≡ Menu

Rekomendasi kamera, lensa dan aksesoris untuk liburan lebaran 2011

Bagi yang ingin berbelanja alat fotografi untuk digunakan pada saat liburan nanti, saya memiliki beberapa rekomendasi produk yang menurut saya bagus dari sisi harga maupun kualitasnya. Semoga membantu bagi yang ingin mencari produk yang harganya murah tapi memberikan hasil yang maksimal.

1. Nikon D5100 harga sekitar Rp 7,35 juta dengan lensa kit 18-55mm VR
Bagi yang belum memiliki kamera, Nikon D5100 merupakan kamera pemula yang cukup baik untuk didapatkan. Nikon D5100 mewarisi sensor gambar dari “abangnya” Nikon D7000. Menjadikan kamera ini mampu memproduksi kualitas gambar yang sangat baik di kelasnya saat ini, termasuk di keadaan lingkungan yang agak gelap.

D5100 bahkan memiliki keunggulan dari D7000, yaitu memiliki layar putar dan juga bodi kameranya lebih kecil dan ringan, cocok bagi yang suka jalan-jalan tanpa membawa peralatan yang berat. Kelemahan D5100 adalah desain antar mukanya (tombol-tombol akses dan pengaturan menunya saya kira masih tidak begitu praktis) dan D5100 tidak memiliki motor auto fokus di badan kamera, akibatnya bila kita ingin auto fokus, harus mengunakan lensa yang memiliki motor auto fokus yaitu lensa Nikon yang berkode AF-S.

Meskipun demikian, banyak lensa baru Nikon, Sigma atau Tamron yang memiliki motor auto fokus. Jadi tidak begitu mengkhawatirkan, hanya saja lensa-lensa baru tersebut lebih mahal daripada lensa lama.

2. Canon 60D harga sekitar 8,3 juta body only
Canon 60D adalah kamera DSLR yang cukup canggih dan didesain untuk peminat fotografi yang serius. 60D memiliki dua layar LCD (satu di atas), banyak tombol-tombol dan dua dials. Kinerja Canon 60D juga sangat cepat, auto fokusnya lebih cepat dan akurat daripada kamera untuk pemula. 60D juga bisa menembak sekitar 5 foto dalam satu detik.

Harga 60D juga tidak begitu mahal . Canon 60D lebih murah 2 juta daripada pesaingnya Nikon D7000 dan hanya lebih mahal sekitar 1 juta dari kamera Canon 600D.

3. Lensa Nikon 50mm f/1.8G sekitar 2,3 juta
Lensa ini adalah lensa penerus lensa jadul tapi murah meriah Nikon 50mm f/1.8D. Lensa 50mm f/1.8G menghasilkan foto yang lebih baik. Bagian latar belakang yang tidak fokus terlihat lebih lembut daripada yang f/1.8D. Auto fokusnya kini tidak berisik dan lebih akurat. Lensa 50mm f/1.8G juga jauh lebih murah daripada lensa Nikon 50mm f/1.4G yang hampir lima juta. Lensa 50mm biasanya digunakan untuk foto portrait, still life, dan sebagainya.

4 & 5. Lensa Nikon AF-S 50-200mm f/4-5.6 DX VR  atau Canon 55-250mm IS sekitar 2,15 juta
Dua lensa telefoto zoomm ini ideal untuk menemani lensa kit 18-55mm bawaan kamera. Biasanya lensa ini dipakai untuk foto subjek yang agak jauh seperti acara olahraga, burung, atau candid. Harga kedua lensa ini relatif murah dibandingkan dengan lensa telefoto jenis lain yang bisa mencapai 10 bahkan 20 juta keatas.

6. Sigma 17-50mm f/2.8 OS HSM sekitar 6,6 juta
Bagi yang ingin memiliki kualitas lensa yang lebih tajam, dan memiliki bukaan yang lebih besar supaya bisa membuat latar belakang blur dan menyerap lebih banyak cahaya di kondisi cahaya yang kurang baik, lensa ini adalah pilihan yang cukup tepat dan tidak mahal. Lensa serbaguna ini biasanya cocok untuk segala suasana, baik acara-acara sosial seperti pernikahaan, portrait, pemandangan dan sebagainya. Kalau hanya bisa membawa satu lensa, biasanya saya membawa lensa seperti ini. Canon & Nikon juga memiliki lensa seperti ini, namun harganya beberapa juta lebih mahal.

7. Tamron 18-270mm f/3.5-6.3 VC PZD sekitar 5.35 juta
Lensa sapujagat (bisa buat foto subjek yang  jauh atau dekat) ini tergolong paling panjang di kelasnya (15X zoom) dan juga relatif compact, karena panjangnya hanya 8.8 cm dan beratnya 450g saja. Autofokusnya kini juga tidak begitu berisik karena memakai teknologi Piezo Drive (PZD).

Hanya saja, kualitas lensa Tamron ini tidak begitu konsisten di setiap fokal lensa. Artinya, kualitas foto menurun ketika mengunakan fokal lensa lebih dari 100-270mm (untuk foto subjek dari kejauhan). Meski demikian, lensa ini adalah lensa populer bagi fotografer yang tidak ingin membawa lebih dari satu lensa (untuk lebar dan telefoto).

8. YN-560 Flash sekitar 675 ribu
Flash/ lampu kilat eksternal buatan YongNuo ini cukup laris karena murah. Jadi bagi yang ingin mencoba-coba belajar lampu kilat tapi ragu-ragu menginvestasikan uang banyak, bisa mencoba flash model ini. Lampu kilat buatan Canon, Nikon, Sony, biasanya tidak kurang dari 2,5 juta. Dengan uang yang sama, kita bisa mendapatkan beberapa flash buatan Cina ini.

Karena harganya yang murah, flash ini  tidak memiliki fitur otomatis, dan juga tidak bisa terlalu kita andalkan untuk kerja berat, seperti penggunaan yang terus menerus dalam waktu singkat. Flash ini juga rentan rusak dan terlalu panas / overheat.

9. Sigma EF-610 Flash, sekitar 2,5 juta
Bila serius mengunakan lampu kilat dan mendambakan kekuatan flash yang lebih tinggi, flash ini pilihan yang cukup tepat. Tersedia untuk Canon dan Nikon, dan memiliki fitur yang cukup canggih, secanggih flash canggih buatan Canon atau Nikon yang harganya hampir dua kali lipat lebih mahal.

10. Sandisk 8GB 30mbps sekitar 325 ribu
Kartu memori yang cepat dan berkapasitas besar adalah kebutuhan dasar saat ini. Kamera DSLR jaman sekarang memiliki ukuran yang besar sehingga menghabiskan memori dengan cepat. Selain itu kamera jaman sekarang memiliki kemampuan merekam video. Merekam video membutuhkan memori berkapasitas besar dan juga kecepatan tinggi. Sandisk merupakan merek terpercaya dan kecepatan 30mbps cukup aman untuk digunakan untuk mengambil foto biasa atau untuk merekam video.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 105 comments… add one }

  • novita Desember 16, 2011, 3:23 am

    mau tanya nih om, klo antara lensa canon EFS 55-250mm dengan lensa tamron 18-270mm itu perbedaan dari segi kualitas hasil foto gimana ya? Terima kasih

    • Enche Desember 16, 2011, 3:43 am

      Lebih baik yang 55-250mm Novi, tapi 18-270mm tentunya lebih praktis karena lebar dan jauh bisa

  • Aditya Firmansyah Februari 8, 2012, 1:09 pm

    Selamat Pagi Om Enche…mohon pencerahannya. Sy berniat untuk kembali motret. Saat ini kamera yg menjadi pilihan incaran sy adalah Canon 60D kit 18-55mm atau Nikon D90 kit 18-55. Terima Kasih Sebelumnya :)

    • Enche Februari 11, 2012, 11:05 pm

      Bagus Canon 60D menurut saya

  • Putera Februari 18, 2012, 7:36 am

    Sore om Enche minta pencerahannya. bagus mana Canon 60D atau Nikon D5100 yah ?

    • Enche Februari 18, 2012, 9:38 am

      Sebagai kamera, Canon 60D lebih bagus (lebih cepat kinerjanya, punya dua LCD, punya lebih banyak tombol dll)

  • Latif Februari 21, 2012, 11:52 am

    Pak Enche,
    selamat malam

    mohon pencerahannya, saya mencari flash yang murah meriah untuk D-90 saya dengan budget maks 1.2 juta, kira2 apa ya pak

    selain itu, untuk masalah lensa, saya saat ini memiliki 50 1.8 G dan 18-105 (kit), kira2 lensa apalagi yang diperlukan untuk melengkapi gear saya,

    makasih sebelumnya

    • Enche Februari 21, 2012, 1:07 pm

      Met malam, saya usulkan nissin di622 mk ii. Soal lensa, semua tergantung kebutuhan dan jenis fotografi yang disukai.

  • Pras April 9, 2012, 2:32 am

    Pak Enche yth,
    Saya mau beli camera, minta saran D5100 atau 60D?
    mana yg lebih tajam?
    Apakah D5100 (alta) ada yg body only?
    Tks sebelumnya. Salam

    • Enche April 11, 2012, 10:32 pm

      Tajam d5100 kalau soal body only saya kurang tau

  • farid9kamtis Mei 17, 2012, 7:42 pm

    kalau wide lens yang bagus untuk NIKON D5100 apa?!bagaimana dengan tamron 10-24 mm?!mohon pencerahannya…

    • Enche Mei 21, 2012, 6:28 am

      @farid lumayan, cuma tentunya bukan yang terbaik. Yang lebih baik misalnya Sigma 10-20mm

  • Attra Juni 12, 2012, 11:22 pm

    salam Om Enche.
    Sedikit meminta klarifikasi tentang canon 60D dan Nikon 5100D.
    Dr komentar2 di atas Om Enche bilang : “Sebagai kamera, Canon 60D lebih bagus (lebih cepat kinerjanya, punya dua LCD, punya lebih banyak tombol dll)”.
    Tapi Om juga menyebutkan:”Tajam d5100″.
    antara 60D & D5100 sebenarnya yg lebih bagus yg mana?
    Manakah yg lebih utama, apakah kinerja atau kualitas foto yg dihasilkan suatu kamera?
    utk hasil akhir foto, lbh bagus D60 atau D5100 Om?
    Terima kasih. :)

    • Enche Juni 13, 2012, 10:47 am

      @Attra tergantung masing2 prioritasnya kemana. Kalau sering foto action yang butuh kinerja cepat, 60D lebih bagus, kalau pentingin hasil foto yang tajam, pilih D5100

  • jem jem Juni 25, 2012, 11:35 am

    Pak enche, ad yg mau saya tny ni..
    Saya berencana utk beli kamera dslr. Dr sekian byk kamera yg ada, saya ada bbrp opsi yg slh satuny canon 550D.. Apkh pak enche ad saran kamera laion yg tntuny lebih mantap utk saya pergunakan..??

    Sebaiknya saya pake lens 18-55 mm atau 18-135 mm…??

    • Enche Juni 25, 2012, 12:14 pm

      @jem2 Canon 550D sudah oke, lensa 18-55mm juga oke, tapi kalau ada dana lebih 18-135 lebih praktis karena lebih jauh jangkauannya (benda jauh jadi besar)

  • jem jem Juni 26, 2012, 6:37 am

    Kalau untuk kepentingan foto prewedding, lens ini nntinya mendukung atau harus ad lens lain yg lebih memadai…??

    Lcd canon 600D apkh rentan rusak mas ..?? Soalny kan bs muter2 gitu, smntra kamera professional aja gak muter2 lcdny.. Heheehe..

  • Enche Juni 26, 2012, 8:24 am

    @jem2 banyak kualitas lensa yang lebih baik, tentunya dengan harga yang lebih. Contohnya lensa Canon yang berlabel “L” hehehe.

    Soal LCD, iya lebih rapuh daripada yang tidak bisa diputar, tapi ini semua tergantung dari pemakaian juga. Kalau berhati2 dalam memakai mestinya gak masalah.

  • jem jem Juni 26, 2012, 8:42 am

    Emg kalau boleh saya dpt info ad berapa mcm label2 lensa dr yg biasa sampai yg paling oke..??

    Lalu kalo wkt belio prtma kalio, biasanya dpt lensa dgn label apa…??

  • Edward Juni 27, 2012, 8:00 am

    mana lebih bagus kamera nikon d7000 atau d300s… thx

    • Enche Juni 27, 2012, 10:34 pm

      @Edward, D300s lebih bagus untuk foto aksi karena kecepatan dan ketangguhannya, D7000 kualitas fotonya satu generasi lebih baik.

  • Hadim September 10, 2012, 10:52 pm

    Mas Enche, bagus mana lensa nikon af-s 35mm/f 1,8 g dx dgn 50mm/f 1,8 g untuk foto potrait, landscape dan general fotografi, kamera saya nikon d5100. .. thx

  • Irvin September 16, 2012, 9:54 am

    Pagi Ko Enche, mau nanya nih Ko :
    Bagusan mana Nikon 16-35 atau Nikon 17-55, jika dilihat dr hasil, kualitas body lensa dan teknologinya. Asumsinya pakai body D7000.
    (maksudnya bukan ditinjau dr peruntukkannya)
    Thanks before.

    • Enche September 17, 2012, 8:44 pm

      @Irvin 17-55mm lebih bagus karena kelasnya setingkat lebih tinggi dan bukaannya besar. Namun, 16-85mm juga bagus, terutama untuk foto outdoor :)

  • Adi Januari 28, 2013, 4:58 pm

    Sore Pak Enche,
    Saya pengguna Nikon D7000, dan sudah punya lensa Kit 18-105mm, dan Lensa Tele Sigma 70-300 APO Macro DG. Kalo untuk keperluan fotografi wedding dan model rekomendasinya lensa apa yah Pak? Kemudian satu lagi bagusan mana Lensa Nikon 50mm 1.8G apa Lensa Nikon 50mm 1,8D dari segi kualitas foto dan kualitas bokehnya?
    Trims

    • Enche Januari 30, 2013, 8:52 am

      @Adi Masing2 fotografer wedding memilih lensa yang sesuai dengan gaya masing2. Bagi saya yang cocok punya rentang fokus 24-70mm di full frame, ya kira2 17-55mm f/2.8. Bukaan f/2.8 akan praktis untuk buat latar belakang blur. Yang 50mm f/1.8G bokehnya lebih mulus.

  • theyjun Februari 2, 2013, 12:42 pm

    hallo pak enche
    saya rencana mw upgrade kamera saya sony alpha 290 ke yg yg lebih tinggi,saya minta saran,kira2 yg mana harus saya pilih,alpha 65 atw alpha 57..mohon masukannya..trima kasih..

    • Enche Februari 4, 2013, 7:19 pm

      @theyjun saran saya yang Sony Alpha 65, posisinya tingkat menengah dan cukup canggih.

  • alfian April 9, 2013, 12:02 pm

    salam kenal om enche.
    saya pemula om. mau minta infonya mengani lensa yang cocok untuk foto wedding indoor, lebih baik mana ya om 17-35 atau 17-55, saya pakai gear D90. mohon infonya ya om. terimakasih

    • Enche April 10, 2013, 10:59 pm

      @alfian 17-55mm f/2.8

  • Risang April 17, 2013, 3:03 pm

    Siang Pak
    mohon pencerahannya, saya mau tuker guling antara lensa kit 18-55 mm canon dengan tamron 10-24 mm, apa kelebihan dan kekurangannya karena saya selama ini pakai lensa kit 18-55 mm tidak ada masalah
    thx atas jawabannya

    • Enche April 20, 2013, 11:30 pm

      @Risang, lensa Tamron 10-24mm termasuk lensa yang lebih lebar dari 18-55mm. Biasanya digunakan untuk motret landscape/pemandangan yang luas, seperti pantai, perbukitan. Coba baca artikel lensa lebar.

  • Eki Agustus 4, 2013, 10:56 am

    Siang Mas,Mohon saranx,kamera sy Nikon D7000, flash mana yg paling baik dan cocok: Nikon SB R200 atau Nissin di866 Mark II, atau Ada Pilihan lain yg harga 2 jutaan

  • yusri November 8, 2014, 8:01 pm

    Salam om..sya punya charge canon,tiap kli mao ngecas batre ko lampu nya kelap-kelip warna oren trus panas..itu pengaruh gak ya sama kerja batre nya yg di cas..mohon saran nya om..

    • Enche Tjin November 10, 2014, 2:23 pm

      Kalau lagi di charge biasanya memang ada panas sedikit

Leave a Comment