≡ Menu

Membuat foto sunrise menjadi sunset dan sebaliknya dengan WB

Coba perhatikan kedua foto dibawah. Foto yang sebelah atas nuansa warnannya kekuningan memberikan kesan matahari terbenam yang suasananya hangat. Sedangkan foto sebelah bawah nuansa warnanya kebiruan. Warna biru memberikan kesan matahari terbit yang suasananya dingin.

Warna kuning mengesankan sunset yang hangat

Warna biru mengesankan sunrise yang dingin

Kedua foto diatas sebenarnya adalah foto yang sama, hanya warnanya yang berbeda. Kita dapat menyetting White Balance (WB, Keseimbangan putih) untuk membuat nuansa berbeda dalam foto. Misalnya dengan memilih WB yang temperaturnya rendah (2500K, 3200K) kita bisa membuat foto menjadi kebiruan, sebaliknya kita bisa memilih temperatur tinggi (7000K-10000K), kita dapat mengubah warna foto menjadi kekuningan.

Terkadang kita tidak mendapatkan warna yang kita inginkan dari setting WB yang tersedia dari kamera. Tapi jangan kuatir karena dengan Adobe Photoshop atau Lightroom. Kita bisa mengganti nilai White Balance saat editing. Tips saya adalah mengunakan format RAW jika ingin mengubah WB sehingga tidak mengurangi kualitas foto.

Di kamera yang canggih, kita bisa langsung menentukan temperaturnya sendiri. Di kamera pemula, biasanya yang tersedia hanya preset-preset bergambar seperti lampu bohlam, matahari, awan dan sebagainya. Kita bisa memanfaatkan salah satu preset tersebut. Misalnya, memilih lampu bohlam (3200K) saat ingin nuansa kebiruan dan memilih gambar rumah (7000K) saat ingin warna foto kekuningan.

Dengan warna kita bisa menceritakan suasana suatu tempat kepada audiens. Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 15 comments… add one }
  • Didit Kurniawan June 26, 2016, 5:21 am

    Om mau tanya nih, gimana ya cara merubah angka temperatur di lightroom jadi ribuan ?
    Di pc saya angkanya cuma bisa dari 0 sampai 100, mohon bantuannya om, thanks before.

    • Enche Tjin June 26, 2016, 10:57 pm

      Fotonya pakai image quality RAW dulu.

  • Kahfi May 23, 2016, 11:04 pm

    Om, terkadang yg saya edit di pc saya dengan monitor acer, sudah apik sesuai keinginan saya, tp ketika lihat di pc lain dan hp tidak sama seperti di pc, apa yg harus saya lakukan ya om

    • Enche Tjin May 24, 2016, 12:54 am

      Ya, setiap layar memang berbeda-beda, karena kualitasnya beda. Coba baca artikel tentang warna yang akurat.

  • tris November 9, 2012, 2:56 pm

    ooh okeh om trima kasih 🙂 tapi lihat foto om wlwpun ditengah memang bagus

  • tris November 7, 2012, 3:00 pm

    sbelumnya maaf om bila salah, foto pemandangan yang baik boleh tidak garis equatornya terlalu ditengah sperti diatas, om? karna yang saya tahu kalau misalkan foto landscape lebih baik kalau sepertiga bawah atau spertiga atas foto.
    maaf bila saya terlihat menggurui, saya hanya pemula dan masih bingung apakah konsep spertiga itu harus slalu dipakai pada setiap foto landscape atau tidak, trima kasih om 🙂

    • Enche November 8, 2012, 4:35 am

      Tris, boleh2 saja simetris alias ditengah2 atau rule of thirds, semua tergantung pemandangannya sendiri lebih cocok yg seperti apa.

  • ubay August 7, 2012, 3:38 am

    Mo nanya bung enche nee ambilnya pake kamera appa n tipe brapa?
    Maap__Numbie__ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ “̮ ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ “̮ “̮_̮ɨɨɐɨɨɐɨɨɐ̮̮ɨɨɑɨɨɑɨɨɑ̮̮

    • Enche August 7, 2012, 6:18 pm

      @ubay Nikon D700, tapi mau pakai kamera apa saja bisa.

  • Avga August 4, 2012, 11:39 pm

    Informasi yang berguna untuk saya yang pemula,.,saya langsung praktekan dg D3000 ,.,jika berkenan mohon diberi detail utk ukuran Kelvin pada setiap icon pada kamera pemula,.,trims om Enche

  • Lingga June 29, 2012, 5:53 am

    maaf melenceng dr judul,,
    cuma maw tanya, low angle shot thu gimana yaa??

    • Enche July 1, 2012, 9:39 am

      @Lingga kamera diletakkan agak kebawah mengarah ke atas.

  • Enche June 28, 2012, 2:00 am

    Tergantung dari alam juga, kalau memang kondisi alamnya biru, dengan preset white fluorescent akan bikin semuanya biru. Aperture gak pengaruhi warna.

  • Amen June 28, 2012, 1:54 am

    Ko enche ,liad dr hasil foto ke 2 langitnya terbagi 2 warna biru & masih ada sisa hangat kekuningan dr mthri itu sendiri . Sy pernah tes dgn 550D set WB dr preset camera yg tersedia tp hasilnya 1 foto di pemandangan itu biru semua . preset yg sy pake wkt itu white fluoresent .
    ada pengaruh dr aperture kah ko enche ?

Leave a Comment