≡ Menu

Memilih kepala tripod (Ballhead, 3way, gimbal dll)

Lebih dari setahun yang lalu, saya menulis tips memilih tripod. Salah satu tips yang saya berikan adalah memilih tripod yang memungkinkan kita untuk mengganti kepala tripod. Saat ini banyak model yang mungkin memusingkan calon pembeli. Supaya tidak salah beli dan pemakaiannya optimal, tips dibawah ini mungkin akan membantu.

Pertanyaannya biasanya mengapa saya harus membeli kepala tripod yang baru? Jawabannya bisa macam-macam, beberapa diantaranya adalah kalau kamera dan lensa yang dipakai sudah lebih besar dan berat dari sebelumnya, atau kepala tripod yang dipakai tidak sesuai dengan jenis fotografi yang digemari. Alasan lain yaitu kepala tripod yang dipakai sekarang kurang stabil atau rusak.

Beberapa jenis kepala tripod yang populer antara lain:

Ballhead

Ballhead – Baik untuk sebagian besar jenis fotografi

Kepala tripod yang fleksibel, cocok untuk bermacam-macam jenis fotografi yang membutuhkan keluwesan dalam komposisi. Ballhead juga biasanya bentuknya simple dan tidak terlalu besar sehingga mudah dikemas. Jika memiliki tripod untuk pertama kali, saya sarankan membeli kepala tripod yang berjenis ballhead.

3 way head / pan-tilt head

Three way head – Baik bagi yang membutuhkan presisi tinggi

Ballhead memang fleksibel, tapi agak sulit untuk fotografi yang membutuhkan presisi tinggi. Misalnya fotografi still life, arsitektur dan lain lain. 3 way head atau sering disebut juga pan-tilt head memungkinkan kita untuk mengubah salah satu axis saja: horizontal atau vertikal. Masalahnya adalah ukurannya agak besar sehingga agak repot untuk dikemas.

Fluid head – cocok untuk video

Fluid head cocok untuk merekam video karena memungkinkan pergerakan kamera yang mulus. Sering juga digunakan untuk foto burung.

Fluid Head

Gimbal head – cocok untuk pemakai lensa besar

Kepala tripod ini cocok untuk yang memakai lensa besar dan berat, misalnya lensa telefoto untuk foto satwa liar, burung, atau olahraga. Dengan memakai kepala tripod berjenis Gimbal, kita akan merasa lebih mudah dan  ringan saat mengarahkan lensa telefoto.

Gimbal head

PS: Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih kepala tripod adalah kapasitasnya. Biasanya produsen agak optimistis saat menuliskan kapasitas maksimumnya. Amannya, bagi dua kapasitasnya dan sesuaikan dengan berat kamera dan lensa. Contohnya jika kamera dan lensa memiliki berat total 3 kg, cari ballhead yang setidaknya bisa menahan 6 kg.

PS2: Penting juga untuk memilih kepala tripod yang memiliki Quick release plate, supaya kita dengan mudah dapat melepaskan kamera dengan tripod dengan mudah dan cepat.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • R. Puthut Pudjogiri Abimanju August 10, 2012, 2:10 pm

    Alhamdulillah, sudah bisa diakses lagi, sukses selalu dengan karya mas Enche Tjin. Aamiin.

  • SENTIS JR July 27, 2012, 12:49 pm

    Mas bagaimana memilih kepala tripod & tripod berdasarkan beban yg bisa ditanggung masing2 item tersebut sbb contoh :
    Tripod : Manfrotto 055XProB-Supports 15.4 lbs (7 kg)
    Kepala Tripod : Manfrotto 808RC4 Standard 3-Way Head w/Quick Release (8 kg)

    Apakah pasangan diatas cocok?

  • anton jambi July 20, 2012, 3:37 am

    Thanks atas infonya

  • Enche July 20, 2012, 12:50 am

    Masuk ke hampir semua tripod (asal kaki tripodnya bisa dipisahkan dari kepalanya).

  • Rocky Honoris July 20, 2012, 12:22 am

    Kalo Yang Kepala Tripod Pan&Tilt Itu Masuk Tripod Mana Ko??

Leave a Comment