau indoor, jadi istilahnya dalam sekali take yang memakan waktu kira2 satu jam dengan beberapakli jepret, saya bisa berkali-kali putar switch dari S ke M hanya untuk menyesuaikan kondisi gelap dan terang…sehingga pada akhirnya switchnya error tidak stabil, dan sering berubah-rubah sendiri…
    yang ingin saya tanyakan, karena saya lebih suka setting Manual…bagaimana harus mengatur Aperture dan shutter di Sony Alpha 230 tanpa harus putar2 switchnya?

    terimakasih

    • Lesti August 25, 2015, 8:01 pm

      Pak Enche, saya sudah dapat link Manual book setting untuk Sony Alpha 230
      terimakasih

  • bambang pratowo July 23, 2015, 4:56 pm

    Mas,tolong bantu dulu,kamera sya nikon d90 kok pada saat pake mode manual,shoter speednya berubah2 sendiri,knpa ni mas,mohon bantuannya

    • Enche Tjin July 23, 2015, 6:59 pm

      Wah aneh juga ya, kayaknya perlu di service.

    • Lesti August 24, 2015, 10:32 pm

      wah sepertinya kasusnya sama seperti saya, switchnya error mas, memang harus diservice, ganti switcher…biayanya lumayan mihil

  • jonni saputro April 14, 2015, 3:20 pm

    pak enche, sy untuk teori sedikit sdh belajar lewat internet. cuma prakteknya yg msh blm dilakukan. sebaiknya saya ikut kursus yg Kupas tuntas kamera digital dng biaya Rp250.000 atau langsung Kursus kilat dasar fotografi dan lighting Rp 750.000?

  • Robhie March 1, 2015, 9:49 pm

    Bang, kalau Mode AV untuk memotret orang bagusnya pake Lensa apa untuk mendapatkan background yg blur. Dan kalau mode TV itu bisa di pakai untuk Slow speed ya? Terima kasih.

    • Enche Tjin March 1, 2015, 11:35 pm

      Lensa yang bukaannya besar, seperti Canon 50mm f/1.8 atau 85mm f/1.8. Betul, mode TV lalu set shutter speednya lambat (1 detik atau lebih).

  • suyadnyana January 26, 2015, 7:36 pm

    Saya komang dr Bali..mas,numpang nanya kenapa harga canon 5 D mark lll mahal skli harganya dibanding dgn canon 6 D atau 7 D mark ll padahal spesifikasinya mirip mirip..trims sblmnya

    • Enche Tjin January 26, 2015, 10:11 pm

      Karena memang dirancang untuk fotografer pro atau yang serius sekali / yang kantongnya tebal hehe

  • haryz_ryzvie January 22, 2015, 5:21 pm

    terima kasih om enche, anda idola saya … trus infoin fotografi om, sukses trus…

  • okkyelmandha December 21, 2014, 12:13 am

    Makacih bnyk om, tz ilmu’a, ilmu yang diberikan diatas sangat berguna sekali buat pemula seperti saya. Sekarang jadi tau semua’a khusus’a memainkan swtih mode pada kamera DSRL.

  • Dedik Tri W November 23, 2014, 11:36 pm

    Mantab om infonya.
    Langsung saya praktekan ini hehe

  • Bob Kiki November 6, 2014, 2:09 pm

    Mas, saya pakai nikon d3100. Saya pakai lihat display picture. Oke2 saja.
    Kemudian kamera dipakai orang lain, selesai dipakai sekarang saat lihat hasil jepret pada warna terang menjadi kedap kedip. Penyebabnya apa ya mas? Dan bagaimana mengatasinya mas?

  • riza November 2, 2014, 8:57 am

    saya pemakai nikon D5000
    knpa yang kok tiba2 waktu mau saya pakai gak bisa malah keluar tulisan2 gitu ……
    mohon bantuanya yah pakk

  • eddy September 28, 2014, 2:55 pm

    Informasi yg sangat bermanfaat. Sy baru belajar fotografi pake D3100. Salam kenal..

  • Helga Rahayu Simanjuntak September 9, 2014, 7:36 pm

    bagus sih penjelasannya tapi sekalian beri contoh gambarnya gt admin…
    ^^V

  • dimz August 27, 2014, 4:25 pm

    Mau tanya om tadi ane coba di mode A ( Apature ) tapi pas di shut macet jadi blank semua lihat di viewfinder blank hitam di LCD pun blank hitam setelah ane shut via mode A tapi pas ane putar tombol ke off lalu ke on lagi baru bunyi dia cekrek … dan untuk mode-mode lainnya normal om . itu kenapa ya ?

  • tineke August 16, 2014, 6:06 pm

    Malam om…saya pemula dan bru aja belajar fotografi..kamera yg sya gunakan nikon 3100, sya lgi cba foto manusia tp latar belakangnya blur, bukaannya yg bagus brp om, sy setingnya d mode A (bukaanya bsr cm d f.5.6),trus ISO yg bgs brp om??? Makasih sebelumnya om

  • Eri August 7, 2014, 11:35 am

    Ko, semua menu itu ada di kamera Mirrorless ga? Masih ragu mau ambil DSLR 100D atau Sony Alpha A5000 Double Kit 16-50mm + 55-210mm. Mana yg lebih baik diantara ke dua itu ya, untuk pemakaian normal acara keluarga, sesekali travel foto pemandangan pantai atau gunung, landscape atau wide, foto benda bergerak seperti burung atau hewan jauh. Juga efek frezze atau blur. Trmksh

    • Enche Tjin August 9, 2014, 6:48 am

      Mode2 tersebut ada juga di kamera mirrorless. Menurut saya masih bagus yang Canon 100D kalau dibandingin dengan A5000, cuma kalau mau yang paling ringkas dan ada wifinya, enak yang mirrorless.

      • Eri August 9, 2014, 10:24 am

        Terimakasi Ko, maaf aku ga jadi ambil A5000, opsi nya mengerucut ke NX300/NX300M, E-PL5 dan NEX6. Menurut Ko Enche untuk pemakaian sehari2, travelling pantai dan gunung, AF nya cepat dan kualitas gambarnya ok, pilih mana ya?

        Keluhannya, agak sulit mencari NEX6, rata rata adanya NEX5 atau 7.

  • wahyu July 21, 2014, 7:06 am

    Om kalo mode selain M,A,S ,P itu kegunaannya apa ya om…
    Mohon pencerahannya

    • Enche Tjin July 22, 2014, 11:53 am

      Kan sudah diterangi di artikel diatas? hehe

  • Fadlan May 8, 2014, 1:33 pm

    om kalau nikon d3100 hasil cepretannya kelap kelip jika terlalu terang…apa masalahnya??

    • Enche Tjin May 8, 2014, 2:22 pm

      Sebagai tanda saja kalau area itu terlalu terang

      • Bob Kiki November 6, 2014, 2:13 pm

        Dia utk warna besi juga menjadi kelap kelip saat dilihat hasilnya mas..
        Kenapa ya?
        Sebelumnya saya lihat hasilnya tidak kedap kedip. Sekarang hasil sebelumnya pun ikut kedap kedip mas.
        Mohon pencerahannya mas.

        • Enche Tjin November 6, 2014, 6:48 pm

          Tandanya bagian tersebut terlalu terang

  • Edi May 8, 2014, 11:22 am

    Ko mau nanya pengaturan terbaik untuk foto produk di dalam ruangan dengan latar belakang putih. Saya memaki Nikon D3200 lensa kit 18-55mm. Makasih

    • Enche Tjin May 8, 2014, 12:17 pm

      Banyak faktor yang perlu diperhatikan, lighting, setting kamera, setting latar belakang dll. Lebih ideal kalau ikut kelas creative lighting dengan flash.

  • fidel March 28, 2014, 2:32 pm

    mau nanya. saya bru dpt hadiah nikon d3100.
    masalahnya saya mau saat foto efeknya blur. gimana caranya?

    • Enche Tjin March 28, 2014, 3:36 pm

      @fidel langkah-langkahnya bisa dibaca di artikel ini

  • khafid March 17, 2014, 1:14 pm

    trima kasih mas sangat berguna infonya ……….

  • freddy March 4, 2014, 1:29 pm

    Mau tanya saya masih pemula,saya punya kamera nikon d3100,saya ada sedikit masalah ketika saya telah mengambil objek foto,kenapa ketika saya hendak melihat hasil foto pada layar kamera,gambar objek fotonya bila ada pencahayaan yang terang gambarnya kedap kedip berwarna hitam di dlm lyr kamera,apakah itu masalah settingan,atau kameranya/lensa yg bermasalah.trims

    • Enche Tjin March 4, 2014, 7:02 pm

      @freddy normal-normal saja, area yang kedap-kedip menandakan area tersebut putih total/tidak ada detail, atau dalam kata lain terlalu terang.

      • ulum May 13, 2014, 8:46 am

        terus caranya menghilangkan hitam-hitam yang kedip-kedip itu gimana om? mohon pencerahannya

        • Enche Tjin May 13, 2014, 9:14 am

          Di dalam playback menu, trus display option, dan jangan dicentang bagian highlight

  • pulau tidung February 20, 2014, 3:52 am

    thanks min buat infonya

  • Hidayatullah Ibrahim December 14, 2013, 4:13 pm

    salam…saya sangat berterimakasih atas sarannya….teapi saya ingin tahu lebih jauh tentang cara menggunakan kamera NIKON DSLR 3200 yang baik .terima kasih

  • dwi hargito November 14, 2013, 8:51 pm

    Om Enche mau nanya” nih.. Saya pernah motret sunrise dengan ISO 200, F14, di mode AV, kog noise ya om.. Padahal beberapa waktu sebelumnya tidak gear saya EOS 600D om.. Thank’s sebelumnya

    • Enche Tjin November 14, 2013, 10:01 pm

      @dwi hargito Mungkin shutter speednya jadi lambat sehingga muncul noise. Kalau ISO rendah tapi shutter lambat juga bisa memunculkan noise karena sensornya panas.

  • narto November 11, 2013, 9:22 am

    Keren artikelnya mas broo…

  • adhitiyaanggara October 20, 2013, 10:11 pm

    Koh enche ,apakah pada saat menggunakan mode AV ,kamera akan menyalakan lampu kilat ( flash internal) di saat keadaan lingkungan cukup gelap ?? Dan pada mode AV tersebut bisa menggunakan flash eksternal ?
    Mohon info nya 🙂

    • Enche Tjin October 21, 2013, 9:11 am

      @adhitya di Mode Av, kamera tidak menyalakan lampu kilat kecuali kita menyalakannya sendiri dengan menekan tombol flash.

  • sylvi August 24, 2013, 4:03 pm

    wah terima kasih banyak atas infonya 🙂

  • adens way July 3, 2013, 12:35 pm

    mantab bro.. nambah pengetahuan 🙂

  • naufal June 12, 2013, 6:14 am

    Permisi om, saya pakai canon 550D kalau mode yang paling baik di canon 550D itu apa yah om? terimakasih

  • herry May 24, 2013, 3:47 pm

    Posting yg yahut om ence.. sya belajar dr semua postingan om dan dr jawaban2 pada kolom pertanyaan om ence.. tq bgt sdh memberikan pencerahan yg sangat berarti om ence.. ditunggu posting terbarunya. Salammmm..

    • Enche May 26, 2013, 8:37 pm

      @herry salam juga. Senang dapat membantu.

  • levi March 23, 2013, 8:54 am

    Nice infohhh

    thanks

    Levi

  • win October 5, 2012, 5:04 pm

    mas saya pakai nikon D7000 dan saya masih pemula gimana setingan yg pas pakai manual untuk foto landscap.. thanks sebelumnya..

  • yuanita August 3, 2011, 5:31 am

    saya pakai nikon D3100 dengan lensa 1855, kalau menggunakan mode tsb di atas apakah setting lensanya juga harus manual?

  • doni eka putra May 6, 2011, 2:36 pm

    saya pemakai canon 550d. pada settingan appeture, terdapat kode Fx.x (seperti F5.0 ,dst) apakah itu sama halnya dengan kode f/2.8 di nikon? makasi…

  • don supono April 25, 2011, 3:29 am

    matur nuwun share ilmu n pengalamanya,bnyak membantu bagi saya sbgai pemula/NOL

  • lukman January 12, 2011, 4:59 am

    Dear om Enche,

    Saya pengguna Canon 60 D , mau tanya aja di mode manual apakah kita bisa melakukan perubahan untuk exposure yang lambang +/- ? karena saya sudah coba yang bisa dirubah di mode ini hanya AV, shutter speed dan iso .
    Sementara di mode AV atau TV exposure +/- bisa dirubah-rubah.

    mohon pencerahannya.

    • Enche January 13, 2011, 1:03 am

      Sepertinya gak bisa pak Lukman, karena di mode manual, angka di +/- itu tidak mempengaruhi hasil foto.

  • aes September 24, 2010, 4:37 am

    terima aksih banyak om saya jadi tau tadinya saya asal aja pakenya sekarang jadi tau

  • inyol September 12, 2010, 12:33 am

    Wah, artikel yang sangat membantu..apalg untuk pemula seperti saya

    tp ada satu pertanyaan, di camera saya ada mode “A-DEP”, kalau yg ini fungsinya seperti apa?

    thanks

    • Enche September 12, 2010, 12:43 am

      kalau pakai mode itu, kamera akan menghitung secara otomatis bukaan yang diperlukan supaya foto yang diambil berada dalam jarak fokus. Biasanya berguna untuk foto grup, tapi kabarnya tidak terlalu akurat. Dicobain aja.

  • Agus Urake September 6, 2010, 5:09 am

    ohhh…gitu yaa rumus nya . thanks bro enche

  • Neky August 9, 2010, 11:56 pm

    makasih.. bagus banget nih..

  • Fandy Gustiara July 12, 2010, 10:55 am

    Makasih yah dengan adanya pembelajaran di sini saya sebagai pemula dalam dunia fotografi bisa sedikit dapat mendapat pencerahan dalam dunia baru saya ini…

    mohon bimbingannya dari semua….

  • jepy May 18, 2010, 11:26 am

    jadi semakin bersemangat ni mengenal dunia fotografi…

  • helos April 29, 2010, 9:22 am

    wao ilmunya buanyak banget yang baru kebuka untuk aku, trims ya bung Che….

  • Akim March 2, 2010, 11:02 am

    Nice post bung…saya yang baru mau belajar fotografer jadi tapat wawasan baru ne. tabha terus ya contentnya lgi.

  • jannes January 5, 2010, 10:11 am

    thanks banget infonya, mungkin bisa lebih detail lagi ya ke depannya, salam

  • Enche January 5, 2010, 12:30 am

    Mode scene itu tersedia untuk pemakai yang tidak mengenal dasar fotografi seperti bukaan, shutter speed dan ISO. Cara mengunakannya cukup sederhana, yaitu set mode tersebut sesuai dengan kondisi / situasi yang ada.

    Meski tidak selalu menghasilkan foto yang sempurna, tapi scene mode berguna orang awam.

  • Sutan January 5, 2010, 12:26 am

    Saya peke nikon D5000 ada juga mode ‘Scene’ dan di dalamnya masih terbagi lagi mode-nya seperti snow, lowlight, candlelight, party, etc. Sejauh mana mode scene ini berperan, mohon jawabannya mas…

  • aik December 4, 2009, 4:12 am

    lumayan jelas

  • Lukman Hakm November 26, 2009, 11:58 am

    makasih pelajarannya,aku ketagihan motret lho

  • Alifi October 22, 2009, 12:29 am

    thanks infonya that’s usefull . . . nice nice . .thank thanks . . .\(-‘o’-)/

  • iwan August 16, 2009, 10:54 am

    oh gitu ya , pantesan hasil photo saya sering mengecewakan, terima kasih dan mau dipraktekan , jadi nambah ilmu lagi. terima kasih berat..mas

  • Cha August 12, 2009, 2:03 pm

    waaah nice info nih…
    boleh ya saya link ke blog saya?
    Thanks … =)

  • Edy. M August 12, 2009, 12:25 pm

    Tks atas infonya… mungkin dapat ditambah dengan info yang lainnya

  • Almizar August 10, 2009, 10:51 am

    Thx,,om,,,jd tau fungsi2nya….

  • chencrb1905 August 2, 2009, 11:51 am

    nice info… sangat berguna bagi pemula seperti saya
    thx

Leave a Comment