≡ Menu

Pertimbangkan untuk Downgrade

Downgrading adalah ganti kamera ke kelas yang lebih rendah. Bisa berarti lebih murah, lebih pemula, lebih murah. Kebanyakan dari fotografer pro atau amatir selalu berpikiran upgrade, misalnya upgrade kamera yang lebih canggih, lebih besar, lebih mahal, lebih banyak megapixelnya dan sebagainya. Tapi sedikit sekali yang berpikir untuk mendowngrade ke kamera yang lebih cocok.

Saya sendiri mengalami pengalaman downgrading. Setelah mengunakan Nikon D700 selama 4 1/2 tahun, saya malah memilih Nikon D600 daripada Nikon D800/E. Dan belakangan ini saya banyak mengunakan karena dipinjami kamera mirrorless seperti Sony A6000, Samsung NX atau Sony A7/A7S (Soal yang terakhir saya sebutkan ini downgrade atau upgrade mungkin masih perlu diperdebatkan hehe). Kadang saya cuma bawa kamera saku Ricoh GRD IV di kantong celana saya.

Setelah downgrade, kualitas gambar yang saya dapatkan bukan menurun tapi saya rasa sama saja atau malah cenderung meningkat. Meningkatnya kualitas gambar bukan karena alat, tapi karena pengalaman dan ketrampilan saya meningkat dari waktu ke waktu.

Kapan sebenarnya kita perlu menyadari saat yang tepat untuk downgrade?

1. Kamera terasa besar

Kamera dan lensa yang berukuran besar dan lensa panjang tentunya akan menarik perhatian orang-orang disekitar kita, terutama saat berjalan-jalan di keramaian. Kita bisa disangka reporter foto atau bisa jadi dikira orang kaya dan kemudian menjadi target kejahatan atau pemerasan. Misalnya dimintai uang oleh preman, bayar karcis tempat wisata lebih mahal, atau dicopet waktu asyik-asyik foto. Saya sendiri hampir kena copet juga.

2. Kamera terasa berat

Jika kamera dan lensa terasa makin berat, terutama jalan-jalan panjang atau sedang hiking, mungkin saatnya memilih kamera dan lensa yang ukurannya lebih kecil dan ringan. Ganti lensa zoom panjang berbukaan besar menjadi lebih kecil. Misalnya f/2.8 ke f/4. Ganti lensa zoom menjadi lensa fix juga akan membantu meringankan beban.

3. Menu kamera, dan tombol-tombolnya terasa rumit

Jika merasa sering sulit mengingat posisi setelan di menu, dan senantiasa kebingungan dengan fungsi tombol dan isi menu, mungkin downgrade ke kamera yang memiliki antarmuka tombol dan menu yang lebih sederhana bisa mengatasi masalah.

4. Kantong kering terkuras

Membeli kamera yang mahal sehingga dana habis dan tidak cukup untuk membeli lensa-lensa berkualitas dan aksesorisnya malahan bisa merepotkan. Kualitas gambar akan buruk jika mengandalkan lensa jadul yang murah. Lebih baik men-downgrade kamera ke yang lebih murah, kemudian membeli lensa yang berkualitas.

Sekali lagi, downgrading bukan berarti membuat kualitas gambar Anda menjadi semakin buruk, malahan seringkali bisa membuat kualitas gambar meningkat karena Anda akan merasa lebih nyaman, lebih mudah mempelajari memaksimalkan kamera yang lebih sederhana, dan stamina Anda juga akan lebih terjaga saat berjalan jauh.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 11 comments… add one }
  • Sony Zacharias March 29, 2015, 10:45 pm

    Mantap penjelasannya Om..saya gunakan canon 60D, pingin punya lensa EF 24-70mm f/2,8 L USM kira2 cocok ngak Om..dengan camera yg saya miliki dari segi kualitas gambarnya, trus boleh tau harga pasarannya berapa Om..?makasi

  • Hasbi August 21, 2014, 11:47 am

    Iya jg yah….

  • Hasbi August 21, 2014, 9:27 am

    klw sy mau downgrade dr Nikon D7000 ke D5200 dengan pertimbangan sy hanya menggunakan kamera untuk jalan2/travelling… krn D7000 terasa berat dan besar, bgmn menurut ko Enche….

    • Enche Tjin August 21, 2014, 10:04 am

      Boleh juga, 200 gram lebih enteng, tapi kenapa gak sekaligus Nikon D5300 saja bagaimana?

      • rama August 28, 2014, 6:42 pm

        Bnerr bngat pak d5300..lebih ringan ..sipp pak

  • Dani August 18, 2014, 10:32 am

    Ko, mohon pencerahan nya untuk pertanyaan dibawah ini.Mohon maaf kalo banyak 🙂
    1. Saran camera compaq diharga 2 Jutaan dan 3 Jutaan?
    2. Saran camera compaq tahan air diharga 2 Jutaan dan 3 Jutaan?
    3. Saran camera compaq tahan air yang memiliki menu manual (M/AV) dan raw (harga tidak masalah).

    Terima Kasih sebelum nya.

  • Imong August 6, 2014, 10:46 am

    Terima kasih pencerahannya… saya jadi makin mantap untuk ‘downgrade size’ dari DSLR ke mirrorless.. 🙂

  • jay ahmad July 28, 2014, 9:31 pm

    Pencerahan yg bgus. Tks, ko…
    …Mhon saran. Sy pngguna D40x & D3000. Rencna mau gnti slah stu kmera sy.
    Kra2, yg pntas utk sy, apkah D90 (ckup jadul tp klas mnengah), atau D3300 (spek mutakhir, tp pmula)?
    Kperluan, utk wedding & prewed kadang street photografy.
    Mhon ptunjuk master.
    Tks.

    • Enche Tjin July 28, 2014, 10:03 pm

      Saya cenderung ke Nikon D90 untuk keperluan pekerjaan. Coba baca artikel ini

  • Anton July 28, 2014, 4:19 pm

    Saya juga downgrade dari Canon 60D ke Sony A6000 krn alasan yg disebutkan diatas. Sekarang saya lebih sering bawa kamera bepergian utk meningkatkan skill fotografi. Memang sampai sekarang juga fotonya masih bagus(lack of skill). Masih perlu banyak belajar sama pak Enche. 🙂

Leave a Comment