≡ Menu

Panduan memilih flash ori atau non-original

Salah satu alat yang sangat membantu untuk meningkatkan fotografi kita adalah lampu kilat eksternal. Lampu kilat eksternal bisa membantu kita bukan hanya di kondisi cahaya yang sulit, tapi juga membantu kita mewujudkan visi kreatif pencahayaan kita.

Bagi pemula, flash mungkin sebuah hal yang asing, maka itu perlu sedikit wawasan sebelum membeli flash. Di pasaran, ada flash yang mereknya sama dengan merek kamera, misalnya Canon, Nikon, Sony, (yang akan saya sebut versi original /ori) dan juga banyak flash buatan pihak ketiga seperti dari Cina seperti YongNuo dan Nissin.

Beda flash yang ori dengan non-ori biasanya terletak pada harga dan kontrol kualitas (QC). Produk ori memiliki QC yang lebih ketat namun harganya bisa berlipat lebih mahal karena penjualannya melalui sistem distribusi tradisional yaitu dari pabrik->distributor besar-> distributor grosiran/dealer/agen ->pengecer sehingga jatuhnya ke pelanggan mahal. Sedangkan sistem distribusi seperti produk non-ori biasanya langsung didistribusikan oleh pabrik langsung ke pengecer atau pelanggan, sehingga jatuhnya lebih murah.

Kelebihan lain produk ori yaitu terletak pada teknologi yang dipakai biasanya up-to date dengan teknologi kamera, dan juga memperhatikan kompatibilitas dengan banyak produk di masa lalu dan di masa depan, sedangkan yang non-ori sering berubah-ubah setiap tahun sehingga aksesoris yang dibeli saat ini, satu, dua tahun lagi saat ganti kamera mungkin sudah tidak kompatibel lagi dan harus membeli versi barunya. Hasil dari flash ori juga lebih konsisten dan akurat.

Bagi mempunyai budget rendah, tapi membutuhkan flash, sepertinya merek non-ori bisa menjadi andalan, tapi bila yang memiliki dana lebih, tidak ada salahnya membeli yang ori, karena lebih tahan banting, layanan purna jual lebih baik dan juga hasil lebih konsisten. Bila ingin membeli beberapa lampu kilat, sebaiknya memilih merek atau model yang sama karena hasilnya akan lebih konsisten dari suhu warna cahaya dan output. Selamat menimbang-nimbang.

———————–
Yuk, ikuti workshop creative lighting dengan flash

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 262 comments… add one }

  • oneda Juli 29, 2014, 8:30 pm

    ko,
    kamera saya agak lama canon 500D, untuk foto acara ultah anak, flash apa yg cocok ko, budget terbatas ko..thanks

  • Victor Hutomo Desetyadi Agustus 15, 2014, 12:37 am

    Permisi koh, saya mau tanya.
    Kalo untuk motret single/couple, sebuah acara (wisuda, yudisium, dll), flash ext merek dan tipe apa ya yang cocok dengan budget yang minim (800 – 900K). Mohon rekomendasinya. Trims.

    • Enche Tjin Agustus 15, 2014, 11:43 am

      Yongnuo 560 mungkin sekitar begitu harganya

  • bayu Agustus 19, 2014, 4:38 pm

    om….
    mau nanya, flash apa yang cocok untuk canon 70d(untuk keperluan serba guna) kalo canon 430ex 2 bagus gak?????

    • Enche Tjin Agustus 20, 2014, 11:29 pm

      Yap, itu bagus, atau kalau perlu tenaga lebih besar, Canon 600RT siap

  • bayu Agustus 25, 2014, 4:28 pm

    om…
    sekarang saya lagi suka dengan teknik strobist, jika saya beli flash 600ex rt kira2 apa saja yg diperlukan supaya saat motret teknik strobis hasilnya memuaskan??? perlukah membeli st_e3rt/ ada opsi lai???
    “maklum saya masih baru dalam dunia prephotograpyan”

  • bayu Agustus 25, 2014, 4:29 pm

    om…
    sekarang saya lagi suka dengan teknik strobist, jika saya beli flash 600ex rt kira2 apa saja yg diperlukan supaya saat motret teknik strobis hasilnya memuaskan??? perlukah membeli st_e3rt/ ada opsi lai???
    “maklum saya masih baru dalam dunia photograpy”

    • bayu Agustus 25, 2014, 4:45 pm

      om…
      sekarang saya lagi suka dengan teknik strobist, jika saya beli flash 600ex rt kira2 perlengkapan apa lagi yg diperlukan supaya saat motret teknik strobis hasilnya memuaskan??? perlukah membeli st_e3rt/ ada opsi lai???
      “maklum saya masih baru dalam dunia photograpy”

  • muji Oktober 7, 2014, 10:29 am

    ko, agak kesulitan cari flash untuk Nikon D3200..yg low budget, mohon share nya..tq

  • dedi Oktober 9, 2014, 7:56 pm

    speedlite untuk canon 600D apa Om Enche??

  • puthu November 22, 2014, 3:52 pm

    Om….sy punya kamera canon 600d,skrg sy lg berencana membeli flash eksternal…..tp karena low budget,pilihan sy jatuh ke YN 467 II dan YN 560 III.kira2 lbh cocok yg mana om utk 600d?

    • Enche Tjin November 24, 2014, 9:49 am

      Dua2nya cocok2 saja, bedanya kalau 467 ada auto (TTL) dan 560 III lebih kuat, lebih besar tapi gak ada autonya. Kebutuhannya apa? kalau untuk foto2 family saja yang 467 sudah cukup, tapi kalau untuk kerja atau menerangi daerah yang luas/jauh bagus 560 III, meskipun perlu belajar dan berlatih dengan sistem manual flash.

Leave a Comment