≡ Menu

Nikon D7000 vs Canon 60D

Banyak yang menanyakan kamera mana yang lebih baik, antara canon 60d atau nikon d7000. Dua kamera ini memang lagi populer karena cukup canggih tapi tidak begitu besar, berat dan rumit seperti kamera profesional seperti Canon 7d atau Nikon D300s. Harganya jg cukup ramah bagi kantong.

Nah, yang mana yang lebih mantap? Itu semua tergantung dari prioritas masing masing.

Nikon D7000 punya bodi yang kokoh dan kualitas foto yang sangat baik

Nikon D7000 punya bodi yang kokoh dan kualitas foto yang sangat baik

Nikon D7000 memiliki keunggulan di kualitas gambar, terutama di kondisi cahaya yang gelap, rentang dinamisnya juga lebih unggul, penting untuk foto pemandangan.

Bodi Nikon D7000 juga sedikit lebih kokoh karena ada lapisan logam magnesium alloy. Kecepatan tembaknya mencapai 6fps, sedikit lebih cepat dari canon 60D yang hanya 5fps. Demikian juga jumlah titik fokusnya yang lebih banyak.

Sebaliknya, Canon 60D unggul di layar LCD yang bisa diputar sehingga memudahkan kita untuk mengkomposisikan foto di sudut yang sulit seperti diatas kepala maupun dibawah kaki. Fitur ini juga membantu untuk pengambilan foto diri dan video.

Antar muka kamera Canon 60d juga saya rasa lebih enak karena untuk ganti ganti setting hanya perlu satu tangan.

Canon EOS 60D punya LCD putar dan desain antar muka yang baik

Canon EOS 60D punya LCD putar dan desain antar muka yang baik

Menu juga bisa diakses lebih mudah lewat Q (Quick) menu. Item item di dalam menu juga terorganisir lebih rapi dan mudah dicari.

Bagi yang memiliki dana yang ketat, Canon 60D lebih murah (tapi saat tulisan ini turun, stok sedang langka) sehingga kita bisa lebih banyak mengalokasikan dana yang tersisa untuk membeli lensa yang berkualitas tinggi.

Kedua kamera merupakan pilihan yang baik bagi fotografer yang cukup serius, baik untuk hobi maupun bekerja. Bila masih bingung menentukan pilihan, cobalah kedua kamera di toko. Mungkin setelah mencoba, anda bisa tau kamera yang lebih cocok.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 169 comments… add one }

  • Patek Juli 16, 2014, 12:44 am

    Bang enche.. kebetulan td saya nyimak masalaH black spot
    pada Nikon D7000 diman pembersihan
    sensor secara berkala jg tidak
    membantu.karena setelah service gk lama udah
    muncrat lg tuh lubricant..
    yang sya tanyakan bagaimna jika jika D7000 dibandingkan dengan D7100 untuk masalah black spotnya.. ? apakah lebih aman yang D7100 ?

    Kebetulan sya ini newbie tpi suka baca artikel Dslr yng nantinya bisa ambil keputusan untuk memilih sekiranya tidak menyesal.

    • Enche Tjin Juli 16, 2014, 12:49 am

      Saya sendiri kurang tau karena gak pengalaman dan belum banyak mendengar soal masalah di D7100. Kayaknya D7000 dan D600 paling parah. D600 saya saat ini lagi di bengkel lagi, kabarnya nanti diganti shutternya. Mudah-mudahan gak luber lagi.

  • mahmur November 20, 2014, 2:10 pm

    tentang noise, saya menggunakan canon 60 d sudah 4 bulan ini, tapi saya masih belum bisa menghindari noise dari beberapa foto yang saya ambil. foto yang saya ambil sebagian besar untuk cetak di majalah. mohon pencerahan bang, bagaimana meminimumkan noise ini.

    terima kasih, sukses terus

Leave a Comment