≡ Menu

Supaya foto tidak blur bagian II

Beberapa bulan yang lalu, saya menulis tentang bagaimana mencegah blur pada foto. Di artikel tersebut, saya menjelaskan tentang beberapa faktor penting seperti setting shutter speed dan kaitannya dengan rentang fokal lensa, kecepatan gerak subjek, dan besarnya megapixel.

Selain yang disebut diatas, masih ada lagi faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi, antara lain:

Bila semua setting kamera sama, maka faktor lain yang mempengaruhi adalah:

1. Arah gerak subjek yang bergerak : Subjek yang bergerak mendekati dan menjauhi kamera akan lebih mudah dibekukan daripada subjek yang bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

2. Jarak antara kamera dengan subjek yang bergerak : Semakin jauh jaraknya, semakin mudah membekukan subjek tersebut daripada subjek yang dekat.

Taxi yang di depan terlihat lebih kabur daripada taxi yang dibelakang. Hal ini disebabkan karena jarak antara Taxi terdepan ke kamera lebih dekat.

Taxi yang di depan terlihat lebih kabur daripada taxi yang dibelakang. Hal ini disebabkan karena jarak antara Taxi terdepan ke kamera lebih dekat.

Dalam praktek di lapangan, seringkali kita tidak dapat mengunakan shutter speed tinggi untuk membekukan subjek foto terutama karena  kondisi lapangan yang gelap. Maka dari itu, dengan mengunakan prinsip-prinsip diatas untuk keuntungan kita.

Apabila kita memotret orang atau benda yang mendekati kita dari depan, maka kita dapat mengunakan shutter speed sedikit lebih pelan, demikian juga memotret subjek yang jauh dari kita. Tetapi hati-hati kalau subjek foto dekat dengan kita ataupun gerakannya dari kiri ke kanan/kanan ke kiri kamera, kita perlu menaikkan kecepatan rana/shutter speed bila ingin membekukan subjek tersebut.

Semoga cukup jelas dan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 15 comments… add one }
  • kayla untara December 30, 2013, 4:27 pm

    semua tulisan yang sempat saya baca menarik sekali. Sayang, di tempat saya belum pernah ada pelatihan fotografi secara khusus. Saya kembali menjelajah tulisan2 bung karna saya ingin lebih mengenal dan mempelajari fotografi. Salam dari kalimantan.

    • Enche Tjin January 1, 2014, 9:30 pm

      @Kayla trims sudah membaca, kalau pas jalan2 ke Jakarta jangan lupa ikut belajar 🙂

  • Aristo June 13, 2011, 11:57 pm

    Selama ini sy cari blog fotografi, baru ini yang mengulasnya detail dan lengkap. Suwun Mas Enche

  • mansyur May 11, 2011, 8:15 am

    Terimakasih pencerahannya Mas Enche

  • immanuel March 15, 2011, 4:35 pm

    salam om
    bagaimana cara menetukan kecepatan shutter, cepatan mana shutter 1/100 atau 1/200. dan menetukan diafragma, besaran mana diafragma 100 atau 60

    • Enche March 15, 2011, 10:38 pm

      shutter speed itu dalam detik. Jadi shutter 1/100 detik itu lebih lambat dari 1/200 detik. Deret bukaan adalah dimuali dengan huruf F, seperti f3.5, f4, f5.6 dan seterusnya, semakin besar angkanya, semakin kecil bukaannya.

  • giwan January 3, 2011, 8:10 pm

    slam kenal, sya juga masih amatir nih, trima kasih info ya, jika nanti sya dpt problem jepret, d bntu ya…..

  • edril December 17, 2010, 11:21 am

    pengen belajar ni tapi belum ada camera ni

  • indie November 7, 2010, 11:18 pm

    amazing, dari dulu saya cari web yang bsia bantu saya dengan bahasa lugas untuk belajar fotografi, lagi pengen byoba DSLR nih soalnya ^^

  • Kee Hien May 22, 2010, 4:09 pm

    @Denny; MESTINYA ANDA BELAJAR DARI ARTIKEL DI ATAS DAN MEMBACA TANYA JAWAB YANG ADA DI ARTIKEL YANG DI ATAS DAN ARTIKEL YANG LAINNYA YANG TELAH DITULIS OLEH ” ENCHE” ,AKAN SANGAT MEMBANTU SEKALI ANDA MENJADI FOTOGRAFER YANG HANDAL,MASALAHNYA ANDA HARUS MAU BELAJAR……

  • denny March 29, 2010, 2:23 am

    bro mo nanya.. mo belajar fotografi yg bagus dimana yaa?
    di jakarta ato di bandung gitu.. trus biaya nya sekitar brp an yaa.. lagi pengen belajar neh.. thx broooo

  • adi kurniawan March 13, 2010, 5:33 pm

    benar sekali kata artikel ini, sama yang selalu saya pratekkan.., makasih ya mas dah mengigatkan lagi sesuatu yang kita anggap sepele….

  • syarif February 23, 2010, 3:48 am

    makasih banget infonya jadi bisa lebih hati2 dalam memotret soalnya sy seorang pemula dalam fotografi

Leave a Comment