≡ Menu

Membuat efek Retro atau Vintage dengan Photoshop & Lightroom

Dalam beberapa tahun belakangan ini, efek retro/vintage sedang tren. Efek-efek ini meniru efek kamera film/analog. Lihat saja software seperti Instagram yang bisa membuat foto yang biasa saja menjadi foto berefek retro.

Di era fotografi digital sekarang ironisnya sebagian besar orang-orang malah ingin membuat foto yang terkesan jadul. Efek-efek ini bisa juga di edit di Adobe Lightroom atau Photoshop. Kelebihan mengunakan Lightroom/Photoshop adalah kita bisa mengendalikan dengan penuh efek fotonya sehingga hasil akhir fotonya sesuai dengan apa yang diinginkan.

Tulisan ini akan membahas beberapa cara mendapatkan efek retro.

1. Pewarnaan
Foto hasil cetak sensitif terhadap cahaya, suhu dan kelembaban. Lama kelamaan warna foto akan berubah. Di Adobe Photoshop Lightroom, kita bisa dengan mudah membuat efek ini dengan mengatur bagian “Split Tone”

Yang kita atur di bagian ini adalah warna pada bagian yang terang (highlight) dan pada bagian yan gelap (shadow). Lalu kita atur saturasi warnanya masing-masing. Warna populer yang digunakan biasanya yang agak hangat (kekuningan) untuk highlight dan kebiruan untuk gelap. Untuk foto yang dibawah, warna yang saya pilih adalah hijau untuk highlight dan coklat untuk shadow. Efek ini seperti foto yang sudah lama dan pudar.

Panel Split toning dan Effects di Adobe Lightroom

2. Bingkai
Bingkai pada foto mengingatkan kita pada foto instan Polaroid. Bingkai bisa dibuat di Adobe Photoshop atau Lightroom. Di Lightroom kita bisa mengatur di bagian Post-Crop Vignetting.

3. Grain
Film ber-ASA/ISO tinggi menimbulkan bintik-bintik pada foto yang disebut Grain. Dengan menambahkan grain ke dalam foto, kesan tua bisa diperoleh. Di Lightroom, kita bisa menambahkan Grain di panel Effects.

4. Tekstur
Setelah puluhan tahun foto yang dicetak menjadi rusak, retak dan kasar karena kelembaban, cahaya matahari berlebihan dan sebagainya. Untuk membuat kesan tua, kita bisa menggabungkan foto tekstur (seperti kertas lama) di Photoshop. Caranya sederhana yaitu membuat dua layer di Photoshop dan menggabungkan keduanya dengan mode Overlay, multiply, soft light dan lain lain. Kita bisa mengatur intensitas dengan mengatur slider Opacity.

Tidak semua foto cocok untuk dikasih efek retro/vintage. Foto yang berisi elemen-elemen tradisional cocok, tapi tidak untuk benda-benda yang modern.

Bagi yang tertarik belajar Photo editing satu hari dengan Adobe Lightroom, silahkan memeriksa jadwal di sini. Dapat juga secara privat.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 9 comments… add one }

  • nanda November 29, 2012, 5:25 am

    koh enche…
    mau nanya ne koh..
    gimana cara bikin foto kyk foto ini…
    http://www.enchetjin.com/Portraits/Model/19475701_J2qMWW#!i=1524310607&k=q9JdrMM

    saya liat warna nya lembut bngt..
    dan warna kulit model nya juga keliatan halus jadi ny..
    mohon pencerahan nya koh…
    salam jepret…:)

    • Enche November 29, 2012, 9:28 am

      @nanda pertama-tama memang modelnya kulitnya lembut + sudah make up, kedua cahayanya juga lembut karena dibawah kerimbunan pohon-pohon (tidak kena matahari secara langsung).

  • alik Mei 17, 2013, 11:29 pm

    gan mau tanya bagaimana cara setting agar foto daun jadi kuning keemasan pakai kamera nikon d5100

    • Enche Mei 18, 2013, 9:30 am

      @alik kalau setting di kameranya kayaknya gak bisa, mesti pakai software

  • maria Juni 7, 2013, 5:27 pm

    ko mau tanya ya bedanya apa adobe light room sama adobe photoshop cs6

    • Enche Juni 7, 2013, 6:30 pm

      @maria Sangat berbeda, coba baca mengapa saya mengunakan Adobe Lightroom untuk mengedit

  • Kharisma Agustus 5, 2014, 3:05 pm

    Koh mau nanyak..
    apa aja jenis2 Vintage effect yg bisa dibuat di Photoshp?

    Trims :)

  • Kharisma Agustus 5, 2014, 3:07 pm

    poto yg di link ini http://www.enchetjin.com/Portraits/Model/i-QRQzHkB di edit jugak atau emang orisinil?
    Bagus banget (y)

    • Enche Tjin Agustus 5, 2014, 8:34 pm

      Semua foto saya diproses dan edit (sedikit banyak) dengan Adobe Lightroom

Leave a Comment