‚Č° Menu

Keunggulan dan kelemahan sistem kamera DSLR : Canon, Nikon, Sony, Pentax dan Olympus

Banyak yang menanyakan apa keunggulan dan kelemahan suatu sistem kamera DSLR. Pada umumnya, semua kamera DSLR hampir sama: memiliki sensor berukuran besar lebih besar dari kamera saku/ponsel, memiliki fungsi manual dan otomatis. Yang membedakan biasanya adalah desain, fitur dan koleksi lensa dan aksesorisnya.

Sulit mengatakan sistem mana yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Selain itu juga tiap model berbeda-beda dan punya keunggulan-kelemahan sendiri pula.

Menurut pengamatan saya selama dua tiga terakhir ini, saya akan ulas secara singkat beberapa keunikan sistem kamera DSLR yang populer.

canon-1000d

Canon 1000D, salah satu kamera pemula termurah saat ini

Canon: Salah satu sistem kamera DSLR kamera yang paling populer di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah sampai tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk profesional kelas atas.

Saya menyukai kamera-kamera pemula merek Canon dibandingkan dengan merek lainnya karena kamera pemula Canon seperti 1100D, 600D dan 650D saya pikir mudah digunakan, antar muka dan menunya juga sangat rapi dan terorganisasi dengan baik. Kekurangan kamera pemula Canon yaitu bahannya agak murahan dan tidak begitu enak gengamannya.

Satu-dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang bisa merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video.

 

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D700, D3s) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

Tidak seperti Canon, saya tidak begitu menyukai kamera pemula Nikon (D40, D60, D3000, D3100) karena antar mukanya saya pikir kurang baik. Contohnya menu yang susunannya kurang rapi dan juga tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang sering dipakai. Selain itu, kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto fokus sehingga untuk beberapa lensa lama, tidak bisa mengunakan auto fokus (hanya manual).

Sony: Sony adalah pendatang yang relatif baru, tapi teknologinya mengunakan teknologi Konica Minolta yang di akuisisi Sony beberapa tahun yang lalu. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang profesional, meski yang untuk profesional tidak secanggih dan sebanyak Canon & Nikon.

sony-nex-5

Sony NEX-5, kamera mirip SLR yang dikembangkan Sony satu tahun terakhir ini

Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony dibanding Canon dan Nikon. Misalnya kamera-kameranya ada fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan kita (kalau Canon & Nikon fitur ini terletak di lensa). Lalu banyak kamera Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view (seperti kamera saku) jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki.

Dalam perkembangannya, kamera pemula Sony tidak begitu berubah dalam fiturnya, paling hanya desain yang sedikit berubah. Untuk pilihan kamera canggihnya, Sony tidak menawarkan banyak, A700 dan A900 sudah cukup lama belum di perbaharui.

Di pihak lain, Sony gencar dalam memproduksi kamera-kamera mirip DSLR seperti Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3 dst.

Pentax: Pentax bisa dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing. Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga kalau kehabisan batere, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Warna warni Pentax k-x hanya tersedia di Jepang

Warna warni Pentax k-x. Sebagian besar hanya tersedia di Jepang

Lalu Pentax juga memiliki K5, yaitu kamera SLR canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi sangat dingin. Secara sistem, koleksi lensa Pentax tidak sebanyak the big three (Canon, Nikon, Sony) tapi Pentax memiliki lensa Рlensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar.

Olympus: Keunikan sistem DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus memakai sensor 4:3 (four thirds), yang lebih kecil dari DSLR yang ada diatas. Akibatnya kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Namun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku. Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar.

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Tahun lalu adalah tahun yang kurang menggembirakan dalam perkembangan sistem DSLR Olympus. Di tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Demikianlah sekilas pandang sistem kamera yang ada di pasaran saat ini, semoga bisa jelas dan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 857 comments… add one }
  • Yoshua February 14, 2016, 12:10 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • ardi February 10, 2016, 10:58 pm

    Gan, maun tnya kalo.kamera buat usaha photo studio yang bagus apa ya nikon ato canon ?
    Dana 8jt. Sama minta rekomendasinya type apa, newbie soalnya ?

    • Enche Tjin February 12, 2016, 7:11 am

      Kedua merk bagus. Untuk dana 8 juta saya usulkan Nikon D5200 untuk memulai.

  • dian February 10, 2016, 2:58 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • Memi February 5, 2016, 7:29 pm

    Om mau tanya, saya kan mau beli camera tapi saya belum mengerti tentang dunia fotography. Menurut om mending pake sonny h400 atau canon 1200D?

    • Enche Tjin February 6, 2016, 10:01 am

      Canon 1200D saja, bisa tukar lensa dan kualitasnya lebih baik.

  • hary January 29, 2016, 4:36 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • yaminalfaro January 9, 2016, 6:49 pm

    Boleh minta akun yg bisa di hubungi ga om,siapa tau om bisa berbagi pengetahuan lebih ke saya hehe

    • Enche Tjin January 9, 2016, 9:46 pm

      Bisa tanya2 lewat sini, atau di facebook (infofotografi, enche tjin)

  • yaminalfaro January 9, 2016, 4:27 pm

    Nah untuk lensanya sendiri gimana om,apa harus di tambah lensa pix untuk prewed

    • Enche Tjin January 9, 2016, 4:45 pm

      Iya, salah satu yang oke, dan imut-imut 35mm f/1.8 DX.

  • yaminalfaro January 9, 2016, 4:22 pm

    Om minta masukan nya dong atau saran nya,saya mau buka fto studio,dan prewed niatan saya si,saya mau pake nikon d7100 om,kalo canon setau saya cuma lebih detail ke warna om,terimakasih

  • yaminalfaro January 9, 2016, 4:17 pm

    Om mohon pendapatnya ni,saya mau usaha di bidang fto prewed,saya niat nya mau pake nikon D7100 kira kira cocok engga,kalo canon cuma detail lebih ke warna itu setau saya om,tolong minta saran nya,trimakasih

    • Enche Tjin January 9, 2016, 4:19 pm

      Cocok, gak masalah dengan Nikon D7100 untuk wedding.

  • Rere January 9, 2016, 11:02 am

    Om mau tanya bagusan canon 700D atau fujifilm xa2 ?

    Makasihh

    • Enche Tjin January 10, 2016, 9:14 am

      Perbedaan keduanya adalah satu DSLR, agak besar, ada jendela bidik tapi aksesoris seperti lensanya banyak pilihan dari murah sampai mahal. Fuji itu mirrorless, jauh lebih kecil / ringan, aksesoris flash dan lensanya gak terlalu banyak.

  • bahri January 3, 2016, 2:59 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • Noris December 25, 2015, 6:17 pm

    Om, mau tanya: Bagus mana, Canon 6D atau Nikon D750??
    Bagus mana, Sony Alpha 99 atau Nikon D750??
    Terima kasih.

    • Enche Tjin December 26, 2015, 8:38 am

      Bagusan Nikon D750

  • nunuy December 21, 2015, 9:48 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • indra December 17, 2015, 5:10 pm

    om bedanya power shot sama eos itu apa ya. ?

    • Enche Tjin December 18, 2015, 1:38 am

      Power shot itu jenis kamera digital yang gak bisa ganti lensa, EOS biasanya mengacu pada sistem kamera DSLR/mirrorless Canon yang bisa ganti lensa.

  • Ricky December 14, 2015, 12:58 pm

    Gan mau tanya kamera canon 700d dengan canon 60d bagusan mana ya? Thanks

    • Enche Tjin December 14, 2015, 1:48 pm

      Bagus Canon 60D

      • Ricky December 14, 2015, 9:03 pm

        Keunggulannya dimananya gan?

  • Fahmy December 11, 2015, 11:54 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • erma December 5, 2015, 6:40 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • petrus December 5, 2015, 5:49 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • alishaqiy December 5, 2015, 2:42 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • asep November 22, 2015, 8:59 am

    om, mohon sarannya untuk pemula bagus yang mana ya? budget 5 jutaan, keperluan traveling. terima kasih.

    • Enche Tjin November 23, 2015, 8:41 am

      Kalau DSLR, saat ini Nikon D3300.

  • Mohamad Bilal November 13, 2015, 4:40 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • Ghofartriyono November 10, 2015, 8:00 pm

    Gan bagus pentaxk30 apa nikon 5300?

    • Enche Tjin November 11, 2015, 9:50 pm

      Menurut saya Pentax k30, cuma sepertinya akan sulit cari lensa, aksesoris Dan purna jualnya.

  • Vina November 6, 2015, 5:27 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • noritza November 1, 2015, 10:56 am

    om saya mau nanya. kamera sony a3000 itu lebih bagus dari canon 1200d atau sebaliknya om. terima kasih

    • Enche Tjin November 2, 2015, 9:10 am

      Menurut saya Canon 1200D sedikit lebih bagus dari A3000.

  • Joel October 11, 2015, 9:36 pm

    Mau minta saran nih mas, budget saya 10jt-an, pengen beli mirrorless. Mohon pertimbangannya buat pilihan Sony a6000, Canon EOS M3, Samsung NX500, atau mungkin ada alternatif pilihan yg lain.
    Makasih mas…

    • Enche Tjin October 14, 2015, 9:36 am

      Sony A6000 saja. Reviewnya saya tulis disini.

  • fachri husaini October 11, 2015, 7:11 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • Vina October 2, 2015, 1:37 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • Elvin September 26, 2015, 2:39 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • Hendri September 25, 2015, 8:59 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • febihambali September 18, 2015, 10:17 pm

    Ko enche saya mau tanya nih, saya mau mulai usaha wedding fotografer, tapi masih bingung untuk memilih kamera, referensi saya canon 600d, apakah ada rekomendasi lain selain canon 600d? Minta sarannya juga dari merk nikon yg harganya ga jauh beda dari 600d.
    Trimakasih

  • alexandra September 16, 2015, 11:31 pm

    Om kamera sony h300 bagus tidak buat pemula? Apakah kualitas foto hd sony h300 imbang dengan canon 1100 d? Mohon bantuannya om,sedikit gaptek kamera

    • Enche Tjin September 17, 2015, 10:17 am

      Keunggulan H300 di zoom yang jauh dan ringkas, kalau Canon 1100D kualitas gambarnya lebih baik, dan bisa ganti-ganti lensa. Coba baca artikel tentang prosumer.

  • Chyntia imamora September 14, 2015, 7:02 pm

    Om pilih kamera canon 60D / sony alpha 65 ? Untuk travelling

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:38 pm

      Kalau suka Sony dan ukuran kecil, saran saya Sony A6000.

  • vian September 9, 2015, 12:33 pm

    Your comment is awaiting moderation.

    • vero January 12, 2016, 5:34 pm

      ko enche ……kamera dslr(canon/nikon) harga 9-12 juta untuk fotografi alam yg bagus apa ya?thx..

  • agus August 2, 2015, 11:25 pm

    Mantap om saya sangat suka sekali membaca artikel disini walaupun belum punya kamera hihi

  • sandi July 31, 2015, 12:34 pm

    Pak enche saya kemarin hendak membeli kamera sony a6000 akan tetapi toko penjual kamera mengatakan kalau tipe a6000 sudah discontinue apakah ada saran lain utukbkamera mirrolens selain sony yg kemampuannya setara dengan a6000 jujur saya sangat tertarik dengan a6000

    • Enche Tjin August 2, 2015, 7:13 am

      Setau saya masih diproduksi, coba cari toko yang lain. Tapi kalau gak ketemu saya bisa bantu. 0858 1318 3069.

  • Diana July 15, 2015, 1:09 pm

    Om kalo untuk beli kamera lcd yang bisa diputar untuk selfie bagusnya samsung atau nikon? Saya suka foto model gitu sih intinya sm bisa buat selfie juga.
    Saran nya beli kamera apa?
    Budget dibawah 8jt
    Thx.

    • Enche Tjin July 16, 2015, 11:53 am

      Samsung NX300M bisa selfie dan harganya dibawah 8 juta. Kalau Nikon, alternatifnya Nikon J5, tapi kualitas gambar tidak sebaik yang Samsung.

  • Nikita Intan July 7, 2015, 12:35 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • Wahyudi June 11, 2015, 10:22 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • richard June 9, 2015, 10:31 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • fachrizal herdiansyah June 4, 2015, 7:50 pm

    mas saya mau nanya nih, saya punya sony a33, kalau misal saya mau ganti nikon, nikon apa ya yang sama kualitas gambar dan video nya? kalo menurut anda lebih jos mana sony sama nikon? masalahnya sony itu lensa nya agak susah didapat dan cenderung mahal, mohon sarannya

    • Enche Tjin June 4, 2015, 9:37 pm

      Coba Nikon D5300 atau D5500

  • yusianisadewi May 18, 2015, 9:04 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • Ryla May 14, 2015, 4:58 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • Aisyah Rizki May 4, 2015, 8:20 am

    Om saya mau tanya tentang lensa tambahan, saya pakai kamera olympus e-420 kalau saya mau beli lensa tambahan kira2 merk apa dan harganya kisaran berapa yaa? Terima kasih

    • Enche Tjin May 5, 2015, 10:43 pm

      Lensa tambahan itu tujuanya untuk foto apa?

  • merlin April 25, 2015, 11:14 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • aput April 13, 2015, 1:37 am

    Your comment is awaiting moderation.

Leave a Comment