≡ Menu

Mencegah kondensasi / pengembunan di lensa

Saat lensa dipindahkan dari ruang yang panas ke dingin atau sebaliknya, ada kemungkinan lensa akan mengalami kondensasi atau berembun. Contoh umum yaitu saat kita keluar dari mobil yang ber-AC dingin ke luar mobil yang panas. Atau sebaliknya, saat kita membawa keluar kamera dan lensa kita dari tempat yang hangat seperti rumah ke luar ruangan yang lebih dingin dan lembab.

Lensa berembun berpotensi merusak lensa dan menimbulkan jamur

Lensa berembun berpotensi merusak lensa dan menimbulkan jamur

Pertemuan antara kamera dan lensa yang hangat ke tempat yang dingin akan membuat uap air menempel dan berkondensasi menjadi embun di permukaan dan di dalam lensa kamera. Jika dibiarkan berlarut atau berulang-ulang, pengembunan ini bisa menimbulkan jamur, karat bahkan korslet.

Cara menghindarinya yaitu memasukkan kamera dan lensa ke dalam plastik kedap udara / ziplock, dan kemudian biarkan kamera dan lensa menyesuaikan dengan suhu baru secara perlahan. Perlu sekitar 10-20 menit untuk menyesuaikan tergantung dari panjang lensa. Lensa yang sederhana dan pendek seperti lensa fix 50mm atau zoom 18-55mm membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menyesuaikan dengan suhu baru.

Jika keburu sudah kondensasi / berembun, jangan lepaskan lensa dari kamera dan masukkan kamera dan lensa dalam plastik dan usahakan mengeluarkan udara dari plastik. Memasukkan penyerap air seperti silica atau beras juga dapat membantu.

Jangan khawatir dan tunggulah sampai kameranya menyesuaikan dengan udara lingkungan. Dalam beberapa kasus, perlu menunggu 1-2 hari untuk memulihkan kamera dan lensa seperti sediakala.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 7 comments… add one }
  • Julio February 15, 2017, 1:34 pm

    Saya ngalamin yg seperti ini, tp saat udh mengembun lensanya, langsung saya copot dari body, saya blower ke optik nya baik depan maupun blakang. Embun langsung sekejap hilang. Apakah cara tersebut salah?

    • Enche Tjin February 15, 2017, 7:17 pm

      Kalau belum parah mungkin bisa, tapi kalau sudah parah biasanya di blow tidak mempan.

  • frans October 9, 2015, 10:01 am

    koh 2 lensa saya kena jamur, saya mau servis sendiri yang saya bingung cara buka lensax,,, saya punya lensa 70-200mm dan 50mm,,, tolong dibantu ya

  • Heru Adi Wibowo November 1, 2014, 11:33 pm

    dari pengalaman sy, belikan anti uv yang anti embun, beres nda perlu tunggu2 lagi,,,palagi ngelap2

  • ardjo kumpul October 19, 2014, 8:36 am

    Makasih, info bagus banget

  • andi February 8, 2014, 6:18 pm

    telat baca ginian, ane br ngalamin kemarin..mau dipake malah ngembun gagal deh poto, padahal menuju kelokasi jauh bener..nyesel banget sumpah..

  • Rony Sutejo January 28, 2014, 2:02 pm

    Nice!

Leave a Comment