≡ Menu

Kesan Focus Imaging Jakarta 2013

Hari Jum’at kemarin saya menyempatkan diri datang ke pameran Focus Imaging di JHCC, Jakarta. Saya tidak sempat terlalu lama disana tapi sempat berkeliling dan mengunjungi secara sepintas ke beberapa booth vendor.

Di tahun ini, yang menarik bagi saya adalah munculnya beberapa kamera saku dengan sensor besar. Contohnya Fujifilm X100S, yang disempurnakan dari Fuji X100 yang cukup sukses di dunia. X100S memiliki kinerja (kecepatan autofocus, startup) yang lebih cepat dan memiliki sensor gambar X-Trans yang lebih bagus daripada pendahulunya. Selain itu X20 juga sudah dipamerkan, sebuah pembaharuan dari X10, sebuah kamera compact yang bisa zoom dan memiliki jendela bidik optik.

Booth Fuji tidak kalah luas daripada vendor terkemuka lain seperti Canon dan Nikon, dan meski tidak seramai booth CaNikon, tapi banyak yang pingin coba-coba. Hebatnya Fuji menyediakan demo unit yang cukup banyak, terutama Fuji X100S.

Kesan saya terhadap Fuji X100S cukup positif: handling bagus, tidak terlalu besar dan kecil. Ada jendela bidik hybrid (bisa jendela optik atau elektronik). Autofokusnya lumayan cepat di dalam ruangan pameran, sepertinya diluar ruangan lebih cepat lagi. Fuji mengklaim kecepatan autofokusnya 0.08 detik. Lensa fix yang terpasang di Fuji X100S (tidak bisa diganti) ekuivalen dengan 35mm f/2 di kamera full frame mungkin menjadi rintangan Fuji untuk menjual banyak unit karena rata-rata penghobi fotografi biasanya lebih menyukai lensa zoom. Harga Fuji X100s 12 juta.

Iesan dengan Fuji X100S, dibelakangnya ada mas Erwin dengan Fuji X-S1

Sempat juga melihat dan memegang Sony RX1, sebuah kamera compact yang memiliki sensor berukuran full frame pertama di dunia. Ukurannya tidak lebih besar dari Fuji X100S, tapi rasanya lebih kekar. Harganya juga cukup tinggi yaitu Rp. 27.8 juta. Sama seperti Fuji X100S, RX1 punya lensa fix buatan Carl Zeiss 35mm f/2 yang tidak bisa ditukar.

Ada satu lagi kamera compact bersensor besar berlensa fix yang baru diumumkan yaitu Nikon Coolpix A. Kamera besutan Nikon ini punya sensor DX (APS-C) setara kamera DSLR dan lensa fix ekuivalen dengan 28mm f/2 di full frame. Tapi karena baru diumumkan, kamera ini belum dipamerkan di Focus Imaging tahun ini.

Hari ini (10 Maret 2013) adalah hari terakhir Pameran Focus. Saya anjurkan untuk mengunjunginya untuk melihat perkembangan produk fotografi yang terbaru. Selain bisa mencoba kamera dan lensa sebelum membeli, ada juga pameran galeri foto, seminar,workshop, lomba dan tentunya diskon-diskonan yang ditawarkan para vendor untuk pengunjung.

Promosi yang terdeteksi oleh saya

  • Beli Tokina 12-24mm f/4 gratis backpack Lowepro yang seharga Rp 2.2 juta
  • Ada lomba di booth Photoklip berhadiah kamera DSLR Nikon
  • Canon EOS M memberikan potongan harga untuk paket kitnya harga variasi mulai dari 7 jutaan
  • Canon memberikan bonus 16GB memory card, jaket dan cleaning kit untuk pembelian kamera tertentu
  • Diskon 1 juta untuk Fuji X-Pro-1 dan X-E-1
  • Sony diskon Rp. 800.000 untuk sebagian besar kameranya
  • Sigma menawarkan diskon dari 200rb sampai 1.65 juta

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment