≡ Menu

Nikon D5200 vs Nikon D90

Nikon D90 sebenarnya adalah kamera yang sudah cukup jadul (tua), karena pertama kali diluncurkan tahun 2008. Berarti sudah beredar 5 tahun. Dalam kamus kamera DSLR, 2 tahun itu sudah cukup tua, apalagi 5 tahun. Meski demikian, D90 masih dijual di toko toko kamera dan banyak pemakainya. Di lain pihak, Nikon D5200 adalah kamera DSLR yang baru diluncurkan akhir tahun lalu. Tapi kenapa kedua kamera dijual dengan harga yang hampir sama dan dua-duanya cukup populer?

Nikon D5200 memiliki tampilan LCD yang lebih ilustratif sehingga mempermudah untuk belajar fotografi

Nikon D5200 memiliki tampilan LCD yang lebih ilustratif sehingga mempermudah untuk belajar fotografi

Dari teknologi, Nikon D5200 lebih unggul dari D90 di berbagai sektor. Sensor imaji baru, 24MP menangkap lebih banyak detail, modul autofokus yang terpasang 39 titik dibandingkan 11 titik yang ada di D90, dan fitur video yang jauh lebih bagus dan fleksibel. Kelebihan lainnya terletak di layar LCD yang bisa dilipat. Bagi pemula, D5200 lebih mudah dipelajari karena antar muka grafisnya lebih ilustratif.

Keunggulan Nikon D90 yang paling jelas yaitu dari fisiknya yang memiliki LCD tambahan dan tombol-tombol yang lebih lengkap

Keunggulan Nikon D90 yang paling jelas yaitu dari fisiknya yang memiliki LCD tambahan dan tombol-tombol yang lebih lengkap

Tapi bukan berarti Nikon D90 kalah telak, kalau kita lihat lebih teliti, ada berbagai Nikon D90 yang membuat kuda tua ini masih menjadi andalan untuk fotografer. Keunggulan utama Nikon D90 adalah fisiknya yang lebih tahan banting, dan ada layar tambahan LCD yang terletak diatas kamera. Layar LCD kecil ini membantu sekali saat memotret outdoor untuk melihat setting kamera tanpa silau, dan menghemat konsumsi baterai. Kinerja Nikon D90 pada umumnya lebih baik: kecepatan kamera saat dihidupkan (0.3 detik) dan memotret (shutter lag 0.06 detik) lebih cepat dari D5200 (0.5 detik dan 0.2 detik).

Keunggulan lainnya yaitu jendela bidik D90 berbahan pentaprisma yang lebih bening dan cakupannya lebih luas daripada Nikon D5200. Tombol-tombol Nikon D90 lebih banyak dan multifungsi sehingga lebih cepat saat mengakses dan mengubah setting.Maka itu untuk foto candid atau saat mengejar moment penting, D90 lebih bisa diandalkan.

Bagi yang suka hunting dari sunrise sampai sunset, kapasitas baterai Nikon D90 jauh lebih besar dari D5200, yaitu 850 foto dibandingkan 500 foto.

Selain itu, Nikon D90 memiliki motor fokus yang bisa menggerakkan lensa Nikon AF-D generasi lama, kualitasnya tidak sebaik versi baru (AF-S), tapi di pasar lensa bekas masih banyak diperjual belikan dengan harga yang lebih terjangkau.

Bagi penggemar flash, ada fitur commander flash yang dapat mengendalikan lampu kilat eksternal (speedlite) dengan mengunakan built-in flash yang terpasang di kamera.

Karena kelebihan-kelebihan tersebut, Nikon D90 masih banyak dicari oleh fotografer berpengalaman atau profesional (buat kerja).

Saya sendiri kalau jalan-jalan santai, saya lebih senang bawa Nikon D5200 karena lebih kecil dan ringan, kualitas gambarnya juga bagus. Tapi kalau untuk kebutuhan kerja, atau untuk menangkap momen candid, saya lebih suka membawa Nikon D90.

Keunggulan kelemahan Nikon D90
+ Mantap saat digenggam, banyak tombol dan kenop
+ Ada layar LCD tambahan di bagian atas kamera
+ Kapasitas baterai besar
+ Commander mode untuk flash
+ Ada motor fokus, lensa lama (AF-D) bisa autofokus
+ Jendela bidik sedikit lebih besar dan terang
– Sudah cukup lama beredar
– Video masih primitif
– Modul autofokus hanya 11 titik

Keunggulan kelemahan Nikon D5200
+ Resolusi gambar tinggi, generasi terbaru 24 MP
+ LCD bisa diputar dan dilipat
+ Fitur video cukup lengkap dan berkualitas
+ Modul autofokus 39 titik
– Tidak ada motor fokus
– Kapasitas baterai kecil
– Tombol dan kenop tidak banyak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 152 comments… add one }

Leave a Comment