≡ Menu

Mengunakan lampu kilat kamera yang baik dan benar bagian II

contoh-flash

Contoh mengunakan flash dengan mode otomatis di lingkungan yang gelap

Seringkali saat kita berada di tempat yang gelap seperti malam hari atau di dalam ruangan, kita terpaksa mengunakan flash. Tapi hasil dari mengunakan flash biasanya cukup mengecewakan. Tidak hanya terlihat tidak alami, tapi juga latar belakang biasanya menjadi hitam legam. Untung ada dua mode di dalam kamera Anda yang bisa membantu mengatasi hal ini.

Cari di panduan bila tidak tahu cara mengubah mode flash

Pertama adalah Slow sync flash. Saat mengunakan mode ini, kamera akan memperlama bukaan (slow shutter speed) sehingga semakin banyak cahaya lingkungan (ambient light) yang masuk ke dalam sensor. Akibatnya, di banyak kasus, foto akan terlihat lebih alami dan latar belakang menjadi lebih terang. Mode ini baik dipakai terutama untuk pemandangan malam atau di ruangan yang gelap.

Dalam mengunakan mode ini, kita harus memperhatikan beberapa faktor. Yang terpenting adalah kita harus usahakan menghindari blur entah dengan mengunakan tripod atau mengunakan lensa atau kamera yang memiliki image stabilization. Faktor kedua berkenaan dengan warna (white balance) yang akan saya bahas dikemudian hari.

Contoh potret mengunakan slow sync flash

Contoh potret mengunakan slow sync flash – sumber: Photography Savvy

Mode yang kedua yaitu Rear curtain sync. Bila mengaktifkan mode ini, kamera akan otomatis menginstruksikan kamera membuka sensor cukup lama sesuai kondisi cahaya di ruangan. Sedikit berbeda dengan Slow sync, Rear curtain sync akan menangkap gerakan subjek foto dan kemudian akan menembakkan flash sesaat sebelum kamera menutup sensor untuk membekukan foto.  Aplikasi rear curtain flash yang biasa ditemukan yaitu untuk menangkap gerakan-gerakan orang yang sedang menari atau subjek lainnya.

Contoh teknik rear curtain flash. Gerakan penari terekam dan kemudian penari tersebut dibekukan sesaat sebelum kamera menutup sensor

Contoh teknik rear curtain flash. Gerakan penari terekam dan kemudian penari tersebut dibekukan sesaat sebelum kamera menutup sensor. Foto oleh denislim

Dalam mode slow sync, kamera menembak flash sesaat setelah kamera membuka shutter, sedangkan di rear curtain sync, kamera menembak flash sesaat sebelum kamera menutup shutter.

Dari sifat yang ditunjukkan pada hasil foto diatas, maka bisa disimpulkan bahwa shutter speed menentukan berapa banyak cahaya lingkungan yang masuk.

Mungkin bagi beberapa orang materi ini cukup berat untuk dicerna, maka dari itu, cobalah di praktekkan, dengan praktek, pengertian tentang mekanisme flash ini akan lebih mudah dimengerti. Selamat mencoba!


Tersedia workshop Kupas Tuntas Flash Eksternal untuk membahas penggunaan dan bahas fitur serta trik menghasilkan karya foto yang lebih baik, pantau jadwalnya di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 49 comments… add one }
  • gede eka February 26, 2014, 11:37 am

    siang om, saya pake canon 600 d dan YN 560. Saat sdh pasang flashnya, pada menu flash control, sub menu external flash func setting tdk bisa dipakai warning incompatible flash sehingga saya tdk bisa setting 2nd curtain. Tetapi flash bisa berfungsi dgn normal cuma masuk sub menu iu saja yg tidak bisa. gmn cara setting 2nd curtainnya om. terima kasih sebelumnya.

    • Enche Tjin February 26, 2014, 1:43 pm

      @gede Biasanya diset di menu built-in flash kamera, tapi kalau dianggap incompatible oleh Canon, ya gak bisa 🙁

  • rossa February 4, 2014, 1:37 pm

    ko enche..saya pakai kamera Nikon d5200 + flash eks.nissin Di600,saya pakai memotret menggunakan mode A,tapi shuter speednya kok selalu di angka 1/60,saya coba naikkan ISO lebih tinggi tp shuter speed gak berubah, bagaimana cara menaikan shuter speednya..?atau kameranya emang gak cocok pakai flash tersebut,terima kasih ko..

  • dito January 31, 2014, 6:20 am

    salam om, apakah flash eksternal yg manual bisa slow syncro? atau jika tidak, gmn cara membuat hasil spt slow syncro dg flash eksternal manual?
    kamera saya g15 dan rencana akan membeli flash eksternal , manual atau TTL belum tahu (inginnya manual, TTL lebih mahal). kl sering pake flash internal, batere cepet habis, dan kamera panas.
    terima kasih

  • baink January 28, 2014, 7:11 pm

    maaf om ganggu, klo mengunakan settingan manual lalu langkah apalagi yg saya lakukan agar hasil foto bagus,
    sy mengunakan d60 cenon,
    sebelumnya makasih banyak om.

    • Enche Tjin January 29, 2014, 11:37 am

      @baink tergantung mau motret apa dan mau menghasilkan foto yang bagaimana. Coba baca2 tulisan di kategori dasar fotografi

  • syaadillah November 17, 2013, 6:51 pm

    bapak ence bagai mana ya teknik pengambilan buat 2nd curtain yang bagus, saya sudah mencoba buat nangkap gerakan penari, tapi efeknya tetep saja belum keliatan pak, sudah saya coba di berbagi speed, mohon infonya pak, terimakasih

  • syaadillah November 12, 2013, 11:32 pm

    maaf bapak enche, maksud saya yn 467, bagaimana ca mensetting ya pak enche saya pingin bisa teknik ini, yang flashnya hidup sesaat ketika rana akan menutu pak, makasih banyak pak

  • syaadillah November 12, 2013, 9:33 pm

    mohon maaf pak saya menggunakan canon 60d dan youngnuo 464 cara mensetting buat rear curtain sync / 2nd rear curtain sync gimana ya pak? makasih

    • Enche Tjin November 12, 2013, 9:42 pm

      @syaadillah coba periksa lagi nama flashnya benar gak?

  • nadirsyah November 12, 2013, 5:42 pm

    Mas Enche, bisa nggak aku dapat info secara otomatis ke email saya tentang jadwal pelatihan yang akan diadakan ?

  • samuel November 19, 2012, 1:00 pm

    ko enche,
    saya mau tanya dengan kamera canon 6600d + flash YN560II (masih rencana mau beli) apakah bisa menghasilkan foto2 seperti di atas…
    thanks

  • davidB October 18, 2012, 6:44 pm

    pak enche saya pake flas YN560-II…mau nanya ..apakah di kamera canon 550d ada settingan seperti dibawah ini :
    Slow sync flash.
    Rear curtain sync.
    saya cari2 di setingan kamera tapi ndak dapat2…

  • Gunardi December 24, 2011, 7:59 am

    Halo Pak Ence, mau nanya apakah di canon juga ada rear curtain flash? soalnya rasanya koq di canon adanya 1st curtain dan 2nd curtain, apakah sama? (pertanyaan diatas ada tp blom direspon)

    thank u

    • Enche December 24, 2011, 10:40 am

      2nd curtain dan rear curtain itu sama

  • mursal buyung June 18, 2011, 10:29 am

    Pakei Flash Lepas, mode apa yg dipakai, M,A,S,P ,trims om

  • yohan May 15, 2011, 8:39 pm

    maaf, saya pake 50d n 580EX2.

  • yohan May 15, 2011, 8:30 pm

    salam pak enche, saya mau tanya bagaimana cara menyeimbangkan ambient dengan oyek saat motret ditempat yang redup dengan flash tanpa membuat obyek seperti di black hole? yang diukur BG atau Obyeknya? ada yang menyarankan menaikkan ISO tp takut ntar noisenya nambah. terima kasih banyak. maaf kalo pertanyaan nya gak mutu.

    • Enche May 15, 2011, 11:17 pm

      Untuk memasukkan cahaya lingkungan ke dalam foto, kita bisa memperlama shutter speed atau menaikkan ISO.

  • Locogorilla May 10, 2011, 1:18 am

    Numpang nanya lagi pak?

    Jika ingin strobist pak.. apakah semua jenis flash bisa ataukah ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli flash? Mis harus beli alat tambahan dsb. ataukan fitur teknis tertentu yang wajib dimiliki oleh flash ybs? fyi, saya pakai 1000D pak.

    Terima kasih lagi sebelumnya.

  • Fch.cool March 23, 2011, 2:11 am

    ok berarti tidak ada pengaruh ke kamera ya pak apabila kita menggunakan shutter speed di atas 1/100 di dalam ruangan atau di malam hari,asalkan kita bisa menyeimbangkan antara shutter speed dan iso.

    terima kasih pak atas informasinya
    akan saya coba nanti…

  • Fch.cool March 20, 2011, 9:51 pm

    Permisi sebelumnya

    saya mau nanya bagaimana caranya kita foto di malam hari dan di dalam ruangan tetapi obyek tersebut mempunyai kecepatan yang tinggi ex: orang melompat, tetapi kamera kita tidak blur. Apabila kita menggunakan shutter speed di atas 100 pasti akan gelap hasilnya dan apabila ISO di naikkan maka akan over dan kamera kita akan rusak..

    Thnx u

    • Enche March 20, 2011, 9:57 pm

      Halo, saran saya kita harus seimbangin shutter speed, iso dan juga bukaan. Di kondisi seperti itu, shutter speed harus relatif tinggi (1/100 keatas) karena gelap, maka ISO harus ditinggiin untuk menyeimbangkan, juga bukaan bisa dibesarkan lagi sampai mendapatkan hasil terang gelap yang sesuai.

      Bila ingin memakai shutter speed lebih rendah dari 1/100 detik, bisa saja dengan mengunakan lampu kilat tambahan. Selamat mencoba.

  • Nyoman_abdee March 13, 2011, 8:20 am

    masih belum faham pak, first curtain + rear curtain…tp setidaknya mulai ada pencerahan…makasi pak!

  • balgaucok February 13, 2011, 5:20 am

    Cara terbaik untuk berlatih tentunya menjepret satu objek dengan berbagai kombinasi settingan, untuk kemudian dibandingkan hasilnya. Apakah settingan yg kita pakai akan terekam dlm metadata foto ? Atau kita hrs mencatatnya secara manual ?

    • Enche February 13, 2011, 11:54 am

      akan terekam

  • agus October 14, 2010, 11:09 am

    malam pak..
    apakah mode 1st curtain dan 2nd curtain di pengaturan flash 1000d sm dengan yang bapak jelaskan diatas ?
    thanks pak..

  • Imanuel Einstein September 10, 2010, 9:57 am

    Mas, klo Canon 50D bisa ga untuk Slow sync flash dan Rear curtain sync ? Klo bisa, setting nya dimana ya ?
    Thanks ya ..

  • bedie July 16, 2010, 11:19 pm

    terima kasih infonya mas>>>>>>
    salam dari bogor

  • Enche July 14, 2010, 3:28 am

    Sayang saya tidak punya flash tersebut, tapi ini beberapa masukan yang saya dapat dari membaca di internet:

    saat memakai aperture priority dan shutter speed priority (Av/Tv) otomatis flashnya akan berlaku sebagai slow sync flash. Untuk setting, tergantung kondisi cahaya di lapangan.

    Untuk aktifasi rear curtain sync coba tekan tombol + dan – bersamaan. Nanti muncul tanda >>> atau tulisan SYNC. Kalau ga bisa, coba baca buku manualnya.

  • bedie July 14, 2010, 2:49 am

    makasih responnya…kamera canon 5d dan flshnya 580ex

  • Enche July 13, 2010, 11:44 am

    merek kamera dan lampu flashnya apa ya?

  • bedie July 13, 2010, 10:28 am

    Mas….. untuk slow sync ataupun rear curtain sync, bagaimana cara menset kamera dan lampu flashnya (eksternal). Misalnya bila memggunakan eperture priority, berapa speed kamera maupun flashnya.

  • Tedi Iskandar July 11, 2010, 10:56 pm

    Apakah Slow sync flash dan Rear curtain sync juga berlaku jika kita menggunakan flash eksternal? Maaf jika saya bertanya sebelum mencoba, soalnya belum pny flash eksternal.

    • Enche July 12, 2010, 12:44 am

      betul, itu berlaku juga

  • Enche June 2, 2010, 11:19 pm

    Pak Samudra, caranya ada di manual halaman 173.

  • Samudera June 2, 2010, 11:14 pm

    Saya pakai Nikon D300 lens 18-105mm kalau settingan teknik rear curtain flash, bagaimana ya. biar ada evek gerak seperti itu tetapi Obyek tetap tajam seperti contoh penari diatas. terimakasih sebelumnya

  • ling2 May 26, 2010, 11:07 am

    WOW… foto penarinya keren banget!!!
    kira2 butuh speed berapa ya supaya bisa menghasilkan foto seperti itu?

    • Enche May 26, 2010, 1:44 pm

      Data teknisnya kan ada disamping fotonya 🙂

  • hadi May 11, 2010, 1:55 am

    Thx.di tunggu blog post nya

  • Enche May 10, 2010, 8:28 am

    Hadi, Sebagian besar foto saya tidak mengunakan flash. Cara mengaturnya agak rumit, nanti saya akan tuliskan dalam bentuk blog post.

    Soal kedua, untuk menghindari slow shutter speed adalah dengan mengunakan tripod, mengunakan lensa berbukaan besar, atau menaikkan ISO.

  • hadi May 10, 2010, 6:37 am

    salam kenal mas ence

    saya sudah melihat portfolio foto anda,dan saya kagum sekali dengan foto yang anda buat,yang jadi pertanyaan saya apa semua foto anda menggunakan flash,baik itu outdoor maupun indoor ?bagaimana mengaturnya supaya bisa terlihat alami jadi tidak terlalu over atau under?

    selain itu juga bagaimana mengusahakan supaya foto disituasi low light bisa tercahayai dengan benar dan tidak blur karena biasanya slow shutter speed kecendrungannya camera shake?Thx

  • Enche April 15, 2010, 10:32 am

    Latihan/persiapkan dulu sebelum acaranya.

  • Lina April 15, 2010, 10:18 am

    Trima kasih penjelasan nya, tapi rupanya aku belum memahami benar2, barusan aku praktek kan, hasil nya? ampunnn, smua foto di sesi tarian ancur, jadi sedih, pasti org2 kecewa juga.
    apa yg harus aku lakukan?

  • jack January 8, 2010, 6:32 am

    Terima kasih, sharing pengetahuan dari Bpk. Ence sangat berguna bagi saya.

  • Enche January 7, 2010, 10:27 am

    dicoba lagi dengan setting yang benar, pelan2 baca manualnya ya.

  • David January 7, 2010, 10:25 am

    yang 1000d kemaren om…
    waktu itu pake flash nissin om.

  • Enche January 6, 2010, 9:18 am

    kamera apa tuh? mungkin daya flashnya kurang kuat atau kurang dekat.

  • David January 6, 2010, 8:14 am

    om, koq kalo pake flash di kameraku gambarnya gelap banget di malam hari???

    apa motonya mesti dekat dengan objek ya om??

Leave a Comment