≡ Menu

Tur fotografi Songpan bagian 2

Setelah mengunjungi Taman Nasional Jiuzhaigou, kita singgah lagi di kota Songpan di siang hari untuk makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke kota Chengdu. Kota Songpan terlihat berbeda disaat siang hari. (Baca Songpan 1). Di siang hari, masyarakat lokal banyak yang keluar untuk berjualan. Ada yang menjual sayur-sayuran, buah-buahan, daging, sampai jasa membetulkan sepatu dan pakaian.

Kita juga sempat naik ke atas benteng kuno yang membatasi pusat kota Songpan. Dari sana, kita dengan leluasa bisa melihat aktifitas warga dari sudut pandang atas. Berikut ini beberapa foto yang saya ambil sebelum makan siang.

Dengan memanfaatkan lokasi yang lebih tinggi, dan lensa lebar, saya dapat menangkap bangunan dan sekaligus aktifitas di jalan utama.

Kiri: Salah satu sudut kota. Di Songpan dan propinsi Sichuan, banyak suku minoritas Qiang yang hidup di pegunungan yang masih banyak memakai pakaian tradisional mereka. Kanan: Konstruksi bangunan modern berlangsung dimana-mana, tak terkecuali di kota tua Songpan.

Salah satu sudut pasar. Seperti ditempat-tempat lain, orang-orang dikota ini kebanyakan malu difoto ketika bekerja, karena anggapan bahwa kalau difoto harus terlihat cantik dan tidak kotor seperti saat bekerja, apalagi di pasar.

Saya memanfaatkan bayangan dari cahaya yang keras di siang hari untuk menjadi bingkai dari penjaja sayur-sayuran. Adanya orang di sebelah kanan yang melihat kearah ibu penjual sayuran menegaskan komposisi diagonal

Kiri: Jalan utama dilihat dari atas benteng. Kanan: Mobil pernikahan melintasi jalan utama Songpan

Aneka sayur, buah dan bermacam bentuk layanan di kota Songpan, dari sana kita bisa mengetahui sedikit banyak tentang gaya hidup masyarakat setempat.

Rumah penduduk, kuil, dan kuil dipuncak bukit

Catatan fotografi: Yang bisa dipelajari ketika memotret di cahaya yang gelap adalah kita harus cermat dalam melihat jatuhnya bayangan. Jangan biarkan bayangan dari cahaya yang keras membuat semangat kita menurun. Banyak yang bisa kita manfaatkan dari bayangan antara lain untuk framing dan memperkuat bentuk/dimensi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment