≡ Menu

Kamera terbaik 2012 – DSLR & Mirrorless

Akhir tahun sudah tiba, saat yang tepat untuk menulis tentang kamera terbaik tahun 2012. Mungkin dapat membantu pembaca menemukan kamera yang tepat sebelum berangkat berlibur Desember ini.

Kamera Mirrorless / Sistem kamera Compact

Tidak kurang dari 20 kamera jenis mirrorless (tanpa cermin), kamera yang berbentuk seperti kamera compact namun bisa ganti lensa. Ukuran sensornya bervariasi dari lebih kecil dari 1 inci sampai APS-C (setara kamera DSLR). Di kategori ini, rekomendasi kamera terbaik tahun ini jatuh pada Olympus OMD EM5  (13.5 juta dengan lensa 12-50mm). Kamera ini memiliki desain yang klasik, punya jendela bidik elektronik, autofokusnya cepat, layar sentuh, ada anti getar tertanam di bodi kamera, tahan air dan debu, dan tak kalah penting ekosistem sistem kamera ini berkembang dengan baik dan pesat dengan banyaknya pilihan lensa terutama dari Olympus, Panasonic dan vendor lain yang tergabung di sistem Micro four thirds.

Olympus OMD EM5 vs Sony NEX 6

Satu lagi kamera yang saya rekomendasikan di kategori ini yaitu Sony NEX 6 (10 juta dengan lensa 16-50mm). Kamera ini bersensor sedikit lebih besar dari kamera sistem micro four thirds, dan memiliki beberapa fitur andalan seperti jendela bidik elektroniknya beresolusi sangat tinggi sehingga sangat bening, desainnya minimalis dan autofokusnya hybrid, perpaduan antara kamera compact dan DSLR, sebagai bonus, NEX 6 sudah ada fitur WiFi. Kekurangannya yaitu pilihan lensanya masih sangat terbatas dibandingkan sistem kamera DSLR atau micro four thirds.

Kamera DSLR dengan sensor APS-C

Untuk kamera DSLR kategori canggih, pilihan satu-satunya dijatuhkan ke Pentax K5 II, kamera tangguh ini tahan cuaca dingin, air dan debu. Sayangnya kurang begitu berkembang karena marketing, dan kelengkapan lensanya tidak banyak tersedia di Indonesia.

Canon 650D dan Nikon D5200

Untuk kategori pemula, Canon lagi-lagi bersaing ketat dengan Nikon, masing-masing memiliki fitur yg lumayan canggih warisan dari kamera kelas menengah & canggih. Keduanya cukup mumpuni tapi masih mudah dipelajari oleh pemula karena antar mukanya, menunya dirancang sesederhana mungkin dengan ilustrasi atau berisi catatan tambahan untuk memudahkan belajar fotografi. Canon 650D  (7.2 juta tanpa lensa) kelebihannya punya fitur layar sentuh dan lebih mulus autofokusnya saat liveview/merekam video (dengan lensa STM), sedangkan Nikon D5200 hasil fotonya berpotensi lebih tajam jika dipasangkan dengan lensa yang berkualitas. [Baca Canon 650D vs Nikon D5200]

DSLR dengan sensor Full frame

Tahun ini booming kamera DSLR baru dengan sensor full frame, saya mencatat ada 7 kamera DSLR full frame yang diumumkan tahun 2012 ini. Dari semuanya, rekomendasi saya jatuh kepada Canon 5D mk 3 (30 juta tanpa lensa). Menurut saya, kamera ini seimbang dari fitur, kecepatan dan kualitas foto terutama di kondisi cahaya yang gelap. Ada juga dua kamera full frame lain yang agak terjangkau (dibawah 20 juta) yaitu Nikon D600 dan Canon 6D. Menilik dari perbandingan fitur semata, Nikon D600 sepertinya sedikit diatas angin.

Untuk mengenal berbagai sistem kamera dan lensa, buku panduan sistem kamera ini akan membantu

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 126 comments… add one }

  • esti Maret 7, 2013, 3:12 pm

    mau nanya lagi hehe…kalau ada pilihan eos 600d dg kit 18-55mm + 55-250 mm dibandingkan eos 60d dg kit 18-200 mm bagus mana mas? trims.

  • gilang Maret 11, 2013, 11:48 pm

    mas sayamau beli kamera tapi bingung, antara mirroles atau DSLR, saya mempertimbangkan 600D dan Samsung NX1000, saya sebenernya ingin simple, tapi saya juga pengen kamera saya jadi modal ambil usaha, barang kli kalau mirroles cocok g d pke preweding atau foto resepsi nikah?

    • Enche Maret 12, 2013, 7:33 am

      @gilang mirrorless lebih cocok untuk hobi dan tidak begitu cocok untuk prewed/resepsi nikah. Karena sistem (kelengkapan aksesoris), servis spare partnya tidak selengkap yang sistem DSLR.

  • Slankerscilik Maret 21, 2013, 10:50 am

    Siang om,mw tx untk mendapatkan gambar siluet yg bgus saat kondisi jam berapa kira,dan pngaturan ISO & exporenya bgma? Trim’s .

    • Enche Maret 21, 2013, 11:36 am

      @Slankerscilik Sebenarnya tidak ada waktu khusus yang tepat untuk siluet. Yang penting ada cahaya kuat dari belakang subjek foto. Untuk setting exposurenya, sebaiknya mengunakan manual lalu digelapkan dengan mengunakan shutter speed yang dipercepat.

  • Bayu Samarinda April 24, 2013, 9:49 am

    Saya sm sekali tidak mengenal apa itu kamera DSLR dan cara kerjanya. Mengingat pepatah bahwa tak kenal maka tak sayang, maka saya memantabkan niatan saya untuk memiliki kamera DSLR. Setelah konsultasi kanan kiri dan melalui perdebatan canon vs nikon, maka dengan menyesuaikan budget yang ada akhirnya saya menetapkan untuk akan membeli canon 650D. Hingga saat ini saya taunya jeprat jepret aja, jdi saya memilih kamera tsb hanya berdasarkan model, fitur (yg smpe skrg blum tau mengoptimalkannya), dan layar touchscreen yg merupakan satu2nya keunggulan yang saya bisa pahami. agar saya tidak tersesat, maka mohon arahan guru untuk dapat memberikan pencerahan. apa untuk saya cukup dengan kamera dslr yg di kelas dasar dengan harga yg minim sampai saya memahaminya dan upgrade, atau lgsg di pilihan saya canon 650D? kembali lagi saya sampaikan bahwa pertimbangan saya untuk memilihnya hanya subjektif, bukan dari pemahaman fungsi dan kebutuhan. trims guru..

    • Enche April 24, 2013, 5:13 pm

      @Bayu kamera DSLR 650D itu adalah kamera tingkat dasar yang memang dirancang untuk pemula. Memang ada kamera yang lebih murah lagi, biasanya yang dikurangi adalah fitur-fiturnya, misalnya Canon 600D, 550D, 1100D dsb. Menurut saya jika dana terbatas dan ingin mengunakannya untuk upgrade, Anda bisa gunakan kamera 600D yang sekarang lumayan murah (tapi gak ada touchscreennya). Tapi kalau ingin kenyamanan touchscreen dan kinerja autofokus yang lebih cepat, ya gak masalah juga langsung ke 650D, karena kamera ini juga ramah pemula.

      Yang perlu diketahui juga bahwa kamera DSLR itu cepat menurun harganya, sekitar 1 juta per tahun, kadang lebih besar. Jadi kalau tujuannya ingin berhemat, mungkin ada baiknya pakai yang dasar dan murah dulu, baru setelah menguasai baru memilih yang spesifikasinya sesuai keinginan. Dari belajar kita bisa tau fitur yang penting dan tidak bagi fotografi kita.

  • Rilim April 27, 2013, 1:43 am

    Permisi Ko Enche, dengan budget 6-7 juta saya bingung mau pilih kamera mirrorless apa. Saya suka traveling dan ingin kepraktisan tanpa harus gonta-ganti lensa dan butuh hasil tajam, sebab kamera pocket kurang bagus hasilnya. terima kasih ko Enche :)

  • Stevano Mei 5, 2013, 9:56 am

    mohon pencerahan..
    saya ada budget 6-7 jutaan, tapi masih pemula untuk fotografi..
    dalam waktu dekat mau beli kamera DSLR, apa saran bapak??

  • Wildan Hanif Mei 10, 2013, 7:54 pm

    Om maaf mau tanya, saya minat sekali dengan hobi fotografi, karena mungkin cocok dengan hobi saya travelling. Saya mau minta saran untuk kamera dengan range harga di 7 jutaan apa ya yang om recommended untuk saya. Saya tertarik dengan produk Sony SLT-A65VK, bagaimana menurut om ???

  • yengki Mei 13, 2013, 12:13 am

    Bang enche saya mau bertanya saya baru saja membeli kamera DSLR cannon eos kiss X50 kan kamera itu sama dengan 1100D tapi mengapa harga eos kiss X50 lebih mahal dari 1100D? apa kualitas material nya? karna penjual di toko mengatakan eos kiss X50 pembuatan nya di taiwan berbeda dengan 1100D atau saya telah tertipu? :(

    • Enche Mei 13, 2013, 12:17 am

      @yengki Kiss X50 sama persis dengan 1100D. Cuma penamaan saja, dan pemasaran dengan nama Kiss X50 itu hanya di Jepang.

  • yengki Mei 13, 2013, 4:33 am

    Berarti sya telah di bohongi oleh penjual :(
    Trimkasih bang enche sukses selalu

  • alan Mei 14, 2013, 2:32 pm

    Bung Enche,
    Perhari ini saya masih gundah memilih kamera dslr atau mirrorless..
    Eos 550d yg jadi tambatan hati saya u dslr, cuman mirrorless keliatannya juga menarik.
    Saya sendiri sih hobi dan ingin mendalami.. Untuk jd profesional keliatannya liat perkembangan dulu…
    Syukur2 bisa moto dg berbagai effects dan indah2 dulu.
    Saya suku pemandangan alam yg menarik disuasana pagi dan sore hari..
    Terimakasih bung Enche.. Sukses dan sehat slalu.
    Slam
    alan

  • Andre Mei 28, 2013, 1:52 pm

    ko Enche, utk hasil foto outdoor antara mirrorless dengan SLR lebih jernih yang mana ya? thanks

    • Enche Mei 28, 2013, 1:58 pm

      Kalau ukuran dan teknologi sensor gambarnya sama, hasilnya sama. Lensa yang dipakai juga menentukan.

  • Andre Mei 28, 2013, 2:06 pm

    @ko Enche, nanya dikit lagi antara samsung NX1000 dengan Sony F3 lebih prefer yg mana ya? btw kebanyakan kok pada mengeluh hasih foto outdoor mirrorless gak sebagus SLR ya…. thank you ko

    • Enche Juni 4, 2013, 8:34 pm

      @chandra Sony NEX 6 menurut saya oke buat yang serius tapi pingin yang ringan.
      @Andre Dari hasil mirip-mirip sih. Kualitas tergantung lensa yang dipasang juga. Kalau teknologi sensor dan kualitas lensanya sama, seharusnya sama saja kualitas fotonya.

  • chandrayehuda Juni 2, 2013, 9:26 pm

    om. saya mau nanya,pengen banget beli kamera mirrorless. antara nikon .canon eoms ,sonny pilih yang mana ya? antara sonny nex 5RN sama nex 6 lebih unggul mana ya? terima kasih

  • setyo Juni 21, 2013, 12:45 am

    koh kalau canon 60D sama pentax k5 IIS tangguhan yg mana ? thanks before

    • Enche Juni 21, 2013, 12:48 am

      Pentax k5iis jaug lebih tangguh karena materialnya dari logam magnesium alloy dan segel2nya membuatnya anti air dan suhu yang sangat ekstrim

  • edipur Juni 26, 2013, 1:04 pm

    koh bantuin milih dong…buget terbatas tp pingin hasil yg tajam..
    # nikon d3100+ tamron17-50
    #nikon d3200
    #nikon 5100
    # pentax k30
    #canon 600d
    thanx before master…smoga sukses slalu…:)

    • Enche Juni 26, 2013, 8:25 pm

      @edipur Kalau saya pilih Pentax K30 :)

  • naylaf Juni 26, 2013, 2:37 pm

    koh,kalau pake lensa yg sama,……kira-kira kwalitas gambar yg di hasilkan beda tidak?antara nikon D3100 ,D3200,D5100???semoga berkenan menjawab..tengkyu

    • Enche Juni 26, 2013, 8:23 pm

      @naylaf D5100 dan D3200 berimbang, yang D3100 lebih buruk.

  • adit Juli 8, 2013, 3:26 pm

    mas klo kata mas mas pada bagusan Canon 650D atau Nikon D3200 buat pemula? mohon infonya ya

    • Enche Juli 8, 2013, 3:30 pm

      @adit keduanya cocok untuk pemula, dari kualitas gambar Nikon D3200 lebih unggul, harga lebih murah, tapi dari fitur 650D lebih unggul, misalnya ada fitur layar sentuh dan layar lipat.

  • revir Agustus 3, 2013, 1:49 pm

    Mas saya lagi galau nih,
    antara fujifilm x10 atau dslr
    klo ambil dslr ribet bawanya,harga juga masih relatif diatas x10 tp fitur melimpah
    klo ambil x10 simpel,tp takutnya fiturnya gak terlalu bagus…

    minta sarannya mas…

    • Enche Tjin Agustus 3, 2013, 8:26 pm

      @revir kelebihan fuji x10 memang yg seperti disebutkan. Ringan, lumayan komplit dan kualitas bodi kamera lumayan bagus. Kelemahannya, kamera ini tidak bisa ganti lensa dan kualitas foto dikondisi cahaya gelap tidak lebih baik dari kamera dslr. Karena gak bisa ganti lensa maka hasil fotonya terbatas dgn lensa yg terpasang. Jadi saya gak bisa merekmondasikan yg mana yg terbaik karena pilihan tergantung dari prioritas revir

  • rara Oktober 20, 2013, 11:54 am

    om, saya mau nanya, saya lagi tertarik bgt sama mirrorless camera karena bentuknya yg simple, lebih bagusan mana antara canon sama nikon (sekalian serinya) ?, kamera ini cuma mau saya pakai buat foto2 saat travelling, ohiya saya juga tidak kepingin terlalu ribet soal mensetting cameranya hehe terimakasih byk om

  • rara Oktober 20, 2013, 12:00 pm

    ohiyaa soal ketahanan battery MLC lebih tahan canon apa nikon om? makasih byk om :D

  • ardian November 4, 2013, 9:19 pm

    salam kenal, saya ardian
    lagi niat belajar fotografi, untuk awal apakah pakai mirrorless dulu atau dslr? sedangkan budget juga masih terbatas, ada teman saya pakai canon 1100d, apakah sudah cukup?

    terima kasih

    • Enche Tjin November 17, 2013, 9:57 pm

      @ardian Dalam beberapa tahun kedepan DSLR masih yang paling lengkap. 1100D merupakan awal yang bagus.

  • Ryan November 9, 2013, 7:30 am

    koh, menimbang dari segala hal dan rencana pengembangan kedepan, mana yang seharusnya dipilih antara Nikon D3200 & Samsung NX1000? Mirrorless seflexible DSLR gak koh untuk oprek2 lensa & kelengkapannya?
    Terimakasih.

    • Enche Tjin November 17, 2013, 9:56 pm

      @Ryan kelengkapan lensa, aksesoris terutama di Indonesia untuk sistem mirrorless masih kurang. Saran saya lebih ke sistem DSLR.

  • eric Januari 6, 2014, 3:28 am

    Ko, saya berencana beli dslr utk pertama kali. Minta saran antara nikon d5200 atau pentax k30. Terima kasih.

    • Enche Tjin Januari 6, 2014, 9:39 pm

      @eric Secara kamera, Pentax K30 dan lensa 18-135mm WR lebih mantap daripada Nikon D5200. Tapi mencari lensa, servis dan aksesoris pentax di luar Jakarta agak sulit. Silahkan memilih.

  • dika Februari 2, 2014, 9:51 pm

    om mau tanya pengn cari kamera mirrorless bagus mana antara sony nex 5 dan Canon EOS M?
    Atau ada saran yg lain…..

    • Enche Tjin Februari 3, 2014, 11:31 am

      @dika saya lebih menyarankan sony nex 5, kinerja dan koleksi lensanya lebih lengkap dari canon eos m

  • alfian April 27, 2014, 2:25 pm

    koh, mau minta sarannya, budged 6-7jutaan . pilih mana ya antara nikon d3200 +lensa 18-108mm atau sony nex-6 ya? dari sisi kualitas hasil fotonya bgusan mn? mohon saranny. terimakasih

    • Enche Tjin April 28, 2014, 12:55 am

      Dari kualitas gambar dan lensanya, D3200 + 18-105mm lebih bagus, tapi kalau mau yang mungil Sony NEX 6

  • tio Mei 25, 2014, 8:32 am

    koh. apa bener kamera yg berat katanya lebih original . dibanding yang ringan dengan model yang sama ?. apakah ada garansi menjamin kualitas kamera ?

    • Enche Tjin Mei 25, 2014, 3:45 pm

      Saya baru pernah dengar seperti itu, bisa jadi juga, karena yang palsu isinya sudah dipretelin hehe. Kalau garansi resmi iya, tapi kalau garansi toko belum tentu.

Leave a Comment