≡ Menu

Perbedaan antara lensa berkualitas tinggi dan rendah

Lensa berkualitas tinggi biasanya memiliki badan / casing yang berkualitas lebih baik, misalnya dari campuran logam atau plastik yang keras. Kontak lensa ke badan kamera juga dari logam.

Selain itu bukaan lensa zoom berkualitas tinggi biasanya memiliki bukaan besar dan/atau konstan seperti f/4, f/2.8. Untuk lensa prime / non-zoom, lensa yang berkualitas tinggi biasanya memiliki maksimum bukaan yang besar, misalnya f/1.2 dan f/1.4.

Hal lain yang membedakan adalah kode pada nama lensa. Contohnya: Tamron: SP, Sigma: EX, Canon: L, Tokina: Pro, Nikon: N.

Salah satu lensa kualitas tinggi Canon berlabel L dan berwarna putih. Lensa ini memiliki harga sekitar dua puluh juta rupiah.

Salah satu lensa kualitas tinggi Canon berlabel L dan berwarna putih. Lensa ini memiliki harga sekitar dua puluh juta rupiah.

Lalu kualitas lensa juga bisa dilihat dari harga seperti dibawah ini:

  • 2 juta kebawah : Lensa murah dengan kualitas rendah, biasanya casingnya berbahan plastik dan kualitas fotonya tidak begitu tajam dan tidak konsisten.
  • 2 juta keatas : Kualitas lensa rata-rata. Meski banyak yang masih bercasing plastik, tapi kualitas gambar lebih baik dan lebih konsisten.
  • 5 juta keatas : Kualitas lensa diatas rata-rata. Kualitas bahan kamera lebih baik dari sebelumnya, beberapa mengunakan bahan logam, yang lain mengunakan bahan plastik yang tebal. Kualitas foto juga sudah cukup konsisten dan tajam.
  • 10 juta keatas : Kualitas lensa sangat baik. Termasuk kategori lensa mewah karena lebih mahal dari kameranya, lensa dalam kategori ini memiliki kualitas foto yang sangat baik, konsisten tapi biasanya cukup berat.

Tapi ada juga beberapa lensa yang menghasilkan foto yang sangat baik tapi relatif murah, contohnya lensa 50mm f/1.8, dan 35mm f/1.8.

Dari kualitas gambar, Lensa berkualitas tinggi lebih konsisten di setiap bukaan dan rentang lensa (zoom). Ketajaman lensa tinggi, kontras baik, rendah aberasi warna dan vinyet terkontrol.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 343 comments… add one }

  • kristiyanto Februari 27, 2015, 2:36 pm

    ko enche…saya mau nanya, saya suka landscape saat ini saya punya lensa 17-55 EFS merk canon + body Canon 7D tapi hasil jepreta untuk landscape koq kurang “wow” gitu ya….saya pengin yang tajem, saran koko saya hrs nambah lensa ukuran apa ya…kasih rekom kalo canon ukuran berapa ? kalo sigma ato tokina ukuran berapa ..tapi jangan yang mahal2 yg sedang sajalah…budget kisaran 5 jutaan, trims ya ko

    • Enche Tjin Februari 27, 2015, 10:45 pm

      Lensa lebar yang tajam dan populer Tokina 11-16mm f/2.8, Canon 10-22mm f/3.5-4.5 USM juga oke. Selain membeli lensa tambahan mungkin perlu diperhatikan teknik foto dan editingnya, karena 17-55mm f/2.8 IS USM itu menurut saya lensa yang bagus.

  • kristiyanto Februari 27, 2015, 2:38 pm

    nanya lagi ya ko…kalo lensa merk Rokinon atau Samyang ukuran 35 mm /f1.4 itu keunggulannya apa ya ?trims ya…

    • Enche Tjin Februari 27, 2015, 10:40 pm

      Harga relatif murah, bukaan sangat besar. Kelemahannya tidak bisa autofokus (manual fokus saja).

  • firman laoly Mei 31, 2015, 8:03 am

    pagi jelang siang ko enche.
    saya punya kamera canon 600d dengan lensa fix 50mm f/1.8, kit 1 dan 15-85mm f/3.5-6.
    saya ingin tambah lensa tele yang kualitasnya tidak terlalu mengecewakan namun tetap merek canon, harganya diantara 4-6jt.
    lensa second juga gpp asal masih bagus.
    kira2 saran dari ko enche
    ?

    • Enche Tjin Juni 1, 2015, 12:17 am

      Lensa telefoto yang bagus biasanya tidak ada yang murah. Yang mendekati mungkin Canon 70-300mm IS.

Leave a Comment