≑ Menu

Sony NEX 7 Review

Sebenarnya, saya tidak ada niat mencoba dan mengulas Sony NEX 7, tapi karena salah satu murid favorit saya titip jual kamera ini dan lensa-lensanya karena pindah ke sistem lain (rumput tetangga selalu lebih hijau hehe), maka iseng-iseng saya membawanya saat tour fotografi ke pantai Tanjung Lesung. Disana, saya hanya membawa Sony Zeiss 24mm f/1.8 dan Sony 50mm f/1.8 OSS. Lensa yang banyak saya gunakan adalah 24mm, karena cukup lebar untuk segala suasana.

sony-nex-7

Ulasan/review Sony NEX 7 ini secara singkat saja, dan menurut pengalaman pribadi dilapangan. Jika ada yang kurang tepat, atau ingin menambahkan saya persilahkan di kotak komentar. Kalau mau nanya-nanya juga oke πŸ™‚

Sebagai pendahuluan, Sony NEX 7 merupakan kamera mirrorless kelas atas yg dirancang khusus untuk fotografer serius. Saat diumumkan pertama kalinya di bulan Agustus tahun 2011, Sony NEX 7 merupakan kamera yang terkenal karena jumlah megapixelnya banyak, yaitu 24 MP. Saat diumumkan, kebanyakan kamera DSLR hanya memiliki sensor 12, 16 dan 18 MP.

Sony NEX 7 terkenal di kalangan fotografer serius karena tactical control-nya. Fotografer serius biasanya menyukai tombol dan switch/tuas sehingga memudahkan mereka mengganti setting dengan cepat. Dibandingkan dengan kamera digital pemula pada umumnya yg hanya punya satu roda kendali, Sony NEX 7 punya tiga roda kendali yg diberi nama Tri Navi. dengan 3 roda, pengguna dapat mengganti ISO, shutter dan bukaan dgn leluasa. Saat pakai mode P/A/S/M, salah satu roda yang sebelah kanan atas berubah jadi kompensasi exposure. Berbeda dengan kamera digital pada umumnya, mengganti mode kamera (auto, manual dll) dilakukan di dalam menu, karena tidak ada mode dial (roda mode/modus).

Sony NEX 7 juga punya switch dan tombol AF sehingga memudahkan kita untuk mengubah antara mode autofokus ke manual fokus. Tombol ini sangat membantu untuk memastikan fokus ke objek tepat. Sayangnya, tombol-tombol tri-navi, dan tombol AF ke MF tidak lagi diterapkan kamera Sony yang lebih baru, yaitu Sony NEX 6 dan Sony A6000.

Kualitas gambar hasil NEX 7 boleh dibilang bagus untuk standar tahun 2014. Saya biasanya memotret dengan setting image quality RAW, dan kemudian mengolahnya melalui Adobe Lightroom. File RAW NEX 7 cukup fleksibel untuk diolah, daerah yang tadinya sangat gelap bisa diterangi cukup signifikan meskipun kualitasnya sedikit berkurang.

Yang saya suka dari Sony NEX 7

  • Ukuran yang relatif ringan, sehingga tidak akan terasa capai saat dibawa jalan-jalan
  • Terbuat sebagian besar dari bahan logam, terasa kualitasnya tinggi dan desainnya memberikan kesan modern dan canggih.
  • Roda TriNavi dan tombol AF/MF
  • Resolusi gambar 24MP cukup besar, kualitas bagus.
  • Respons kecepatan kamera cukup cepat.
  • Elektronik viewfinder yang cukup jelas dan terang, sangat membantu saat memotret di kondisi terang
  • Kecepatan foto berturut-turut yang tinggi
  • Auto BKT tersedia dalam interval dari 0.3 sampai 3 EV (melalui firmware update 1.02).
  • Fokus peaking membantu saat manual fokus. Memudahkan karena seiring dengan memutar cincin fokus dilensa, ada outline berwarna untuk memastikan bagian yang fokus.
  • Bisa mengunakan lensa Sony Alpha atau merek lainnya dengan adaptor

Yang saya tidak sukai dari Sony NEX 7

  • Noise di ISO 1600 cukup banyak saat di view 100%. Ketajaman dan detail foto juga menurun di ISO tersebut
  • Eyepiece untuk viewfinder mudah copot, kurang besar dan agak kaku, sehingga kurang nyaman saat mengintip. Repot bagi yang memakai kacamata. Saya sendiri mencopotnya saat memotret.
  • Kecepatan autofokus sedang-sedang saja.
  • Repot dan lama dalam memindahkan titik/kotak fokus
  • Kadang-kadang autofokus bisa salah fokus, terutama saat mengunakan lensa berbukaan besar dan memotret subjek dari dekat (close-up). Contoh: ingin fokus ke mata, tapi malah rambut/telinga yang fokus.
  • Pilihan ISO kelipatan 1 stop, bukan 1/3 stop seperti kamera canggih lainnya.
  • AUTO ISO tidak bisa diprogram seperti menentukan maksimum ISO dan minimum shutter speed
  • Tidak ada mode dial, untuk mengubah mode Manual, A, P, S, M dan lainnya harus lewat menu
  • Pilihan lensa Sony untuk E-mount tidak selengkap sistem DSLR dan beberapa mirrorless lainnya.
  • Hotshoe tidak universal, jadi harus mengunakan flash Sony. Sedikit flash pihak ketiga yang memiliki flash dengan hotshoe Sony.
  • Tidak water resistant/seal, jadi hati-hati saat motret di pantai atau air terjun
  • Tidak ada port koneksi untuk cable release/timer release

Untuk lensa yang saya coba, Sony 24mm f/1.8 Zeiss dan Sony 50mm f/1.8 OSS, keduanya kualitas badan lensanya bagus karena terbuat dari logam. Ring autofokusnya sangat presisi dan enak diatur. Untuk Sony 24mm, kesan saya lensa ini sedikit terlalu panjang dibandingkan lensa-lensa kompetitor seperti dari Samsung atau Olympus, tapi hasilnya sangat baik untuk sehari-hari. Lensa 50mm juga oke, cocoknya untuk portrait dan detail shot. Harga lensa 50mm relatif terjangkau dibandingkan dengan 24mm Zeiss dan sudah ada OSS (stabilizernya).

Dari pengalaman memotret dengan Sony NEX 7 dalam waktu beberapa hari ini, saya merasa NEX 7 adalah kamera yang cukup praktis untuk berbagai jenis fotografi meskipun banyak yang saya tidak sukai. Yang menyukai fotografi landscape akan menyukai detail yang ditangkap oleh sensor 24 MP dan bobotnya yang kecil. Tapi hati-hati jatuh karena angin atau tersiram air, karena NEX 7 tidak weathersealed. Yang suka jalan-jalan atau street photography akan menyukai ukurannya yang relatif kecil dan lengkapnya tombol-tombol untuk mengganti setting dengan cepat. Jenis fotografi yang tidak cocok untuk kamera ini yaitu untuk olahraga atau action, karena meskipun autofokusnya cukup cepat untuk objek tidak bergerak, tapi kalau yang bergerak, akan sulit bagi NEX 7 untuk mengikutinya dengan mulus. Β 

Secara umum, Sony NEX 7 kamera yang mudah dan nyaman digunakan jika kita sudah terbiasa dengan kendali, tombol dan menunya. Bagi teman-teman pembaca yang ingin membeli beberapa lensa Sony E-mount silahkan memeriksa lapak saya disini. Boleh nego kalau membeli beberapa item πŸ™‚

Contoh hasil foto NEX 7

Foto RAW dari kamera memiliki banyak kelemahan, antara lain wajah yang terlalu gelap dan latar belakang yang terlalu terang. Saya mencoba memulihkan bagian yang gelap dan cukup berhasil membuat wajahnya terang dan memunculkan detail di latar belakang. Kualitas foto tampak masih cukup baik meskipun noise sudah mulai muncul di daerah gelap.

Kiri adalah foto RAW dari kamera, masalahnya adalah wajah yang terlalu gelap dan latar belakang yang terlalu terang. Saya mencoba memulihkan bagian yang gelap dan cukup berhasil membuat wajahnya terang dan memunculkan detail di latar belakang. Kualitas foto tampak masih cukup baik meskipun noise sudah mulai muncul di daerah gelap.

100% dari foto diatas Foto dengan Sony NEX 7, lensa Sony 50mm f/1.8 OSS. f/2.5, 1/640 detik, ISO 100

100% dari foto diatas.Β Foto dengan Sony NEX 7, lensa Sony 50mm f/1.8 OSS. f/2.5, 1/640 detik, ISO 100

Kiri: file RAW original dari kamera, Kanan: Hasil olahan. file RAW Sony NEX 6 cukup fleksibel untuk diolah dan kualitasnya hanya menurun sedikit saat di zoom 100%.

Kiri: file RAW original dari kamera, Kanan: Hasil olahan. file RAW Sony NEX 6 cukup fleksibel untuk diolah dan kualitasnya tidak menurun secara signifikan setelah diedit.

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Karang Bolong Anyer

Sony NEX 7, Sony 24mm f/6.3, 1/50 detik, ISO 100

Jajaran pohon menuju pantai. Sony NEX 7, Sony E-mount 50mm f/1.8 OSS f/4.5, 1/80 detik

Jajaran pohon menuju pantai. Sony NEX 7, Sony E-mount 50mm f/1.8 OSS f/4.5, 1/80 detik

Contoh gambar berukuran lebih besar bisa dilihat di galeri foto saya disini.

Spesifikasi inti Sony NEX 7

  • 24 MP, APS-C CMOS sensor
  • 25 titik Autofokus Contrast-detect
  • Movie recording full HD 60i/p
  • Shutter speed 30 detik sampai 1/4000 detik
  • LCD bisa diputar keatas 921.000 titik
  • Jendela bidik 2.4 juta titik
  • Kecepatan foto berturut-turut 3 fps atau 10 fps
  • Berat: 291 gram tanpa baterai dan kartu memori

Belanja

—————————-
Yuk ikuti jelajahi potensi kamera mirrorless dan belajar setting dan fitur bersama Sony Alpha – 9 Agustus 2014. Daftar 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 28 comments… add one }
  • Lutfi December 8, 2017, 9:01 am

    Koh,saya pemula baru rencana mau ambil camera antara Sony Nex 7 atau Sony Nex 6,yang paling worth it untuk foto dan videografi yang mana? Trus ada gak lensa bokeh yg murah trus mantap utk kamera diatas? Terima kasih

    • Enche Tjin December 8, 2017, 8:21 pm

      NEX 7 tentunya lebih bagus, yang murah 50mm f/1.8 πŸ™‚

  • Dhany May 28, 2017, 9:33 pm

    Om mau tanya kamera mirrorless spesifikasinya cocok buat videografi /vlog
    Dan terdapat jack 3.5mm utk mic external

    Tapi kira2 kualitas audio dari mic internal rata2 kamera mirrorless apakah sudah bagus tanpa mic external??

    • Erwin Mulyadi May 29, 2017, 2:34 pm

      Belum ada mic internal yg bagus setahu saya, untuk kualitas ya tetap perlu mic external atau audio recorder terpisah

  • Cynthia May 4, 2017, 6:33 pm

    Ko, minta saran untuk kamera mirrorless di bawah 4 juta?
    Tujuannya untuk dibawa jalan2, lebih baik yg praktis dan juga tidak banyak noise. Battery life juga diutamakan. Terima kasih ko πŸ™‚

    • Enche Tjin May 4, 2017, 10:50 pm

      Kalau yang baru setau saya minimal 5 jutaan yaitu Canon M10

  • sonya yahya May 19, 2016, 5:39 pm

    ko mau tnya buat foto muka yg bgs kamera apa ya ? yg keliatan smpe detail2nya tpi lowbudget hahaha thx ko

    • Enche Tjin May 20, 2016, 8:12 am

      50mm f/1.8 OSS bagaimana?

  • Andi kahar adil May 2, 2016, 4:56 pm

    Mohon informasi, harga Sony nex 7 yang baru berapa mas?

    • Enche Tjin May 3, 2016, 10:06 am

      Sepertinya sudah gak ada lagi yang baru

  • Yongky April 15, 2016, 10:48 am

    koh, mending pilih sony nex 7 atau nex 5T?
    soalnya harga secondnya tidak begitu terpaut jauh.. terima kasih

    • Enche Tjin April 18, 2016, 7:05 am

      NEX 7 πŸ™‚

  • Helmi July 15, 2015, 11:32 pm

    koh mau tanya.
    untuk pemula yang hobi traveling dan lowbudget, lebih baik samsung nx3000 atau sony a5100? atau ada rekomendasi lain?

    • Enche Tjin July 16, 2015, 11:42 am

      Dari perbandingan kedua kamera, saya lebih suka Sony A5100 untuk traveling, kualitasnya bagus dan kecepatan autofokusnya oke.

  • nico July 2, 2015, 10:31 pm

    Atau nex 6 ?

  • nico July 2, 2015, 10:30 pm

    Om mau nnya, antara sony nex7, sony A6000 sama benQ GH800 bagusan yg mana ? Klo untuk traveling

    • Enche Tjin July 3, 2015, 2:34 am

      Sony A6000 lebih baik terutama autofokusnya jauh lebih cepat, menu dan processornya juga lebih baru.

  • rizky notonegoro February 24, 2015, 1:38 am

    koh saya mau nanya karna masih bingung mau beli sony nex 6 atau nex 7, kalau dari kokoh pribadi lebih milih sony nex 6 atau 7? setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari kokoh di web ini saya jadi bingung milih yang mana.
    terimakasih ko

    • Enche Tjin February 24, 2015, 5:21 am

      Saya sendiri pilih yang NEX 6, alasa utamanya lebih ke hotshoe buat pasang flashnya sudah universal, dan ada roda mode diatas kamera.

  • muhammad taufiqurrohman February 9, 2015, 12:23 pm

    mas kalo boleh tau untuk info saya sendiri mending beli sony kirrorles alpha nex7 atau canon7d mas.. menurut anda enakan yg mana trus hasilnya bagusan mana, jika saya ngambil foto HI,landscape,Model,dan streethunt sama moment mas .. pendapatnya mas soalnya saya bingung milih yg mana

    • Enche Tjin February 9, 2015, 2:22 pm

      Tentunya kedua kamera sangat berbeda ya, yang satu kamera dslr, satu lagi mirrorless. Masing2 ada kelebihan kekurangan yang kalau saya jawab disini perlu 1000 kata hehe.. Intinya kalau suka kamera yang kecil,compact hasil bagus, ya Sony NEX 7, ideal untuk traveling. Tapi kalau ingin foto subjek bergerak cepat seperti olahraga, liputan, foto dengan flash/lampu kilat, bagusan Canon 7D.

  • Laura September 28, 2014, 11:04 pm

    Mas mau tanya, sy selama ini pemakai dslr, jadi tertarik sama mirrorless karena ukurannya yang mungil dan mudah dibawa2.
    Kalau sony nex 7 dengan canon 60D unggul mana mas? Range harganya kurang lebih sama, kalau kualitas juga sama mending mirrorless ya untuk keperluan traveling?

    • Enche Tjin September 30, 2014, 10:02 am

      Perbedaan jenis jadi sulit dibandingkan. Kalau kualitas gambar bagus NEX 7, juga kecilnya. Yang kurang dari NEX 7 dibanding dengan Canon 60D adalah autofokusnya, kalau sukanya untuk foto subjek yang bergerak mungkin akan kesulitan, tapi kalau pemandangan/benda gak bergerak gak masalah.

  • haryadi April 8, 2014, 11:44 pm

    Terima kasih koh, kebetulan dapat FPE di Nat Geo Traveler bulan Maret dan April 2014 berturut2. Saya banyak belajar dari blog ini sejak awal. πŸ™‚

  • Haryadi April 8, 2014, 1:15 pm

    Review yang bagus, Saya pengguna Sony Nex-7….kamera ini saya gunakan untuk street hunting, nightshoot, longexposure dan landscape. Ada 2 kekurangan yang paling mengganggu yaitu:
    1.Batre boros
    2.EVF kacau di lowlight

    Menurut saya EVF di Nex-7 masih butuh perbaikan untuk pemotretan lowlight, karena hampir mustahil menggunakan AF.

    Untuk mengatasinya saya menggunakan alat bantu senter ketika pemotretan gelap, dengan menyinari objek lalu menyetel fokus secara manual.Jangan lupa, tidak ada penanda infinity dilensa E-mount, jadi harus benar2 cermat menggunakan Peaking Fokus.

    Kalau ISO tinggi tidak begitu masalah, hasil foto2 Nex-7 bisa dilihat di http://goo.gl/d0R5bj

    • Enche Tjin April 8, 2014, 2:58 pm

      Trims untuk tambahannya. Ngomong2 saya ketemu fotonya di Nat Geo Traveller bulan kemarin. Selamat πŸ™‚

Leave a Comment