≡ Menu

Langkah langkah Belajar fotografi dari nol

Belajar digital fotografi adalah sesuatu yang kompleks. Maka dari itu banyak orang mungkin kebingungan bagaimana cara belajarnya.. harus memulai darimana? nah post ini berupaya untuk memberikan langkah-langkah praktis dalam belajar fotografi.

Pertama-tama kita memerlukan kamera. Berdasarkan ukuran sensor, kamera terbagi dua, kamera saku dan kamera DSLR. Lalu apa bedanya kamera saku dan kamera DSLR? Saya cuma mampu membeli kamera saku, apakah saya tidak bisa belajar fotografi dengan kamera saku? Jangan takut, meski murah, kamera saku memiliki kelebihan tersendiri dan jangan jadikan halangan untuk belajar fotografi.

Kedua kita perlu belajar tentang eksposur cahaya. Inti dari fotografi adalah eksposur, atau total cahaya yang masuk ke dalam sensor peka cahaya. Karena cahaya tersebutlah, foto itu terbentuk. Peran kita sebagai fotografer adalah mengendalikan jumlah cahaya yang masuk dengan mengubah besarnya bukaan lensa, kecepatan rana dan ISO. Tiga elemen ini saya sebut sebagai segitiga emas fotografi.

Ketiga, kita tentu harus mempelajari kamera kita, terutama mode-modenya, pengukuran cahaya (metering) dan auto fokus.

Keempat, kita perlu tahu apa itu kedalaman fokus (depth of field) dan apa faktor-faktornya.

Kelima, kita harus tau bagaimana mengambil gambar yang tajam dan tidak kabur.

Keenam, kita harus mempelajari komposisi foto yang baik dan menarik.

Ketujuh, kita harus mempelajari karakter cahaya terutama arah dan intensitas cahaya.

Kedelapan, kita harus belajar antisipasi dan mengambil foto pada waktu yang tepat.

Kesembilan, kita harus belajar bercerita lewat foto, entah dengan satu foto atau satu seri foto.

Kesepuluh, kita harus belajar mengolah foto dengan efek digital. Olah foto di era digital mudah dipelajari dan membuka bab baru dalam fotografi digital.

Demikian kira-kira runtutan belajar fotografi untuk pemula. Seperti yang Anda lihat, masih banyak tulisan yang saya bisa bahas dari tiap langkah tersebut. Fotografi merupakan ilmu yang berkembang begitu pesat dan tidak ada habisnya, namun bila menemui kesulitan, harap jangan menyerah dan pelajari dan terus praktekkan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 74 comments… add one }
  • Dayat January 22, 2016, 5:45 am

    Koh, klo belajar fotografi kamera mirrorless, apakah hanya mengandalkan mode2 yang ada di kamera (intellegent, auto, panorama–kamera sony) atau ada teknik lainnya

  • abdallah May 19, 2014, 11:12 pm

    Saya ingin tau bagai mana cara2 atau langkah2 menjadi seorang fotografer . krna saat ini saya tidak tau harus kemana dan bagai mana untuk tempat berdiskusi dalam hal ini.

  • adhellya April 10, 2014, 9:16 am

    saya pengen bisa belajar dan pengen masuk sekolah tentang photografer

  • caonk February 25, 2014, 8:14 am

    Slmt pg pak. Sy mau tanya, kalau sy pakai lensa kit 18-55mm, filter 52mm bs masuk ya? Kalau sy pakai filter UV, itu memilki efek yg negatif kan pak. trimakasih atad masukannya. tq

    • Enche Tjin February 25, 2014, 9:11 am

      @caonk 52mm untuk Nikon dan Pentax, 55mm untuk Sony, 58mm untuk Canon. Filter UV yang berkualitas rendah akan membuat foto kurang tajam dan munculnya flare saat berhadapan dengan sumber cahaya.

      • Leli September 30, 2017, 3:58 pm

        Terus kalo pake filter yang katanya rendah justru fto tidak.tajam?? Yang bagus itu filter seperti apa?? sedangkan penjualnya sendiri selalu bilang produk ini bagus?? Penjelasannya, terimakasih

        • Enche Tjin October 1, 2017, 9:26 am

          Merk-merk filter tertentu misalnya B+W, Hoya HD, Carl Zeiss, Rodenstock, memproduksi filter kualitas tinggi, harganya biasanya juga tinggi, menyesuaikan dengan kualitasnya.

  • Wandi February 15, 2014, 9:51 am

    Ada gak ya sekolah khusus fotografer? Waktunya berapa lama dan biayanya kira kira berapa ya? Alamatnya dimana? Saya posisi di jakarta barat. Mhn info

  • ady January 16, 2014, 7:08 am

    Om, Sony Alpha3000 Mirrorless cocok buat pemula enggak?

    • Enche Tjin January 16, 2014, 10:33 am

      @ady cocok, tapi saya gak rekomendasikan A3000. Coba cek di artikel ini

Leave a Comment