≡ Menu

Mencari Mentor

Supaya kita bisa terus berkembang  dan terhindar dari masalah dalam menjalani hidup maupun menjalani hobi dan bisnis  fotografi, kita memerlukan mentor. Mentor adalah seorang guru dan penunjuk jalan kita.

Berbeda dengan fans yang selalu mencintai dan memuji karya kita, mentor aktif berkomunikasi dalam mengkritik bila memang kita membuat kesalahan. Mentor juga memperingatkan kita apabila kita berada di jalur yang salah.

Banyak orang terlena karena memiliki fans yang banyak dan selalu memuja-muji, dan mengabaikan kritik. Akhirnya kita menjadi sombong dan akhirnya gagal mencapai kesuksesan. Supaya sukses, kita harus lebih mendengar para kritikus yang berkualifikasi daripada mendengar puja puji para fans.

“Cintailah fansmu tapi dengarkanlah kritikus” kata fotografer profesional David duChemin

Mentor yang ideal bagi kita adalah mentor yang telah berpengalaman dibidang yang kita tekuni, orang yang telah mengalami pasang surut kehidupan. Mentor yang baik juga tidak segan-segan mengkritik dan memarahi kita bila memang diperlukan.

Mencari mentor tidak mudah, karena tidak semua fotografer berkualitas yang bersedia menjadi mentor kita. Kadang mentor juga perlu dibayar untuk waktunya. Tapi memiliki mentor dari awal karir atau kehidupan Anda sangat penting, dengan memiliki mentor, kita bisa mencapai sukses dalam hidup dan karir lebih cepat dan efisien.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • dedi November 30, 2009, 12:51 am

    salam kenal mas enche, wah saya juga suka baca blog-nya david du cheming, btw gimana caranya dapet-in e booknya yang judulnya 10 ways to improve ur crafts, cara bayarnya itu yang pake paypals ya..gak ngerti?
    thx sebelumnya…

    • Enche November 30, 2009, 1:03 am

      Salam kenal juga. iya melalui paypal

Leave a Comment