≡ Menu

Bahas foto : editing untuk street photography

Foto dibawah ini saya buat saat workshop photography ke pasar lama Tangerang. Saat “blusukan” ke gang-gang dibelakang pasar, saya menemui rumah yang cukup berkarakter. Jendelanya bercat kuning (warna favorit saya), dan temboknya biru. Saat mengintip melalui jendela, saya melihat ada seorang nenek sedang duduk di dalam.

Masalah klasik fotografi yang saya alami adalah pencahayaan yang kontras di luar ruangan yang diterangi oleh cahaya matahari dan di dalam yang diterangi oleh cahaya lampu rumah. Akibatnya hasil foto di layar LCD, bagian dalam rumah terlihat sangat gelap.

DSC07599-3

Tapi menurut pengalaman dan pengetahuan saya, saya bisa memulihkan daerah gelap tersebut di Lightroom jika saya mengunakan image quality = RAW. Kemudian di Lightroom, saya bisa menerangkan bagian yang gelap dengan mengunakan adjustment brush.

Di sesi review, saya mencoba memulihkan daerah yang gelap tersebut dan ternyata bisa dan terlihat lebih jelas.

Ada dua pin kendali yang saya buat.

Pertama, pin untuk menerangkan bagian dalam ruangan secara keseluruhan. Setting exposure +0.33 seperti yang terlihat panel sebelah kanan. Warna merah menandai daerah yang saya edit.

editing-01

Kedua, pin untuk menerangkan ruangan terdalam. Karena ruangan dalam jauh lebih gelap, saya perlu menaikkan exposure hingga 1.2 stop dan juga menaikkan setting-setting lain supaya pencahayaan lebih seimbang dengan yang diluar.

editing-02

Hasil akhirnya seperti ini: Foto bisa diklik untuk tampilan lebih besar

Yang saya sukai dari foto diatas adalah memberikan kesan tiga dimensi dalam media dua dimensi. Adanya nenek yang duduk memberikan kehidupan dalam foto ini. Nenek tersebut juga mengenakan sarung yang sama dengan yang digantung memberikan kesan pola warna yang menarik.

Jadi, editing bisa sangat membantu untuk mendapatkan hasil foto yang seimbang terang gelapnya, seperti kasus diatas (street photography/interior), dan juga untuk foto pemandangan.

—————–
Belajar software Adobe Lightroom bisa melalui workshop 1 hari.

Atau bisa juga belajar dengan mengunakan buku panduan langkah demi langkah belajar Adobe Lightroom.

Untuk mendaftar atau memesan bisa hubungi 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 13 comments… add one }
  • Rizkisapari September 12, 2016, 6:16 pm

    Harus pakai file RAW ya koh?
    Kalo JPEG biasa bisa gk?

    • Enche Tjin September 13, 2016, 12:04 am

      Bisa, tapi kurang maksimal saat editingnya.

  • Arif March 8, 2015, 6:08 pm

    Om tanya nih, menurut om, street photography apakah harus melewati proses editing?

    • Enche Tjin March 9, 2015, 12:41 am

      Pada dasarnya setiap foto digital harusnya di edit untuk memperbaiki, menyempurnakan dan supaya sesuai mood yang ingin disampaikan.

  • haikal February 7, 2015, 11:24 pm

    Pak saya pernah liat foto motor malam hari dari depan dengan lampu menyala trus bintang2 d belakanya juga kelihatan. Itu gmn caranya y? Apa sama seperti teknik ini atau ada teknik yg lain?

    Terimaksih

    • Enche Tjin February 9, 2015, 12:01 pm

      Gak begitu kebayang maksudnya, kemungkinan pakai flash untuk menerangi motornya, lalu motretnya ditengah malam.

  • Wahyu December 12, 2014, 8:44 pm

    Saya selalu suka dengan street photography… Karena foto-foto nya bermakna dan lebih berasa dekat dengan kehidupan sehari-hari…

    Pertanyaan saya agak melenceng dari topik yg sedang dibahas, karena menyangkut legalitas pada street photography… Apakah kita boleh memfoto orang lain di tempat umum? Apakah fotografer bisa melanggar hukum jika subjeknya merasa terganggu dgn aksinya (memotret) di tempat umum? Apakah hasil fotonya boleh dipublikasikan untuk non komersial di sosial media (flickr, FB, instagram, dll) atau situs pribadi?

    Terima kasih

    • Enche Tjin December 12, 2014, 8:46 pm

      Boleh kalau ditempat umum. Hasil foto boleh dipublikasikan asal tidak untuk komersial (hal2 yang berkaitan dengan jualan seperti iklan, bahan marketing dll)

  • Afif December 9, 2014, 10:38 pm

    Artikelnya sangat meninspirasi, Pak.
    Baru tahu cara menggunakan adjustement brush.

  • yusup December 9, 2014, 4:06 pm

    Ini jg bs diterapkan utk membuat terang muka yg gelap akibat backlight, Ko? Jd utk backlight g perlu pake flash. Krn bbrp kali sy pake flash, muka jd terang, tp detail langit N background jd washout. Ato ada tips lain utk mengatasi?

    • Enche Tjin December 9, 2014, 5:28 pm

      Bisa, tapi kalau foto portrait backlit, lebih bagus pakai flash untuk menyeimbangkannya. Untuk teknisnya memang perlu dipelajari kombinasi setting yg tepat untuk masalah tsb.

  • anto December 9, 2014, 2:33 pm

    Kalo pake spot metering gimana pak?atau pake photoshop aja dgn cara seleksi area gelap trus naikkan levels/curve?apakah hasilnya sama dengan contoh di atas?makasih..

    • Enche Tjin December 9, 2014, 7:23 pm

      Spot metering gak membantu, karena kalau spot diarahkan ke dalam ruangan, yg luar ruangan akan jadi putih/overexposure.

      Kalau pakai photoshop bisa juga. Hanya saja saya menemukan pakai lightroom paling cepat dan mudah langkahnya.

Leave a Comment