≡ Menu

Reruntuhan yang Indah

Yang indah-indah itu bukan hanya wanita cantik, atau langit di saat matahari terbenam saja. Keindahan bisa juga kita dapatkan dari reruntuhan. Contoh reruntuhan yang indah terdapat di kompleks candi Angkor di Kamboja.

Sebagian besar candi-candi disana tidak direstorasi secara keseluruhan, tapi dibiarkan seperti saat ditemukan oleh penjelajah. Sebagian lain dijaga supaya tidak ambruk lebih parah. Di Jakarta, reruntuhan bisa kita dapatkan di kawasan kota tua.

Buatan manusia vs alam

Bergulat dengan alam

Keindahan reruntuhan punya potensial sebagai subjek foto yang fotogenik, indah dan romantis. Untuk mengoptimalkan foto reruntuhan seperti yang diatas ini, ada beberapa tips dari saya:

  • Jangan ada manusia dalam foto, terutama turis. Tapi orang lokal atau anak-anak yang berpakaian tradisional itu bisa menambah nilai foto.
  • Sebagian dari dari bangunan utuh, sebagian runtuh atau rusak
  • Adanya elemen lain seperti pohon, pahatan, atau elemen desain dari masa lalu menambah nilai foto
  • Tidak ada sampah atau barang-barang jaman sekarang dalam foto misalnya botol minuman, tiang listrik dan sebagainya
  • Adanya kabut atau cahaya yang lembut sangat mendukung, terutama saat langit berawan. Langit cerah yang berwarna biru tidak memberikan kesan tua sehingga tidak terlalu membantu. Bila langit terlalu biru, kita bisa turunkan saturasinya atau ubah menjadi monokrom / hitam-putih.
  • Saturasi yang tidak terlalu tinggi atau foto hitam putih akan memberikan kesan klasik.

Selamat berfoto ria 🙂

DSC_2157

Preah Khan

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 10 comments… add one }
  • eldis April 10, 2012, 10:29 am

    foto kedua kesannya luar bisa….penuh kemistisan…

  • mutia November 3, 2011, 5:58 am

    foto yang kedua bagus sekali. saya sangat suka 🙂

  • yenpiaopiao October 19, 2011, 9:33 pm

    hehehe, artikel itu sudah pernah saya baca sebelumnya jadi saya ngerti maksud mas enche…saya mungkin terpengaruh oleh kata-kata seperti ini ” sama saja kamu beli kamera mahal toh kebanyakan fotomu harus melalui PC di edit lagi supaya kelihatan lebih cerah,terang,hijau dsb “, maunya hanya mengunakan kamera saja tidak peduli di edit di kamera gak gitu karena itulah guna kita beli kamera canggih,haha.

    Dan yang kedua atas koreksi diri sendiri karena semua foto yang saya ambil harus melalui photoshop agar fotonya lebih terang, warna lebih cerah, tajam dll. saya tau kalo ini adalah kekurangan saya mengoptimalkan alat yang ada dan ilmu fotografi yang masih dangkal banget tapi jika saya lihat fotografer lain mereka juga begitu,hehehe.

    mungkin perasasn saya lebih ingin menceritakan suasana sebenarnya, suasana dimana foto tersebut hanya di hasilkan oleh kamera dan fotografernya,hahaha.

    saya suka kalimat ini, kalimat ini membuat saya lebih mengerti,makasih…
    ” editing tidak mengurangi nilai foto (malah mungkin menambah nilai) asal memang mewakiliki suasana dan hal yang ingin dikomunikasikan. “

  • yenpiaopiao October 19, 2011, 11:11 am

    saya sedikit mengerti maksud anda, seperti jika kita berada di suatu kelenteng tua tapi saat itu cuacanya sangat cerah, langit pun biru dan supaya foto yang akan kita ambil saat itu dapat menceritakan kelenteng tua, maka kita harus mengolahnya dari kamera or pc untuk menampilkan kesan tua tsb,hmmm…begitu iya,hehehe….

    • Enche October 19, 2011, 11:53 am

      Benar sekali, saya pernah menulis tentang mengedit yang bagus di artikel ini.

  • Enche October 19, 2011, 1:18 am

    Semua foto pada dasarnya sudah di proses meski dari kamera (kamera punya processor engine JPG yang berbeda tiap model dan merek).

    Kalau kita upload ke facebook atau tempat lain di web, itu pun akan di proses oleh mesin proses facebook. Jadi bisa dikatakan hampir mustahil mencari foto tanpa edit sama sekali.

    Menurut saya, editing tidak mengurangi nilai foto (malah mungkin menambah nilai) asal memang mewakiliki suasana dan hal yang ingin dikomunikasikan.

    Masalahnya banyak editing yang terlalu berlebihan sehingga tidak mewakiliki suasana atau memberikan nilai lebih ke foto, malah merusaknya.

  • yenpiaopiao October 19, 2011, 1:14 am

    fotonya bagus bagus banget tapi kalo foto itu sudah melalui editan walapun cuman sebatas crop, nilai foto tersebut jadi lain menurutku.
    di mana iya bisa kita lihat-lihat foto murni tanpa editan gitu iya,heheheh…..

  • Enche October 18, 2011, 5:00 am

    Thanks Rangga

  • Rangga October 18, 2011, 4:55 am

    foto yg kedua dalemmmm bgt koh….. awsome….!!! bercerita bgt deh..

Leave a Comment