≡ Menu

Bahas pembuatan foto Ray of Light

Kali ini saya akan bahas pembuatan foto dengan bias sinar matahari atau populer dengan istilah ray of light (ROL). Foto ini saya buat saat berkunjung ke Green Canyon / Cukang Taneuh di Jawa Barat dekat Pangandaran. Untuk memotret foto ini dibutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan, karena saya tidak terbiasa berenang melawan arus dan saat saya berkunjung masih dalam musim hujan, dimana debit air dan arus cukup kuat.

Pertama-tama kita harus berenang melawan arus ke dalam sungai kecil diantara dua tebing tinggi. Lalu memanjat sedikit ke batu karang dan dari sana saya memotret. Kamera diletakkan ke dalam tas kamera kedap air sewaktu berenang. Tantangannya lumayan juga karena banyak tetesan air dari atas tebing yang membuat kamera dan lensa jadi basah. Sangat saya rekomendasikan untuk membawa kamera dan lensa tahan air (weathersealed) di tempat ini.

Saya juga menyarankan untuk mengunakan filter dengan kualitas tinggi untuk melindungi bagian depan lensa supaya air tidak masuk ke dalam lensa dan memudahkan kita untuk  membersihkan tetesan air. Filter dengan kualitas bagus diperkuat dengan lapisan luar yang anti air dan debu.

ISO 500, f/13, 1/40 detik, 26mm

Ray of light disini jelas terlihat karena cahaya matahari yang menembus aliran sungai kontras dengan warna tebing yang gelap. Air yang menetes terus menerus dari atas tebing membuat suasana lebih dramatis. Cahaya matahari ini berubah-ubah dan dibutuhkan kesabaran dan kecepatan untuk memotretnya. Kita tidak punya banyak waktu untuk berpikir untuk setting kamera. Kalau pakai mode Auto/A/Av, biasanya hasilnya akan lebih gelap karena kamera merasa cahaya terlalu terang. Jika hasil gelap, detail dari tebing bisa hilang. Maka itu, lebih baik mengunakan mode manual dan mengatur setting exposure kamera supaya gelap terangnya oke. Atau kalau tetap ingin mengunakan mode A/Av, gunakan fungsi kompensasi eksposur dan set ke sekitar +1.

Jangan mengunakan shutter speed yang terlalu lambat saat memotret air terjun karena akan membuat foto blur karena goyang, kecuali jika Anda mengunakan tripod. Jika kondisi pencahayaan agak gelap atau hasil foto gelap, naikkan nilai ISO untuk mendongkrak kecepatan shutter speed.

Kami berencana mengadakan tour fotografi ke green canyon dan pantai selatan Jawa Barat dalam 1-2 bulan kedepan. Jika berminat ikutan, kabari via infofotografi@gmail.com atau sms 0858 1318 3069

Tour fotografi terdekat adalah Singapore 25-27 April 2014

Baca juga kiat memotret Ray of Light

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • CaonK February 18, 2014, 2:54 pm

    Sy punya nikon 3100. Pernah saya baca artikel, bahwa 3100 dapat memakai lensa 50 tahun yang lalu. mohon pencerahannya mas, apa memang bisa kamera saya memakai lensa model lama? Trimakasih

    • Enche Tjin February 18, 2014, 4:01 pm

      @Caonk Iya benar, tapi meskipun bisa dipasang dan digunakan, ada fitur penting yang tidak jalan, misalnya autofokus tidak bisa aktif, atau kalau yang sudah sangat lama seperti lensa-lensa yang belum ada autofokusnya seperti lensa Ai. Metering (alat ukur cahaya) juga tidak berfungsi, sehingga saat mengunakan lensa ini hanya bisa mengunakan mode manual dan setting exposurenya harus tebak-tebakan atau menurut aturan/tabel seperti sunny 16, karena tidak ada alat ukurnya. Rekomendasi saya, jika memungkinkan gunakan lensa AF-S yang modern, lensa yang baru ini memang sedikit lebih tinggi harganya, namun lebih praktis untuk digunakan.

  • habibisid February 17, 2014, 10:09 pm

    ko..saya baru mulai buka usaha foto wedding, punya kamera d90 tapi lensa tamron 18-270mm. hasilnya kurang fokus dan banyak noise. lensa nikon yang mana yang cocok untuk pernikahan ya ko?

    • Enche Tjin February 17, 2014, 11:01 pm

      @habibisid Kalau mau yang keren 17-55mm f/2.8, dan juga flash untuk motret low light. Alternatif lain 16-35mm f/4 VR

Leave a Comment