≡ Menu

Tips foto portrait studio : Mengunakan shadow untuk membentuk wajah

Shadow/bayangan bisa kita manfaatkan untuk menutupi bagian tertentu pada wajah dalam foto portrait dengan tujuan membentuk wajah dan membuat kesan yang lebih tiga dimensi. Keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam foto portrait di dalam studio/ruangan adalah kita dapat mengendalikan penyebaran cahaya lebih mudah daripada di luar ruangan.

Saat baru bertemu dengan subjek yang dipotret, biasanya saya akan memperhatikan bentuk wajahnya. Kalau bentuknya ideal seperti wajah supermodel yang wajahnya lancip, hidungnya mancung, tulang pipinya menonjol, seyogyanya pakai cahaya apapun akan tetap keren, gak perlu repot-repot. Foto aja dengan flash diatas kamera juga akan keren. Tapi kenyataannya tidak semua orang beruntung memiliki wajah supermodel. Maka itu kita perlu mengeluarkan beberapa taktik untuk pengaturan lightingnya.

portrait-studio-01

Biasanya, setiap orang memiliki sisi wajah yang lebih fotogenik, entah kanan atau kiri. Jarang sekali orang yang memiliki wajah yang simetri dengan sempurna. Dalam contoh diatas, wajah sebelah kiri  subjek foto lebih menarik daripada kanan. Oleh sebab itu saya akan banyak memotret sisi ini.

Untuk membentuk wajahnya dan supaya terlihat lebih tirus, maka saya memanfaatkan bayangan yang ditimbulkan oleh dua strip softbox (softbox yang bentuknya tinggi tapi langsing) 30 x 120 cm.

portrait-studio-02

Lalu saya coba berbagai angle, yang dibawah ini anglenya dari atas, dengan lensa 50mm f/1.4 di bukaan f/1.4. Maka itu ruang tajamnya sangat sempit. Fokus di satu mata, mata lainnya sudah blur. Hasilnya foto dibawah ini:

portrait studio

Singkat kata, memainkan lampu studio dan bereksperimen dengan berbagai softbox sangat menarik untuk membentuk wajah. Lampu flash bukan hanya kita gunakan untuk menerangkan subjek, tapi dengan pengarahan dan penempatan lampu yang pas, kita dapat membuat foto yang lebih menarik.

portrait studio shadow

Hari Minggu, tanggal 3 Agustus 2014 ini saya akan mengadakan workshop creative lighting studio untuk portrait. Kita akan bahas banyak setting lampu. Tidak sulit asal kita tau sedikit dasar fotografi bisa ikut dalam workshop ini. Workshop ini tidak sering saya adakan, jadi, kalau ada waktu jangan lewatkan dan daftar ke 0858 1318 3069 – infofotografi@gmail.com

Trims untuk talent yang cantik, Marla Yunita.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • Ani Heryani March 28, 2016, 4:16 pm

    ko, untuk foto studio dirumah produk baju yang di foto full body, lampu studio apa aja yah yg di butuhin, dengan latar warna putih itu, nama nya apa?

    • Enche Tjin March 28, 2016, 11:53 pm

      Coba cari paket lampu studio, kalau bisa tiga lampu dengan softbox.

  • Taufik March 22, 2015, 1:12 am

    apalah memakai lampu flash atau continous light akan memberikan efek yang berbeda ko?

    • Enche Tjin March 22, 2015, 9:34 am

      Efeknya sama, bedanya kalau continuous lemah, bersinar terus menerus, flash jauh lebih terang, dan sekejab saja.

  • Liberius Vincencius Wangga December 16, 2014, 4:21 pm

    Saya suka mempelajari artikel anda karena saya suka memotret. Terimakasih anda telah memberikan pemahaman kepada saya bagamana photografi.

    • Enche Tjin December 16, 2014, 8:23 pm

      Sama-sama

Leave a Comment