≡ Menu

Liputan tur Ujung Genteng 23-24 Maret 2013

Tur ke pantai Ujung Genteng kali ini tidak kalah ramai dengan tur ke pantai Sawarna, September tahun lalu. Total peserta 22 orang, dengan komposisi 4 orang panitia, 18 peserta. Belajar dari pengalaman tur sebelumnya, saya memesan dua ELF daripada bus pariwisata yang besar supaya lebih gesit dalam mendahului truk-truk dan kuat untuk menanjak.

Perjalanan lebih jauh dari ke Sawarna, sehingga sesampainya di penginapan, kita langsung naik ojek ke tempat pelepasan anak penyu yang bernama pantai Pagumbahan. Pantainya biasa saja, berpasir putih tapi tidak ada karang atau batu besar, tapi atraksi yang menarik adalah pelepasan anak penyu (tukik) ke laut.

Tidak lama setelah masuk ke dalam, kita berbaris menonton tukik dilepaskan ke laut. Wah ternyata tukik-tukik gerakannya sangat cepat. Dalam hitungan detik, semuanya bergerak cepat menuju laut dengan cepatnya

Selanjutnya kita naik ojek lagi ke pantai Cibuaya untuk memotret sunset. Sayangnya cuaca mendung sehingga matahari tidak timbul. Meski demikian formasi awan dan warna merah muda di langit cukup menarik untuk dipotret.

Di malam hari, setelah makan-makan, sebagian besar peserta ngobrol-ngobrol dan kemudian kembali ke kamar masing-masing untuk melanjutkan ngobrol-ngobrol, menonton TV dan beristirahat.

Jam 4.30 pagi sebelum matahari terbit rombongan sudah siap-siap dan berangkat menuju spot matahari terbit, tentunya ojek lagi. Sesampai disana, langsung masing-masing sibuk mencari spot untuk memotret sunrise dengan foreground perahu nelayan.

Setelah sarapan bareng, rombongan check out menuju dua air terjun, Cigangsa dan Cikaso. Sayangnya debit air curug Cigangsa sangat tinggi sehingga tidak bisa turun sampai kebawah untuk memotret. Di curug Cikaso, debit air juga sangat tinggi, angin juga kencang sehingga fotografer-fotografer bukannya sibuk motret malah sibuk melindungi dan melap lensa dan kamera dari air hehe. Tapi tetap saja semangat sebagian besar peserta sangat tinggi dan berhasil mendapatkan hasil yang fantastis.

Secara keseluruhan acara tur berlangsung baik dan rombongan gembira bisa jalan-jalan menyaksikan pelepasan tukik dan juga mendapatkan oleh-oleh foto yang unik. Infofotografi akan mengadakan tur fotografi lagi bulan Mei. Bagi yang berminat untuk ikutan boleh e-mail: infofotografi@gmail.com untuk dicatat dan akan dikabari setelah jadwal sudah dirilis.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • Rizal August 24, 2013, 8:43 am

    Gmn tips foto air Terjun tapi kamera tidal be remain atau basah..

    • Enche Tjin August 26, 2013, 1:09 pm

      @Rizal gak ada cara yang efektif selain tunggu anginnya reda.

  • boobee March 29, 2013, 5:31 am

    Foto no.3 bagus ya……
    Yang jadi pertanyaan saya adalah bagaimana teknik mengaburkan gambar pada sisi bagian kiri sehingga kabur / blur bukan layaknya tidak fokus pada titik itu, tetapi seolah-olah ada teknik panning yang menyiratkan bahwa pandangan kita seolah ditarik oleh garis menuju matahari…….

    Thanks…..

    • Enche March 29, 2013, 10:35 am

      @boobee saya bahas ya, ditunggu artikelnya

Leave a Comment