≡ Menu

Perbedaan kamera full frame dengan crop sensor

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya tentang beda kamera digital full frame dengan kamera digital crop frame (biasa). Maka dari itu mari kita bahas secara mendalam dan mudah-mudahan lengkap.

Kamera full frame berukuran sensor lebih besar dari kamera SLR crop, berapa bedanya? Luas penampang kamera full frame adalah 864 mm2 dibandingkan dengan kamera crop sensor Canon: 329 mm2, Nikon, Sony, Pentax : 370 mm2 dan Olympus: 225 mm2

Canon EOS 5D mark II dan 7D, bentuk fisik hampir sama, tapi isi dan teknologi jauh berbeda

Canon EOS 5D mark II dan 7D, bentuk fisik hampir sama, tapi isi dan teknologi jauh berbeda

Dampak perbedaan ukuran inilah yang menjadi sumber perbedaan-perbedaan dibawah ini:

1. Kualitas foto

Kamera bersensor berukuran besar lebih baik terutama di ISO tinggi (foto di tempat yang gelap). Untuk ketajaman foto, ini tergantung juga dengan lensa yang dipakai. Kalau lensa yang dipakai jelek, maka kualitas foto di kamera bersensor besar malah bisa lebih buruk.

2. Jangkauan fokal lensa

Bila kita mengunakan lensa yang sama dan kita pasang di kamera full frame dan satunya lagi kamera crop frame, maka ada perbedaan jangkauan fokal lensa. Di kamera full frame, foto akan terlihat lebih lebar, sedangkan di kamera crop frame, lebih sempit. Hal ini dikarenakan kamera crop frame otomatis mengkrop foto yang diambil.

Tiap merek kamera memiliki rasio yang agak berbeda dengan yang lain. Contoh Canon 1.6, Nikon, Pentax dan Sony 1.5, Olympus 2. Artinya bila lensa 100mm di pasang di kamera crop Canon, maka akan keliatan seperti 160mm di kamera full frame.

Efek ini tentunya disukai oleh fotografer olahraga atau satwa liar, karena dengan lensa 300mm misalnya, dengan mengunakan kamera crop, jangkauannya seperti 480mm.

3. Tidak semua lensa cocok dipasang buat kamera full frame

Ini yang penting bagi yang mempertimbangkan untuk membeli kamera full frame. Gak semua lensa kompatibel, ini dikarenakan banyak produsen lensa membuat lensa yang berukuran lebih kecil dan di optimalkan untuk kamera crop. Sebaliknya, semua lensa yang bisa dipakai di kamera full frame, bisa dipakai di kamera crop frame.

Contoh lensa yang tidak kompatibel antara lain Canon EF-S, Nikon DX, Tamron Dii, Sigma DC

4. Depth of field atau kedalaman fokus

Karena ukuran sensor lebih besar, makin tipis kedalaman fokus dibandingkan dengan kamera crop. Contoh, lensa dengan bukaan f/1.4 bila digunakan di full frame seperti lensa f/1 (Di dapat dari 1.4 dibagi crop faktor kamera misalnya 1.5 untuk kamera Nikon) bila dipakai di kamera crop sensor.  [ Baca juga Memahami Bukaan ]

5. Lebih rentan blur*

Saya pernah baca artikel yang mengatakan bahwa kamera bersensor besar sedikit lebih rentan blur bila kamera goyang. Ini mungkin ada benarnya. Akibatnya, kita perlu menaikkan shutter speed lebih tinggi untuk mengkompensasikannya. [ Baca juga Supaya foto tidak blur ]

6. Harga

Karena untuk membuat sensor berukuran besar mahal, dan tidak diproduksi se-massal sensor crop, maka kamera full frame juga lebih mahal banyak daripada kamera crop. Kamera baru setidaknya berharga 20-30 juta. Ada juga yang mencapai 70 juta, sedangkan kamera crop baru bisa dibeli dengan harga mulai dari sekitar 4 – 5 jutaan.

Demikian perbedaan-perbedaan utama kamera full frame dan non-full frame. Tentunya kita bisa menemukan perbedaan-perbedaan lain seperti perbedaan fitur dan teknologi yang dipakai. Kadang teknologi yang dipakai di kamera crop frame lebih canggih daripada kamera full frame, contohnya Canon 7D dan Canon 5D mark II. Untuk menentukan kamera yang paling cocok untuk Anda, tentunya harus memahami perbedaan tersebut sehingga tidak membuang duit sia-sia.

Contoh kamera full frame: Canon 5D mark II, Nikon D700, Nikon D3, Sony A900. Contoh kamera crop sensor: Canon 350D – 550D, Canon 40D, 50D, 7D, Nikon D3000, D5000, D90, Pentax kx, k20d, Olympus E-3, E-620, Sony A200 – A700 dan lain lain.

*belum ada riset yang pasti.

Similar Posts:

    None Found

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 122 comments… add one }

  • YoseRizal Mei 29, 2013, 4:49 pm

    Selamat sore Mas Enche,
    Mau nanya apakah lensa yang didesain buat kamera APS-C diupgrade atau ditambah alat agar bisa digunakan pada kamera Full frame. Karena saya punya lensa Tamron dan Tokina hanya buat kamera APS-C, pengen bisa juga dipake di 5 D.

    Terima kasih

  • YoseRizal Juni 25, 2013, 7:54 pm

    Selamat malam suhu,
    Mau nanya apakah lensa yang didesain buat kamera APS-C diupgrade atau ditambah alat agar bisa digunakan pada kamera Full frame. Karena saya punya lensa Tamron dan Tokina hanya buat kamera APS-C, pengen bisa juga dipake di 5 D.

    Terima kasih

    YoseRizal

  • Enche Juni 25, 2013, 10:27 pm

    @YoseRizal Gak bisa pak, karena diameternya lebih kecil jadi gak bisa mencakup sensor full frame.

  • zayyan falent Juli 2, 2013, 9:15 pm

    tanya pak. klau canon 5d mark3 pke lensa 18/200 bgus ngga hasilnya

    • Enche Juli 3, 2013, 5:52 am

      @zayyan gak cocok pak. Karena lensa 18-200mm itu lensa EF-S, kalau kamera 5D mk3 kamera full frame, hanya cocok kalau dengan lensa EF.

  • budi raharjo Juli 30, 2013, 4:31 pm

    salam kenal pak enche
    Pak saya mau tanya saya seorang fotografi pemula, saat ini saya punya kamera nikon D3200. saya mau membeli lensa antara merk tamron 18-200 (sapu jagad) dan Nikkor kalo tidak salah ukurannya 55-200, menurut bapak lensa mana ya yang cocok untuk traveling. bila kita lihat dari segi kwalitas lensa tersebut lebih unggul yang mana Pak ? mohon pencerahannya

    • Enche Tjin Juli 30, 2013, 10:39 pm

      @budi soal kualitas yang 55-200mm VR lebih baik daripada yang 18-200mm

  • M@wan Agustus 8, 2013, 8:23 pm

    Punya saya 1100D saya pakai efs 55-250 bagus gk untuk wedding

    • Enche Tjin Agustus 10, 2013, 10:53 pm

      @M@wan lumayan bagus untuk outdoor, tapi gak cukup kalau mengandalkan itu saja untuk wedding.

  • Ferry Agustus 25, 2013, 8:49 pm

    slamat malam pak, saya mohon sarannya kalau misalkan saya punya budget 5jtan, mnurut bapak camera xlr merk (cannon,nikon,sony) mna yang bagus ? saya awam tentang fotografi

    • Enche Tjin Agustus 26, 2013, 12:54 pm

      @Ferry untuk budget dibawah 5 juta, saran saya Nikon D3100

  • Eka Oktober 19, 2013, 11:02 pm

    Malam pak enche, mau tanya lensa canon 135mm f/2L UMS bila dipakai pada canon 60D bagaimana kualitas bokeh dan bagaimana hambatan jarak antara camera ke obyek? Bila buat foto model, kira2 brp meter jarak kamera ke model spy dapat full body? Saya tertarik dgn lensa ini, tapi masih menimbang +/- lensa ini di body 60d. Mungkin ada saran pilihan lensa lain? Thanks

    • Enche Tjin Oktober 21, 2013, 9:16 am

      @Eka Jauh juga pengalaman saya bisa sekitar 10 meteran untuk dapat full body jadi saya tidak sarankan. Biasanya untuk headshot-close-up candid. Saran saya untuk full body lensa 50mm dengan kamera Canon 60D

  • Sodik November 10, 2013, 7:00 pm

    Bang kalo bicara crop factor saya masih rancu nih
    sbenernya lensa EF-S di sensor APS-C mengalami crop factor tidak??
    Soalnya di banyak forum dn website bilang tetep kena crop factor,, sperti link ini
    http://www.fotografer.net/forum/forum.view.php?id=3194554965

    http://kamera-gue.web.id/2011/06/28/memilih-lensa-sesuai-ukuran-sensor-dslr/

    • Enche Tjin November 10, 2013, 8:17 pm

      @Sodik Kalau dibandingkan ekuivalen dengan kamera full frame mesti dikali 1.6x. Contoh EF-S 10mm, sudut pandangnya sama dengan 16mm yang dipasang di kamera DSLR full frame misalnya 6D, 5D, 1D.

  • Sodik November 10, 2013, 9:42 pm

    Masih bingung nih bang,, Seumpama ada dua lensa EF-S 10mm dan EF 10mm (diumpamakan kedua lensa benar2 ada)
    Nah lensa EF-S 10mm saya pasang di body APS-C dan lensa EF 10mm saya pasang di body full frame
    Apa keduanya akan menghasilkan foto dg lebar yg sama atau tidak??

    • Enche Tjin November 10, 2013, 9:54 pm

      @Sodik Tidak sama, yang yang EF 10mm di bodi full frame akan lebih lebar.

  • Sodik November 10, 2013, 10:48 pm

    Oh jdi lebaran full frame
    Makasih bang….stelah muter2 sana sini akhirnya dpt jga jwbanya….hehehhe

  • elmakassary November 11, 2013, 6:24 pm

    sodik… Klo menurut saya akan sama2 lebar… Karena 10 mm EF-S(klo memang ada) tentunya akan menghasilkan gambar bidang yg sama ( jadi seolah2 10 mm EF-S itu lensa yg <10mm di EF

  • FANDY Januari 11, 2014, 7:09 am

    om Enche, mau tanya dong. kira-kira lensa ultra wide yg direkomndasikan untuk 60D apa yah??

    • Enche Tjin Januari 13, 2014, 11:28 pm

      @Fandy Canon EF-S 10-20mm f/3.5-4

  • gilang Januari 23, 2014, 1:51 pm

    saya baca ulasa di atas, perbedaan dari sensor besar dan kecil…mau tanya lebih spesifik…saya canon user…550d secara review 17-40mm itu kan lensa wide…tapi 550d itu sensor kecil…dan kalo dipasang itu ada faktor cropingnya,,,saya belum coba langsung…yang mau ditanya itu…apakah 550d+17-40mm masih bisa dapet foto yg wide??trimakasih….mohon petunjuknya karna saya blm pernah coba langsung…

    • Enche Tjin Januari 24, 2014, 5:35 pm

      @gilang bisa lebar juga, tapi tidak selebar kalau 17-40mm dipasang di kamera bersensor lebih besar (full frame). Kalau ada kesempatan dicoba saja, apakah sudah cukup lebar untuk kebutuhan gilang.

  • iskandar April 29, 2014, 8:46 am

    pak mau tanya canon eos 7d atau canon eos 650d yang cocok untuk pemula

    • Enche Tjin April 30, 2014, 1:00 pm

      Cocok 650D menurut saya, lebih simple, ringkas

  • Hernawan Juli 3, 2014, 7:11 pm

    Salam Pak Enche

    untuk seorang pemula spt saya baiknya menggunakan kamera Canon 70D ato 600D dan lensa yg bagus 18-200mm ato 18-135mm karena menurut beberapa teman lebih baik menggunakan lensa 18-200 dibanding yg lain karena bisa wide bisa juga zoom.
    untuk canon 600D dan 700D tidak ada paketan dgn lensa 18-200mm yg ada hanyalah 60D & 70D

    Terima Kasih

    • Enche Tjin Juli 4, 2014, 12:57 pm

      Untuk kebanyakan orang, 18-135mm sudah cukup lebar dan panjang zoomnya. Ukurannya lebih kecil, ringan dan murah, dan lagi, lebih nyaman dibawa jalan-jalan.

  • Hernawan Juli 4, 2014, 2:27 pm

    berarti kalo saya pakai Canon EOS 70D kit Lensa 18-135mm.

    saya mau tanya lagi nih Pak Enche.. untuk Lensa Tele lebih bagus yg mana EF 70-300mm F/4-5.6L IS USM ato Canon EF 70-200mm f/4L IS USM

    Terima Kasih

  • Hernawan Juli 4, 2014, 2:32 pm

    Maaf Pak Enche ada yg lupa saya tanyakan.. utk LEnsa 18-135 bagsan yg mana Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS atau Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS STM.

    Terima Kasih

  • Yefta Juli 5, 2014, 3:59 pm

    Ko Enche

    saya ingin belajar fotografi tapi saya bingung mau beli kamera yg tipe apa tadinya saya mau beli canon EOS 600D ato 700D tapi ada teman saya yg jg fotografer menyarankan beli canon EOS 7D ato 6D bila dana mencukupi dgn alasan agar tidak beli2 lagi apabila saya udah mahir fotografer jd pakenya bisa lama & dk perlu ganti kamera kalo sdh mahir tp karena dana saya tdk mencukupi utk beli canon eos 7D ato 6D saya disarankan oleh teman saya yg fotografer itu utk beli canon eos 60D ato 70D sebenarnya utk seorang pemula yg buta sama sekali fotografi baiknya menggunakan kamera canon tipe apa.. kalo Nikon yg tipe apa..
    Canon dan Nikon bagusan mana specnya karean ada beberap teman yg menyarnakna pake Nikon katany lebih bagus karena Pixelnya lbh besar.

    Mohon pencerahannya Ko Enche

    Thanks

    • Enche Tjin Juli 6, 2014, 12:56 am

      Kalau ingin cukup serius di fotografi dan dana juga tersedia saran saya kamera fullframe canon 6d atau nikon d610 kualitas gambar sensor nikon memang agak sedikit lebih bagus dari canon.

      Kalau cari yang lumayan praktis untuk foto video dan gak begitu mahal canon 70d oke

  • topan Juli 6, 2014, 11:17 am

    Tex atas ilmunya

  • amer Juli 7, 2014, 11:00 am

    Saya nak tnya…sye ingin membeli d7100 nikon…sesuai kah kalau saya guna lens 50mm 1.8D? Adakah body d7100 ada DX

    • Enche Tjin Juli 7, 2014, 11:06 am

      Cocok dan bisa autofokus

  • Adhe Geneziz Agustus 3, 2014, 7:18 am

    Pak sy mau nanya, canon 550D sy mau sy belikan lensa fix 50mm f 1/8 , kira2 untuk foto landscape,ato yg lainya bagus gk?? Atau banyak kekurangannya pak? Sebelumnya saya sudah punya lensa kit 18-55mm dan 55-200mm ,
    Trimakasih pak,

    • Enche Tjin Agustus 4, 2014, 10:55 am

      Biasanya buat foto portrait yang membuat latar belakang blur.

  • Lani September 10, 2014, 9:29 pm

    Makasih!! Bermanfaat banget.. Saya blm sampe taraf pro dan bln bisa sepenuhnya menekuni fotografi masih sekedar hobby di waktu luang. Berkat artikel ini saya putuskan blm perlu beli yg full.

  • Michael September 17, 2014, 3:38 pm

    Yg No.4 masih kurang jelas Pak, bisa lebih detail lagi? Maksud-nya DOF tipis tu berarti sebuah lensa bila dipasang di Body Full Frame akan menghasilkan bokeh yg lebih kuat (lebih blur) daripada di dipasang Body Crop?

    • Enche Tjin September 17, 2014, 5:21 pm

      Iya benar saat komposisinya sama akan lebih blur jika mengunakan kamera full frame.

  • andri September 22, 2014, 5:31 pm

    Bang Enche.mau tanya nih saya punya tamron 18-250mm saya beraliran candid kamera saya lumix gf3,kalo saya pasang focal reducer speed booster di body kamera saya.apakah itu bangEnche rekomendasikan untuk aliran saya..

    • Enche Tjin September 23, 2014, 8:51 am

      Setau saya sih gak bisa, sih. Kalau speed booster itu untuk lensa yang buat kamera full frame/film, sedangkan yang 18-250mm bukan untuk kamera full frame, jadi gak cocok.

  • bagus sastra Oktober 12, 2014, 8:37 am

    Enche mau nanya ni.
    Kalau lensa 24-70 mm L f2.8 dipakai di 600 d bagus tidak? Dan jatuhnya 24 mn jadi brp mm ya? Makasi

    • Enche Tjin Oktober 13, 2014, 12:29 pm

      Bagus cuma ya gak begitu lebar. 24mm X 1.6 = 38.4. Coba saja di toko.

  • Hening Ramadhani November 3, 2014, 6:03 pm

    Selamat malam pak,
    pak kalau untuk fokus fotografi pemula lebih baik Nikon D5300 atau D3200?

    • Enche Tjin November 4, 2014, 10:52 am

      Keduanya cocok untuk pemula, yang lebih baik Nikon D5300

Leave a Comment