≡ Menu

Perbedaan antara lensa berkualitas tinggi dan rendah

Lensa berkualitas tinggi biasanya memiliki badan / casing yang berkualitas lebih baik, misalnya dari campuran logam atau plastik yang keras. Kontak lensa ke badan kamera juga dari logam.

Selain itu bukaan lensa zoom berkualitas tinggi biasanya memiliki bukaan besar dan/atau konstan seperti f/4, f/2.8. Untuk lensa prime / non-zoom, lensa yang berkualitas tinggi biasanya memiliki maksimum bukaan yang besar, misalnya f/1.2 dan f/1.4.

Hal lain yang membedakan adalah kode pada nama lensa. Contohnya: Tamron: SP, Sigma: EX, Canon: L, Tokina: Pro, Nikon: N.

Salah satu lensa kualitas tinggi Canon berlabel L dan berwarna putih. Lensa ini memiliki harga sekitar dua puluh juta rupiah.

Salah satu lensa kualitas tinggi Canon berlabel L dan berwarna putih. Lensa ini memiliki harga sekitar dua puluh juta rupiah.

Lalu kualitas lensa juga bisa dilihat dari harga seperti dibawah ini:

  • 2 juta kebawah : Lensa murah dengan kualitas rendah, biasanya casingnya berbahan plastik dan kualitas fotonya tidak begitu tajam dan tidak konsisten.
  • 2 juta keatas : Kualitas lensa rata-rata. Meski banyak yang masih bercasing plastik, tapi kualitas gambar lebih baik dan lebih konsisten.
  • 5 juta keatas : Kualitas lensa diatas rata-rata. Kualitas bahan kamera lebih baik dari sebelumnya, beberapa mengunakan bahan logam, yang lain mengunakan bahan plastik yang tebal. Kualitas foto juga sudah cukup konsisten dan tajam.
  • 10 juta keatas : Kualitas lensa sangat baik. Termasuk kategori lensa mewah karena lebih mahal dari kameranya, lensa dalam kategori ini memiliki kualitas foto yang sangat baik, konsisten tapi biasanya cukup berat.

Tapi ada juga beberapa lensa yang menghasilkan foto yang sangat baik tapi relatif murah, contohnya lensa 50mm f/1.8, dan 35mm f/1.8.

Dari kualitas gambar, Lensa berkualitas tinggi lebih konsisten di setiap bukaan dan rentang lensa (zoom). Ketajaman lensa tinggi, kontras baik, rendah aberasi warna dan vinyet terkontrol.

Similar Posts:

    None Found

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 256 comments… add one }

  • dimaz Desember 24, 2013, 5:07 am

    Mas enche ane mau tanya, lensa 55-250 dan lensa 75-300 bagusan mana yahc, merek canon..

    • Enche Tjin Desember 24, 2013, 3:41 pm

      @dimaz bagus yang 55-250mm IS

  • Wisnu Pradana Desember 25, 2013, 9:32 am

    bang, kira2 55-250 sama 70-300 oke an mana mas ? kalo di buat HI dan landscap ?

    • Enche Tjin Desember 25, 2013, 10:12 am

      @Wisnu bagus yang 55-250mm. Kalau yang 70-300mm yang bagus yang ada image stabilizernya.

  • mimi Januari 18, 2014, 7:10 pm

    om enche saya rencananya mau beli canon 60d, cuma saya masih bingung mau beli canon 60d kit3 (lensa 18-200mm) atau BO dan beli lensa tamaron 18-270mm. mohon sarannya yang mana yang bagus. trims om enche

    • Enche Tjin Januari 18, 2014, 8:58 pm

      @mimi kit3 aja saran saya

  • andika Januari 20, 2014, 12:19 pm

    Ko enche. Saya punya nikon d60. Trus saya kepingin blik lensa tele, yg bagus lensa tele mana untuk nikon d60 ko???

    • Enche Tjin Januari 21, 2014, 12:21 am

      @andika Saran saya 55-200mm f/4-5.6 VR

  • faisal fahmi Januari 23, 2014, 9:34 pm

    ko enche saya mau nanyak bingung pilih lensa untuk landscape yang paling bagus di antara tiga ini yg mana ya :
    1.TAMRON 10-24mm f/3.5-4.5 Di II LD Asp (IF) for Canon
    2.CANON EF 28mm f/1.8 USM
    3.CANON EF 20mm f/2.8 USM
    mohon pencerahan nya ko enche..

    • Enche Tjin Januari 25, 2014, 4:03 pm

      @faisal fahmi, pilihan saya yang Tamron 10-24mm karena lebih lebar

  • Hendra Dwi Saputra Januari 28, 2014, 8:35 pm

    Hehe…Nubie mau nanya
    Antara Tamron 70-300 vs Canon 70-300 bagusan mana yah?

    • Enche Tjin Januari 29, 2014, 11:36 am

      @Hendra kurang rekomen sih keduanya. Sebaiknya 55-250mm IS.

  • Rifyandono Februari 17, 2014, 8:35 pm

    Maaf om mau tanya nih soalnya lagi bingung mau pilih canon 18-135 atau 55-250 (untuk motret pemandangan jarak jauh) kira-kira lebih bagus yg mana ya???
    Mohon saran dan masukan nya. Terima kasih

    • Enche Tjin Februari 18, 2014, 11:11 pm

      @Rifyandono bagusan 55-250mm untuk yang jauh karena spesialis telefoto :)

  • Ryan Februari 22, 2014, 11:46 am

    gan, mau tanya,
    sebenernya untuk merk lensa ,
    perbedaan antara Sigma, Tokina , Tamron itu bedanya apa klo d bandingin sama lensa canon ?
    kalo om di suruh pilih beli lensa fix 50mm sama lensa 10-24 mm
    bakal pilih yg merk apa ? dan knapa alasannya ?
    trims hehe

    • Enche Tjin Februari 25, 2014, 10:10 am

      @Ryan Ya, masing-masing lensa ada kelebihan-kekurangannya. Kalau dana gak terbatas saya pilih Sigma 50mm f/1.4dan untuk lebarnya Canon 10-22mm f/3.5-4.5 USM

  • fen Maret 3, 2014, 12:21 am

    sori.. mau numpang tanya ya,ko.. saya mau beli lensa canon .. tapi bgg … antara 18-135 atau 18-200.. tapi setelah saya baca2 komen sebelumnya lensa yang 55-250 kok sepertinya lbh bagus yah? bedanya apa yah ko .. ?
    saya mau magang di fotografer wedding gt.. jadi kalo bole saran, paling engga buat kerja magang enaknya saya beli lensa canon yang mana ya..?
    trs kalo buat lensa blur gt..
    yang terjangkau tapi bagus punya canon apa yah ko ?
    aku pengennya beli 2 sih.. satunya buat yang foto biasa, satunya buat blur..
    kalo lensa wide canon recomend nya apa yah ko yang bagus tapi terjangkau juga.. sori banyak nanya… hehhehee.. :) thanks before ko

    • Enche Tjin Maret 4, 2014, 10:58 pm

      @fen Kalau liputan wedding yang penting ada flash. Lalu lensanya yang cukup lebar dan juga telefoto. Kalau dana terbatas bisa kombinasi 18-135mm IS dan 50mm f/1.8 untuk buat blur latar belakang. Lensa wide biasanya gak ada yang harganya rendah, biasanya 5 jt keatas. Salah satu yang paling terjangkau Sigma 10-20mm f/4-5.6

  • jeny Maret 9, 2014, 9:24 am

    om mau tanya nih apa perbedaan antara lenca canon EF-S 18-135mm dan 55-250mm om. sama yang mana kulitasnya lebih bagus. tolong dijawab ya om

    • Enche Tjin Maret 10, 2014, 8:57 pm

      @jeny untuk range telefoto, 55-250mm lebih baik. Tapi untuk kepraktisan, bisa lebar dan sedikit tele, 18-135mm lebih enak.

  • Bony April 12, 2014, 12:34 am

    Om ma tanya.
    Lensa tele untuk kamera nikon D5200 apa ya?
    Thank’s

    • Enche Tjin April 12, 2014, 8:50 pm

      Cukup banyak juga, dari 55-200mm VR (paling terjangkau dan ringan), lalu ada 55-300mm VR, 70-300mm VR, 70-200mm VR, 80-400mm VR dll

  • Irfan April 12, 2014, 5:12 pm

    Om enche mau nanya nech…saya mau beli lensa ultra wide. Cuman masih bingung antra 2 kandidat antara canon ef-s 10-22mm dengan tokina 11-16mm f/2.8 pro dx…..menurut om bagusan yang mana ya…terima kasih

    • Enche Tjin April 12, 2014, 8:44 pm

      Untuk ketajamanan bagus Tokina 11-16mm, tapi kalau praktis zoomnya bagus 10-22mm. Saya pribadi cenderung memilih Canon 10-22mm.

Leave a Comment