≡ Menu

Foto yang paling saya sukai selama di Kamboja

Lebih dari seribu lima ratus foto yang saya buat selama selama perjalanan ke Kamboja September 2011 yang lalu. Diantaranya, foto ini yang paling saya sukai.

Foto ini diambil di sebuah kuil Buddha di kota Siem Reap, Kamboja. Di kuil ini, para umat sedang menjalankan festival spiritual yang P’chum Ben, yaitu festival yang memperingati orang-orang yang telah mati. Di festival ini, para umat membawa piring yang berisi bola nasi dan daun bunga teratai. Mereka juga membawa botol air mineral. Lalu para umat mengelilingi kuil sambil melemparkan bola nasi dan air mineral dibeberapa tempat yang telah disediakan.

Beberapa tempat ditunggui oleh anak-anak yang miskin dari luar kota. Mereka menunggu umat melemparkan nasi ke dalam kotak gabus dan kadang-kadang umat memberikan sedekah ke mereka.

Foto dibawah ini adalah foto yang paling saya suka karena menggambarkan strata sosial di Kamboja. Di bagian paling bawah, anak-anak miskin menunggu sedekah, di bagian tengah umat / orang awam membagikan makanan dan air, dan di tingkat atas terdapat beberapa Bhikkhu sedang mengamati dari lantai atas di dekat pintu.

Nikon D700, 16-35mm f/4 VR - 20mm, 1/30 detik, f/4, ISO 6400

Nikon D700, 16-35mm f/4 VR - 20mm, 1/30 detik, f/4, ISO 6400

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment