≡ Menu

Teknik Lampu kilat : OFF camera flash

Di banyak kesempatan, terutama saat kita membuat foto potret baik perorangan ataupun kelompok, teknik off camera flash ini cukup penting untuk membuat foto kita lebih baik. Teknik ini cukup sederhana, kuncinya adalah lampu kilat di kamera Anda harus dilepas dari kamera dan diarahkan ke langit-langit.

Nah, lalu karena lampu kilat itu terlepas dari kamera, Anda perlu cara untuk mengkomunikasi antara lampu kilat dengan kamera, untuk itu Anda perlu fitur wireless flash trigger/commander. Bila kamera Anda tidak memiliki fitur ini, Anda mau tidak mau harus membeli alat tambahan seperti cable sync flash atau radio wireless trigger untuk menghubungkan antara kamera dan flash. Bila kamera Anda punya fitur ini, maka tinggal pakai built-in flash (lampu kilat kecil di kamera) sebagai alat pengontrolnya. Beberapa kamera yang sudah memiliki fitur ini adalah Nikon D90, D300, D300s, D200, Olympus E-620, Canon 7D dan lain lain.

Bila kita memotret dengan mengunakan lampu kilat yang diarahkan secara langsung ke wajah orang,  maka foto yang dihasilkan akan datar. Selain itu bayangan yang dihasilkan kasar dan terlihat jelas di latar belakang. Lebih dari itu, terlihat pantulan sinar dari wajah subjek foto.

Foto dengan mengunakan lampu kilat yang langsung diarahkan ke subjek foto

Foto dengan mengunakan lampu kilat yang langsung diarahkan ke subjek foto

Bila mengunakan teknik OFF camera flash ini, foto wajah akan terlihat lebih alami, terlihat memiliki tiga dimensi, dan bayangan juga jatuh ke bawah sehingga tidak mengganggu.

Dengan mengunakan teknik off camera flash

Dengan mengunakan teknik off camera flash

Catatan: Pastikan langit-langit berwarna putih karena bila tidak, warna foto akan terkontaminasi dengan warna langit-langit.

Similar Posts:

    None Found

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 85 comments… add one }

  • arief rosadi Juli 15, 2014, 1:11 pm

    selamat siang koh…

    mau nanya ni…
    saya pake flash sigma ef-530 dg super, boleh tau trigger yang support lampu flash tersebut apa ya…?
    saya telah beberapa kali nyoba trigger tapi ngga bisa nyala, padahal dicoba pada flash merek lain bisa…

    terima kasih sebelumnya

    • Enche Tjin Juli 18, 2014, 9:32 am

      Kayaknya tipe flash itu tidak bisa ditrigger secara wireless via wireless trigger.

  • Triastomo Agustus 29, 2014, 5:21 pm

    Sore Om.
    Mau nanya nih, saya punya kawan sedang mengawali usaha fotografi studio dengan fasilitas yang sangat minim, dalam arti ruang kecil dan flash payung dua, serta kamera Nikon D60.

    Pertanyaan saya, saat mengambiil gambar misal untuk pas foto (satu orang), dengan menggunakan flash payung dua kanan kiri dan agak atas sekalipun, di layar background bayangan tidak terbuang dan mengecil di belakang obyek tapi terlihat bayang orang yang lebih besar dari obyek (wajah orang-misal), di pinggir telinga dan wajah ada bayangan. Apakah ini disebabkan sistem payung yang hanya bisa menyala bila cahaya flash bawaan kamera juga menyala (sehingga ada tiga lampu menyala : dua payung kanan-kiri dan lampu built in kamera-persis dari arah depan obyek)? Kawan saya tersebut tidak bisa menggunakan mode Manual dengan flash built in dimatikan, karena lampu 2 payung tersebut tidak mau nyala. dia pakai otomatis terus yang memaksa flash built in menyala (dalam ruang yang cenderung bersinar samar. Mohon saran, apakah harus ganti payung dengan sensor yang fleksibel atau ada setting khusus di kamera D60 Nikon.

    Mohon saran. terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    • Enche Tjin Agustus 30, 2014, 10:57 am

      Mestinya pakai pemicu/wireless trigger. Satu dipasang di kamera, satu lagi di salah satu flash. Jadi tidak membutuhkan flash diatas kamera lagi. Bayangan itu muncul karena flash diatas kamera menyala. Jika masih kurang terang latar belakangnya atau masih ada bayangan akibat lampu dari payung, gunakan lampu flash satu lagi untuk menerangkan latar belakang.

  • Billy September 8, 2014, 8:59 am

    saya mau nanya kalo this function is not selectable
    in the current shooting mode, tuh sering muncul waktu nekan tombol flashlight

    • Enche Tjin September 8, 2014, 1:43 pm

      Mode yang digunakan apa? Mungkin di mode Manual (M) baru bisa.

Leave a Comment