≡ Menu

Tas kamera untuk kamera digital SLR

Membeli tas kamera untuk dSLR seringkali bikin pusing juga. Hal ini karena banyak pilihan dan jenis kamera. Ada yang bertipe backpack / ransel, ada yang bertipe messenger / selempang, dan ada juga yang tas pinggang, dan lain lain. Kompleksitas pilihan ditambah lagi dengan ukuran tas yang berbeda-beda.

Saya akan mengulas jenis-jenis tas kamera untuk memudahkan Anda mencari yang paling cocok.

1. Messenger bag
Tas jenis selempang ini bagus bila Anda memiliki kamera d-SLR kecil dengan satu ekstra tambahan. Bila Anda memiliki SLR besar, dan lensa panjang yang berat, maka Anda akan merasa tidak nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu lama. Kelebihan utama tas jenis ini adalah aksesibilitas. Anda dapat mengambil kamera/lensa dalam tas dengan cepat daripada tas jenis lainnya.

2. Backpack / Ransel
Tas jenis ini sangat nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan bila Anda membawa peralatan dalam jumlah lumayan banyak. Kekurangannya yaitu tidak bisa mengakses peralatan Anda dalam waktu cepat seperti tas selempang.

3. Tas pinggang  / Waist Bag
Tas jenis ini berukuran kecil dan tidak bisa memuat peralatan berat, tapi bila Anda memiliki kamera digital SLR ukuran kecil dengan lensa pendek, maka tas ini cukup ideal karena Anda bisa mengakses peralatan Anda dengan sangat cepat.

4. Koper
Tas jenis ini biasanya untuk fotografer yang memiliki peralatan dengan jumlah banyak dan berat, dari kamera, lensa, lampu kilat, laptop dan sebagainya.

5. Modular Belt Sistem
Dipopulerkan oleh Think Tank Photo, modular belt sistem adalah tas tas pinggang yang modular artinya bisa ditambah maupun dikurangi sesuai kebutuhan. Sistem ini sangat terkanl dikalangan wartawan foto karena mudah mengakses peralatan mereka dan juga mereka akan merasa lebih ringan karena distribusi berat lebih merata.

Tas kamera seringkali terasa mahal, tapi dibandingkan dengan harga peralatan kamera, harga tas kamera sebenarnya jauh lebih murah. Memilih tas kamera sebaiknya mempertimbangkan gaya fotografi Anda, misalnya berapa banyak peralatan yang Anda harus bawa dan berapa sering Anda harus mengakses peralatan Anda.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 3 comments… add one }

  • emil April 3, 2010, 4:32 am

    bisa bikinin tas gemblok tp bisa muat untuk kamera dslr nikond5000,dan muat sgala macam barang n warna tasnya ungu bisa gak?
    thnks

  • roy satriyo Agustus 13, 2010, 9:29 am

    bung emil, pakai ‘Pelican” case aja, water proof dan juga bisa di gembok. Bisa pakai model yang aku gunakan sekarang yaitu pelican 1050. Dapat menampung 2 body camera 2 lensa standart dan beberapa accessories.

  • mita Oktober 29, 2010, 2:28 am

    dimana ya kalo mau beli koper untuk kamera?? jd kalo jalan jauh ga capek di punggung..
    tks infonya.

Leave a Comment