≡ Menu

Belajar fotografi pakai kamera DSLR pemula atau langsung yang canggih?

Sering saya mendapatkan pertanyaan apakah sebaiknya pemula dalam hobi fotografi sebaiknya membeli kamera DSLR pemula atau yang canggih sekalian? Saya pribadi menyarankan membeli kamera untuk pemula terlebih dahulu meskipun kita memiliki dana yang cukup untuk kamera yang lebih canggih.

Alasan dari calon pembeli yang ingin membeli kamera yang canggih biasanya karena tidak mau ganti-ganti kamera di masa depan, tapi teknologi kamera terus berkembang, upgrade kamera di masa depan tidak terelakkan, namun, bagaimana kita bisa tahu bahwa kamera canggih sasaran kita akan memenuhi kebutuhan fotografi kita?

Biasanya, calon pembeli peduli dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera canggih dianggap dapat membuat foto dengan kualitas yang lebih bagus. Sebenarnya, jika dikaji dari kualitas gambar, perbedaan antara kamera DSLR pemula dengan kamera canggih yang memiliki ukuran sensor gambar yang sama tidak berbeda atau tidak jauh bedanya. Kamera DSLR Canon 550D, 600D, 60D sampai 7D kualitas gambarnya kurang lebih sama. Dalam hal ini, teknik fotografi dan kualitas lensa lebih menentukan kualitas gambar.

KELEBIHAN – KEKURANGAN KAMERA DSLR PEMULA

Kamera pemula memiliki antarmuka desain yang lebih sederhana dan ilustratif. Misalnya di Nikon D3200 atau D5200, kita bisa melihat ilustrasi bukaan lensa saat mengganti nilai bukaannya (f). Angka-angkanya juga lebih komplit, misalnya shutter speed ditulis 1/100 detik dan angka bukaan lensa  f/8. Di kamera canggih, nilai shutter speed disingkat menjadi 100 dan bukaan lensa menjadi 8.0

Ada panduan dan peringatan juga. Misalnya di kamera DSLR pemula Canon, setiap mengganti mode kamera atau fungsi kamera, akan muncul sedikit ulasan tentang mode dan fungsi kamera tersebut. Di kamera DSLR Nikon pemula, ada peringatan jika setting yang kita tetapkan akan menyebabkan subjek foto terlalu gelap atau terlalu terang.

Tentunya, DSLR pemula juga memiliki lebih banyak fungsi AUTO-nya yang akan mencoba menyesuaikan setting kamera terbaik dengan subjek foto/pemandangan. Keuntungan lain dari kamera pemula adalah biasanya ukurannya relatif  ringan dan ringkas.

Antarmuka Nikon D5200 yang ilustratif. Gambar bukaan/diafragma akan membesar dan mengecil sesuai dengan nilai F yang disetting.

Antarmuka Nikon D5200 yang ilustratif. Gambar bukaan/diafragma akan membesar dan mengecil sesuai dengan nilai F yang disetting.

KELEBIHAN – KEKURANGAN KAMERA DSLR CANGGIH

Sebenarnya, langsung membeli kamera digital yang canggih juga dapat mengantarkan kita ke tujuan kita. Keuntungan dari langsung membeli kamera digital canggih adalah memiliki badan kamera yang lebih kokoh. Biasanya dibuat oleh bahan plastik yang lebih keras atau logam magnesium alloy. Ada LCD tambahan membantu untuk melihat setting-setting kamera dengan cepat dikondisi apa saja, gelap ataupun terang. Kamera canggih juga biasanya memiliki kinerja lebih cepat, dan daya tampung buffer foto berturut-turut yang lebih lapang. Baterai yang digunakan juga lebih besar sehingga dapat memotret lebih lama sebelum mengganti baterai/cas.

Kekurangannya, kamera canggih lebih sulit dipelajari karena lebih sedikit panduan di kamera, penulisan setting biasanya disingkat-singkat dan dilambangkan dengan simbol-simbol saja, sehingga pemula perlu lebih banyak mengingat/menghapal. Tombol-tombol dan menu item yang banyak juga dapat membuat pusing.

Bagi yang hanya ingin mengunakan kamera tanpa mempelajari dasar fotografi, tentunya tidak tepat membeli kamera yang sangat canggih, karena fungsi otomatisnya tidak banyak atau malahan tidak ada sama sekali. Contohnya Nikon D700 dan D800 tidak memiliki mode Full Auto / Scene Mode. Di lain pihak, kamera Canon 5D mark III tidak memiliki lampu kilat terpasang, yang kadang-kadang praktis digunakan untuk memotret subjek dalam posisi backlight.

Cari fungsi Auto di kamera DSLR canggih Nikon D800? Sayang sekali, gak ada tuh, yang ada tombol2 fungsi lainnya.

Cari fungsi Auto di kamera DSLR canggih Nikon D800? Sayang sekali, gak ada tuh, yang ada tombol2 fungsi lainnya.

REKOMENDASI

Kamera digital saat sekarang perbaharuannya juga cepat, setiap kali produsen kamera membuat kamera baru yang lebih canggih, kamera lama turun harga, dalam setahun, kurang lebih penyusutan harga kamera bekas sebesar 20% pertahun. Dengan mengunakan kamera DSLR pemula terlebih dahulu, kita dapat menghemat. Saat kita sudah menguasai fotografi dan siap untuk upgrade, kita bisa membeli kamera yang lebih tepat sesuai yang kita butuhkan. Tidak semua orang membutuhkan kamera canggih, dan orang yang membutuhkannya, memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Secara alami, kita akan mengetahui kamera canggih yang kita perlukan dari pengalaman yang didapatkan saat mengunakan kamera pemula.

Maka itu, saya sarankan bagi yang baru ingin belajar untuk mengunakan kamera pemula terlebih dahulu, setelah menguasai semua tombol, fungsi, menu kamera dan mempelajari teknik fotografi yang baik baru upgrade ke kamera yang lebih canggih. Dengan demikian perjalanan belajar fotografi kita lebih mulus jalannya. Bagi yang sudah terlanjur memiliki kamera DSLR canggih, jalan memang lebih terjal, tapi jangan menyerah meskipun perlu lebih  semangat lagi untuk belajar.

Jangan lewatkan jadwal belajar fotografi, editing dan tour infofotografi.

ISO 80, f/2.8, 1/190 detik, Ricoh GRD IV , editing monochrome sepia via Adobe Lightroom

Jalan berbatu-batu dan terjal, tapi masih bisa ditempuh, semangat! – ISO 80, f/2.8, 1/190 detik, Ricoh GRD IV , editing monochrome sepia via Adobe Lightroom

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 235 comments… add one }
  • iam March 12, 2015, 7:32 pm

    Om mu nanya,

    Cara cek unit kamera n lensa nikon itu original gimana?
    Trmksh

  • muhammad March 8, 2015, 8:17 am

    En. Tjin,
    saya mengguna Camera D3200. Bagimana cara mahu “Flash” sentaiasa”on” tidak mahu auto.

    • Enche Tjin March 9, 2015, 8:50 am

      Pencet aja tombol flash yang posisinya disebelah kiri kamera.

  • Johan Aditya S February 28, 2015, 8:12 am

    Saya mau nanya
    Nikon D90 apakah cocok untuk pemula?
    Lensa yg cocok untuk d90 apa ya?
    terima kasih

    • Enche Tjin March 1, 2015, 9:28 am

      Biasanya Nikon D90 untuk yang cukup pengalaman, tapi bisa juga digunakan untuk pemula, hanya belajarnya mesti lebih serius dan sabar hehe.. Lensa yang bagus untuk memulai 18-105mm VR. Kalau lensa-lensa lainnya saya pernah ulas di panduan memilih lensa untuk kamera Nikon.

  • ekoadi February 9, 2015, 2:59 am

    om , mau tanyaa, camera nikon d3200 itu kok hasilnya kurang tajam? dan blurnya juga kurang, bagaimana cara nyettingnya om?

    • Enche Tjin February 9, 2015, 11:40 am

      Lensa yang digunakan mungkin bukan yang berkualitas tinggi.

  • yogi permana February 4, 2015, 5:59 am

    saya mau tanya Pak, saya seorang pemula dalam dunia fotografi. kamera saya Nikon D3200, untuk mode manual, cara ngubah diafragmanya gmn ya??apa nilai f mengikuti shutter speed. jd yg bisa dirubah cuma iso sama shutter speed??

    • Enche Tjin February 13, 2015, 10:43 pm

      Cara mengubah diafragma adalah menekan tombol yang simbolnya +/- (terletak di bagian atas kamera, dekat posisi telunjuk) sambil ditahan, kemudian putar rodanya.

  • Dhilla January 31, 2015, 5:17 pm

    om sya kan pnya 3 rekomendasi kamera yaitu:

    -Nikon D3200
    -Nikon D3300
    -Nikon D5200

    yang mna cocok buat pemula truss yng gmpng diplajari yng mna??? saya bingung mlihnya mohon infonya om 🙂

    • Enche Tjin February 2, 2015, 10:53 am

      Semuanya untuk pemula, tapi yang fiturnya paling lengkap Nikon D5200.

  • Rizki S.R January 30, 2015, 8:05 am

    Mau nannya, untuk Nikon d3200 sama Nikon D5100 Tuh Bagusan Mana???

    • Enche Tjin January 30, 2015, 3:10 pm

      Dari segi kualitas gambar D3200, tapi dari segi fitur D5100.

  • Armin Oghenk January 13, 2015, 11:01 am

    Permisi ko’ saya mau nanya. Saya bingung pilih kamera antara Canon 700d atau 60D. Yg bagus tuh yg mana yh ko’ buat pemula seperti saya.’ ?

    • Enche Tjin January 14, 2015, 7:11 am

      Untuk pemula, Canon 700D lebih cocok.

  • soleh January 1, 2015, 9:28 pm

    Permisi ko, klo lensa nikon d5200 yg cocok buat pemula apa?

  • ci niie January 1, 2015, 9:17 pm

    Sy pengguna nikon d5200, mau tanya lensa macro harganya brapa? Dan lensa apa yg cocok dipakai untuk pemula?
    Thanks..

    • Enche Tjin January 2, 2015, 2:33 pm

      Lensa makro (istilah Nikon mikro) ada beberapa, seperti 40mm f/2.8, 60mm f/2.8, 85mm f/3.5 VR dan 105mm f/2.8 VR. Yang terakhir kualitasnya yang terbaik, tapi harganya paling tinggi, soal harga tepatnya coba cek aja ke toko.

  • Linda December 29, 2014, 4:36 pm

    permisi ko mau nanya, saya benar2 pemula mulai dari nol ingin memasuki dunia fotografi, saya suka foto pemandangan dan merekam video, kira2 merk apa dan tipe apa yg cocok yah? terima kasih pencerahannya =D

  • yudha December 29, 2014, 3:52 pm

    mau tanya om, lebih bagusan mana nikon D5200 atau canon kiss x5 untuk pemula. untuk penggunaan nya saya lebih buat foto2 dan foto pemandangan aja, mohon penjelasannya

    • Enche Tjin December 29, 2014, 4:12 pm

      Masing-masing ada plus minusnya. Dari kelengkapan fitur dan kemudahan operasi Canon kiss lebih oke, soal kualitas gambar dan autofokus Nikon D5200 lebih unggul. Rekomendasi saya Nikon D5200.

  • rara December 19, 2014, 4:37 pm

    mas kalau beli lensa atau kamera di LAZADA kira2 terjamin barang asli gk ya?

    • Enche Tjin December 20, 2014, 2:04 pm

      Biasanya garansinya bukan garansi resmi distributor Indonesia. Kalau kualitasnya sama.

  • amoy kristina December 16, 2014, 6:22 pm

    ko untuk camera SLR bagusan canon 1100D atau 600D? tapi kalo beda merk lebih bagus mana sama nikon?

    • Enche Tjin December 16, 2014, 8:23 pm

      Bagusan 600D, yang Nikon saingannya D3100 (tapi sudah baca ya perbandingannya? Jadi gak perlu diulas lagi tampaknya) 🙂

  • vidya December 3, 2014, 6:10 pm

    mo tanya nih om, lbh prefer ke nikon d3300 ato d90 om klo untuk foto model,prewed,weding.?

    • Enche Tjin December 5, 2014, 10:05 am

      Kalau dari kualitas gambar, Nikon D3300 lebih baik. Tapi kalau dari kualitas body, pengoperasian, kinerja, lebih baik Nikon D90. Saya sendiri lebih prefer Nikon D90 untuk kerja.

  • satrio November 29, 2014, 10:02 am

    ko mau tanya nikon D3200 cocok ngak untuk pemula?. thanks

    • Enche Tjin November 30, 2014, 12:34 pm

      Cocok

  • rin November 22, 2014, 1:09 pm

    ko, saya pemula, kemarin lihat foto2 di blog orang lain, dan dia kasih tau jenis kameranya. ada 3 jenis kamera yang saya sukai
    1. Canon 600D
    2. Nikon Coolpix P700
    3. Sony A5000
    saya menyukai hasil foto yang cerah dan terang, kira2 bagus yang mana ya? sekaligus yang enak buat dibawa bawa. makasih

  • sarii November 16, 2014, 6:26 pm

    ko mau tanya..
    kalo isi efek” kayak aquamarine gitu apa gak ada efk samping buat kameranya…??
    mkasihh

    • Enche Tjin November 17, 2014, 9:23 am

      Gak ada

  • Kiki Quntadi November 11, 2014, 7:50 pm

    Ko, kelebihan kamera Nikon D3300 apa ko? Kira kira sama tipe kamera yg sederajat D3300 unggul yg tipe apa ko? apa itu cukup buat pemula?

    • Enche Tjin November 11, 2014, 7:54 pm

      Tergantung dibandingkan dengan kamera apa? Secara umum kualitas gambarya sangat baik. D3300 memang dirancang untuk pemula.

  • febrian November 10, 2014, 9:05 pm

    Ko saya pemula banget belum mengerti tentang kamera. klo untuk pemula pakai Nikon D3200 gimana ko apakah bagus untuk traveling

    • Enche Tjin November 10, 2014, 9:10 pm

      Oke, kameranya cukup simple untuk digunakan dan juga gak berat.

  • odyana alfarezi October 29, 2014, 3:59 pm

    ka mau nanya klw editan di android sprti efek aquamarine di android ada ga? kaya di Dslr?

  • kenang October 27, 2014, 1:00 pm

    ko kalo lensa yang cocok buat canon 600d ,untuk prewedd,model,lanscap ap ko.mkasi

  • Ryan Pratama October 26, 2014, 11:50 am

    Ko, mau tanya, sya baru mau belajar photografi, camera saya canon 1200d, klo lensa untk pemula kayak saya yang bagimana?? #mohon bantuannya

  • idris October 25, 2014, 7:59 pm

    om saya mau nanya nih , saya kan mau beli canon 600d apakah bagus untuk santai2 atau liburan atau ada acara2 gitu saya minta saranya donk om hehehe

    • Enche Tjin October 27, 2014, 11:24 pm

      Oke juga, ukurannya ringkas, dan layar LCD bisa diflip. Tapi kalau punya dana lebih saran saya 700D / 70D. Perbedaan utamanya sudah bisa touchscreen dan autofokus saat merekam video lebih baik.

  • yan October 24, 2014, 11:58 am

    mau tanya om.
    lensa yang cocok untuk nikon d5100 om,,lensa yang tipe berapa om?

    thanks om

    • Enche Tjin October 25, 2014, 12:54 am

      Banyak sekali lensanya, tergantung lebih banyak motret apa

  • Gilang permana October 9, 2014, 8:56 am

    Slam kenal om,sy pnya nikon D3100 bru 8 bln sy beli,dan ada rencana mau beli nikon D90 tngan ke 3 tnpa dus,mohon sarannya om?mksih

    • Enche Tjin October 11, 2014, 9:04 am

      Tujuannya beli D90 untuk apa?

  • ahmad agus October 8, 2014, 10:32 pm

    Kalau mau foto malam pengaturan kamera nya berapa” ya ko bgusnya?

    • Enche Tjin October 9, 2014, 9:04 am

      Kalau dibahas bisa panjang sekali, dan perlu pemahaman setting dasar fotografi. Tapi kalau yang mudah ya pilih night scene terus taruh kamera di tripod hehe
      Coba baca juga yang ini.

  • ferdita October 8, 2014, 12:48 am

    permisi ko, mau nanya.. tempat servis lensa canon yang bagus pelayanannya, trusted, dan cukup cepat untuk daerah jakarta dimana ya ko.? terima kasih banyak sebelumnya.

  • piatorayakan September 12, 2014, 7:30 pm

    Menarik sekali artikelnya bang, terutama yang membahas canon 600D vs Nikon kalau boleh request e-book teknik photo dasar menggunakan canon 600D…buat referensi soalnya pemula banget ni bang, masih gemetar megang kamera soalnya tombolnya banyak banget puyeng liatnya heheh..salam dari toraja

  • satria September 9, 2014, 8:12 pm

    Harga segitu normal atau kmahalan bgus mana dg nikon 3000 krn cuma beda us$ 50

  • satria September 8, 2014, 2:19 am

    Ko…q sbagai pemula dan skrang lgi di luar negeri dsni menjual canon berbeda dg di indo,maksud dari canon rebel T3i apa ko….dsni di bandrol us$650

    • Enche Tjin September 8, 2014, 1:44 pm

      Iya namanya saja yang beda, spesifikasinya sama dengan Canon EOS 600D

  • andre September 1, 2014, 11:38 pm

    ko mau nanya, kalo canon 600D cocok gak buat pemula?

    • Enche Tjin September 2, 2014, 11:12 pm

      Cocok.

  • maman September 1, 2014, 4:37 am

    minta saran ko, saya mau beli DSLR dan dapat dua kamera bagus dgn harga yang mirip, canon 60D dan Nikon D5200

    kelasnya 60D lebih pro diatas D5200, tapi image quality D5200 lebih tinggi dan lebih unggul 1 F-stop. Kalau ko milih secara pribadi pilih mana ya kalau opsinya itu?

    thank you

    • Enche Tjin September 1, 2014, 11:39 am

      Tergantung pemakaiannya lebih untuk santai2 atau banyak untuk kerja? Kalau traveling light saya pilih yg nikon d5200, tapi kalau untuk kerja body dan kinerja canon 60d lebih penting untuk saya.

  • indra August 10, 2014, 10:43 am

    Applikasi untuk ngedit yg bagus n detail selain photoshop apa ko?

    • Enche Tjin August 10, 2014, 1:38 pm

      Yang lebih simple tapi bagus Adobe Lightroom

  • minarti July 12, 2014, 4:44 pm

    ko mau nanya kalo untuk pemula lebih simple pake kamera apa ?

    • Enche Tjin July 12, 2014, 4:48 pm

      Banyak pilihannya, coba baca panduan lengkap memilih kamera digital

      • minarti July 12, 2014, 6:37 pm

        Kamera dengan kualitas gambar bagus, kinerjanya bagus, tombol-tombolnya mudah di jangkau, tidak terlalu berat untuk di bawa kemana-mana, budgetnya 4.5-5 jt kira-kira type/merk apa yang seperti itu yang cocok untuk pemula, mohon sarannya ko. Terima kasih

        • Enche Tjin July 12, 2014, 6:54 pm

          Kayaknya Nikon D3200 masuk dalam kriteria yang dicari 🙂

  • Allifia hariaji July 3, 2014, 12:31 pm

    Oh iyha apa benar komen kalau harga kamera.itu di bawah 10 juta saya kok masih g percaya bahwa kamera cangih dilengkapi dengan fasilaitas yang tinggi tpi kita harus waspada kaLAu membili di orang yang bukan Ahlinya kamera canon itu bisa merugikan orang tiwas2 beli langsung rusak

  • iyan2000 June 15, 2014, 10:37 am

    ko minta sarannya canon 650d lensa jauhnya cocok pake yg mana ya…thanks

  • wachid June 11, 2014, 11:26 pm

    Gan..bagusan mana dslr untuk pemula.. Antara canon 600d sm nikon d5100..
    Mohon recomendednya.. Trims

  • dekaa June 11, 2014, 7:16 am

    om mau tanya,, untuk sony a600 lebih baik milih 55-210 apa 18-200 untuk tele nya???

    • Enche Tjin June 11, 2014, 11:59 pm

      Lebih baik Nikon D3200

  • herze June 3, 2014, 11:07 am

    oh iya terus saya baca komen diatas apa bener untuk kamera harga 10 juta ke bawah bagusan canon, ko? mohon banget sarannya ko. soalnya saya masih pemula banget dan selama ini kalo moto cuma pake canon ixus yang tua. makasih sebelumnya ko 🙂

    • Enche Tjin June 6, 2014, 10:00 pm

      Canon 700D cocok untuk pemula

  • herze June 3, 2014, 11:02 am

    mau minta saran nih bagusan mana untuk pemula nikon d3100 atau d5100? saya baru aja mau terjun serius ke dunia photography.

    • Enche Tjin June 6, 2014, 10:00 pm

      Bagus Nikon D5100

  • suyatno May 23, 2014, 12:41 pm

    ko mo nanya, saya belum canon 1100d klo mo ganti lensa kit yang bagus 18-138mm ato 55-250mm mhn pencerahannya

    • Enche Tjin May 24, 2014, 4:57 pm

      Untuk umum 18-135mm bagus, untuk foto yang jauh2 55-250mm

  • frans May 22, 2014, 4:47 pm

    Ko mau nanya, saya rencana mau upgrade kamera, rekomen ke canon yang 2 digit ato nikon ya..? Ini saya nanyanya kalo koko sndri yg mau beli kamera lho ya, plh yg mana? Seri yg apa ? Untuk budget max.13.500. Soalnya ane pernah baca artikel katanya untuk kamera harga dibawah 10 jt canon lebih unggul, diatas itu nikon tiada lawan. Eheheehe..

    • Enche Tjin May 22, 2014, 4:53 pm

      Nikon D7100 mantap, hampir bisa dibilang kamera pro.

  • rukman May 21, 2014, 9:32 am

    gan mau nanya.. saya beli camera canon 1100D second tapi ga ada dus sama buku-bukunya…. terus flash internalnya ga nyala/ga hidup.. gmna cara setting nya lagi gan.. ??? mkzh.

    • Enche Tjin May 22, 2014, 5:13 pm

      Mungkin sudah rusak saat membeli? coba di servis dulu

  • Daniel Wu May 7, 2014, 12:56 pm

    Nah , Kalo pemula cocoknya pake nikon D7000 atau canon kiss x5 ?
    mana yg lebih simple menggunakannya ?

    • Enche Tjin May 8, 2014, 3:01 am

      Daniel, Kiss X5 lebih simple

  • iskandar April 24, 2014, 12:40 pm

    ko mau nanya canon eos 7d apakah cocok untuk pemula

    • Enche Tjin April 24, 2014, 3:59 pm

      Agak rumit untuk dipelajari

  • pendi April 20, 2014, 6:40 pm

    Ko. Canon eos 70d sama nikon d 7000 bagusan mana??

    • Enche Tjin April 21, 2014, 10:11 am

      Secara teknologi dan fitur 70D lebih bagus, soal kualitas gambar d7000 sedikit diatas angin

  • ade April 20, 2014, 3:02 am

    Om, d5300 dgn d7100 jk dipasangi lensa yg sama, hasilnya kira2 bagusan yg mana ya? Sebanding gak dgn selisih harga kedua kamera tsb?
    Pilih mana Om: beli d5300 body sj + lensa(2) yg bagus atau d7100 + lensa kit? Bingung…
    Tks.

    • Enche Tjin April 21, 2014, 10:20 am

      Kualitas fotonya akan sama, bedanya di kualitas body kamera, kinerja autofocus, kecepatan foto berturut-turut dan tombol2. Kalau dana terbatas, saya lebih utamakan lensa.

  • Oda April 17, 2014, 1:42 pm

    Ko mau tanya, saya ini pemula mau beli kamera dslr tapi bingung antara canon 700D , canon 100D atau nikon D3300, menurut koko yang lebih cocok bagi pemula yang mana, dan kalau boleh beri alasan juga ko. thx sebelumnya

    • Enche Tjin April 17, 2014, 5:57 pm

      Dari kualitas gambar, Nikon D3300 lebih unggul, disisi lain, keunggulan canon 700d yaitu di layar putar dan sentuh, autofokus lebih cepat. Saya pribadi pilih Nikon D3300.

  • abi April 12, 2014, 8:20 pm

    Ko, saya baru beli kamera DSLR canon 600D,gak ada kitab petunjuknya alias batangan (Baru tau setelah barang nyampe rumah). Padahal saya tidak pernah pegang kamera DSLR. Di mana saya bisa belajar mengenal dasar kamera canon DSLR? Browsing gak nemu2… posisi saya di jatim

    • Enche Tjin April 12, 2014, 8:38 pm

      @abi coba download manualnya disini. (bahasa inggris manualnya).

      • abi April 12, 2014, 9:16 pm

        kalo yang bahasa indo ada nggak? biar lebih mudah pemahamannya… saya mulai dari nol tentang kamera DSLR…

  • Hardiyanti April 9, 2014, 2:29 pm

    Ko, saya mau tanya saya baru beli camera canon EOS 700d. Ttapi saya baru pemula ko…
    Bagaimana agar cepat dpt mempelajari fotografi dengan camera tsb. Terimakasih….

  • Dani April 5, 2014, 1:03 am

    Koh, Saya pingin beli kamera DSLR, ada budget sekitar 6 jutaan dan tujuannya ingin belajar Fotografi. Saya bingung pilih Canon 1100D atau 600D. Pertimbangan kalo beli 1100D bisa beli lensa laen selain kit.Kalo 600D hanya dapat lensa kit. Mohon pencerahannya. Thx

    • Enche Tjin April 11, 2014, 12:10 am

      Kalau dana terbatas, saran saya perbanyak lensanya.

  • juhn April 4, 2014, 5:37 pm

    Ko kamera dslr yang paling bagus buat pemula yang mana ya?

  • Hedy April 4, 2014, 3:22 pm

    Mau bertanya, saya pemula, ingin membeli kamera SLR sesuai budget, antara EOS D600 atau Nikon D3300 ?

  • wahyu wardhana April 1, 2014, 8:36 am

    Om.. kalo nikkon d3100 untuk pemula cocok gak…
    Dan saya pemula yang mau belajar tentang iso,bukaan,dan kecepatan om…
    Mohon saran dan bimbingannya….

    • Enche Tjin April 2, 2014, 10:07 am

      @wahyu cocok

  • Lily March 30, 2014, 8:10 pm

    Mau tanya soal nikon D7100, tentang teknik foto dan setting

    • Enche Tjin March 31, 2014, 10:44 am

      Boleh, pertanyaannya apa ya?

  • hendra siahaan March 14, 2014, 11:53 pm

    ko, ada pilhan antara cannon n nikon, saya sudah pakai cannon 60d n 600d juga nikon d3100 n 7000 d, sebagai gambaran kwalitas foto lebih menangan nikon tp di night dengan penambahan angel nya kenapa menangan cannon 60d, mohon sarannya bang

    • Enche Tjin March 17, 2014, 6:41 pm

      @hendra maksud penambahan angel apa ya?

  • via febyanti March 11, 2014, 4:16 pm

    Om mau tanya saya pemula, lagi bingung antara nikon d90 atau canon 1100d. Mohon penjelasannya. Terimakasih

    • Enche Tjin March 14, 2014, 6:07 pm

      @via febyanti lebih baik Nikon D90

  • Maimanah March 6, 2014, 9:48 am

    Untuk pemula , selain nikon ada kamera merek lain apa enggak ??

    • Enche Tjin March 7, 2014, 12:55 pm

      @Maimanah, ada Canon, Pentax, Olympus, Panasonic, Sony 🙂

  • Budi February 23, 2014, 12:09 am

    Koh,
    Saya pingin beli kamera DSLR, saya blm pernah belajar sbelumnya. dan tujuan buat jalan-jalan n hobi. saya bingung pilih canon 700D atau 70D atau Nikon D5200/5300. mohon pencerahannya.
    Thx

    • Enche Tjin February 25, 2014, 9:47 am

      @Budi semuanya oke-oke. Untuk hasil gambar terbaik, saran saya Nikon D5300

  • Iyo unyil February 21, 2014, 8:16 pm

    maas..mau nanya..saya suka banget dengan memotret dan saya jga bisa d bilang sbgai pemula..saya ingin memiliki kamera dslr..pilihan saya ada
    antara canon eos 650 D dan Canon eos 60d juga canon eos 70 d…di antara ketiga kameta ityu yg mna ya cocok buat saya.karna saya juga ingin blajar photography dan ada rencana buka studio foto kecil2n..trima ksih

    • Enche Tjin February 21, 2014, 9:00 pm

      @Iyo Jika budget mencukupi, saran saya Canon 70D yang merupakan kamera dengan kualitas terbaik dengan teknologi yang tercanggih dikelasnya saat ini. Tapi jika dana agak terbatas, Canon 60D bisa jadi andalan. Sisa dana masih dibutuhkan untuk berbagai keperluan lain seperti tripod, flash dan keperluan studio lain yang tidak sedikit.

  • farras February 18, 2014, 8:56 am

    Om,,sya mau minta pendapat nih,,klo semisal anda di beri pilihan tpi anda msh sbg fotografer pemula anda lebih pilih yg mana Nikon D5200 dengan Canon 600D?? soalnya sy bru ambil jurusan Fotografi di ISI Yogyakarta,,yg bagus buat belajar gitu yg mana???atau ada saran lain?

    • Enche Tjin February 18, 2014, 4:31 pm

      @farras Pilihan saya pribadi Nikon D5200 alasan utamanya di kualitas gambarnya.

  • jhee January 24, 2014, 11:07 pm

    Buat pemula bagusan mana antara Canon 650D sama Nikon 5200 ?

    • Enche Tjin January 25, 2014, 3:55 pm

      @jhee Pada dasarnya keduanya cocok untuk pemula Nikon D5200 unggul di kualitas gambar, Canon 650D di fitur yang memudahkan operasi, seperti touchscreen,wireless flash, kompatibilitas lensa.

  • Elzer January 17, 2014, 1:36 pm

    mass.. aku mau dong.. diajarin banyak hal tentang fotografi… kira kira bs didapat dimana ya =,=
    karna saya mencoba pakai nikon D3200 =,= pengaturannya agak susah ya . terkadang hasil yang saya inginkan kurang bisa saya dapatkan. mungkin aku butuh ilmu banyak lagi nieh mas. mohon infonya ya. terimakasih

  • Al'Barca January 10, 2014, 1:41 pm

    mana yang lebih cocok untuk belajar fotografi bagi pemula antara nikon D5200 dan canon 600D atau ?

    • Enche Tjin January 13, 2014, 11:29 pm

      @Al Barca keduanya relatif mudah dipelajari karena memang dirancang untuk pemula.

  • Ri'-Q January 9, 2014, 7:53 pm

    Permisi Ko saya pemula, pingin beli kamera slr…
    Menurut pendapat kokoh yang tepat kamera merek dan tipe apa yang cocok…??? supaya gak salah beli dan gak nyesel setelah belinya…

    Terus antara Nikon D5200 sama Canon Eos 550D lebih bagus mana…

    • Enche Tjin January 13, 2014, 11:32 pm

      @Ri-Q kalau dibandingkan Nikon D5200 lebih unggul

  • mustafa January 1, 2014, 9:34 am

    Ko mau nax nc. Aq pux kamera nikon d3100 kenapa da sebagian gambar da yg kerlap kerlip putih pa da ygslah setting atau da spartx yg rusak? Mksih sblomx

    • Enche Tjin January 2, 2014, 9:54 am

      @mustafa daerah yang kerlap kerlip artinya terlalu terang.

  • alice December 31, 2013, 10:38 pm

    ko mau tanya kalo buat pemula bagusan canon 550d apa nikon d3100?

    • Enche Tjin January 2, 2014, 9:58 am

      @alice tipis bedanya, tapi saya akan pilih Canon 550D

  • juli hermanto December 30, 2013, 11:40 am

    Kalo canon 650d,nikon d5200 ama d3200 yg bgus tuk pemula yg mana koh???soalnya pengen bnget punya tp gak nyyesel belinya.

    • Enche Tjin January 2, 2014, 10:17 am

      @juli semuanya bagus, yang sedikit menonjol dari yang lain Nikon D5200 (kualitas gambarnya).

  • Hendra December 27, 2013, 3:39 pm

    Mantab banget koh ulasannya, jadi nambah pengetahuan setelah baca artikel n jawaban dari koh Enche Tjin.:D

  • edin December 25, 2013, 9:55 pm

    Ko, sy mau nanya nih ko. Sy rencana mau beli dslr ko, oia sy newbie, nah pilihan hati sy cenderung ke Nikon D5200 tapi teman sy nyaranin buat ngambil Canon 600D. Sy galau ko, sy sudah baca banyak artikel yg membahas kedua dslr itu, keliatannya sih (pandangan newbie) emang bagusan Nikon D5200 inceran sy. Tapi kegalauan sy muncul lg ko setelah liat salah satu toko dlsr yg nawarin Canon EOS 600D with 18-55mm IS II + 55-250mm IS II, toko ngasih 2 lensa ko, secara sy newbie sy kurang ngerti sama spec lensa itu cuma tergiur doang krn ada 2.
    Sy minta saran dong ko, sy harus memilih yg mana yg terbaik.
    Terimakasih sebelumnya ko, maaf panjang banget komennya. hehe 😀

    • Enche Tjin December 26, 2013, 12:17 am

      @edin Saran saya sih tetap Nikon D5200 karena kualitasnya lebih baik 🙂

  • edza December 22, 2013, 2:31 pm

    ko minta kasih saran donk…
    saya blum pernh sama skali pegang kamera dslr,tpi saya mw bli.buat belajar saya bingung antara nikon.d3200 apha canon d650….??
    klo boleeh minta penjelasan kekurangannya…
    trus gmn klo mw bli biar gk kena tipu ma penjua…???
    thanks ko…

    • Enche Tjin December 23, 2013, 5:44 am

      @edza dari fitur lengkapan 650D, kualitas gambar bagus D3200. Saya cenderung lebih rekomen 650D. Supaya tidak kena tipu, sebaiknya tau kamera dan aksesoris apa yang kita inginkan sebelum masuk ke toko. Hindari pembelian aksesoris tambahan saat membeli kamera, karena biasanya harganya ditingkatkan cukup tinggi.

  • aas ahmad December 20, 2013, 7:34 pm

    Om sy mau tanya mana yang bgus antara canon XS 50 dngan nikon D3200? soalnya bingung ktanya yg jual itu bgusan canon.

    • Enche Tjin December 21, 2013, 9:49 am

      @aas Tergantung dilihat dari sisi apa, dari kualitas gambar Nikon D3200 lebih bagus. Kalau dilihat dari ukuran dan zoom lensa XS 50. Coba baca plus minus kamera prosumer.

  • vian December 19, 2013, 10:03 pm

    Boleh tanya ko’
    BtW klo m cri kamera digital yang bisa di pakai untuk pas foto,,

    Bagus yang mana?

    • Enche Tjin December 20, 2013, 11:43 am

      @vian budget maksimalmu berapa kira2?

  • mayrisa December 19, 2013, 7:29 pm

    ko. klo saya mau beli kamera pemula tp budget ny 4,5-6 jt. bagus ny apa y? tp yg BM juga ada yg murah bagus yg mana BM atau resmi?

    • Enche Tjin December 20, 2013, 11:49 am

      @mayrisa Canon 1100D sepertinya kamera DSLR yang paling murah saat ini. Yang BM biasanya lebih murah tapi gak ada garansi kalau ada kerusakan.

  • Jones December 15, 2013, 12:03 pm

    selamat siang, minta saran
    apakah canon 60d mudah di pelajari untuk pemula ?

    • Enche Tjin December 16, 2013, 4:28 pm

      @jones lebih sulit jika dibandingkan dengan 650D atau 700D, tapi bukan tidak memungkinkan. Coba baca artikel ini.

  • aas ahmad December 12, 2013, 7:52 pm

    Om saya baru pemula mau nanya mana yang bgus Nikon D5200 atau canon 550D.

    • Enche Tjin December 13, 2013, 11:04 am

      @aas Nikon D5200 lebih bagus

  • Risman December 12, 2013, 7:20 am

    Ko’ saya bingung mo pilih yg mana kualitas foto indoor sama outdoor Canon 600D dengan Nikon D5100 unggul yg mana? kata org beragam, thx ko

    • Enche Tjin December 12, 2013, 5:56 pm

      @Risman bagus D5100 dari segi kualitas gambar in dan out.

  • Indah December 11, 2013, 3:12 pm

    Ko….
    saya baru pemula,,saya sudah beli nikon D3100,,itu bagus gak ko,,?? dibandingkan dgn canon 600D,,
    bagi sarannya ko,,
    makasihh

    • Enche Tjin December 12, 2013, 5:54 pm

      @Indah manfaatkan dan belajar menggunakan apa yang ada, untuk apa dibandingkan lagi 🙂

  • Muh. Syarif December 9, 2013, 1:56 pm

    Sy td mlm browsing om, ada 3 brand dg harga yg hampir2 mirip. Nikon D3100, Canon EOS 1100DC & Sony Alpha SLT a58k. Mana yg lebih unggul ya?? Mohon bantuannya…mksih

  • Muh. Syarif December 9, 2013, 1:12 am

    Om, sy sebagai pemula pengen beli kamera dslr nikon harga 3-5jt_an. Kira2 apa yg cocok ya?

    • Enche Tjin December 9, 2013, 9:32 am

      @Muh. Syarif kalau yang baru coba cari Nikon D3100

  • fadillah November 30, 2013, 9:58 am

    koh…kalau untuk fotografi biar hasilnya bagus pakai dslr yang merknya apa dan tipe berapa?
    terima kasih koh…

    • Enche Tjin December 1, 2013, 5:56 am

      @fadillah rata2 kamera dslr sekarang bagus2 kok, tinggal tergantung budget dan kebutuhan atas fitur2 tertentu atau tidak?

  • nhadi November 16, 2013, 3:43 pm

    ko,
    bagi saranny donk, sebagai pemula lebih bagus beli kamera dlsr tipe yg mana n hargany terjangkau oleh saya?? thnk’s

  • ahmad November 12, 2013, 2:04 pm

    koo saya baru beli camera nikon d 3100
    tu kira-kira camera bagus ga buat pemula
    minta infoo ya koo
    mksihhh……

    • Enche Tjin November 12, 2013, 8:22 pm

      @ahmad cocok 🙂

  • faulana November 6, 2013, 7:43 pm

    sy pingin beli dlsr dengan budged maksimal 5.5 juta, namun saya bingung, di posisi 4juta-5,5juta, itu yang paling bagus itu merek dan seri apa? mohon bantuannya, beli karena kebutuhan nyari tambahan penghasilan

    • Enche Tjin November 7, 2013, 3:27 pm

      @faulana Canon 1100D sepertinya masuk kalau beli yang baru. Kalau beli bekas, Canon 550D atau 600D.

  • Rose November 5, 2013, 1:47 pm

    Omm .. Saya minta saran … Sayangkan sering touring ke tempat-tempat yang terjal .. Jadi canon brapa yang yang seharusny sya gunakan … ??

    • Enche Tjin November 5, 2013, 10:25 pm

      @Rose maksudnya terjal apa ya?

  • tiara November 1, 2013, 2:53 pm

    om kalo buat pemula itu lebih baik cannon 1100d atau 550d ya?

    • Enche Tjin November 2, 2013, 9:25 am

      @tiara lebih bagus Canon 550D, tapi sepertinya sudah tidak diproduksi lagi.

  • lini November 1, 2013, 8:17 am

    Ko,

    Saya baru mau belajar fotografi dan baru beli nikon D5200, namun waktu foto jarak jauh gambar tidak optimal, mohon info sebaiknya saya harus beli lensa type apa untuk ambil gambar jarak jauh.
    Thanks

    • Enche Tjin November 1, 2013, 9:39 am

      @lini Coba cari lensa Nikkor 55-200mm VR

  • Enche Tjin October 11, 2013, 4:44 pm

    @Dodo selamat dan terus berkarya

  • Dodo October 11, 2013, 4:35 pm

    “Tidak semua orang membutuhkan kamera canggih…..” Saya belajar dari kalimat ini Om. Pilihan akhirnya jatuh ke D5100 walaupun dana untuk beli yg lebih canggih ada.
    Sampai sekarang kamera ini dg tambahan 2 lensa (zoom dan fix) udah bisa kemana-mana menghasilkan duit.

  • erich goh October 9, 2013, 3:05 pm

    Camera fujifilm hs50exr cocok buat pemula ngga ya?
    Udah ada reviewnya blom ya?
    Thanx u before.

  • putranto October 6, 2013, 6:45 am

    Kamera profesional yg mahal2 utk ketemu klien…hehehe
    biar klien percaya kalo kita fotografer handal… hahahahaa….

    Saya cuman pake nikon d7100, utk iso rendah hasilnya sih sama dg nikon d3x, bahkan lebih bagus&lbh tajam drpd d3 & d3s.

  • salman October 4, 2013, 11:42 am

    menurut koko. syarat utama foto yg bagus itu harus seperti apa sih?

    tajam, focus yg tepat, exposure yg pas, memenuhi standart aturan fotografi, misalnya aturan sepertiga, Poi yg bagus, angel, momen yg pas. framing yg enak dilihat..

    apakah foto yg bagus itu harus memenuhi semua aturan di atas?

  • hiu23 October 4, 2013, 10:35 am

    Buying a Bösendorfer doesn’t mean you can play the piano. Buying a great camera doesn’t mean you can create compelling photographs. Good pianists can play on anything and a good photographer can make great images with a disposable camera. (kenrockwell), bukan begitu koh? yang terpenting adalah “orangnya” dan kemauan untuk belajar. 🙂

  • yhoga October 4, 2013, 8:45 am

    ow gt ya koh
    kan kalau pakek Ir exposurenya harus lama di atas 10detik, itu nanti apa juga ada efek negatif ke kmera klau sering sering d pakek foto di atas 10 detik
    terima kasih koh, soalnya kalau baca argumen d forum forum malah buat bimbang

    • Enche Tjin October 4, 2013, 4:17 pm

      @yhoga kalau terus terusan digeber, sensor gambar kamera panas dan bisa rusak. Tapi kalau gak terus menerus gpp.
      @hiu23 “Gear is good, Vision is better” David duChemin

  • yhoga October 3, 2013, 10:28 pm

    koh mau tanya
    kalau d3100 saya pasang filter Ir72 tanpa oprek hot mirror apa ada efek sampingnya ke kamera?
    saya pengen coba false colour dengan lensa kit. +55-200
    sekian, thx koh

    • Enche Tjin October 3, 2013, 11:42 pm

      @yhoga kalau pasang filter lensa saja gak ada efek samping ke kamera.

Leave a Comment