≡ Menu

Mengapa lensa fix lebih baik dari lensa zoom?

Lensa fix atau prime lens, adalah lensa yang tidak bisa zoom. Jadi untuk mengkomposisikan foto baik jauh atau dekat, Anda dipaksa untuk bergerak maju mundur. Bisa dibayangkan repotnya?

Banyak yang mungkin bertanya, untuk apa lensa fix, mendingan lensa zoom, apalagi banyak lensa fix yang lumayan mahal. Ada beberapa alasan kenapa lensa fix masih banyak diminati, terutama fotografer yang berpengalaman.

1. KECIL dan RINGAN

Sebagian besar lensa fix memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan. Hal ini membuat Anda lebih leluasa untuk bergerak dan tidak lekas capai bila membawa kamera Anda saat perjalanan jauh.

2. BUKAAN BESAR

Sebagian besar lensa fix juga memiliki maksimal bukaan besar seperti f/1.4 dan f/1.8. Di bandingkan dengan lensa zoom standar, bukaan f/1.8 dapat mengumpulkan cahaya 4-8 kali lebih banyak (2 sampai 3 stops) sehingga ideal untuk mengambil foto di ruangan yang gelap. Selain itu bukaan yang besar memudahkan Anda untuk membuat latar belakang menjadi blur.

Lensa Nikon 35mm (50mm) sangat populer untuk kamera pemula Nikon

Lensa Nikon 35mm (50mm) sangat populer untuk kamera pemula Nikon

3. KUALITAS FOTO

Hampir semua foto yang dihasilkan oleh lensa fix lebih tajam dan lebih baik daripada foto yang dihasilkan lensa zoom. Selain itu, distorsi juga lebih terkendali.

4. BAIK UNTUK BELAJAR

Lensa fix memaksa Anda untuk bergerak dan mencari sudut pandang yang lebih baik. Sehingga hasil foto Anda bisa lebih baik.

5. FOTO CLOSE-UP / MACRO

Semua lensa makro yang bagus adalah lensa fix. Ada juga lensa zoom yang memiliki kemampuan makro, tapi sangat jauh kualitasnya dibandingkan dengan lensa fix. (Lens makro adalah lensa yang bisa mengambil foto objek yang sangat kecil sehingga terlihat sangat besar. Contoh: serangga, bunga)

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut maka lensa fix sangat penting sebagai alat fotografi di masa lalu dan dimasa depan.

Pengalaman saya: Lensa fix banyak saya pakai untuk foto potret, foto pertandingan bola basket, bola voli di dalam ruangan, foto candid, foto pemandangan

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 307 comments… add one }

  • rio indrayuda Mei 5, 2014, 9:04 pm

    Mas enche, kalok canon 1100 D makek lensa Fix 50mm Cocok gak ya ?

    • Enche Tjin Mei 5, 2014, 9:27 pm

      Cocok hehe

  • beths Mei 22, 2014, 7:07 am

    Lensa yang bagus buat foto manten apa y bos?
    Saya menggunakan Nikon d7000

  • yansen Juni 22, 2014, 9:10 pm

    Saya penggemar karya Mas Enche…saya punya koleksi hasil hoby photografi, banyak rekan saya bilang itu adalah investasi..mohon bimbingan master kemana saya bisa menjual gambar2 tersebut…bravo Enche Tjin

  • andy Juni 24, 2014, 5:15 pm

    lensa fix apa bgus untuk nikon d5100 dgn hrga trjangkau mas

    • Enche Tjin Juni 25, 2014, 10:40 am

      Nikon AF-S 50mm f/1.8G atau 35mm f/1.8G

  • tito vandekamp Juli 11, 2014, 9:41 pm

    Kalo buat canon 1200d lensa fix apa ya mas enche ?

    • Enche Tjin Juli 12, 2014, 11:55 am

      Mau buat motret apa dulu ya?

Leave a Comment

Next post:

Previous post: