≡ Menu

Segala hal tentang lensa telefoto

Biasanya, orang-orang mengunakan lensa telefoto untuk memperbesar subjek di kejauhan, tapi sebenarnya masih banyak fungsi lensa telefoto yang lain. Artikel ini akan membahas segala tentang lensa ini.

Pertama-tama, mari kita definisikan apa yang termasuk lensa telefoto. Menurut saya sebuah lensa dianggap sebagai lensa telefoto bila memiliki rentang fokal 60mm atau lebih (ekuivalen kamera full frame). Lebih lebar dari 60mm, termasuk lensa standar atau lensa lebar.

Ada dua tipe lensa telefoto: satu adalah lensa telefoto yang tidak bisa zoom, seperti Canon EF 85mm f/1.8. Yang kedua adalah lensa zoom, seperti Canon 70-200mm f/4 L. Lensa yang bisa zoom lebih multi fungsi, tapi yang tidak bisa zoom biasanya memiliki bukaan maksimal yang lebih lebar, berukuran kecil dan lebih lebar. Ada juga lensa sapu jagad, yang memiliki rentang fokal dari lebar sampai telefoto. Contohnya lensa 18-200mm.

Mari kita kupas karakter lensa telefoto.

Memperbesar subjek foto

Karakter yang paling menonjol dari lensa telefoto adalah membesarkan subjek di kejauhan. Karakter ini membuat lensa telefoto menjadi sering digunakan untuk fotografi olahraga, satwa liar, arsitektur, pemandangan atau subjek lain dimana Anda tidak bisa mendekati lebih dekat lagi. Lensa telefoto juga ideal untuk mengambil gambar secara candid, karena saya bisa mengambil gambar dari kejauhan tanpa diketahui oleh orang yang diambil gambarnya.

Dengan mengunakan lensa telefoto, penari yang berada jauh dari kita terlihat besar dan dekat

Makro atau close-up

Meskipun kita bisa memperbesar subjek foto di kejauhan, tapi sebagian besar lensa telefoto tidak sesuai untuk memperbesar subjek dari jarak dekat (makro fotografi). Hal ini disebabkan karena banyak lensa telefoto tidak bisa fokus dekat dengan subjek foto. Solusi atas hal ini adalah memakai lensa telefoto khusus untuk fotografi makro, seperti Canon EF 100mm f/2.8 USM, atau Nikon 85mm f/3.5 DX VR.

Kedalaman fokus yang tipis

Semakin jauh rentang fokal yang digunakan, daerah yang tidak fokus di foto (latar belakang misalnya) menjadi semakin buram. Karena karakter ini, lensa telefoto banyak digunakan untuk foto potret. Karena ini bisa membuat orang yang meliat foto fokus dalam melihat subjek foto daripada latar belakang.

Efek Kompresi

Karakter lain dari lensa telefoto adalah lensa telefoto membuat foto menjadi seperti terkompresi. Latar belakang dan subjek foto sepertinya menjadi terlihat dekat, foto menjadi terlihat dua dimensi. Maka dari itu, banyak fotografer memilih lensa lebar untuk foto pemandangan karena lensa lebar membuat foto menjadi berkesan tiga dimensi.

Meskipun demikian, kadang-kadang lensa telefoto lebih baik daripada lensa lebar untuk foto pemandangan. Misalnya, lensa telefoto dapat membuat bulan atau matahari lebih besar dari pandangan mata telanjang, sehingga membuat pemandangan menjadi lebih dramatis. Lensa telefoto juga bisa membuat latar belakang seperti pegunungan menjadi lebih dekat dan lebih besar daripada sesungguhnya.

Lensa telefoto cocok untuk mengambil foto kegiatan olahraga. Penonton terlihat seperti cukup dekat, kenyataannya cukup jauh. Hal ini karena efek kompresi

Lensa telefoto cocok untuk mengambil foto kegiatan olahraga. Penonton terlihat seperti cukup dekat, kenyataannya cukup jauh. Hal ini karena efek kompresi

Potret

Seperti yang saya bahas sebelumnya, lensa telefoto cukup populer bagi foto potret, terutama foto close-up atau kepala dan bahu. Lensa telefoto bisa membuat seseorang menjadi lebih menarik, karena lensa ini bisa mengeliminasi distorsi wajah. Dan karena kedalaman fokus tipis, potret wanita menjadi menarik karena efek lembut yang ditimbulkan. Di lapangan, banyak fotografer fashion yang mengunakan lensa telefoto yang sangat panjang seperti lensa 200mm atau lebih panjang lagi.

Foto grup

Banyak orang percaya bahwa untuk mengambil foto grup, terutama yang memuat banyak orang, memerlukan lensa lebar. Tapi lensa lebar membuat distorsi terutama di pinggir foto. Menurut saya, mengunakan lensa telefoto untuk foto grup lebih baik.

Ketika kita mengambil foto grup yang berukuran besar dan bertingkat-tingkat, lensa telefoto menjadi lebih berguna karena wajah orang-orang di belakang akan terlihat kurang lebih sama besar daripada orang di depan. Bila Anda mengunakan lensa lebar, maka foto orang yang baris belakang, akan terlihat jauh lebih kecil daripada orang-orang dibaris paling depan, kecuali bila kita mengambil foto dari ketinggian.

Dengan mengunakan lensa telefoto saat mengambil foto grup, efek distorsi yang biasa terdapat di lensa lebar bisa dieliminasi.

Tantangan dalam mengunakan lensa telefoto

Akan ada beberapa tantangan saat memakai lensa telefoto. Pertama, akan lebih sulit membuat kamera dan lensa stabil sehingga foto yang dihasilkan tidak kabur/buram. Hal ini karena ukuran lensa telefoto yang relatif lebih besar dan berat dari lensa lebar. Untuk pengambilan foto yang sempurna, mungkin Anda memerlukan tripod atau meningkatkan shutter speed dan ISO sesuai dengan kebutuhan.

Tantangan kedua adalah ukuran yang besar dan berat. Akan lebih menyulitkan membawa lensa telefoto dalam perjalanan jauh. Anda juga akan menarik perhatian orang bila menenteng lensa telefoto yang panjang.

Tantangan ketiga yaitu luas lapangan. Anda memerlukan tempat yang cukup luas supaya lensa telefoto bisa berfungsi dengan baik. Misalnya, Anda memerlukan kurang lebih tiga meter bila ingin foto close-up dengan mengunakan lensa telefoto medium 85mm. Bila mengunakan lensa yang lebih panjang lagi, seperti 100 atau 200mm, Anda memerlukan ruang yang lebih besar lagi. Sebagian besar lensa telefoto juga memiliki minimum jarak fokus yang cukup jauh yaitu diatas 1 meter, kecuali lensa makro.

Kekurangan terakhir adalah harga. Banyak lensa telefoto dijual dengan harga lebih mahal dari lensa lebar terlebih untuk lensa telefoto yang berbukaan besar dan memiliki fitur peredam getar (image stabilization/vibration reduction). Parahnya, lensa telefoto lebih memerlukan fitur-fitur ini daripada lensa lebar.

Lensa super telefoto zoom buatan Sigma, 200-500mm

Lensa super telefoto zoom buatan Sigma, 200-500mm

Saya harapkan artikel ini bisa membuat saudara-saudari sekalian lebih mengerti tentang karakter lensa telefoto dan bisa mengunakan lensa telefoto lebih efektif.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 439 comments… add one }
  • Darwin April 11, 2011, 8:13 pm

    Mas Enche, Kalau Canon 550D mau untuk foto group (orang banyak) yang bagus pakai lensa apa ya?

    • Enche April 12, 2011, 6:38 am

      Kalau di ruangan yang sempit, bisa pakai lensa lebar. Kalau di luar ruangan/ruangan besar saya sarankan 50mm atau lebih panjang lagi

  • Jauhari April 5, 2011, 12:35 am

    saya agak bingung memilih 70-200 f/4 L IS USM ato yg gak pake IS, pertimbangannya adalah harga yg terpaut cukup lumayan, seberapa besar pengaruh IS terhadap kwalitas yg dihasilkan, terimakasih

    • Enche April 8, 2011, 1:45 am

      IS tidak mempengaruhi kualitas gambar, tapi lebih ke untuk mencegah gambar blur saat shutter speed rendah/lambat. Ini sering terjadi di keadaan cahaya yang kurang baik.

  • agusdin April 3, 2011, 11:20 pm

    om.. aku pake kamera nikon D3000, sekarang lagi cari referensi untuk lensa tele, incarannya adalh 55-200 dan 55 300 (AFS semua) mana yang lebih rekomended katanya 55-300 hasilnya ngga jauh beda dengan 55 200.. mohon pencerahannya..

    terima kasih..

    • Enche April 3, 2011, 11:22 pm

      Saya rekomen 55-200mm VR si, hasilnya hampir sama, tapi lebih ringan dan murah.

  • boedi April 1, 2011, 3:38 am

    om,
    apakah lensa tamron 70-200mm cukup baik sebagai lensa tele? bagaimana jika untuk lowlight seperti lagi mefoto musik konser? tx

    • Enche April 1, 2011, 3:49 am

      @boedi: cukup baik, hanya saja auto fokusnya agak lambat.

  • dodo March 27, 2011, 11:55 pm

    salam kenal dulu……..semuanya

  • Andi Syahputra March 26, 2011, 7:00 am

    Mas Enche,

    Saya baru beli Canon 7D dengan Kit 18-135 Canon. Saya ada rencana untuk mengganti dengan lensa Tamron AF 28-300mm f/3.5-6.3 XR Di VC. Mohon advice nya apa lensa tsb sesuai untuk Canone 7D.Terima Kasih

    • Enche March 28, 2011, 8:22 am

      Saya tidak rekomendasikan lensa tersebut karena selain kualitasnya tidak lebih baik dari 18-135mm, juga lensa itu tidak terlalu lebar. Kalau ingin lensa dengan jangkauan lebih panjang saya sarankan Canon 18-200mm IS, atau beli lensa telefoto untuk menemani lensa Canon 18-135mm IS yang sudah dipunyai.

  • zulhamsyah March 24, 2011, 11:14 pm

    lensa tele apa yg baik en tdk terlalu mahal utk canon 60D?

  • zulhamsyah March 24, 2011, 11:11 pm

    mas enche…lensa tele yg bagus untuk cano 60D apa y?…salam kenal

    • Enche March 25, 2011, 8:22 am

      Salam kenal, lensa rekomendasi untuk Canon 60D dan kamera lain ada di artikel ini

  • Tunji March 24, 2011, 1:05 am

    Mas, salam kenal dan mohon ijin saya copy paste artikel mas untuk digunakan sendiri.. tks

  • Kimkim March 24, 2011, 12:45 am

    Om, Ada Artiket tentang fotografi Sport? Sepakbola dan Basket khususnya?
    Kasih Tips dan Trik Dong? utk siang dan malam hari.

    *cuma punya gear D5000+Tamron 70-300 non VC

    thx

  • caroline March 20, 2011, 10:20 am

    mau tanya kalau lensa tele yang bagus untuk kamera canon eos 500D dan harganya terjangkau hasilnya bagus yang mana ya?

    • Enche March 20, 2011, 1:22 pm

      Canon 55-250mm IS

  • Enche March 17, 2011, 2:38 am

    Yang bawah lebih bagus pak Riza, lebih konsisten dan tajamnya luar biasa

  • Riza March 17, 2011, 1:53 am

    Om Eche mohon masukannya untuk ke dua lensa tele dibawah ini.
    Canon EF 70-300mm IS USM f/4-5.6L
    Canon EF 70-200mm f/4L IS USM

    makasih

  • adhut March 11, 2011, 10:38 am

    Bang Enche mau tanya kalo lensa tele untuk canon 550d yang bagus apa ya?

    • Enche March 11, 2011, 10:59 am

      55-250mm IS, lalu diatasnya ada 70-300mm, dan seri 70-200mm L

  • Dea March 2, 2011, 6:55 am

    Mau tanya kalo buat kamera canon 500d untuk pemotretan model supaya hasilnya bagus ga blur gambarnya saat di zoom pake lensa apa ya yg bagus?

  • cecep February 17, 2011, 9:23 pm

    Bang Enche itu Lensa super telefoto zoom buatan Sigma, 200-500mm, bener itu teh 200-500mm (5000mm mungkin?)

    • Enche February 17, 2011, 11:51 pm

      gak la haha 5000mm panjang bener

  • revsbr February 14, 2011, 6:10 am

    Mas Enche, saya suka fotographi sbg hobby and masih sangat baru, tlg pencerahannya, saya pakai Canon 1000d dan baru punya lensa 55-250 IS, di mode P, dengan ISO 1600 kok gambar masih gelap ya? (outdoor, malam hari) dan kenapa gambar banyak yg buram, padahal lensa sudah IS. Thanks dan ditunggu analisa’nya.

  • Iswanda February 13, 2011, 5:49 pm

    Mas Enche.. Untuk menciptakah bokeh itu gimana sih.. Lensa yang mana paling bagus.. Kamera saya Canon EOS 1000D..
    Oh iya Lensa kan pake istilah mm.. Saya ingin tau, berapa pembesaran.. Misalnya 70-200mm. Berapa kali pembesarannya?
    Masih naif nih soal fotografi.. Pemula banget.. Thanks Mas Enche untuk perhatiaanya.. Salam 🙂

  • gussuki February 13, 2011, 12:02 pm

    makasih mas enche, br mau cr referensi tele utk 550D, eh sdh ktemu jwbnya 🙂

  • jemp February 10, 2011, 8:39 am

    Mas Enche,,Saya mw tanya apa arti dan cara kerja dari Telephoto Prime Lens..
    maklum masih awam x ni Mas…
    Terimakasih sebelumnya Mas Enche.

  • adiuntoro February 8, 2011, 7:33 am

    apakah tele sigma 70-200mm hsm ex dg macro ii , cukup bagus digunakan?
    karena saya melihat review di web luar cukup baik dan harganya cukup murah untuk kamera tele

    saya menggunakan 60d

    • Enche February 9, 2011, 4:13 am

      iya cukup baik, saya sendiri memakai lensa tersebut. Tapi karena gak ada stabilizer, lensa ini cocoknya pas cahaya terang misalnya di luar ruangan di sore hari. Di dalam ruangan atau di malam hari agak sulit handelnya, biasanya ISO nya mesti ditinggin kalau tidak fotonya akan kabur.

  • Hendri February 5, 2011, 2:15 pm

    mas Enche
    canon 60D lensa yang mana yg paling cock
    EF 24-70mm f2,8
    tamron 17-50mm f2.8
    EF-S 17-55mm f2.8

    salam

    • Enche February 5, 2011, 9:18 pm

      Canon 17-55mm f/2.8 IS USM paling cocok dengan Canon 60D

  • adi February 4, 2011, 11:59 am

    mohon saranya..utk objek bergerak (olahraga) lensa tele yg cocok 550d yg murah meriah tp kualitas gmbr ok..?

    • Enche February 5, 2011, 12:59 pm

      Saya sarankan Canon 55-250mm IS

  • ipi February 4, 2011, 5:01 am

    mas enche, mau nanya perihal lensa telefoto untuk motret pertandingan sepak bola. pengalaman menggunakan nikkor 80-400VR dengan D90, fotonya banyak yg shake walau speed yg digunakan sudah diatas 1/1000. sudah coba menggunakan monopod tp tetap saja ketika memotret menggunakan FL 400, shake tak bisa dihindari.

    pertanyaannya adalah, setingan kameranya gimana dan lensa yg bagus untuk foto sepakbola, lalu gimana cara biar fotonya fokus (karena banyak foto yg missfokus)

    matur nuwun atas jawabannya

    • Enche February 5, 2011, 12:55 pm

      Agak aneh sih sudah 1/1000 tapi masi shake. Soal misfocus, pastikan mode Auto fokusnya itu di mode continuous (AF-C) atau kalau di Canon AI-Servo. Kemudian setting auto fokusnya di dynamic atau 3D tracking, coba lagi deh.

  • mei February 1, 2011, 2:53 pm

    Utk 550d yg mana?tau aja gw demen bgt ma macro wkwkwk
    1. Tamron 70-300mm f/4-5,6 DI LD II Macro
    2. Canon 75-300mm f/4-5,6 III USM
    3. Canon 55-250mm f/4-5,6 IS

    • Enche February 1, 2011, 3:05 pm

      55-250mm dong mei.

  • Sendy January 30, 2011, 1:02 pm

    Mas saya sedang berminat beli lensa 70-200 utk Nikon, ternyata cukup mahal, di Nikon ada lensa Nikon AF 80-200mm f/2.8D ED N w/ Tripod Collar & ada dr Sigma: 70-200mm f/2.8 EX APO DG OS HSM kira2 mohon dibantu mas utk kelebihan & kekurangan masing2 lensa tersebut, dan bagaimana saran mas…

  • andik January 25, 2011, 12:39 am

    Om..mw tny nih…sy pake canon eos 550D…kira2 lensa yg bgs pake apa ya??? Seandainya d om d suruh pilih..lbih baik pake canon 55-250mm ato sigma 70-300mm…makasih sebelumnya….

    • Enche January 25, 2011, 3:11 am

      55-250mm IS dong

  • sam risky January 24, 2011, 10:26 am

    om ence saya mau tanya,,
    body camera saya nikon d3100
    saya pngn bli lnsa yg kbthnx buat fto potret outdor, pmndngn n indor kira2 pke lnsa ap ya?

    • Enche January 25, 2011, 3:13 am

      Kalau untuk pemandangan, cocoknya lensa lebar, seperti Nikon 10-24mm f/3.5-4.5. Kalau potret, cocoknya Nikon AF-S 50mm f/1.4G

  • Teddy January 20, 2011, 2:45 am

    Mas Enche, mau tanya kalau mau foto utk olahraga futsal indoor lebih baik pakai lensa tamron yg mana ya? budget skitar 2,5jt aja… Tolong rekomendasinya ya,mas.. Makasi banyak banyak…

  • yosie January 20, 2011, 1:28 am

    om, gimana tanggepannya tentang lensa canon 75-300 ??

  • yan zhuko January 12, 2011, 12:30 am

    bang, kenapa Tamron LD Di 70-300 macro. dipakai di 500D sering eror?

    • Enche January 13, 2011, 1:11 am

      Karena lensa-lensa third party di bikin secara “reverse engineer” maka performa dan kompatibilitasnya kurang baik, terutama untuk kamera model2 baru seperti 500D dan 550D atau yg lebih baru lagi.

  • Tuke January 11, 2011, 1:06 pm

    mas ence saya mau nanya :
    apa kelebihan dan kekurangan lensa canon 55-250 mm IS, dan di range brapa lensa tersebut sering bermasalah…
    trimakasih banyak mas ence..
    salam jepret….

    • Enche January 13, 2011, 1:20 am

      Antara 55-135mm cukup baik sih, terutama di f/5.6 dan f/8

  • Berto January 6, 2011, 3:34 am

    om enche saya punya EOS1000D. saya kepengen memiliki lensa tele kemungkinan medium cuma saya masih bingung lensa tele yg bagus. menurut om enche canon atau tamron. dengan harga yang terjangkau..mohon rekomendasinya

    • Enche January 6, 2011, 4:58 am

      Saya rekomen Canon 55-250mm IS.

  • Hamidi January 5, 2011, 12:25 pm

    Apakah ada perbedaan hasil foto slr D, bila lensa ada flex jamur (sedikit)?
    Mohon petunjuk nya, thx

    • Enche January 6, 2011, 5:07 am

      Sedikit banyak ada, misalnya foto jadi agak buram atau gelap di daerah yang terinfeksi.

  • Enche January 5, 2011, 9:42 am

    Tergantung kameranya juga. Tapi secara optik, kurang lebih sama. Memangnya lagi mikirin mau tukar sistem ya? hehe

  • antho January 5, 2011, 9:29 am

    canon ada bung 80-200 f/2.8 L series. (cuman kayaknya udah ga diproduksi lagi)
    Yang saya maksud disini, untuk zoom dan ketajaman bagusan mana antara 70-200 f/2.8 L (non IS) dan 80-200 f/2.8 L ? makasih atas penjelasannya bung enche.

  • antho January 5, 2011, 3:18 am

    nah jadi pengen tau lebih nin bung… sekarang klo 70-200 dan 80-200 nya itu punya canon, apakah sama seperti hannya dengan nikon??
    kalo untuk zoomnya bagusan mana bung?
    thanks.

    • Enche January 5, 2011, 3:24 am

      Setau saya Canon gak punya 80-200mm, tapi 70-200mm f/2.8 (non-IS). Zoomnya lebih baik maksudnya apa ya? dan lensa apa dibanding apa?

  • Enche January 3, 2011, 4:24 am

    Lensa Nikon ya? kalau iya, yang 70-200mm ada peredam getar (VR). Lalu ada perbedaan bahan/material. Kalau 80-200mm itu sebagian besar dari logam, kalau 70-200mm campuran plastik.

    Untuk kecepatan dan ketajaman foto, 70-200mm f/2.8 VR lebih baik.

  • antho January 3, 2011, 4:11 am

    saya pengin tanya2 juga ni bung…
    perbedaan antara lensa 70-200 f/2.8 sama lensa 80-200f/2.8 itu apa?
    kekurangan dan kelebihannya dari masing2 lensa seperti apa?

  • yudha January 1, 2011, 10:14 am

    om enche, mau tanya nih
    saya kamera saya model sony A-380 dan saya menggunakan lensa DT 4-5.6/55-200, kira-kira bagus ga ??
    kalau misalnya ga bagus, saya harus memakai lensa apa ??

    terima kasih

    • Enche January 1, 2011, 10:16 pm

      Lensa 55-200mm termasuk lensa pemula, yang gak gitu bagus. Banyak sih lensa yang lebih bagus dari itu. Tergantung anggaran saja berapa.

      Misalnya Sony 70-300mm G atau 70-200mm f/2.8

  • Togar December 21, 2010, 5:26 am

    Mas Enche,

    tolong donk review singkatnya Canon Lens EF 50mm F1.4 USM & Canon Lens EF 50mm F1.8 II. Kelebihan dan kelemahannya yah . . trims sebelumnya.

  • Andy December 13, 2010, 3:19 am

    Om Enche
    sy mau beli kamera nikon D7000 body, kira2 lensa apa yg cocok bagi pemula ?

  • uwie December 11, 2010, 11:41 pm

    Om enche..kira2 lensa yg cocok dgn harga yg terjangkau untuk wedding pada D3000 apa yah..??

    thanks..

    • Enche December 12, 2010, 3:00 pm

      Nikon 35mm f/1.8

  • dhani December 4, 2010, 11:17 am

    om enche,

    tanya donk, untuk soal ketajaman lensa jika di zoom 100% lebih tajaman mana 70-200 f/2.8L usm di bandingkan dengan sigma 70-200f/2.8 II EX DGmacro?

    fyi, body kamera saya 450D? apakah cocok di pakai lensa tersebut karena body saya bukan full frame?

    terima kasih om

    • Enche December 5, 2010, 1:01 am

      Lebih tajam yang Canon 70-200mm f/2.8 IS USM

      Bisa dipakai juga di Canon 450D meski bukan full frame, bedanya jangkauannya jadi lebih jauh, atau setara dengan 200×1.6 = 320mm

  • john November 29, 2010, 12:24 am

    pak enche, menurut bapak lensa canon EF 70-200mm f/4L USM bagus ga buat foto candid?
    tanpa IS’nya.
    makasi.

    • Enche November 29, 2010, 1:10 am

      Cocok tapi cuma di ruangan terbuka dan cahaya yang banyak, kalau cahayanya sedikit seperti di ruangan tertutup atau malam hari, gak cocok.

  • hankid oce November 25, 2010, 10:42 am

    mlm mas enche saya lagi mo cari tambahan lensa kebutuhannya utk indoor,wedding n outdoor dan murah..n ada macro-nya, ada beberapa pilihan yg saya mo ambil kira2 yg mana yg paling top :
    1. Tamron 70-300mm f/4-5,6 DI LD II Macro
    2. Canon 75-300mm f/4-5,6 III USM
    3. Canon 55-250mm f/4-5,6 IS
    Sebelumnya saya dah punya lensa standar Canon 18-55mm IS n Canon EF 50mm f/1,8 II (kalo jadi pilihan diatas kira2 kepake lagi gak lensa2 ini)..?? mohon pencerahannya Bos Enche..thx

    • Enche November 26, 2010, 9:19 am

      55-250mm IS yang paling ok dibanding yang diatas. Sepertinya 18-55mm dan 50mm akan tetap terpakai karena 55-250mm lebih ke komplemen daripada menggantikan.

  • polo November 22, 2010, 3:55 am

    thank ea om……..alne q mw poto tamu surving,ne q pake lensa canonf4.5-5.6 100-400 mm is usm,low pake conveter 2x hasil potox jauh berkurang ea…..apa masih bagus…thanks ea om

  • polo November 22, 2010, 12:35 am

    om..mw nanya ni,lo pake konveter 2x .apa ada pengaruh pd hasil poto

    • Enche November 22, 2010, 2:01 am

      Pengaruh, kualitas foto biasanya berkurang, dan bukaan (diafragma) maksimal jadi kecil, sebanyak 2 stop cahaya.

  • Agung November 19, 2010, 1:22 am

    Artikel yg bagus Mas. Trims telah berbagi 🙂

  • Enche November 18, 2010, 1:36 am

    70-200mm f4 IS dong

  • Riza November 17, 2010, 11:00 pm

    BTW, kameranya 500D

  • Riza November 17, 2010, 10:55 pm

    Dear Om Enche,
    mau nanya lagi nih
    untuk lensa tele berikut kira-kira lensa mana yg paling baik? harganya hampir sama aja
    CANON EF 70-300mm f/4.5-5.6 DO IS USM
    CANON EF 70-200mm f/4L IS USM
    atau ada rekomendasi lain?

    Terima kasih

  • Doni Aji sukmana November 5, 2010, 10:54 am

    Mas saya numpang tanya..
    Saya pake EOS500D..
    Hmm lensa TAMRON AF4-5.6 Di LD Macro itu bagus ga ya?

    thx..
    salam jepret

    • Enche November 7, 2010, 10:50 pm

      Ga begitu bagus lensanya, saya sarankan kumpulin dana yang lebih besar buat membeli lensa yang lebih baik.

  • haninda November 1, 2010, 10:50 am

    kereeeeeeen !!

  • wawan October 26, 2010, 3:58 am

    Mas Enche numpang nanya, saya termasuk awam nih dengan kamera dan lensa.
    niatnya pengen beli Canon EOS 550D, trs mau sy gunain bt foto keluarga bisa foto pemandangan juga bisa (indoor dan outdoor hehe..). yang mau sy tanyain bagusan mana lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS atau lensa EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS ya?
    makasih atas jawabannya

  • aji sebulu October 21, 2010, 10:52 am

    sya pke canon 500D mas…kira2 lensa apa yang PAS n cocok u mengambil fpto2 pernikahan…?????

    • Enche October 21, 2010, 11:01 am

      tergantung gaya dan anggaran dana masing2, tapi yang paling mantap Canon 17-55mm f/2.8 IS.

  • Darlin October 13, 2010, 1:09 pm

    Malem Pak Enche,
    Saya di hadapkan untuk memilih satu di antara Canon EF 75-300 F4-5.6 II USM dan EFS 55-250 F4-5.6 IS, untuk kegiatan foto indoor maupun outdoor menurut Pak Enche mana yang sebaiknya saya pilih? dan kenapa?
    Makasih Pak.

    • Enche October 21, 2010, 11:00 am

      55-250mm, karena kualitas foto lebih konsisten dan lebih lebar.

  • satrio October 8, 2010, 6:57 am

    Pak Enche, mau tanya nih. saya punya lensa ex Yashica SLR apa masih bisa di pakai di body DSLR, body apa saja yang bisa ? Terima kasih

    • Enche October 8, 2010, 10:38 am

      Mesti dicari juga “lens-mountnya” itu kompatibel ama SLR merek apa.

  • David October 2, 2010, 12:06 am

    Okay sep.. thank u atas penjelasannya..

    Salam Sukses

  • Enche October 1, 2010, 11:24 pm

    iya benar

  • David October 1, 2010, 11:06 pm

    Thanks lgs dibalas…
    Jd kesimpulannya mending pake lensa 16-35mm utk kualitas ya, karena sy sudah ada lensa telefoto 70-200mm.
    Betul begitu ya mas ?

  • David October 1, 2010, 9:39 pm

    Makasih mas…
    Jadi menurut mas Enche mending pake lensa apa dr ketiga lensa itu kalo utk foto pemandangan, pantai dan bangunan / gedung2 ?

    • Enche October 1, 2010, 9:45 pm

      Tergantung David mementingkan kualitas atau fleksibilitas. Kalau kualitas, 16-35mm, fleksibilitas : 15-85mm.

  • David September 30, 2010, 10:45 pm

    Oh iya ada yg kelupaan…
    Kalo lensa EF 16-35mm f/2.8L II USM dibanding dgn EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM mana yg lebih baik yah ???

    Makasih..

    • Enche October 1, 2010, 9:28 pm

      Dari segi kualitas gambar dan mekanik, 16-35mm lebih baik, bukaannya juga lebih besar dan konstan, hanya saja 16-35mm itu cukup pendek jangkauannya, maklum memang 16-35mm itu dioptimasi untuk sudut lebar, sedangkan 15-85mm untuk segala situasi.

  • David September 30, 2010, 10:14 pm

    Mas Enche… msh ada pertanyaan nich..

    Kalo mau foto landscape mendingan pake lensa EF-S 18-200mm f3.5-5.6 IS atau pake lensa EF 16-35mm f/2.8L II USM yah?

    Thanks mas Enche

    • Enche October 1, 2010, 9:26 pm

      Biasanya landscape orang suka pakai 16-35mm karena bisa lebih lebar dan kualitasnya lebih tinggi, tapi 18-200mm lebih fleksibel karena bisa telefoto. Jadi memang masing2 ada kelebihan sendiri.

  • prazz September 29, 2010, 12:49 am

    numpang memantau ya, mas…
    asyik nih artikel2nya, mudah dimengerti bahasanya 🙂

    salam kenal untuk semua 🙂

  • Lina September 25, 2010, 11:38 am

    Terima kasih Enche : iya ternyata rusak, kok bisa sih? padahal kan baru beli, tapi memang g dicoba (temenku g bawa kameranya jadi g dicoba). Jadi sudah dibalikin dan di ganti yg baru.

    Untuk : galsudd
    makasih infonya, ternyata memang rusak dan sudah diganti yg baru.

    • Enche September 26, 2010, 10:40 am

      karena quality controlnya ga gitu bagus kali

  • galsudd September 24, 2010, 12:35 pm

    wahh asikk nih baca2 artikel. nambah ilmu. hehe
    utk lina: Tamron AF-300mm 1:4-5,6 Tele Macro (1:2) 62 A17 itu bukannya lensa fix yah..? kalo zoom kan pasti ada misalnya 70-300, 28-300 dsb.
    kalau ada ring pemutar itu bukanya pemutar fokus yah..? hehe begitu setau saya. salaam

  • antho September 23, 2010, 6:42 am

    kebetulan kondisi lampu panggung ga terlalu bagus bung…
    trus klo boleh tanya lagi, kira2 lensa apa dan diameter brapa ya yang direkomendasikan bung enche untuk foto panggung??

    • Enche September 23, 2010, 7:00 am

      Tergantung jarak ke panggungnya. Biasanya saya suka 50mm f/1.4 atau 17-55mm f/2.8

  • David September 23, 2010, 12:11 am

    Mas mau tanya lg kalo mau beli lensa lewat online tp harganya murah dan terjamin dimana ya??

    Thx…

    • Enche September 23, 2010, 7:01 am

      wah kurang tau deh, aku kurang pengalaman

  • Enche September 22, 2010, 10:52 pm

    sama-sama 🙂

  • David September 22, 2010, 10:39 pm

    wah makasih byk ya mas Enche….

    Penjelasannya sangat membantu.
    Sukses terus mas….

  • Enche September 22, 2010, 4:55 am

    Tergantung mau pakainya bagaimana, kalau pakai 18-200mm kan ga perlu tukar2 lensa atau bawa lensa tambahan.

    Tapi ada kelebihannya juga kalau punya 70-200mm f/2.8, karena bukaan maksimalnya di f/2.8 bukan f/5.6 seperti di 18-200mm. Auto fokus dan kualitas lensanya juga lebih baik dari kedua lensa (18-55mm dan 18-200mm).

  • David September 21, 2010, 10:58 pm

    Sorry nanya lg mas…
    Karena sy udah punya lensa 18-55mm dpt waktu beli kamera, nah menurut mas sy mending beli yg 70-200mm f/2.8 ya mas?
    Soalnya percuma beli yg 18-200mm, kan udah ada 18-55mm, betul ga mas?

    Thanks mas…

  • antho September 21, 2010, 4:41 am

    Permisi bung saya newbie pengen tanya…
    Klo untuk stage photography (music concert) ada saran untuk menggunakan lensa apa ya? Kebetulan saat ini saya menggunakan 40D dan lensa fix 50mm f/1.8 biasa menggunakan iso 800 – 1600 speed 100 – 200 f/1.8 dan saya rasa hasilnya masih kurang memuaskan.
    Trus klo bisa kasih referensi untuk speed dan diafragmanya menggunakan brapa.
    thx.

    • Enche September 21, 2010, 4:28 pm

      Wah gelap sekali ya keadaan lapangan? usahakan pakai bukaan f/2 (jangan f/1.8) dan ISO 800-1600, jangan lupa juga perhatikan shutter speed, bila terlalu rendah (dibawah 1/100), maka hasilnya akan kabur terutama bila performernya bergerak dengan cepat.

  • Enche September 21, 2010, 1:33 am

    Lina: Kayaknya rusak tuh, tuker aja ama yang baru.

  • David September 21, 2010, 1:08 am

    Artikel yg bagus…

    Mas, sy mau tanya nih… sy pake EOS 550D + Kit 18-55mm.
    1. Rencana mau beli lensa antara EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS sama EF 70-200mm f/2.8L IS Mark II USM… Menurut mas mending beli yg mana yah??

    2. Lensa 18-55mm sama 18-200mm itu hampir sama2 lensa wide atau bukan?
    Soalnya sy bingung kl beli yg 18-200mm takut percuma…
    Sdngkan sy suka traveling

    Thanks mas Enche…. Salam

    • Enche September 21, 2010, 1:27 am

      Lensa 18-200mm itu sering disebut lensa superzoom karena bisa lebar dan bisa tele. Banyak orang menyukai lensa ini untuk dipakai traveling. Kalau pakai 18-200mm otomatis gak perlu 18-55mm lagi. Kalau 70-200mm f/2.8 itu lensa khusus telefoto saja. Kualitas lensanya lebih baik dan bukaannya lebih besar.

  • Lina September 20, 2010, 11:29 pm

    Enche, bisa bantuin aku?
    Temenku baru beli lensa Tamron AF-300mm 1:4-5,6 Tele Macro (1:2) 62 A17
    yang jadi masalah, zoom nya tidak bisa dipergunakan, apakah itu rusak (rasanya g mungkin baru kemaarin beli) atau bagaimana? karena kami sudah coba foto di luar, tapi tetap buram. Apakah pengaruh dengan kameranya (Canon D500), atau bagaimana?
    Tanya ke aku, ya aku sendiri g ahli, jadi aku tanya ke ahlinya dong 🙂
    salam.

  • alam September 14, 2010, 12:11 pm

    dulu aku pernah mimpi dpt duit banyak trus beli lensa sigma ini… 200 sekian juta harganya…

  • Agung September 13, 2010, 6:06 am

    Lagi belajar nih mau bertanya..

    Klo kawin silang antara Lensa Canon sama Kamera Nikon dan sebaliknya bagaimana?
    terima kasih..

  • Syahrir Muchtar September 10, 2010, 11:15 pm

    saya seorang pemula yang sangat senang bisa membaca artikel ini………..makasi banyak bro tas sajiannya…………………

  • Agus Urake September 8, 2010, 1:16 am

    ……kurang besar dan mendatail jika saya memfoto benda2 kecil (nyamuk, semut, dll). Apa perlu penambahan lighting ? atau untuk AV apa2 aja ukuran nya sehingga untuk hasil makro ini, bagus kelihatannya ?

    Thanks Boss pencerahannya…..:)) salam dr Medan

  • uungferi September 7, 2010, 9:08 am

    ijin copast artikelnya sangat menarik bos,….

  • Enche September 7, 2010, 6:39 am

    Gak bagusnya seperti apa dulu? apakah kabur/blur atau gemana? Lensa itu sudah bagus buat makro dan gak perlu lagi pasang extension tube 🙂

  • Agus Urake September 7, 2010, 6:07 am

    Bung enche…ngelanjutin lensa makro saya canon EF 100mm, hasilnya kurang bagus setelah saya lakukan pemoteretan.
    So…agar hasil makro sgt bagus apakah saya perlu menambahkan “Ektension Tube” di lensa tsb ? Sehing hasilnya benar2 jelas dan bagus.

    Harap maklum baru belajar dan tertarik dunia fotografi nehh…:)) salam dr Medan

  • Enche September 6, 2010, 2:19 am

    Tergantung dari apa yang ingin di foto dan apa yang ingin di capai sih. Misalnya untuk foto pertunjukan dari jarak jauh tentu yang dipakai lensa telefoto 55-250mm. Sedangkan kalau ingin mengambil pemandangan situasi pertunjukan, tentu yang 18-55mm lebih cocok.

  • dewasas September 6, 2010, 1:46 am

    kalo kegiatan ceremonial yang mengambil tempat di sebuah lapangan bola yang focus acaranya ada disebuah panggung terbuka, mana yang lebih pas lensa yang digunakan? karena saya mempunyai lensa standard 18-55 IS dan lensa tele 55-250 IS.

  • Agus Urake September 5, 2010, 11:35 am

    saya baru beli lensa Canon EF 100mm f/2.8 USM…kira2 utk hasilnya foto yg bagus (outdoor) menggunakan AV atau P ? Jika dua2nya penggunaan shuterspeed brp ya cocoknya ?
    Saya menggunakan Canon 7D…thanks bung ence pencerahannya

    • Enche September 5, 2010, 10:39 pm

      Mengunakan Av saat kita mau mengontrol kedalaman fokus. Kalau kita set di Av dan set bukaan yang besar (angka F kecil) maka latar belakang akan sangat blur. Sedangkan P itu seperti mode otomatis, dimana kamera mengontrol segalanya.

      Mengunakan Av, Tv, atau P sebenarnya tergantung hasil yang ingin kita capai. Saya sarankan untuk membaca artikel camera mode terlebih dahulu.

  • tukangpoto September 4, 2010, 8:56 am

    Terima kasih atas tipsnya ,Enche. Jadi lebih spesifik tentang teorinya.

  • harry September 2, 2010, 2:49 am

    Tanpa IS gapa? Jadi kalo smakin lebar bukaab, efek getaran bisa diminimalisisr ya?

    • Enche September 2, 2010, 3:04 am

      teorinya begini, bukaan bila semakin besar, maka cahaya yang masuk akan lebih banyak, sehingga shutter speed / kecepatan rana bisa diset lebih tinggi. Alhasil, subjek yang bergerak lebih mudah dibekukan.

      Coba baca srtikel segitiga emas fotografi, dan supaya foto tidak kabur.

    • Enche September 2, 2010, 3:05 am

      Jadi ada plus minusnya f/4 IS vs f/2.8

  • Enche September 2, 2010, 2:36 am

    Tapi ingat juga peredam getar tidak bisa membantu membekukan subjek yang bergerak, dan juga karena perbedaan bukaan, yang f/2.8 memiliki kedalaman fokus lebih tipis sehingga lebih mudah memblurkan latar belakang.

    intinya, saya akan lebih memilih memakai f/2.8 bila saya foto olahraga (subjek bergerak) di cahaya yang kurang baik. Sedangkan untuk subjek tidak bergerak, lebih baik yang f4 IS.

  • harry September 2, 2010, 2:24 am

    Artikel yg baik, jadi bisa disimpulkan begini ya, 70-200 f4 L IS USM lebih baik baik dari 70-200 f2.8 L USM (non IS) ? Makasi masukannya enche, soalnya hrg keduanya relatif sama. Jadi baiknya yg mana?

  • khairuddin September 1, 2010, 1:14 pm

    saya punya telepoto 70,300 lensa 18,55 nikon .
    mana lg lebih bagus saya pakai untuk poto grup.

    • Enche September 2, 2010, 2:12 am

      Tergantung efek dan luas ruangan yang dikehendaki, kalau ruangannya sempit, tentunya 18-55mm.

  • Erwin September 1, 2010, 9:52 am

    Sigma 200-500mm diatas jelas bukan untuk para travellers 😀

  • Enche September 1, 2010, 9:02 am

    Iya, kalau di dalam ruangan tentunya susah pakai foto telefoto untuk foto grup 🙂

  • Lina September 1, 2010, 5:24 am

    Trima kasih Enche, tentu saja artikel ini sangat2 berguna dan lebih mengerti tentang karakter lensa yg ku punya.
    Tapi masih ada pertanyaan : tentang foto group, lensa ku Canon EF 55-200mm f4.5-5.6 II USM, jadi untuk foto grup masih kesulitan, jarang aku pake, mungkin karena memang kebanyakan aku gunakan di ruangan ya? jadi kurang lebar, g mungkin untuk foto bareng. Apalagi kalau ada acara, wah aku bisa gelagepan, harus cepat mengganti dengan lensa EFs 18-55mm f3.5-5.6 IS, atau juga karena ini kamera di pegang oleh tukang foto yg kurang profesional? hehehe.

  • feriferari September 1, 2010, 3:46 am

    artikel yg rapi dan berguna. tx 4sharing.. 😀

Leave a Comment