≡ Menu

Media penyimpanan SD card dan Compact Flash

Mungkin salah satu topik yang jarang dibahas di dunia fotografi adalah media penyimpanan seperti SD card dan Compact Flash. Tapi saya yakin banyak yang cukup bingung memilih media penyimpanan yang optimal untuk kameranya. Hal ini antara lain disebabkan karena para produsen suka membingungkan pembeli dengan mengeluarkan versi yang bermacam-macam dan mencampurkan kata-kata berbau marketing seperti “Ultimate, Extreme, Pro, Ultra” dan sebagainya.

Macam-macam memory card dari Compact Flash sampai SD card mini

Macam-macam memory card dari Compact Flash sampai SD card mini

Pada dasarnya, media penyimpanan populer terbagi atas dua: SD card (yang berukuran relatif kecil) dan Compact Flash card (CF Card). Dulu, SD card berkapasitas rendah dan pelan, sehingga kamera yang canggih biasanya mengunakan CF card.

Tapi kini SD card cukup cepat dan berkapasitas besar sehingga kamera canggih seperti Nikon D300s pun telah memiliki slot SD card.

Adapun kelebihan Compact Flash yaitu kualitas casingnya lebih kokoh, selain itu “contact” nya tidak terbuka seperti SD card. Di lain pihak, SD card, sesuai dengan namanya (Secure Digital), Anda dapat mengunci kartu supaya tidak bisa ditulis. Caranya tinggal menggeser slider di sebelah kiri SD card ke bawah. Selain itu SD card biasanya lebih murah dari CF card.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli SD / CF card?

1. KECEPATAN

Hal yang utama tentunya adalah kecepatan. Kecepatan yang tinggi memastikan kartu Anda dapat menulis dan membaca foto dengan cepat, sehingga tidak kehilangan momen karena harus menunggu kamera menulis foto ke media penyimpanan.

Biasanya, kecepatan SD/CF card di ukur dengan Megabyte per detik. Cara melihatnya adalah dengan melihat “Class” nya. Biasanya tertera di label SD card. Class 4 berarti kecepatan baca tulis minimal 4 mb/detik. Class 10 berarti kecepatan baca tulis minimal 10 mb / detik. Gampang bukan?

Lalu ada juga yang mengunakan ukuran perkalian dibanding dengan kecepatan Compact Disk (150 KB/s). Jadi kadang Anda akan menemukan CF card yang bertuliskan 133x, yang berarti kurang lebih 20 mb / detik atau class 20. Kalau yang 266x, berarti 40 mb / detik.

Sebagai aturan umum, class 4 atau 4 MB/s sudah cukup untuk pemakai kamera saku berukuran 5-10 megapixel. Class 6 cukup baik untuk kamera digital SLR pemula, dan untuk yang canggih, atau ber megapixel besar, saya sarankan minimal memakai kartu berkecepatan 20 mb / detik.

2. KAPASITAS

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kapasitas. Faktor faktor yang mempengaruhi pilihan Anda yaitu:

Jenis kamera dan besarnya foto yang dihasilkan kamera Anda
Contohnya, kamera saku memerlukan kapasitas yang lebih sedikit daripada kamera digital SLR.

Gaya foto Anda
Bila Anda mengambil foto atau video dalam jumlah sangat banyak dalam satu sesi, tentunya lebih baik memiliki media penyimpanan berkapasitas lebih besar.

Sebagai gambaran, kartu berkapasitas 4 GB bisa menampung kurang lebih 400 foto JPG ukuran terbesar atau 155 foto RAW dari kamera Nikon D700 yang berukuran 12 megapixel. kartu yang berkapasitas sama, bisa menampung 800 foto yang dihasilkan kamera saku Panasonic LX3.

Jika Anda seorang profesional, ada baiknya juga membeli beberapa kartu daripada satu kartu. Misalnya Anda bisa membeli dua kartu berkapasitas 2 GB daripada 1 kartu berkapasitas 4 GB. Karena bila satu kartu gagal/rusak, maka Anda ada yang satunya lagi. Untuk video, Anda mungkin perlu kartu berkapasitas minimal 8 GB, karena video memakan tempat sangat cepat. 10 menit video Full HD bisa memakan 2 GB atau lebih.

3. MEREK

Merek sebenarnya tidak berpengaruh banyak akan kinerja karena media penyimpanan kurang lebih seperti komoditas. Tapi banyak produsen yang menyamarkan hal ini dengan mengunakan marketing misalnya memberikan label packaging yang menarik sehingga mereka bisa menjual produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari nilai yang sebenarnya.

Tapi saya juga tidak menyarankan membeli media penyimpanan yang tidak bermerek karena kualitas kontrolnya cukup bervariasi dan tidak bisa diandalkan. Beberapa merek yang bisa dipercaya di pasar yaitu Sandisk dan Lexar.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan pedoman untuk Anda dalam memahami media penyimpanan. Selamat belanja.

Istilah / Singkatan

SDHC = Secure Digital High Capacity = Media penyimpanan dari 4 GB ke 32 GB

SDXC = Secure Digital eXtended Capacity = Media penyimpanan sampai 2 Terabyte

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 9 comments… add one }

  • Jefri Februari 25, 2011, 4:10 pm

    Malam Pak,
    sedikit mengutip,”Sebagai gambaran, kartu berkapasitas 4 MB bisa menampung kurang lebih 400 foto JPG ukuran terbesar atau 155 foto RAW dari kamera Nikon D700 yang berukuran 12 megapixel”.
    Mungkin maksudnya kartu berkapasitas 4GB ya pak?
    Mohon maaf sebelumnya..
    Btw, kalo untuk merek V-Gen, bapak rekomendasikan tidak? Karena harganya cukup terjangkau. Thx

  • Enche Februari 25, 2011, 8:48 pm

    iya thanks ya udah mengkoreksi, maksudnya 4GB. Saya sendiri belum pernah pakai merek tersebut jadi gak bisa memberikan pendapat.

  • Dimar Agustus 15, 2011, 11:39 am

    Saya memakai SD Card dengan kecepatan tulis sekitar 10Mbps untuk Nikon D3100 saya. Nah, saya suka merekam video, dan hasil video kadang membuat mata sakit ketika melihatnya di komputer, sebab gerakan video seperti patah-patah, tidak lancar. Khususnya ketika saya merekam video tanpa tripod alias pake tangan, dan kamera saya bawa jalan kesana-kemari. Apakah itu karena saya tidak menggunakan fitur VR? Atau apakah karena kecepatan tulis SD Card yang lambat? Thanks before, pak.. :)

  • sendy Oktober 21, 2011, 9:22 am

    Mas Enche kalau untuk CF Card berapa kecepatan minimal yang baik untuk liputan weeding? Thanx sebelumnya…..

  • Enche Oktober 21, 2011, 9:27 am

    30MB/s cukup baik. 15MB/s minimalnya

  • sendy Oktober 21, 2011, 11:16 pm

    oke mas… thanx banget….

  • Dyfan Juni 8, 2013, 1:32 pm

    mas mau tanya, kalo mau upload foto dari CompactFlash itu gimana? pake card reader atau apa? mohon dibalas secepatnya thanks :)

    • Enche Juni 10, 2013, 11:49 am

      @Dyfan mesti pakai card reader yang bisa baca CF card, atau langsung dari kamera dihubungkan ke komputer.

  • ramdan September 19, 2013, 11:45 pm

    om enche…saya punya micro sd kls 10 mau saya pakai untuk kamera prosumer..saya pasang doc nya.kira kira ada epeknya tidak buat kamra saya

Leave a Comment