≡ Menu

Belajar dari Alex Majoli

Setelah membahas fotografer Henri Cartier-Bresson beberapa saat lalu, saya akan membahas apa yang bisa dipelajari dari Alex Majoli, salah satu fotojurnalis Magnum yang sudah sering mendapatkan penghargaan atas karya fotojurnalisnya. Alex Majoli sering mendapatkan tugas meliput perang atau aksi revolusi di negara-negara yang dilanda konflik.

Alex Majoli terkenal diantara fotografer di sekitar tahun 2005, saat dia meliput untuk majalah berita terkenal selama tiga tahun dengan hanya mengunakan beberapa kamera pocket Olympus C4040 dan C5050 sedangkan koleganya kebanyakan mengunakan kamera SLR. Saat ini, Alex mengunakan sering mengunakan kamera Leica M9 dan beberapa kamera Olympus.

Olympus C4040 - Kamera saku 4 megapixel yang dipakai Alex Majoli

Saat itu keputusan Alex kontroversial karena seperti saat sekarang, kamera saku biasanya identik dengan kamera yang kualitasnya jelek. Rekan sejawatnya mungkin saja akan meremehkan dan mengejek Alex. Tapi Alex cuek saja.  Di jaman sekarang ini, saya mendapati banyak fotografer yang minder karena memakai kamera saku atau micro four thirds. Meskipun kamera seperti micro four thirds sudah canggih dan lebih mudah digunakan daripada kamera DSLR, banyak yang akhirnya membeli kamera DSLR juga karena alasan pingin tampil gaya dan gak mau diremehkan.

Alex belajar untuk mengatasi keterbatasan performa kamera pocket dengan berbagai cara antara lain melakukan pre-focus (fokus dulu dengan menekan setengah tombol shutter/jepret) dan mengantisipasi momen yang bagus. Dia juga mengunakan beberapa kamera supaya bisa terus menerus membuat foto berturut-turut. Saat kamera sedang menulis data, Alex mengunakan kamera yang lainnya jadi tidak kehilangan momen.

Kamera saku memiliki rentang dinamis yang terbatas, jika kita mengukur (metering) bagian yang terang (highlight), maka bagian yang gelap (shadow) akan gelap total. Keterbatasan ini dimanfaatkan Alex untuk membuat foto yang dramatis. Contohnya foto yang hanya wajah orang saja yang terang dan daerah sekelilingnya gelap.

Foto konflik di Mesir yang memenangi juara satu World Press Photo oleh Alex Majoli

Alex juga mengkomposisikan foto dengan baik sehingga meskipun kamera saku menghasilkan ruang tajam yang sangat luas (sulit membuat latar belakang blur), hasil foto masih enak dipandang mata. Ini berlawanan dengan sebagian pengguna DSLR dan lensa berbukaan besar yang hanya mengandalkan latar belakang yang dibuat blur (bokeh).

“Anda tidak selalu membutuhkan kamera dengan banyak fitur. Pada akhirnya Anda tidak butuh mereka (kamera berfitur banyak) untuk membuat foto yang bagus. Fotografer membuat foto yang bagus. Leica memiliki lensa dan badan kamera yang bagus, ya itu saja yang Anda butuhkan.”

Kita bisa belajar dari Alex Majoli yang mementingkan kreatifitas, timing, komposisi dan memanfaatkan kelebihan kamera dan lensa yang ada.

Foto liputan di Irak oleh Alex Majoli

Lebih jauh: Profil Alex Majoli di Magnum Photos

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 7 comments… add one }
  • phal July 9, 2012, 10:43 pm

    saya juga sudah baca buku om enche…
    saya baru paham dengan dasar fotografi
    makasih om enche

  • tukangpoto June 16, 2012, 9:23 am

    Salut untuk Oom Enche, bukunya bagus-bagus, mudah diikuti dan dicerna. Saya sudah baca buku yang terakhir, top!

    • Enche June 20, 2012, 10:50 pm

      @tukangfoto oits, mantap trims sudah membaca

  • arief dwicahyo herdiutomo June 16, 2012, 1:08 am

    kalau fotografer jurnalis sih kebanyakan menggunakan kamera dslr canggih trs ad jg yang makai kamera saku atau hp

  • mursal buyung June 15, 2012, 7:43 pm

    om, enche, ya jelaslah kl pake leica ,percaya diri ne lebih tinggi

  • Nanang Prestijono June 15, 2012, 8:29 am

    Setiap orang mempunyai gaya sendiri-sendiri yg pada akhirnya menjadi ciri khas masing-masing individu….kita hormati pilihan tersebut……

  • jefri June 15, 2012, 6:28 am

    makin gk niat pake SLR..hehe,,hidup pocket,thx koh,,

Leave a Comment