≡ Menu

Bahas pembuatan foto bermain catur di kota Beijing, Cina

Foto dibawah ini saya buat di taman Temple of Heaven di Beijing. Di bagian belakang kompleks kuil kuno yang terkenal karena digunakan oleh Kaisar Cina dimasa lalu ini, terdapat banyak aktifitas orang-orang tua misalnya bermain catur, domino, kartu, merajut, berdansa, menyanyi, bersenam dan sebagainya. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah kumpulan orang tua yang bermain catur. Kelihatannya semuanya sangat serius dan fokus ke papan catur.

Mengantisipasi langkah selanjutnya. ISO 180, f/8, 1/60 detik, 29mm

Mengantisipasi langkah selanjutnya. ISO 180, f/8, 1/60 detik, 29mm. Klik untuk memperbesar foto – Nikon D600 + 16-35mm f/4 VR

Saya mengunakan lensa yang cukup lebar yaitu 29mm dengan kamera full frame (sekitar 19mm saat memakai kamera bersensor APS-C), ISO saya set ke Auto ISO dengan minimum shutter speed 1/60 detik, makanya itu dapat ISO 180 yang tidak lazim.

Hal yang menarik dari adegan ini adalah semua orang yang mengitari papan catur terlihat serius mengantisipasi langkah selanjutnya dari Bapak yang berbaju kotak-kotak yang sedang memegang biji catur.

Secara komposisi, saya berusaha supaya semua wajah terlihat jelas dan tidak saling menghalangi. Saya menunggu sebentar sampai semuanya tenang dan diam, lalu mengambil gambar. Saya juga mengunakan lensa lebar dan maju cukup dekat (sekitar 1/2 meter dari papan catur) supaya foto terlihat lebih tiga dimensi dan hal-hal yang tidak perlu tidak masuk ke dalam komposisi foto. Bukaan saya set agak kecil yaitu f/8 supaya semuanyanya fokus meskipun saya memfokuskan kamera ke papan catur.

Untuk post processingnya (editing), seperti biasa, saya mengunakan software Adobe Lightroom. Disana saya menurunkan saturasi dan memberikan sedikit sentuhan warna kuning tua sehingga kesannya seperti foto jaman dulu yang sudah pudar. Kontras dan Clarity juga saya naikkan supaya foto lebih bertekstur menekankan kesan jadul.


Mari belajar mengenal fungsi tombol, menu, dan cara mengoperasikan kamera DSLR di kupas tuntas kamera DSLR Canon atau Nikon. Terbuka untuk segala usia dan pendaftaran masih terbuka.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment