โ‰ก Menu

Refleksi akhir tahun 2012

Tahun 2012 merupakan tahun yang besar bagi saya dan Infofotografi karena banyaknya momen-momen penting yang terjadi dan menjadi dasar dari perkembangan di tahun-tahun selanjutnya. Di akhir tahun ini, saya menanyakan dua hal kepada diri saya: Apa yang berjalan dengan baik tahun ini? dan apa yang tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Hal-hal penting yang berjalan baik tahun ini:

Kursus kilat, workshop fotografi

Berjalan lancar dan semakin banyak peminatnya. Di pertengahan tahun ini ruang kelas saya pindahkan dari lantai UG ke lantai 3A yang kapasitasnya lebih besar, tapi tidak lama kemudian, ruangan tersebut juga terasa penuh karena jumlah peminat belajar semakin bertambah. Terima kasih atas kepercayaannya mengikuti acara-acara Infofotografi ๐Ÿ™‚ – [Jadwal kursus fotografi]

Photo tour dan workshop

Tahun ini, cukup banyak tour yang kita adakan. Tujuannya untuk mengajak teman-teman untuk mempraktikkan apa yang disudah dipelajari di kelas-kelas fotografi. Tur yang rampung antara lain: Kepulauan seribu (Maret 2012), Yogya-Solo (Juli 2012), Sawarna (September 2012), Chengdu-Jiuzhaigou (Oktober 2012), privat Bali (November 2012).

Tahun depan, saya berencana mengadakan tur ke Vietnam (Hanoi-Halong-Ninh Binh), lalu ke Ujung Genteng dan Bali. Ada juga rencana ke Jawa Timur. Nantikan tur berikutnya di Infofotografi ๐Ÿ™‚

Curug luhur Cigangsa, Surade, dekat Ujung Genteng – ย ISO 100, f/8, 13 detik, 20mm – Salah satu tempat yang saya ingin kunjungi kembali tahun depan

Dunia Tulis-menulis: Buku, Majalah, Blog

Ada dua buku yang saya terbitkan dan keduanya sukses:Fotografi itu Mudah! & Memilih sistem kamera & lensa yang tepat. Masing-masing buku terjual ratusan perbulannya melalui toko-toko buku ataupun dari saya sendiri. Terima kasih telah membaca dan juga sharing ke teman-teman penggemar fotografi lainnya. Menurut beberapa pembaca, bukunya sudah dipinjam biasanya tidak dibalikin. Jadi siap-siap kalau dipinjam beli lagi hehe ๐Ÿ™‚ Saya juga cukup rutin menulis artikel untuk Majalah CHIP foto video dan tentunya menulis untuk blog ini.

Kaos fotografi

Dua kaos fotografi juga diterima pembaca dengan baik. Kaos pertama yang berwarna putih sudah habis, yang kedua (Think Point Shoot) juga sudah hampir habis (tinggal beberapa ukuran saja). Terima kasih sudah membeli dan memakai kaos tersebut ๐Ÿ™‚ Tahun depan saya berencana merilis setidaknya dua buah kaos dengan desain yang berbeda ๐Ÿ™‚

WOW tanpa disadari, 2012 adalah tahun yang lumayan sibuk ๐Ÿ™‚

Hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana diharapkan:

Jumlah Pengunjung

Pengunjung Infofotografi.com bertambah banyak tapi tidak terlalu banyak berubah dari tahun sebelumnya. Di tahun ini, pengunjung harian rata-rata 2700 orang perhari, di tahun sebelumnya, rata-rata 1500. Meskipun ada perubahan, tapi masih jauh relatif terhadap pertumbuhan situs-situs fotografi yang lain.

Buku baru

Tahun lalu, saya berkeinginan untuk membuat satu-dua buku lagi tapi karena kendala waktu dan tenaga, saya tidak bisa menyelesaikan penulisan beberapa buku. Di tahun depan, saya berusaha menyelesaikan buku tersebut. Kemungkinan akan ada setidaknya tiga buku baru.

Tempat dan acara fotografi

Setelah mengikuti workshop dan kelas fotografi, banyak yang ingin mengikuti acara lebih banyak untuk meningkatkan ketrampilan dan latihan. Sayangnya, Infofotografi belum banyak menyediakan tempat dan acara untuk menyalurkan hobi Anda-anda sekalian dengan biaya yang terjangkau secara berkesinambungan. Mudah-mudahan tahun depan saya bisa mencari tempat yang lebih baik, strategis dan mengadakan acara yang lebih banyak lagi.

Kewalahan membalas pertanyaan

Saya mulai kedodoran menjawab semua komentar dan pertanyaan yang diajukan oleh pembaca yang mengalir setiap waktu, tapi saya akan mencoba menjawab sebisanya. Bagi yang masih belum terjawab, kadang-kadang pertanyaannya sudah pernah saya jawab di Infofotografi. Jadi tidak ada salahnya mencari jawaban di bagian tulisan atau komentar. Atau menanyakan lagi di bagian komentar.

Penulis

Saya masih kesulitan mencariย kontributor/penulisย untuk Infofotografi ๐Ÿ™‚

Suasana workshop privat di pantai Sanur, Bali – Nov 2013. Saya berencana akan kembali ke Bali tahun depan ๐Ÿ™‚ – foto oleh Ibunda Felicia Limida

Dalam dua tahun terakhir ini sejak saya berkonsentrasi di Infofotografi, saya merasa cukup senang karena saya bisa menggabungkan pekerjaan saya dengan apa yang saya suka (fotografi, mengajar). Meskipun secara keuangan tidak akan secepat dan sebesar apa yang akan saya dapatkan jika berdagang, bekerja atau berusaha di bidang lain, tapi saya cukup gembira dan merasakan tahun depan akan lebih besar, dan lebih baik lagi.

Terima kasih untuk semua, selamat berlibur, dan selamat hari Natal untuk yang merayakannya, dan Tahun baru. Semoga makin sukses di tahun depan!

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 8 comments… add one }
  • evan December 9, 2013, 12:12 am

    Ko enche…anda sangat rendah hati sekali dan apa danya,saya jarang menemukan orang seperti anda.terimah kasih untuk blog ini.,ini lebih dari sekedar blog biasa yang sering saya kunjungi,God bless U

  • Enche January 1, 2013, 4:42 pm

    @Edward trims, bagus juga idenya, tapi butuh modal dan tenaga yang cukup banyak untuk mendirikan toko kamera yang lengkap. Kalau ada investor yang minat boleh juga tuh ๐Ÿ™‚

  • Edward January 1, 2013, 11:57 am

    Met Tahun Baru bro.., saran saya sih ada baiknya Anda juga menjual barang/alat fotografi, terutama yang Anda rekomendasikan.
    sebab orang pasti lebih nyaman membeli dengan Anda yang sekaligus bisa menjawab apabila ada pertanyaan2…
    Tapi ini hanya sekedar saran saja, harapan saya semoga Info Fotografi akan dapat berkembang menjadi lebih baik serta lebih maju lagi…..

  • Jojoz On Revolutia December 26, 2012, 1:37 pm

    Waah tahun yang sibuk ya mas ๐Ÿ™‚

  • Henny December 26, 2012, 10:37 am

    Mantap. Refleksi dan Evaluasi di penghujung tahun. Semoga tahun berikutnya lebih baik lagi. Maju terus Infofotografi dan aktivitas-aktivitasny!

    • Enche December 27, 2012, 1:11 am

      Trims sama2 buat semuanya

  • Erwin M December 25, 2012, 1:30 pm

    “Dalam dua tahun terakhir ini sejak saya berkonsentrasi di Infofotografi, saya merasa cukup senang karena saya bisa menggabungkan pekerjaan saya dengan apa yang saya suka (fotografi, mengajar). Meskipun secara keuangan tidak akan secepat dan sebesar apa yang akan saya dapatkan jika berdagang, bekerja atau berusaha di bidang lain, tapi saya cukup gembira dan merasakan tahun depan akan lebih besar, dan lebih baik lagi.”

    Do what you love and the money will follow. If you love what you do, it doesnโ€™t feel like work.

Leave a Comment