≡ Menu

Membuat efek foto Infrared B&W melalui Adobe Lightroom

Untuk membuat foto infrared, cara yang paling populer yaitu kita perlu me-ngoprek (memodifikasi) kamera sehingga mampu menangkap cahaya infra merah. Cara ini agak mahal karena kamera yang dioprek hampir tidak mungkin dikembalikan lagi ke kondisi awal dengan baik. Biaya modifikasi kamera tergantung jenis kamera dan pengopreknya, biaya oprek biasanya berkisar dari 1.5-3 juta Rupiah. Kalau kamera saku mungkin bisa lebih rendah.

Cara yang kedua yaitu memakai filter infra merah yang dipasang di depan lensa. Kelemahan utamanya adalah filter ini pekat/gelap sekali sehingga jika memotret di kondisi cahaya yang kurang baik sangat sulit. Tripod seringkali harus digunakan untuk hasil foto yang maksimal.

Cara lain yang praktis dan hemat menurut saya adalah mengedit via pengolah foto, misalnya Adobe Lightroom. Meskipun hasil foto melalui editing tidak semaksimal dibandingkan hasil foto langsung dari kamera yang dioprek, tapi hasil editing dapat menghasilkan efek foto yang cukup menarik. Contohnya seperti foto dibawah ini:

Foto asli dari kamera. ISO 80, f/2.5, 1/90 detik, 6mm (setara 28mm)

Foto asli dari kamera. ISO 80, f/2.5, 1/90 detik, 6mm (setara 28mm) Ricoh GR IV

Kiri: Konversi B&W secara langsung, Kanan: Konversi via preset Lightroom Infrared

Kiri: Konversi B&W secara langsung, Kanan: Konversi via preset Lightroom Infrared

Konversi hitam putih Infrared terlihat sangat berbeda dengan konversi hitam putih biasa. Perbedaan yang terutama terletak pada tanaman hijau dan langit. Warna tanaman menjadi putih dan warna langit terlihat lebih gelap (abu-abu). Setelah mengunakan preset Infrared, saya mengatur setting kontras, dan B&W mixer sehingga pintu gerbangnya lebih menonjol dan jalan setapak ke pintunya lebih gelap.

preset-ir

Preset Infrared terletak di panel sebelah kiri Lightroom (module Develop)

Setting utama yang berubah saat mengaktifkan preset Inframerah. Warna Hijau dan Kuning di +100 sehingga warna hijau tanaman menjadi putih.

Setting utama yang berubah saat mengaktifkan preset Inframerah. Warna Hijau dan Kuning di +100 sehingga warna hijau tanaman menjadi putih. Selanjutnya kita bisa mengubah setting ini sedikit/ banyak untuk mencocokkan dengan selera/foto yang ingin dibuat.

Hasil proses Lightroom

Hasil final

Contoh foto lainnya yang dikonversi gaya infrared hitam putih

Contoh foto lainnya yang dikonversi gaya infrared hitam putih

Tips tambahan: Foto yang bagus dikonversikan menjadi infared adalah foto pemandangan yang banyak mengandung warna biru dan hijau. Semakin biru langitnya dan semakin hijau tanamannya, semakin dramatis hasil konversinya.

Yuk belajar editing foto dengan Adobe Lightroom – Lihat jadwalnya disini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }

Leave a Comment