≡ Menu

Memilih kamera digital: Canon atau Nikon?

Banyak orang menanyakan kepada saya, beli kamera digital SLR mana yang baik, merek Canon atau Nikon. Kadang-kadang saya juga menerima pertanyaan tentang merek lain. Tapi kali ini saya akan mengupas secara singkat perbedaan antara Canon dan Nikon. Mudah-mudahan setelah membaca ini, semua menjadi lebih jelas. Kamera DSLR yang dibahas dibawah ini adalah kamera yang beredar tahun 2009.

Kamera DSLR pemula

nikon-d3000Di bagian pemula, Canon memiliki kamera seri 1000D, 450D dan 500D.   Kamera-kamera ini relatif ringan dan kecil. Tidak seperti kamera DSLR Sony, Pentax dan Olympus, kamera Canon dan Nikon tidak memiliki built-in image stabilization, tapi mereka mengunakan teknologi image stabilization di lensa. ada beberapa akibat yang ditimbulkan, misalnya kalau Anda beli lensa lama terutama lensa fixed (yang tidak bisa zoom), Anda tidak bisa menikmati fasilitas ini. Kelebihan kamera-kamera Canon adalah fitur yang lengkap dan juga kompatibilitas ke semua lensa Canon EOS dari yang murah sampai mahal.

Di sisi lain, Nikon memiliki D40, D60, D3000, dan D5000. Kamera-kamera ini tidak memiliki motor auto fokus, jadi bila Anda memakai lensa-lensa lama yang tidak ada motor fokusnya termasuk banyak lensa fixed, maka Anda terpaksa mengunakan manual fokus. Ini bukan masalah besar bila Anda tidak berniat membeli lensa tambahan atau cuma berniat membeli lensa baru yang ada motor fokusnya. Nikon D40, D60, D3000 tidak memiliki live view seperti kamera-kamera Canon, tapi ergonomi kamera-kamera Nikon saya rasa lebih baik (lebih pas ditangan). Khusus untuk Nikon D5000, kamera ini memiliki LCD yang bisa diputar dan mampu merekam video seperti Canon 500D.

Kamera DSLR tingkat menengah atas

canon-7dDi bagian kamera DSLR menengah ke atas, kamera Canon terkenal atas kualitas konstruksi badan kamera yang kokoh dan terbuat dari magnesium alloy. Kamera ini juga lebih tahan cuaca dan debu tapi tidak teruji saat hujan deras. Selain itu, kamera Canon seperti EOS 40D, 50D bisa menembak 6-6.5 kali per detik. Canon 7D yang baru bisa menembak 8 kali per detik. Kualitas gambar juga baik, walaupun ini tergantung dari lensa juga. Canon 40D hanya memiliki 10 mp, 50D memiliki 15 mp dan 7D memiliki 18 mp.

Di sisi lain, Keunggulan semua kamera Nikon di kelas ini terletak pada fitur wireless flash commander sehingga Anda bisa mengatur kekuatan flash dan menembak flash secara wireless. Meski sangat dasar dan tidak bisa bekerja di segala situasi, tapi ini sangat membantu terutama untuk foto potret.  Canon 7D juga memiliki fitur ini, tapi Canon 40D-50D tidak ada.  Nikon  juga memiliki keunggulan di ergonomi, kontrol kamera, dan sistem 51 auto fokusnya sudah terbukti jitu terutama mengikuti subjek. Filosofi Nikon agak berbeda dengan Canon, Nikon tetap bertahan mengunakan sensor 12 mp untuk semua kamera di kelas ini, tapi Nikon lebih memfokuskan pada kontrol noise (bintik2 pada gambar yang muncul di setting ISO yang tinggi).

Kamera DSLR kelas profesional

Kamera DSLR di kelas ini sangat mahal, ditandai dengan harga $2450 sampai $9900. Sensor kamera kelas ini lebih besar daripada kamera-kamera yang dibahas diatas, sehingga kualitas gambar meningkat.

Di kelas ini, terdapat dua jenis kamera, kamera jenis pertama berbadan kecil, seperti kamera kelas menengah.

Nikon memiliki Nikon D700, kamera ini terkenal karena kemampuannya menghasilkan gambar yang bersih dan terang di tempat yang gelap karena kemampuannya menekan noise di ISO tinggi. Kamera ini bisa menembak 5 kali per detik, dan bila dipakaikan battery grip, maka kamera ini bisa menembak sampai 8 kali per detik. Kekurangan kamera ini yaitu hanya beresolusi 12 megapiksel dan juga tidak bisa merekam video. Karakteristik inilah yang membuat Nikon D700 lebih diminati oleh para fotojurnalis dan fotografer olahraga. Disisi lain, Canon memiliki 5D mark II. Kamera ini beresolusi tinggi (21 mp) dan mampu merekam video. Namun ketepatan dan kecepatan auto fokusnya tidak sebaik Nikon D700.

canon-eos-1d-mark-iv-frontKamera profesional tingkat atas terbagi dua jenis (kamera ini ditandai dengan badan kamera yang besar dan bergabung dengan battery grip) - Lihat gambar disamping kanan.

Pertama di desain dengan penekanan kepada kecepatan, yang kedua untuk resolusi dan kualitas gambar. Di jenis pertama, Canon baru mengeluarkan Canon 1d mark IV, kamera super kencang ini bisa menembak 10 kali / detik, dan bisa merekam video. Nikon juga baru mengeluarkan Nikon D3s, yang bisa menembak 9-11 kali / detik dan juga bisa merekam video. Perbedaaan utama kamera tersebut ada dua. Canon 1d mark IV memiliki sensor lebih kecil, tapi memiliki jangkauan 1.3 lebih panjang, uniknya, Canon 1d mark IV memiliki resolusi gambar lebih besar yaitu 16 mp dibanding Nikon 12 mp. Akibatnya, Nikon D3s memiliki kontrol noise yang sangat baik di ISO tinggi. Keunggulan lain kamera Canon yaitu bisa mengatur nilai-nilai eksposur waktu merekam video. Kamera jenis ini banyak dipakai fotojurnalis atau fotografer olahraga.

Kamera profesional jenis kedua menekankan pada resolusi dan kualitas gambar. Kamera-kamera ini (Canon 1ds-mark III dan Nikon D3x) sangat mahal tapi  hasil gambarnya terbaik untuk kelas DSLR. Kamera-kamera ini cocok untuk studio seperti fashion, komersial, potret, produk dan sebagainya.

Kesimpulan

Kamera pemula Canon memiliki fitur yang lebih lengkap dari kamera Nikon. Kamera Canon juga sepenuhnya kompatibel dengan lensa-lensa Canon EOS. Tetapi, kamera pemula Nikon memiliki ergonomi yang lebih baik, jadi lebih pas ditangan. Di kelas menengah ke atas, Canon memiliki strategi untuk meningkatkan resolusi gambar, sedangkan Nikon lebih condong untuk meningkatkan kualitas gambar di ISO tinggi (baik untuk foto di situasi yang gelap). Kamera terbaru masing2, Nikon D300s dan Canon 7D bersaing cukup ketat dan sama-sama berkinerja dan berfitur cukup lengkap. Di kelas profesional, kamera Canon lebih cocok untuk foto studio, sedangkan kamera Nikon lebih cocok untuk foto olahraga, dan fotojurnalis.

Similar Posts:

    None Found

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 440 comments… add one }

  • Renata September 1, 2012, 9:40 am

    Thank you :D

  • Renata September 1, 2012, 9:50 am

    Ah iya, sekedar saran, sangat berharap diadakan juga kursus kilat fotografi di Bandung. Semoga :)

  • rohman September 16, 2012, 8:44 pm

    apa sih intinya perbedaan antara canon dengan nikon dari segi gambar dengan ukuran megapixel sama?

    • Enche September 17, 2012, 8:37 pm

      @Rohman Beda yang saya alami adalah kalau Nikon terlihat lebih tajam, Canon lebih lembut. Warna2nya agak berbeda. Warna Nikon untuk biru dan hijau lebih ngejreng. Canon lebih akurat kalau warna kulit. Tapi soal warna bisa di edit.

  • Rif'an September 24, 2012, 2:01 pm

    Tlong D bntu Gan klau antara Nikon D7000 dengan Canon 7D bgusan mna hasil jpretannya untuk foto wdding, indoor, maupun outdoor Gan….

    mksihhh infonya Gan….

    • Enche September 24, 2012, 2:22 pm

      Ri’fan bagusan Nikon D7000

  • Rif'an September 25, 2012, 7:34 am

    bleh ksih twu alsan’y ngga Gan…
    agar ngga ragu lgi mau pilih nikon d7000 atau canon 7d……
    mksih infonya Gan….heheheeee………….

  • Enche September 25, 2012, 10:35 am

    @Rif, ya alasannya kualitas foto yang dihasilkan lebih bagus :) he he he

  • rafael reedo September 29, 2012, 6:44 am

    Apa benar kamera canon 7D tidak ccok untuk bidang fotografi, dan jarang menjadi piilihan untuk para fotografer untuk yang ingin menekuni bidang foto dikarenakan canon 7D memiliki fitur yg terbagi dengan adanya perekam video yg “wah” ?
    Mohon pencerahannya :D mksh

    • Enche September 29, 2012, 8:13 am

      @rafael Canon 7D handal untuk fotografi kok. Jadi gak benar tidak menjadi pilihan para fotografer serius.

  • rafael reedo September 29, 2012, 6:50 pm

    Ok..meyakinkn skli mas jwbnnya..:D
    Kasus lg ni masi :D.. Saya punya budget 17jt.. Sya jg pny tmn yg rata2 pegangannya canon mskipun ada jg yg nikon satu dua org gt..jd mslh lensa aman klo mlih canon..
    Dr pihak tmen2 canon ngasih opsi slh satunya canon 7D td..dr pihak temen nikon ngasih opsi D7000 mskipun gk slevel tp hmpir sama klasnya..
    Sya suka obyek bergerak (canon nikon 11 12 8fps dan 6fps), suka foto pmndangan (outdoor), sering diajak dlm wedding photogrphy jg (indoor),,
    Kira2 ni.. Mas enche nyaranin beli kamera yg mna? Atau ada opsi lain?
    Mohon pencerahannya mas :D

    • Enche September 29, 2012, 7:42 pm

      @rafael penawaran temanmu yang dari Nikon kurang menarik haha, harusnya mereka tawarin Nikon D700 dan D800 :) Lensa2nya bagaimana? cukup gak itu 17 juta?

  • rafael reedo September 29, 2012, 8:54 pm

    Hahaha..Ha inii..judulnya “tanggung” haha.. Udh msuk jajaran kamera pro semua itu.. *liatdompet* *matik*
    Pada takut nawarinnya mungkin mas :D Lah budgetnya aja terbatas 17jt mslahnya..
    Klo gtu lari ke canon 7D ni mas satu2nya opsi yg ada? :D haha

  • Enche September 29, 2012, 9:33 pm

    @rafael huehue iya sebaiknya pasrah saja. Tapi sebenarnya ada opsi lain yaitu Canon 60D, sisanya bisa buat beli lensa yang lebih berkualitas atau aksesories.

  • Rif'An Oktober 3, 2012, 9:01 am

    Mau nnya lagi Gan Klu lensa yang ccok untuk Wdding, outdoor/indoor bgus pke lensa apa ya..??? Fix 50 1/4 atau 50 1/8 atau ada saran lensa yang lain Gan…

    mksih info’y Gan….

  • rizalm09.student.ipb.ac.id November 14, 2012, 10:20 pm

    terima kasih tasa infonya pak, :)

  • tata November 26, 2012, 11:15 am

    klo kamera Pentax bagus g’?

    • Enche November 27, 2012, 9:28 am

      @tata tergantung kameranya apa ya

  • Satria BNA Desember 7, 2012, 11:14 am

    kalo 40D aja gimana dimaksimalkan apapunn kameranya yang penting kita nyaman

  • fitha Desember 15, 2012, 10:48 pm

    lg bingung bgt nih… pilih nikon D3100 apa canon EOS 600D…… kl hati sih pilih canon. tp dompet pilih nikon. trs kalo canon eos 600d itu ringkihan gak sih? gimana nih? butuh pencerahan segeraaaaaa. Terimakasih :’)

    • Enche Desember 15, 2012, 11:35 pm

      @fitha gak ringkih sih, ya sebaiknya sesuai budget saja daripada nanti repot hehe

  • Todo Januari 5, 2013, 9:01 pm

    Masa sih Canon profesional hanya untuk foto studio? Kalau ingat zamannya demonstrasi reformasi 97-99, fotojurnalis (dalam dan luar negeri) malah pakai Canon. Makin maju perkembangan zaman, makin banyak yang migrasi dan memakai Canon. (http://bit.ly/TD8NTw)

    Keunggulan Canon ada dalam hal inovasi teknologi. Kalau dilihat perkembangan teknologi Canon dari zaman rol filem ke era dijital, kita bisa melihat pesatnya perkembangan produk kamera perusahaan ini. Ingat, kamera Canon yang pertama kali memiliki kemampuan memotret 10 bingkat per detik (10 fps)–EOS 1 N RS. Lensa dengan stabilitator (IS=Image Stabilizer) juga diperkenalkan oleh Canon. Canon juga yang membuat sistem Auto-focus 5 titik yang berkembang ke 32 titik (honeycomb pada EOS 3). Sudah begitu, sistem fokus pun menggunakan pergerakan bola mata. Ketika masuk era dijital, Canon langsung memberikan fitur rekam video yang ditingkatkan ke HD (High Definition). Inilah titik yang membuat Canon langsung melesat takhta kamera dijital terbaik. Hal ini juga berimbas pada berkembangnya industri filem independen (indie) dimana orang bisa membuat filem hanya dengan bermodal kamera DSLR (lupakan kamera video yang mahal). Lebih dari itu, sensor kamera Canon dan resolusinya senantiasa ditingkatkan (DiGiC 1 ke DiGiC 4, 8 MP ke 12 MP).

    Kesannya jualan ya? Saya memang penggemar setia Canon. Dalam hal memilih kamera, Canon adalah pilihan terbaik bagi mereka yang menggemari inovasi teknologi. Nikon memang punya ergonomi yang bagus tapi fotografi bukan hanya tentang kenyamanan semata kan. Mutu gambar dan pencahayaan justru yang paling utama dan, di era dijital, ini berarti mutu dan jajaran pilihan lensa serta sensor pencitraan kamera.

  • trisurya April 11, 2013, 8:09 pm

    kalau untuk outdoor bagus camera canon atau nikon?

    • Enche April 12, 2013, 10:42 am

      @trisurya menurut saya kedua merek sama-sama bagusnya

  • Brian Yuriko Mei 18, 2013, 11:32 am

    sampe sekarang masih bingung pilih nikon d7100 sama canon 7d? kalau untuk landscape picture bagusnya yang mana?

    • Enche Mei 18, 2013, 8:53 pm

      @Brian Nikon D7100, tapi catatannya mesti pakai lensa berkualitas tinggi juga, biar seimbang.

  • ernawati Mei 24, 2013, 10:54 pm

    Canon cenderung halus hasil jepretannya. Sedangkan nikon cenderung tajam.

    Dinamic range lebih luas nikon drpd canon. Jadi nikon lebih mumpuni utk foto lanscape dibanding canon.

    Skintone canon lebih natural, shg lebih cocok buat studio.

    Style warna nikon terasa kental/pekat jd utk lanscape sangat mendukung.

    Nikon lebih mampu menangani color abrasion drpd canon.

    Canon lebih unggul utk mengendalikan noise pd iso tinggi.

    Bbrp review mengatakan bhw kwalitas gambar nikon lebinh unggul dr canon. Bisa dilihat di dpreview.com & snapsort.com

    Soal kwalitas sensor, nikon adalah juaranya. Bisa dibandingkan kwalitas sensor di dxomark.com

    Klub fotografi canon jauh lebih banyak dibanding klub2 nikon.

    Nikon lebih leluasa dlm memilih lensa.

    Ukuran dimensi gambar (MP) saat ini nikon lebih besar drpd canon.

    Utk kamera dg kelas yg sama, canon lebih murah dibanding nikon.

    • Enche Mei 24, 2013, 11:47 pm

      @ernawati trims tambahannya. Gak terasa artikelnya sudah lama, karena persaingan ketat, pernyataan yang hari ini benar, tapi dalam beberapa waktu kedepan sudah berubah karena teknologinya susul menyusul :) Intinya sih, pilih yang mana juga gak masalah, tetap bisa dapat foto bagus kalau dipelajari dan dipraktikkan.

  • Bagoes Juli 9, 2013, 7:57 pm

    Setuju, “It’s not about the camera, but the man behind it” Meskipun pke canon 1dx , mata dan kemampuan teknisny jlek hsilny jga ya alakadarnya.

  • irul Agustus 25, 2013, 10:15 pm

    permisi gan. .
    Ane seorang pemula neh yg lg hobi foto2. Skrg ane lg bingung dg budget kurang lbh 5jt. Baikx ane plh canon 1100d atau nikon d3100.trz untk gambr yg d hasilkan bgusan mana.

    • Enche Tjin Agustus 26, 2013, 12:54 pm

      @irul untuk kualitas gambar bagus Nikon D3100

  • Muzammiel Ariyadi November 17, 2013, 7:15 pm

    Beberapa pencerahan lagi buatku……
    Thanks all…..
    God bless us….

  • pujohartono Januari 15, 2014, 11:33 am

    Saat ini sulit untuk memilih mana yang lebih unggul diantara Nikon atau Canon,menurut saya nikon lebih unggul di lensa karena pabrik terbesar dan tertua lensa di jepang adalah nikon,coba liat aja di web nya nikon.com lihat di products,semua product yang berkaitan degan lensa ada semua dan Nikon jadi market leader di tiap products nya,klo bicara teknologi Canon belum sebesar Nikon apalagi cuma teknologi camera.

  • ayya Januari 16, 2014, 9:21 am

    Mas Mªªůů tanya Ώȋ̝̊̅ε, sebenarnya lebih unggul yg mna kualitasnya canon 600D atau Nikon D3000

    .Tolong ϑȋ̝̊̅̄ blas Ўªãª‎​ “̮ ˚°♥♥♍ªªķά̲̣̥ά̲̣̥ªªº°˚˚°ºά̲̣̥S̤̥̈̊îiĥ :)

    • Enche Tjin Januari 16, 2014, 10:31 am

      @ayya Canon 600D lebih unggul dibandingkan Nikon D3000

  • hendra Januari 19, 2014, 8:01 pm

    malam, saya mau tanya , kamera apa yang sebaiknya saya beli ya, antara canon 600d dengan nikon 3200d. adapun saya pemula sekali dan ingin mulai memotret dengan baik, didalam ruangan maupun luar ruangan, orang dllnya. untuk gambar nikon sudah 24 mp sedangkan canon baru 18mp, berarti nikon sdh lbh baik di mp-nya, sedangkan populer dilapangan saya lihat canon, lalu ada juga imagine stabilizer serta auto fokus canon ada, di nikon apakah ada juga auto fokusnya selain manual? terima kasih.

  • hendra Januari 19, 2014, 8:30 pm

    malam pak, intinya, mana yang bagus saya punya untuk pemula, nikon d3200, nioon d5100 atau canon 600d? terima kasih. kalau dilihat dari mp, nikon d3200 menang, namun harga canon paling mahal, jadi apa harga menentukan kualitas? bagaimana dengan mp-nya

    • Enche Tjin Januari 19, 2014, 8:57 pm

      @hendra iya, dari kualitas gambar memang Nikon D3200 menang, kalau fitur 600D lebih unggul, contohnya ada layar lipat, lalu cocok untuk segala lensa Canon EOS, ada wireless flash pakai built-in. Tinggal yang mana yang diprioritaskan.

  • yusri Januari 23, 2014, 10:20 pm

    klo Nikon D5200 dengan Nikon D3200 saran ko Enche bagusan pilih yang mana? Soalnya harga selisih jauh…

    • Enche Tjin Januari 25, 2014, 4:02 pm

      @yusri kalau ada dana D5300, kualitas fotonya lebih tajam dari D5200 dan ada fitur2 tambahan seperti wifi, gps, layar yang lebih detil dll.

  • fie Maret 17, 2014, 10:47 pm

    Ko enche,saya juga pemula nih. Bingung mau pilih canon 600d atau nikon d5100. Menurut ko enche yang mana? Terima kasih

  • akbar April 14, 2014, 5:06 am

    Kalau harus memilih antara nikon d40 dan canon d1000 harus yang mana maklum pemulaa nihh

    • Enche Tjin April 14, 2014, 9:05 am

      @akbar Canon 1000D

  • FIRMAN Mei 5, 2014, 3:10 pm

    met sore bro.. kebetulan gue lagi beli kamera, jadi gue yg beli kamera tuh seseuai kebutuhan gue.
    pertama : ukuran megapixelnya diatas 20 MP,
    kedua : mempunyai sensor CMOS/sensor yg bagus dan ISO yg tinggi tuh soal buat ngambil gambar maupun video yg tajam gambarnya, mampu merekam video dan memotret foto diruang kekurangan cahaya.
    ketiga : bisa buat merekan video juga untuk 1080/60fps.. jadi menurut ente merek nya bagusan mana..?? soal bugdet gue udah sediain max 5 jutaan. jawaban ente apa bro.

    • Enche Tjin Mei 5, 2014, 9:33 pm

      jawabannya gak ada.. karena dananya terbatas mas jadi gak ada yang memenuhi kriteria diatas. Belum lagi lensa dan aksesoris lainnya.

  • dedl Juli 8, 2014, 12:52 am

    Klo untuk upgrade termasuk jangka panjang lensa yang suport ke fullframe murah da gampang yang mana ya

    • Enche Tjin Juli 8, 2014, 9:56 am

      Lensa 70-200mm :) tapi gak murah.

  • taufi Juli 12, 2014, 11:48 am

    mas, sya hobi untuk kegiatan outdoor, mau tanya untuk segi menengah lebih rekomend pake nikon atau canon seri apa yah? yang lebih tahan terhadap lingkungan luar ruang?

    terima kasih

    • Enche Tjin Juli 12, 2014, 11:54 am

      Pilihannya cukup banyak, tergantung dananya kira2 berapa?

      • taufiq Juli 12, 2014, 12:33 pm

        jika saya pilih nikon 90D dgn spek std dgn 18-105mm apakah masih relevan atau sudah ketinggalan jaman mas?

        budget sekitar 9-10 JT

        • Enche Tjin Juli 12, 2014, 1:34 pm

          Ketinggalan 2 generasi (D7000 dan D7100 penerus D90). Tapi kalau cukup kebutuhannya ya gak masalah. Masih banyak yang pakai D90 saat ini, saya juga ada 1 hehe :)

Leave a Comment

Next post:

Previous post: