≡ Menu

Lensa fix hanya bisa bikin blur background?

Saya pernah beberapa kali menerima pertanyaan apakah mengunakan lensa fix sepperti 35mm, 50mm dan 85mm berbukaan besar (f/1.4 atau f/1.8) hasil fotonya akan selalu menyebabkan latar belakangnya blur?

Jawabannya adalah tidak benar, karena bukaan lensa tersebut bisa kita kecilkan ke f/8 atau lebih kecil lagi. Akibatnya ruang tajam akan luas sehingga foto akan tajam dari ujung ke ujung.

Kebanyakan pemula yang saya amati mengunakan bukaan yang besar-besar seperti f/1.8 di setiap jepretan. Masalahnya, tidak semua foto optimal dengan setting bukaan f/1.8.

Nikon 35mm f/1.8 DX

Nikon 35mm f/1.8 DX

Contoh praktisnya:

F/1.4 – F/2 saya pakai untuk membuat latar belakang sangat blur dan hanya bagian yang saya fokus saja yang tajam, misalnya mata.

Bagian telinga, hidung, rambut biasanya sudah blur. Saya akan sangat berhati-hati mengunakan bukaan sebesar ini karena meleset sedikit fokusnya, maka foto menjadi tidak tajam.

F/2.8 sering saya gunakan untuk portrait karena ruang tajamnya lebih luas, sehingga seluruh wajah orang terlihat tajam.

F/4 saya gunakan untuk memastikan foto dua orang dalam satu frame tajam/fokus.

F/8 atau lebih kecil saya gunakan untuk foto kelompok (lebih dari 4 orang) atau foto pemandangan.

Jadi, jangan hanya mengunakan lensa fix di bukaan yang terbesarnya saja, tapi cobalah bukaan-bukaan yang lain sesuai kondisi dan keinginan Anda.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 169 comments… add one }
  • Rizky Surya N April 20, 2017, 9:12 am

    Ko , saya pake 600d , mau tanya kalau Lensa Tele Tamron 70-300mm f/4-5.6 Di VC USD , di pake foto landscape / pemandangan begitu bagus ga ko? klu 50mm 1.8 juga di pake foto landscape bisa di pake ga? sama tele yg sama maksud tadi hasilnya lebih baik yg mana? 😀 maaf ya newbie nih ko

    • Enche Tjin April 20, 2017, 10:36 am

      Bisa saja, tapi pada umumnya kalau foto pemandangan pakai lensa yang agak lebar, supaya muat pemandangannya.

Leave a Comment