≡ Menu

Kompensasi Eksposur

Jika Anda mengunakan setting otomatis atau semi otomatis di kamera saku atau kamera digital SLR Anda, maka prosesor dalam kamera akan berusaha menerjemahkan pemandangan yang ada dan kemudian mengatur setting yang optimal untuk pemandangan tersebut.

Di banyak kesempatan, mode otomatis memang bekerja sesuai dengan keinginan kita. Tapi di beberapa situasi lainnya, kamera gagal menangkap apa yang kita inginkan atau gambar yang direkam tidak sesuai dengan pemandangan yang ada.

exposure-compensation-buttonMisalnya bila pemandangan yang mau di foto didominasi oleh warna putih / terang seperti salju, tembok putih dan sebagainya, biasanya hasil foto akan tampak abu-abu atau lebih gelap daripada aslinya.

Sebaliknya bila pemandangan yang ada didominasi dengan warna hitam seperti di dalam cafe yang temaram, di malam hari dan sebagainya, hasil foto biasanya lebih terang daripada yang sebenarnya.

Untuk mengatasi kesalahan intepretasi kamera, kita dapat mengunakan fungsi tombol Kompensasi Eksposur (Exposure Compensation).

Cara mengunakannya sangat sederhana. Bila ingin hasil foto menjadi lebih terang, Anda bisa menaikkan nilai kompensasi eksposur sebesar +0.3, 0.7 sampai +2 atau lebih. Sebaliknya bila Anda ingin hasil foto menjadi lebih gelap, Anda tinggal turunkan nilai kompensasi eksposur tersebut.

Tombol kompensasi ekposur termasuk gampang ditemukan, tombol ini bersimbol plus dan minus. Efek dari kompensasi eksposur hanya berlaku di mode kamera A/Av, S/Tv dan P

Menariknya, fungsi ini bisa Anda temukan dari kamera saku yang murah sampai kamera digital SLR yang canggih. Untuk pemakai kamera saku yang tidak memiliki fungsi manual, fungsi ini menjadi penting karena Anda bisa mengatur besarnya cahaya yang masuk layaknya seperti fungsi manual.

Selamat Mencoba!

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 75 comments… add one }
  • ull"ull January 28, 2015, 9:38 pm

    salam kenal om ence,,saya dri serang Banten nih.kamera saya Canon 1100D..saya masih pemula di dunia fotography,,.mau tanya nih perbandingan kamera canon 1100d sama 1000d lebih bagus mana om..?
    trima kasih sebelumnya.

    • Enche Tjin January 29, 2015, 9:43 am

      Bagus yang 1100D, perbaharuan dari 1000D.

      • ull"ull January 29, 2015, 2:36 pm

        boleh minta pin bbnya om enche ga..saya pengen belajar banyak dri om enche

  • jon ali December 9, 2014, 7:24 pm

    Mas saya pakia d90, apakah kompensasi eksposur di mode Manual dengan flash ada efeknya…trima kasih infonya

  • Enche Tjin August 12, 2013, 12:53 am

    @jasman di mode manual tidak akan efek.

  • jasman August 12, 2013, 12:07 am

    Efek dari kompensasi eksposur hanya berlaku di mode kamera A/Av, S/Tv dan P.
    kalau untuk di manualnya apa nggak berpengaruh juga ???

  • Enche February 19, 2013, 9:25 pm

    Trims Sinyo

  • Sinyo February 19, 2013, 9:23 pm

    Om.enche tlng bkin ulasan tntang whiste balance dong thanks moga sukses slalu

Leave a Comment