≡ Menu

Segala hal tentang lensa telefoto

Biasanya, orang-orang mengunakan lensa telefoto untuk memperbesar subjek di kejauhan, tapi sebenarnya masih banyak fungsi lensa telefoto yang lain. Artikel ini akan membahas segala tentang lensa ini.

Pertama-tama, mari kita definisikan apa yang termasuk lensa telefoto. Menurut saya sebuah lensa dianggap sebagai lensa telefoto bila memiliki rentang fokal 60mm atau lebih (ekuivalen kamera full frame). Lebih lebar dari 60mm, termasuk lensa standar atau lensa lebar.

Ada dua tipe lensa telefoto: satu adalah lensa telefoto yang tidak bisa zoom, seperti Canon EF 85mm f/1.8. Yang kedua adalah lensa zoom, seperti Canon 70-200mm f/4 L. Lensa yang bisa zoom lebih multi fungsi, tapi yang tidak bisa zoom biasanya memiliki bukaan maksimal yang lebih lebar, berukuran kecil dan lebih lebar. Ada juga lensa sapu jagad, yang memiliki rentang fokal dari lebar sampai telefoto. Contohnya lensa 18-200mm.

Mari kita kupas karakter lensa telefoto.

Memperbesar subjek foto

Karakter yang paling menonjol dari lensa telefoto adalah membesarkan subjek di kejauhan. Karakter ini membuat lensa telefoto menjadi sering digunakan untuk fotografi olahraga, satwa liar, arsitektur, pemandangan atau subjek lain dimana Anda tidak bisa mendekati lebih dekat lagi. Lensa telefoto juga ideal untuk mengambil gambar secara candid, karena saya bisa mengambil gambar dari kejauhan tanpa diketahui oleh orang yang diambil gambarnya.

Dengan mengunakan lensa telefoto, penari yang berada jauh dari kita terlihat besar dan dekat

Makro atau close-up

Meskipun kita bisa memperbesar subjek foto di kejauhan, tapi sebagian besar lensa telefoto tidak sesuai untuk memperbesar subjek dari jarak dekat (makro fotografi). Hal ini disebabkan karena banyak lensa telefoto tidak bisa fokus dekat dengan subjek foto. Solusi atas hal ini adalah memakai lensa telefoto khusus untuk fotografi makro, seperti Canon EF 100mm f/2.8 USM, atau Nikon 85mm f/3.5 DX VR.

Kedalaman fokus yang tipis

Semakin jauh rentang fokal yang digunakan, daerah yang tidak fokus di foto (latar belakang misalnya) menjadi semakin buram. Karena karakter ini, lensa telefoto banyak digunakan untuk foto potret. Karena ini bisa membuat orang yang meliat foto fokus dalam melihat subjek foto daripada latar belakang.

Efek Kompresi

Karakter lain dari lensa telefoto adalah lensa telefoto membuat foto menjadi seperti terkompresi. Latar belakang dan subjek foto sepertinya menjadi terlihat dekat, foto menjadi terlihat dua dimensi. Maka dari itu, banyak fotografer memilih lensa lebar untuk foto pemandangan karena lensa lebar membuat foto menjadi berkesan tiga dimensi.

Meskipun demikian, kadang-kadang lensa telefoto lebih baik daripada lensa lebar untuk foto pemandangan. Misalnya, lensa telefoto dapat membuat bulan atau matahari lebih besar dari pandangan mata telanjang, sehingga membuat pemandangan menjadi lebih dramatis. Lensa telefoto juga bisa membuat latar belakang seperti pegunungan menjadi lebih dekat dan lebih besar daripada sesungguhnya.

Lensa telefoto cocok untuk mengambil foto kegiatan olahraga. Penonton terlihat seperti cukup dekat, kenyataannya cukup jauh. Hal ini karena efek kompresi

Lensa telefoto cocok untuk mengambil foto kegiatan olahraga. Penonton terlihat seperti cukup dekat, kenyataannya cukup jauh. Hal ini karena efek kompresi

Potret

Seperti yang saya bahas sebelumnya, lensa telefoto cukup populer bagi foto potret, terutama foto close-up atau kepala dan bahu. Lensa telefoto bisa membuat seseorang menjadi lebih menarik, karena lensa ini bisa mengeliminasi distorsi wajah. Dan karena kedalaman fokus tipis, potret wanita menjadi menarik karena efek lembut yang ditimbulkan. Di lapangan, banyak fotografer fashion yang mengunakan lensa telefoto yang sangat panjang seperti lensa 200mm atau lebih panjang lagi.

Foto grup

Banyak orang percaya bahwa untuk mengambil foto grup, terutama yang memuat banyak orang, memerlukan lensa lebar. Tapi lensa lebar membuat distorsi terutama di pinggir foto. Menurut saya, mengunakan lensa telefoto untuk foto grup lebih baik.

Ketika kita mengambil foto grup yang berukuran besar dan bertingkat-tingkat, lensa telefoto menjadi lebih berguna karena wajah orang-orang di belakang akan terlihat kurang lebih sama besar daripada orang di depan. Bila Anda mengunakan lensa lebar, maka foto orang yang baris belakang, akan terlihat jauh lebih kecil daripada orang-orang dibaris paling depan, kecuali bila kita mengambil foto dari ketinggian.

Dengan mengunakan lensa telefoto saat mengambil foto grup, efek distorsi yang biasa terdapat di lensa lebar bisa dieliminasi.

Tantangan dalam mengunakan lensa telefoto

Akan ada beberapa tantangan saat memakai lensa telefoto. Pertama, akan lebih sulit membuat kamera dan lensa stabil sehingga foto yang dihasilkan tidak kabur/buram. Hal ini karena ukuran lensa telefoto yang relatif lebih besar dan berat dari lensa lebar. Untuk pengambilan foto yang sempurna, mungkin Anda memerlukan tripod atau meningkatkan shutter speed dan ISO sesuai dengan kebutuhan.

Tantangan kedua adalah ukuran yang besar dan berat. Akan lebih menyulitkan membawa lensa telefoto dalam perjalanan jauh. Anda juga akan menarik perhatian orang bila menenteng lensa telefoto yang panjang.

Tantangan ketiga yaitu luas lapangan. Anda memerlukan tempat yang cukup luas supaya lensa telefoto bisa berfungsi dengan baik. Misalnya, Anda memerlukan kurang lebih tiga meter bila ingin foto close-up dengan mengunakan lensa telefoto medium 85mm. Bila mengunakan lensa yang lebih panjang lagi, seperti 100 atau 200mm, Anda memerlukan ruang yang lebih besar lagi. Sebagian besar lensa telefoto juga memiliki minimum jarak fokus yang cukup jauh yaitu diatas 1 meter, kecuali lensa makro.

Kekurangan terakhir adalah harga. Banyak lensa telefoto dijual dengan harga lebih mahal dari lensa lebar terlebih untuk lensa telefoto yang berbukaan besar dan memiliki fitur peredam getar (image stabilization/vibration reduction). Parahnya, lensa telefoto lebih memerlukan fitur-fitur ini daripada lensa lebar.

Lensa super telefoto zoom buatan Sigma, 200-500mm

Lensa super telefoto zoom buatan Sigma, 200-500mm

Saya harapkan artikel ini bisa membuat saudara-saudari sekalian lebih mengerti tentang karakter lensa telefoto dan bisa mengunakan lensa telefoto lebih efektif.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 438 comments… add one }
  • Bagus Eddy Wibowo November 15, 2019, 7:27 pm

    omm klo untuk nikon dx antara af-s 55-200mm vr ii dan af-p 70-300mm vr mendingan yg mana ya?

  • Didik Hariyanto October 17, 2019, 12:48 am

    Om kalau untuk foto-foto satwa liar pilih mana om antara 70-300 IS II ini dengan 70-200 F2.8 IS II?

  • Deddy February 28, 2019, 8:51 pm

    Saya ingin beli lensa tele foto yg disarankan untuk Nikon 7200 apakah lensa 70-200 f4 yg sesuai

    • Enche Tjin February 28, 2019, 10:00 pm

      oke buat traveling karena lebih ringkas dan murah, tapi kalau sering foto di tempat gelap dan subjek bergerak 70-200mm f/2.8 jagoannya.

  • Faris fanjaya December 19, 2018, 12:43 am

    Om saya mau tanya..
    Saya pake Nikon D200.. kalo saya pake lensa vitacom 28-210mm/F4.2-6-5. IF ASPHERICAL hasilnya kok gak mau fokus?? Apakah tidak cocok atau ada yg masalah dengan lensa saya??

  • Zufae August 8, 2018, 5:51 am

    Pak enche saya pake M10 pake adapter .
    Saya mau beli lensa canom 75-300 ap yang tamron 75-300 yaa…??
    Buat candit kalau ada acara2 .
    Minta saranny….??

    • Enche Tjin August 8, 2018, 8:33 pm

      Gak gitu rekomen sih karena autofokus pelan dan jadinya panjang banget kalau pasang adapter lagi.

  • Fitriani July 25, 2018, 3:22 pm

    Hallo, saya punya kamera nikon d5300 plus lensa bawaan pas beli AF-P 18-55mm. saya ingin beli lensa baru. minta sarannya kalau lensa zoom yang budgetnya dibawah 3 jt yang bagus apa ?

  • Alfin May 1, 2018, 10:10 am

    Permisi, mau tanya.
    Kalo Canon 1200d dipadukan dengan lensa Tamron 70 – 300mm itu bagus gak ya untuk foto tele? Makasih

  • pandji kusuma April 25, 2018, 3:13 pm

    bang mau nanya saya punya canon 600d . menurut abang lebih bagus make lensa 55-250 sama 75-300 recomended yang mana . makasih

    • Erwin Mulyadi April 25, 2018, 4:29 pm

      Saya sarankan 55-250mm, tapi kalau ada ada coba pertimbangkan EF 70-300mm IS yg baru.

      • Koten June 16, 2019, 8:47 pm

        Slm kenal bang, minta saran.. sy mau beli lensa nikon yg kompatibel dgn camera ku (Nikon D5200)
        rencananya mau ambil lensa Nikon 55-200
        Tapi masih ragu.. (maklum pemula)
        Mohon sarannya..

  • ilhamputra67 March 11, 2018, 12:37 am

    ko.. minta saran soal lensa wedding
    untuk kamera 80D lebih baik lensa mana 17-55mm f2.8 atau 17-40 fL 4 ?
    apa lebih dan kurang dari lensa tersebut saat wedding tu gan.. ?

    • Enche Tjin March 11, 2018, 9:00 pm

      Saya lebih suka yang 17-55mm f/2.8 IS, karena bukaannya besar, kualitas gambar bagus dan ada stabilizer dibanding 17-40mm.

  • Kriz January 15, 2018, 10:06 pm

    Ko Enche, saya pakai sony a6000 dan berencana mau tambah gear lensa tele Sigma 18-250mm F/3.5-6.3 DC OS HSM buat foto nature & potrait. Apakah lensa tsb bs lgsg dipasang ke a6000 atau pakai adapter? Menurut ko Enche bgmn kualitas hasil foto & autofokusnya? Atau ada rekomendasi lensa tele lain? (dgn pertimbangan budget di bawah 10jt)

  • rosyid noor January 13, 2018, 1:23 am

    mohon maaf mau bertanya, kalau nikon d3200 untuk foto tele lebih cocok mana 55-200 atau tamron 70-300 vc usd ?

  • fomountoni January 10, 2018, 3:19 pm

    Bang sy suka fotografi..cm pny Canon EOS 1100D.lensa standard 18 55 mm.kebetulan anak model sy suka mengabadikan moment-moment tsb..tp kendalanya ketika anak LG perform kdng2 ortu tdk blh dkt sm catwalk kecuali fotografer yg sdh di tunjuk,dan LG kdng2 klo mlm tdk blh pki bliz di arena tsb..ktny menggangu ato apalah..jd hasil foto sy kurang maksimal..dan kurang bokeh.klo blh mnt saran lensa apa yg cocok tp bugetny ga trll Mahal..mksh bang..

  • Fadli November 5, 2017, 7:04 pm

    Ko enche.. Mau tanya ni.. Saya punya nikon D3200. Bajet saya ada 1 juta. Saya pengen pake lensa AF70-300 .ini cocok tidak ko lensa nya ke nikon d3200 .??

  • Ryan October 12, 2017, 4:05 pm

    Om untuk canon 1300d, baiknya kalo dengan budget minim beli lensa tele sigma 70-300mm atau canon ef-s 55-250?
    Trim’s

    • Erwin Mulyadi October 12, 2017, 4:31 pm

      Kalo mau yg murah banget ada Tamron 70-300mm, bisa makro juga. Kalo dana cukup buat Canon 55-250mm STM ya ambil canon aja sekalian.

  • darmadi September 18, 2017, 6:51 am

    Ko,, lebih bagus lensa af-s 55-250 vr atau af-s 70-300 vr untuk body nikon d5300 ??

    • Enche Tjin September 18, 2017, 10:11 am

      Jelasnya yang mana nih? 70-300mm ada beberapa versi, yang 55-250mm kayaknya gak ada, yang Canon baru ada.

  • Pudja S August 13, 2017, 6:01 pm

    Malam Om…kalau mau beli lensa tele yang cocok untuk Canon 100D yang mana ya…? Terima kasih
    Salam,

    • Erwin Mulyadi August 14, 2017, 2:14 pm

      Ada 55-250mm atau dari tamron ada 70-300mm.

      • Pudja S August 16, 2017, 5:36 am

        Terima kasih banyak Om Erwin

  • okisyahputra May 4, 2017, 5:26 pm

    Om lensa tele yang cocok buat preweding, atau photo grub lens type apa….?

  • Rahmat April 13, 2017, 7:10 pm

    Bang Enche, bagusan mana lensa Nikkor AF-S 70-300 mm sama yg AF 70-300 mm?
    Terus apa betul kalau yg AF harus pake manual autofocusnya?

    • Enche Tjin April 14, 2017, 4:07 am

      AF-S lebih cepat dan saat dipasang di body Nikon apa saja bisa autofokus. Sedangkan yang AF perlu kamera dengan motor fokus seperti Nikon D7XXX atau yang lebih canggih baru bisa.

  • Andre March 30, 2017, 6:49 pm

    Om saya mau nanya,, klau canon 1200d klau pakek lensa tele USM bisa ea? Contohx klau pekek lensa tele 70-200

  • firdaus ogut February 9, 2017, 1:50 am

    koh mau tanya nih saya(pemula)pingin buka jasa prewedding dan wedding pnya kamera canon 60d+50mm+18-55mm+70-300mm nah kira2 ada saran lensa lain atau flash yang kompatible mungkin?budget cuma ada 4jutaan,,,biar dapet alat2 untuk keseluruhan mohon sarannya koh,,

    • Enche Tjin February 9, 2017, 8:22 am

      Kalau belum ada flash mungkin budgetnya bisa buat itu. Kalau lensa yang lebih baik biasanya 17-40mm f/4 L populer.

  • Hendri January 13, 2017, 11:14 pm

    Bisa minta masukanya bingung antara lensa Canon Ef m 18-150 atau 55-200 dengan catatan sudah ada lensa kit 14-45 MM

    • Enche Tjin January 14, 2017, 9:14 pm

      Kalau gak suka ganti-ganti lensa, 18-150mm cukup mencakupi kebutuhan. Tapi nanti 15-45mmnya bakal nganggur.

  • ali October 27, 2016, 11:57 pm

    om mau tanya punya nikon d3200 pengen upgrade ke lensa tele yg paling di recommended apa ya? budget gak lebih 2jt. thanks om

  • ARIF NAUFAL October 13, 2016, 12:18 am

    Selamat malam ko Enche..
    Mau tanya ko, saya pengguna nikon D90 lensa 18-55 sama nikon DX 35mm f/1.8. Saya ingin menambah lensa tele tapi masih bimbang antara nikon 55-200 atau 70-200 f/4. Kebutuhan untuk foto model endorsement (lebih sering outdoor) dan foto candid di indoor seperti Cafe/resto (beberapa ada yang minta foto endorse di indoor) . Menurut Ko Enche prefer saya ambil yang mana? Untuk budget sendiri jika saya ambil yang 70-200 f/4 maka harus nabung sekitar 3 bulan.. Hehehe
    Mohon pencerahannya ko

    • Enche Tjin October 13, 2016, 5:35 pm

      70-200mm f/4 aja saran saya. Cari cicilan atau pinjem dulu.

      • Arif Naufal December 2, 2016, 11:16 pm

        Ko Enche kalo antara 70-200 f4 nikon atau sigma 70-200 f.28 prefer mana? harganya beda tipis. semakin baca review saya semakin bingung.. mohon pencerahannya lagi Ko Enche..
        Regards,

  • tri bagus October 9, 2016, 1:18 pm

    Om saya bingung.. pilih mana ya lensa nikon af-s 55-200mm vr II apa yg af-s 55-300mm vr?? Untuk nikon d5200 saya… mohon rekomendasinya… #terimakasih

  • tri bagus September 22, 2016, 11:46 pm

    Kohh saya mau nanya.. saya punya nikon d5200 .. saya mau beli lensa telefoto.. kira kira yang cocok lensa apa ya?

  • Hirons September 16, 2016, 10:47 am

    Kalo 100d (kiss x7)
    Bagus sama lensa apa ???

  • angger sehatzi September 12, 2016, 1:22 am

    Ko,,,klo canon 1100d pake tamron af 70 – 300mm bagus ga hasil jepretan’y

    • Enche Tjin September 13, 2016, 12:07 am

      Kurang tajam dan sulit kalau sudah mulai gelap.

  • Fanyanto September 11, 2016, 9:48 pm

    Ko Enche,
    Mau tanya soal lensa telefoto.
    Sony e-mount Fe 70-200mm F4 vs Fe 70-300mm F4.5-5.6
    Lebih baik mana karena harga nya hampir sama. mau kejar performa Untuk portrait dan landscape pegunungan/wildlife

    • Enche Tjin September 13, 2016, 12:18 am

      Rekomendasi saya sih 70-200mm f/4, performanya lebih konsisten.

  • RobinLIM August 11, 2016, 4:06 pm

    brrti Lensa 55-250mm IS II cocok juga untuk didalem Ruangan ya ko Enche ?

  • Adrianus July 19, 2016, 3:04 pm

    Selamat siang ko Enche,
    saya mau nanya lebih bagus milih lensa canon 75-300 III USM atau 55-250 IS II ya? mohon pencerahannya
    atas jawabannya saya ucapkan bnyak terima kasih

  • Febri ahmadhani June 28, 2016, 4:15 am

    Bang!!!
    Kalau sigma for canon 70-300mm dan lensa canon tele 55-250mm bagus mana???
    Umtuk sekedar poto hasil blur

    • Enche Tjin June 28, 2016, 8:09 am

      55-250mm lebih baik

  • Kurniawan June 24, 2016, 5:13 am

    Mau tny om,klo lensa AF 70-300mm f/4-5.6G bisa dipakai di kamera nikon D5300??

    • Enche Tjin June 24, 2016, 10:33 am

      Bisa, tapi lensanya kurang ok menurut saya.

  • Azis dayatullah June 10, 2016, 4:32 pm

    Mau nanya mas untuk kualitas lensa itu lbh condong kemana ya antar sigma 70-300 atau Canon 55-250 ,soalya saya ada Canon 1200d , kira kira lbh bagua & cocok yg mana mas,mohon bantuan nya:)

    • Enche Tjin June 10, 2016, 11:03 pm

      Bagus 55-250mm canon.

  • Yudha June 10, 2016, 9:41 am

    Pagi Om…
    Saya Pemula newbie banget soal Kamera tapi punya hobi soal Fotografi terutama hal pemandangan.
    saya baru aja beli Nikon D5200 saya minta ilmu dan rekomendasi untuk Lensa yg cocok bagi kamera saya untuk foto2 Outdoor (Pegunungan dan Laut).
    mohon Ilmu, saran, rekomendasi dari Om enche buat PEMULA seperti saya.

    terimakasih sebelumnya

  • muhlis June 1, 2016, 1:16 pm

    ada yang tau cara membongkar lensa nikon 55-300..
    soalnya sy mau bersihkan jamurnya.. mohon petunjuk

    • Erwin Mulyadi June 1, 2016, 4:33 pm

      Saya tidak anjurkan bongkar sendiri untuk bersihkan jamur. Perlu keahlian khusus untuk itu, jasa seperti itu biasanya 300ribuan tapi kan aman daripada bongkar sendiri.

  • Chandra February 10, 2016, 3:37 pm

    Koh kalo saya mau foto grup (keluarga) +/-18 orang dengan kondisi cahaya yg cukup,
    Mending saya pakr lensa fix 50mm/85mm ato dengan lensa wide 17-40 ?
    Makasih koh

    • Enche Tjin February 12, 2016, 7:48 am

      Tergantung ruangannya, kalau cukup besar/luar ruangan bisa pakai 50mm, tapi kalau sempit lensa lebar 17-40mm lebih oke.

      • Chandra February 12, 2016, 1:54 pm

        Dari segi hasil semisal ruangan mencukupi untuk 50mm apakah hasilnya bisa bagus koh?
        Apa mungkin anda punya saran lensa lain yg haru saya gunakan apa
        Sy pake camera canon 60d koh

  • dhepi January 12, 2016, 11:24 pm

    ko.. kalau buat buat ptret dengan background blur.. bagus nya pakai lensa apa!!? dan apa tamron 70-300 mm bisa d gabung dengan fix 50mm canon.. tks ko

    • Enche Tjin January 13, 2016, 9:54 am

      Lensa 50 dan 85mm berbukaan besar seperti f/1.8 atau lebih besar lagi cocok. Kedua lensa tersebut tidak bisa distacking.

  • Zeezee December 30, 2015, 6:26 am

    Koh…untuk Nikon D5300 kira kira dipasang dengan lensa 70-200mm
    Cocok gak koh,masukanya please,thanks you

    • Enche Tjin December 30, 2015, 9:15 am

      Cocok, cuma agak gede aja lensanya hehe

  • Riyadi December 16, 2015, 3:52 am

    selamat siang mas Ence.
    Aku mo nanya… Kalo Nikon D5300 dengan lensa Nikon 18-140mm VR DX AF-S + Tamron 70-300mm Di LD Macro 1:2 serta aksesorisnya Nikon Digital SLR Camera Case + Spare EN-EL14 Battery + Precision Design DSLR300 Flash + Transcend 32GB SDHC 300x Card + Precision Design 58″ Tripod + 62mm UV Filter + 67mm UV Filter + PD HDMI to Mini-HDMI Cable + Precision Design ML-L3 Remote + PD 6pc Complete Cleaning Kit + PD 8 SD Card Memory Card Case. Untuk membuka sebuah photo studio dan photografer prewedding kira-kira bagus gx,? atau apa lagi lensa yang harus aku lengkapi..
    mohon bantuannya.. dan maaf kalo panjang lebar…
    terimakasih..

    • Enche Tjin December 16, 2015, 12:47 pm

      Wow, ramai sekali alatnya, kalau lensa bisa tambah 35mm f/1.8 DX, lalu flash yang lebih kuat dan bisa diandalkan juga sangat penting. Saran saya yang ini.

  • ayyub Z December 15, 2015, 10:47 am

    Ko, kalo pakai 600D buat potrai model outdoor cocoknya pakai lensa apa ya?

    • Enche Tjin December 15, 2015, 10:56 am

      Canon 50mm f/1.8 STM

  • merry December 8, 2015, 10:12 am

    hai ko,.lagi butuh masukan ni.. kmrn beli Canon 70D udh sama lensa kit 18-55mm. terus sekalian beli sama Fix 50mm. Sekarang lagi pengen beli 1 lensa tapi bingung lensa Wide ato Tele.. bagusan mana ya.. budget sekitar 7jtan. thanks ko..

    • Enche Tjin December 9, 2015, 3:25 am

      Tergantung mau buat foto apa? Kalau pemandangan luas lensa wide, kalau sering foto subjek yang jauh2 tele. Atau keduanya aja, biar lengkap, hehe. 10-18mm dan 55-250mm

  • Fadhly December 7, 2015, 11:40 am

    Om ada refresi nggk utk tele 70-200 for samsung nx3000 mirroles

    • Enche Tjin December 7, 2015, 5:45 pm

      Biasanya pakai samsung 50-150mm f/2.8 untuk telefotonya.

  • Olla November 28, 2015, 10:50 pm

    Koh enche Klo zoom canon 70 300 itu untuk Jarak brp ya?

  • adji November 26, 2015, 8:54 am

    Met pg enche chin…sy mau tanya apa canon 600d bisa pake lensa tele tamron 70-300mm macro

    • Enche Tjin November 28, 2015, 1:03 am

      Kalau yang Tamron untuk Canon bisa, cuma kualitasnya kurang ya.

  • fahmi putra September 7, 2015, 1:42 am

    Koh ence, saya mau nanya
    Bagusan nikkor 70-300 vr atau tamron 70-300 vc? Makasih om

  • alfian September 3, 2015, 9:39 am

    Koh enche, untuk pemakaian universal lebih milih ef-s 55-250mm IS II atau ef 70-300 USM?

    • Enche Tjin September 3, 2015, 9:41 am

      55-250mm IS

      • alfian September 3, 2015, 4:57 pm

        Kalo yang lensa telezoom pihak ketiga yang kualitasnya bagus dg budget 3jt an apa koh?

  • fitrah dwi August 30, 2015, 7:59 am

    ko enche sy mau nanya lg ni, kalau lensa tele tamron 70-300mm vc usd hasil gambarnya tajam gak ko?
    sy pake kamera canon 600d

    • Enche Tjin August 30, 2015, 9:27 am

      Lumayan tajam.

  • Muhammad Nur Rofiq July 28, 2015, 9:22 am

    Mas, kalo lens 70-300 mm buat foto di Lapangan bol gimana ya?

    • Enche Tjin July 29, 2015, 4:22 am

      Kalau yang ada stabilizernya autofokusnya cukup cepat, tapi kalau yang harganya dibawah dua jutaan, autofokusnya terlalu pelan untuk bisa ikuti subjek bergerak.

  • suyatno June 10, 2015, 5:38 pm

    Ko mau nanya klo tamron 18-200mm hasilnya bagus ga ya…

  • ben May 31, 2015, 8:38 am

    Maaf mau tanya untuk lensa nikon 70-200mm f4 apa cocok untuk d3300 (bisa dipasang) ? Terimakasih..

    • Enche Tjin June 1, 2015, 12:16 am

      Bisa, dan bagus lensanya.

  • munajat May 28, 2015, 9:08 am

    Pa Enche Tjin, saya mau tanya kalau untuk foto burung,outdoor apa canon 70-200 mm, F2,8L atau, 70-300 mm, f 4-5,6L. saya peke canon 60D.

    • Enche Tjin May 28, 2015, 4:24 pm

      Untuk foto burung, lebih baik yang lebih panjang. 70-300mm l bagus, tapi ada lagi yang lebih mantap seperti canon 100-400mm is l v2 atau bazoka sigma 150-600mm S. Makin panjang biasanya makin berat.

  • fitrah dwi May 24, 2015, 10:14 am

    mas sy mau nanya kalau lensa canon 70-300is usm kalau buat foto hunting dioutdoor hasilnya bagus engga mas?

    • Enche Tjin May 25, 2015, 10:50 pm

      Cukup bagus

  • tomi May 23, 2015, 2:23 am

    Maaf om mau minta infonya sayakan pke kmera canon.1100 lensa tamron 18mm-200mm itu untuk poto prawedding/di hajatan ko hasilnya sebagian ngeblur om gmana om solusinya dan baiknya supaya hasil tajam ke seluruhan mohon bantuanya om maksih….

    • Enche Tjin May 24, 2015, 1:26 am

      Mungkin kondisi agak gelap, sudah pakai flash?

  • martinus May 18, 2015, 3:11 pm

    saya pakai lensa tamron 70-300 mm camera canon , hasil nya banyak yang kurang memuaskan seperti distorsi , waktu preview di komputer hasil saya zoom lagi jadi lebih nampak ngeblur nya , f lensa 4 – 5,6 , mohon infonya dong om . makasih om.

    • Enche Tjin May 21, 2015, 12:30 am

      Kualitas lensa 70-300mm memang kurang bagus, tapi blur yang berlebih bisa juga karena getaran tangan kita/subjek bergerak. Solusinya gunakan tripod untuk hasil yang lebih tajam.

  • toto April 7, 2015, 8:13 pm

    Mau tanya nih om (sudah dibahas sebenernya, cuman mastiin aja nih om), saya kan pake nikon d5300 bingung pilih mana nih buat foto objek jauh, gunung, burung, outdoor, cocoknya pake apa ya? Nikkor AFS 55-300mm VR atau Tamron 70-300 ?

    • Enche Tjin April 9, 2015, 4:40 pm

      Tamron yang versi VC USD bukan? Kalau iya bagus yang Tamron.

  • arief surya zulkifli April 4, 2015, 10:17 am

    koh mau tanya nih, saya pake Nikon d3000 ditambah Tamron 70-300, untuk bokehnya bagus cuman kadang gak stabil atau goyang, apa lensa itu cocok buat d3000 ? minta recommended lensa yg cocok buat outdoor koh terimakasih

    • Enche Tjin April 4, 2015, 10:38 am

      Karena gak ada stabilizer memang foto jadi lebih sering blur karena getaran tangan kita terekam. Kalau cari lensa telefoto lebih baik yang ada stabilizernya, contohnya Nikon 55-200mm VR, 70-300mm VR dan 70-200mm VR.

  • randi March 24, 2015, 7:50 am

    Ko saya suka fto potrait sama candid tapi kadang juga landscape,saya sdh punya lensa fix 50 mm 1,8 sama 18-55 kameranya 600d nah saya pengen upgrade lensa lebih baik 55-250 is atau 18-135 ko??pertimbangan saya mau jual kit nya

    • Enche Tjin March 25, 2015, 10:46 am

      Kalau kitnya mau dijual sebaiknya diganti yang 18-135mm. Lebih fleksibel zoomnya dan ada peningkatan kualitasnya.

  • irawan February 5, 2015, 11:06 pm

    Salam Om. Saya mau tanya mohon sarana Om. Saya bingung antara 2 pilihan kamera saya Canon 650d. Saya lebih suka ke pemotretan prewedding. Lensa Canon 70-200 atau 70-300 ya Om saya kurang mengerti perbedaan mendasar dr keduanya. Saya lebilh cocok pakek lensa yang mana Om. Trimakasih

    • Enche Tjin February 7, 2015, 7:42 am

      Saran saya lensa 70-200mm f/2.8 IS, atau kalau tidak 70-200mm f/4 IS.

  • Muhammad Wim January 2, 2015, 2:21 pm

    ko ane pakai canon 650D,ada rencana mau beli tamron AF 18-270 mm F/3.5-6.3 Di II VC Aspherical (IF) MARCO,cocok gak ko??

  • Tirta December 31, 2014, 6:25 pm

    Bang Enche saya mau tanya, Lensa Tele yang recomended buat Canon 600D yang budgetnya dibawah 2 juta atau 3 juta apa ya? terima kasih

    • Enche Tjin January 1, 2015, 1:15 pm

      Canon EF-S 55-250mm IS

      • Fadli October 25, 2017, 10:38 pm

        Ko enche.. Mau tanya ni.. Saya punya nikon D3200. Bajet saya ada 1 juta. Saya pengen pake lensa AF70-300 .ini cocok tidak ko lensa nya ke nikon d3200 .??

Leave a Comment