≡ Menu

Tips Editing soft pastel / vintage look dengan Adobe Lightroom

Kadang-kadang waktu ngobrol tentang editing, ada yang menanyakan bagaimana membuat gaya foto dengan tone pastel / vintage yang biasanya dibuat dengan film kamera jaman dahulu. Karena saya suka yang simple-simple saja, saya biasanya mengunakan Adobe Lightroom untuk mengedit foto. Di Lightroom, yang perlu diatur adalah di bagian Tone Curve.

Foto dibawah ini adalah foto asli sebelum di edit.

frisca-putri-yulisa

Pertama-tama klik dulu simbol Curve yang berada disamping tulisan Tone Curve seperti yang sudah saya tandai dengan lingkaran merah dibawah ini. Tujuannya supaya kita bisa menggeser batasan titik hitam dan putih.

01-original

Dengan menggeser batas titik hitam dan putih, penampilan histogram juga berbeda. Bagian kiri dan kanan dari histogram menjadi kosong

Dengan menggeser batas titik hitam dan putih, penampilan histogram juga berbeda.

Yang penting adalah menggeser titik kiri bawah ke atas, kira-kira 15%, kemudian turunkan titik paling kanan sekitar 2%. Angka-angka ini tidak eksak, tapi lebih ke selera saja. Titik-titik lain yang di bagian tengah juga untuk coba-coba saja. Dalam proses editing, jangan takut-takut dan coba-coba saja. Kalau tidak sesuai harapan, kita selalu bisa mundur lagi ke langkah sebelumnya dengan panel History yang terletak disebelah kiri.

Kalau kita perhatikan histogram juga akan berubah, saat titik hitam dan putih kita ubah, maka bagian histogram sebelah kiri dan kanan jadi kosong. Hal ini berarti dalam foto kita tidak akan ada warna hitam pekat atau putih murni.

Setelah mengatur Tone Curve, saya biasanya akan sedikit menurunkan nilai Saturation supaya warna agak pudar seperti foto hasil kamera film. Dan juga menambahkan nilai Grain (di panel Effects) supaya kesan foto lebih jadul dengan adanya bintik-bintik seperti noise.

Foto dibawah ini adalah foto hasil editing dengan mengubah Tone curve dan beberapa setting lain, diantaranya saturation -5, vibrance -10, grain +10.

frisca-putri-yulisa-vintage

Editing vintage diatas cocok juga untuk dikonversi ke hitam putih / black & white.

frisca-putri-yulisa-bw

Tentunya editing gaya ini cocok untuk diterapkan di foto jenis apa saja, tapi yang paling cocok menurut saya adalah untuk foto portrait atau street photography terutama untuk objek/arsitektur tua.

vintage-editing

 

Jika sudah menemukan formula tone curve yang disukai, gak ada salahnya di simpan/save sebagai Preset dengan mengklik simbol + disebelah panel Presets. Tujuannya supaya kita bisa mengaplikasikan ke foto-foto lain dengan mengklik nama preset yang sudah kita save.

preset-lr

——————————–
Untuk mempelajari Adobe Photoshop Lightroom, bisa melalui workshop satu hari, atau dengan membaca buku Adobe Lightroom karangan saya dan Iesan.

Buku tersebut tidak tersedia di toko buku. Untuk memesan, kirimkan alamat Anda ke 0858 1318 3069 atau e-mail infofotografi@gmail.com

Talent: Frisca Putri Yulisa

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • mesh December 22, 2014, 12:25 pm

    siang pak, saya mau bertanya terkait adobe lightroom.

    untuk beberapa foto saya, saya menggunakan adobe lightroom untuk mengoreksi WB dan kontras di foto-foto saya.

    yg ingin saya tanyakan, kenapa ya setelah foto saya import masuk ke lightroom, foto tersebut saya pilih (click) dan seketika foto tersebut berubah jadi gelap (exposure turun, contrast turun, saturasi turun) padahal di foto dari kamera exposure dan kontrasnya sudah cukup bagus tp begitu di click di lightroom foto berubah dengan sendirinya. saya memotret dengan file RAW pak. apakah ada settingan dari lightroom saya yg salah ya pak?

Leave a Comment