≡ Menu

Fungsi tombol AF-ON

Bagi yang punya kamera DSLR yang agak canggih seperti Nikon D300, Canon 60D atau lebih canggih lagi, pasti punya tombol AF-ON yang terletak di bagian belakang kamera. Nah tombol itu sebenarnya buat apa sih?

af-on

AF-ON gunanya sama seperti menekan setengah tombol jepret (shutter) yaitu untuk mengunci fokus. Tapi kenapa tombol ini diperlukan? bukannya tinggal menekan setengah tombol jepret untuk fokus saja sudah cukup? Lalu apa guna AF-ON sebenarnya?

Bila kita mengunakan AF-ON untuk fokus. Maka kita bisa memisahkan antara mekanisme auto fokus dengan pengambilan gambar (eksposur).

PS: Sewaktu mengunakan AF-ON untuk fokus, jangan lupa mematikan fungsi auto fokus saat menekan tombol jepret (cari di menu kamera masing-masing).

Manfaat mengunakan tombol AF-ON untuk auto fokus antara lain:

  • Bisa mengunci fokus hanya saat kita mau saja. Misalnya saat kita mau manual fokus, kita tidak perlu bolak balik mematikan fungsi auto fokus.
  • Lebih mudah ketika fokus dan recompose. Kita bisa menekan AF-ON sekali untuk mengunci fokus kemudian kita bisa lepas tombolnya dan recompose (menggeser posisi kamera & lensa) untuk mengubah komposisi foto. Jadi tidak usah menahan tombol jepret saat recompose. Hasil metode ini pun lebih akurat.
  • Dengan menekan AF-ON terus menerus, kita bisa mengikuti subjek foto yang bergerak seperti foto olahraga atau satwa liar dan kemudian mengambil gambar dengan tombol jepret sambil terus mengikuti subjek foto. Di cara yang tradisional, setiap kita usai mengambil foto, auto fokus sudah tidak aktif dan tidak mengikuti subjek foto lagi.

Karena kelebihan itu, AF-ON banyak digunakan fotografer yang berpengalaman, terutama yang berspesialisasi dalam foto olahraga atau satwa liar.

PS: Untuk yang kamera DSLRnya ga ada AF-ON mungkin bisa program tombol lain seperti * (pada Canon) atau A-EL/AF-L untuk menjadi tombol AF-ON.

Bagi yang ingin belajar lebih jauh dengan fungsi dan tombol kamera, saya rekomendasikan untuk mengikuti acara Kupas Tuntas kamera Digital DSLR/Mirrorless

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 25 comments… add one }
  • RobinLIM August 15, 2016, 4:07 pm

    Ko Enche , mau tanya nih , kenapa saya rekam Video kok engga mau Autofocus nya itu auto ya di lensa saya ? saya pakai lensa 50mm f1.8 STM . apa memang harus diManual Focus ?

    thanks ko

  • ayu January 27, 2016, 9:19 pm

    mau tanya, camera saya 700 d. ada msalah sm icon dial button sy krna gk sama sperti di tmpilan layar, malah tombolnya jd kyk kebalik gtu fungsinya sm tmbl yg dsebrangnya. apa itu bsa dbenerin ?

  • Arief wijaya November 3, 2015, 7:12 am

    Pagi om enche – nikon d200 saya kok kalau d tekan shuter setengah fokus nya masi berubah berubah terus ya..nggak mau ngunci,jd sering mis fokus…trimakasi

    • Enche Tjin November 3, 2015, 8:14 am

      Pagi, mungkin setelannya AF-C (untuk benda bergerak) coba cek tuas di sebelah kiri bawah kamera, harusnya di set ke S (AF-S), kalau memotret benda diam.

  • putra May 11, 2015, 9:22 am

    enche, kamera sy nikon D610 pa nikkor 24-70, sy sudah setting tombol fn menjadi AF ON, dan sdh bisa digunakan
    anyaannya, krn sy gunakan kamera untuk foto dan video, jadi sy sering merubah tuas AF ke M utk keperluan video biar bs atur fokus secara bebas, kl mau foto rubah lagi ke AF..

    1.Apakah ini ada efek kepada motor AF kamera?
    2.kl tuas tetap di AF tp ketika video sy putar fokus lensa apakah bermasalah dgn motor AF juga?

    Mohon pencerahannya koh..
    Sebelumnya terima kasih y koh

    • Enche Tjin May 11, 2015, 9:34 am

      Karena lensa Nikonnya mendukung Manual Override (M/A), jadi biarkan saja tuas tetap di AF. Saat video boleh langsung putar barell lensa untuk manual fokus.

      Enche Tjin

      • putra May 12, 2015, 1:01 pm

        Berarti tidak ada efek negative yah ke motor AF nya..

        Terima Kasih Koh..
        Salam

  • apriani December 28, 2014, 7:22 am

    Ka, focus mode di nikon D3000 saya gak bisa aktifin? Kenapa ya?

    • Enche Tjin December 29, 2014, 4:02 pm

      Posisi tuas AF di lensa sudah benar belum?

  • maman July 17, 2014, 2:20 am

    pada kamera canon umumnya ada fitur AI-servo, sepertinya lebih baik menggunakan fitur itu untuk mengejar focus benda bergerak dibanding fitur AF-on. mengingat kecepatan pada saat menekan tombol shutter setengah s/d jepret pada fitur AI-servo dibanding menekan shutter full pada AF-on (lupa istilahnya apa :)) jelas lebih cepat. gimana pendapat bang enche??

    • Enche Tjin July 17, 2014, 8:10 am

      Pakai AF-ON paling oke kalau dikombinasikan dengan setting AI Servo saat motret subjek bergerak.

  • riyanto June 27, 2014, 10:27 am

    Salam Bang Enche. Mau Tanya, apa fungsi tombol kecil dibawah tombol membuka lensa pada kamera 7d? Bang Enche, apakah sebelumnya pernah ada ulasan tentang mode C1,C2,C3. terimakasih bang.

    • Enche Tjin June 29, 2014, 11:46 am

      Itu namanya tombol depth of field preview. Nanti saya buatin artikel deh

  • Erwin November 12, 2011, 10:05 pm

    wah sangat membantu nih om, tp gimana kl kita pake lensa manual om??soalnya saya sering pake lensa manual juga, kamera saya Canon 7D

    • Enche November 14, 2011, 10:53 pm

      AF-ON itu buat lensa yang bisa auto fokus.

  • Rizal September 5, 2011, 5:48 am

    Apakah AF ON juga dapat dipakai pada mode video..??? bagaimana pengaruh lensa USM terhadap AF ON.

    • Enche September 5, 2011, 6:02 am

      di live mode bisa, tapi kalau di dslr lambat ya auto fokusnya. Lalu kalau sudah sedang rekam video sepertinya sudah tidak bisa auto fokus lagi. USM gak masalah, sama saja efeknya. Intinya si AF-ON menggantikan auto fokus seperti menekan setengah tombol shutter.

  • Donny Irawan September 3, 2011, 3:55 am

    Mantap Pak Enche… paham paham…. trims

  • Enche September 1, 2011, 5:02 am

    Memangnya sekarang pakai kamera apa?

  • Ary September 1, 2011, 3:58 am

    Wah … Kayaknya harus ganti kamera ni … He…he..he..

  • doni September 1, 2011, 2:26 am

    baru tau neh fungsinya… heheheh.. good info

    skalian mo nanya neh, tentang kamera 3/4 micro. seperti olympus seri e-p / e-pl, gimana menurut om enche… apa ada dibahas di sini??? makasi…

  • kieray September 1, 2011, 2:20 am

    terima kasih n sangat membantu.

Leave a Comment