≡ Menu

Mengenal dua jenis distorsi lensa dan solusinya

Distorsi artinya adalah penyimpangan bentuk. Distorsi biasanya terjadi saat mengunakan lensa dengan jarak fokus sangat lebar atau telefoto. Ada dua jenis distorsi yang populer, yaitu barrel dan pincushion.

Disebut barrel karena penyimpangan bentuknya seperti gentong atau cembung keluar. Biasanya terjadi saat mengunakan lensa dengan jarak fokus lebar, antara 10-16mm.

Contoh distorsi Barrel (seperti gentong)

Contoh distorsi Barrel (seperti gentong)

Atas: distorsi barrel. Bawah: Setelah dibetulkan

Atas: distorsi barrel. Bawah: Setelah dibetulkan. Lagi diskusi dengan mahasiswa/i UI

Kiri: Contoh distorsi barrel sebelum dibetulkan. Kanan: Setelah dibetulkan dengan software

Kiri: Contoh distorsi barrel sebelum dibetulkan. Kanan: Setelah dibetulkan dengan software

Distorsi yang paling parah biasanya terjadi saat mengunakan lensa lebar zoom yang berukuran relatif kecil. Distorsi barrel kadang-kadang saya biarkan saja apa-adanya saat memotret alam/nature, karena tidak terlalu ketara dan kadang malah bagus karena memberikan kesan tiga dimensi. Tapi kalau untuk arsitektur / interior atau kalau ada pola-pola garis, distorsi akan sangat mengganggu, karena garis-garis yang tegak lurus jadi melengkung.

Distorsi pincushion (cekung ke dalam) Sering terjadi saat mengunakan lensa tele.

Distorsi pincushion (cekung ke dalam) Sering terjadi saat mengunakan lensa tele.

Cara mengatasi yang paling mudah yaitu dengan mengaktifkan auto correction lens di kamera jika ada. Hasil gambarnya nanti akan bebas distorsi. Tapi keterbatasannya yaitu gak bisa motret dengan file RAW. Jika memotret dengan kualitas RAW, maka kita perlu membetulkannya sendiri.

Di software Adobe Lightroom, ada panel lens correction dan profile lensa berbagai merek yang cukup banyak. Mengaktifkan “enable profile correction” akan mengkoreksi distorsi secara otomatis.

Panel lens profil di Lightroom

Panel lens profil di Lightroom

Banyak profile lensa yang ada di Lightroom versi 5.4 ini. Lensa jadul biasanya gak ada

Banyak profile lensa yang ada di Lightroom versi 5.4 ini. Lensa yang terlalu  jadul misalnya keluaran tahun 70-an biasanya gak ada

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa produsen kamera & lensa tega membuat lensa yang berefek distorsi seperti diatas. Jawabannya mungkin agak rumit. Untuk membuat lensa yang bebas distorsi (terutama lensa zoom yang lebar sekali atau rentang zoomnya jauh) akan sangat sulit dan berakibat ukuran lensa menjadi sangat besar dan berat. Selain itu harga sudah pasti akan tinggi.

Sebagai komprominya, koreksi distorsi lensa akan dilakukan secara software baik di kamera maupun di Lightroom. Sehingga sama-sama senang. Jika memang kita tau bahwa lensa punya kita distorsi, jangan lupa saat komposisi foto jangan terlalu ketat, sisakan sedikit ruang sehingga saat membetulkan distorsi di software, bagian penting difoto tidak terpotong.

—–

Belajar Adobe Lightroom kini bisa melalui workshop 1 hari atau melalui buku Adobe Lightroom yang ditulis khusus oleh Enche & Iesan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • Akhir Yuliono September 26, 2017, 8:47 pm

    Mengapa produsen kamera & lensa “tega” membuat lensa yang berefek distorsi seperti diatas.
    Kenapa ketawa baca ini ya?

  • Avin July 18, 2014, 11:28 am

    Apakah rana foto video juga menjual software resmi adobe lightroom 5.4?

    • Enche Tjin July 18, 2014, 12:01 pm

      Maaf, kita tidak menjual software tersebut.

Leave a Comment