≡ Menu

Aturan sepertiga – Rule of Thirds

Rule of thirds/aturan sepertiga merupakan rumus komposisi yang paling populer. Komposisi ini didapatkan dengan membagi bidang gambar dalam tiga bagian yang sama besar dan proporsional baik horizontal maupun vertikal.

Dengan pembagian tersebut, terbentuklah garis-garis dan empat titik perpotongan garis tersebut. Menurut aturan ini, sebaiknya bagian foto yang paling menarik ditempatkan di salah satu titik pertemuan tersebut.

Aturan ini bisa digunakan untuk jenis fotografi apa saja dan cocok untuk dicoba terutama oleh pemula sehingga subjek utama foto tidak selalu ditempatkan di tengah saja. (kutipan dari buku Kamera DSLR itu Mudah!)

Contoh foto dengan komposisi rule of thirds

ISO 100, f/16, 1/320 detik, 26mm (untuk kamera bersensor APS-C sekitar 17mm). Tidak mengunakan filter selain UV untuk proteksi bagian depan lensa.

Pada foto diatas, saya menempatkan matahari di titik perpotongan sebelah atas, dan kemudian perahu ditempatkan di garis sebelah kiri. Dengan penempatan demikian, komposisi menjadi seimbang antara matahari dan perahu.

Foto dikrop dan dikonversi menjadi hitam putih melalui Adobe Lightroom 4. Tujuan saya menjadikan foto hitam putih adalah untuk memberikan kesan klasik.  Ada alternatif  versi editing lagi yaitu dengan menambahkan warna yang disebut split toning. Bagian highlight (terang) diberikan sedikit warna kuning, dan bagian shadow (gelap) dimasukkan warna biru. Kesan foto menjadi agak “dingin-dingin hangat” seperti yang saya rasakan saat matahari terbit.

Catatan tentang lighting : Cahaya dari belakang dari matahari yang baru terbit membuat kesan yang menarik dan membuat perahu lebih berdimensi karena ada yang bagian yang terang dan ada bagian yang gelap.

Foto diambil saat tur fotografi di pantai Ujung Genteng 23-24 Maret 2013 yang lalu. Nantikan tur Infofotografi berikutnya ya 🙂

perahu nelayan di pantai Ujung Genteng

Dan dibawah ini cara saya ngambilnya. Foto oleh Iesan

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 16 comments… add one }
  • Putra July 4, 2016, 9:03 am

    Cara lihat garis perpotongan nya itu gimana koh ?
    Kok pas saya lihat dari live view banyak banget kotak” nya ???
    Mohon penjelasan nya koh

    • Enche Tjin July 4, 2016, 3:12 pm

      Coba di menu dicari aja item Grid trus pilih kotaknya yang sedikit. Kalau gak ada, pakai imajinasi saja.

  • irwan February 25, 2014, 4:37 pm

    Koh di jakarta mna??
    Sya pemula dri papu

    • Enche Tjin February 25, 2014, 7:04 pm

      @irwan saya di Jakarta Pusat Lokasi belajar: Jl.KH.Moh.Mansyur (Imam Mahbud) No.8/B-2 Jakarta Pusat 10140. GPS: Latitude/Lintang S06 derajat 09’54.6″, Longitude/Bujur E106 derajat 48′ 29.0″

  • sandi p March 27, 2013, 4:54 pm

    Ada tutorial yg simpel ga koh buat lightroom 4 ??
    Mau nge-save hasil editan aja bingung,, hehe

  • Mark March 26, 2013, 2:25 pm

    Thx infonya…

  • Enche March 26, 2013, 11:47 am

    Tidak harus Pak Mark, warna bisa diinfus langsung. Tapi yang diatas itu memang saya jadiin hitam putih dulu.

  • Mark March 26, 2013, 11:33 am

    sebelum diedit split toning harus dijadikan BW dulu ya?

  • Enche March 26, 2013, 12:34 am

    @Mark Terus terang saya tidak tahu tentang itu, tapi mestinya bisa dong, karena Photoshop CS lebih lengkap untuk editingnya. Cuma mungkin istilah dan langkahnya beda.

  • Mark March 25, 2013, 11:38 pm

    Bagaimana cara untuk split toning di Adobe Photoshop CS? Apa hanya bisa di Adobe Lightroom?

Leave a Comment