≡ Menu

Refleksi tahun 2014

Selamat tahun baru 2015!

Tahun 2014 merupakan tahun yang cukup sibuk dan penuh aktivitas bagi Infofotografi. Untuk kelas, banyak kelas baru yang kita buka, antara lain kelas mastering art & photography techniques, kelas ini merupakan kelanjutan dari kursus kilat dasar fotografi.  Untuk yang baru beli kamera dan ingin tahu lebih jelas apa yang harus diset, kita buka kelas kupas tuntas kamera digital.

Selain itu ada workshop macro photography dan editing photoshop makro art, creative water effects dan street & human interest photography. Juga ada kelas video editing dan sharing tentang fine art photographyDi akhir tahun 2014 ini, Infofotografi juga berkesempatan bekerjasama dengan Sony Indonesia dalam menyelenggarakan beberapa workshop tentang teknologi kamera mirrorless. Mudah-mudahan di tahun depan akan ada workshop baru yang lebih bervariasi lagi.

Setelah belajar teori dikelas, penting ada kegiatan praktik, maka itu kita sering mengadakan tour fotografi: Pangalengan, Sawarna, Tanjung Lesung, Cirebon, Yunnan selatan (Yuanyang), Yunnan utara (Lijiang-Shangrila-Deqin). Tahun depan akan diusahakan lebih banyak tour foto supaya bisa lebih banyak latihan dan membuka wawasan kita. Sementara ini yang sudah diprogram yaitu Bukittinggi (Februari), Yunnan Timur (Maret), Kamboja (Juni).

Di bulan Mei 2014, kami juga sempat bikin pameran foto dengan topik Kamboja. Hasil foto-foto disumbangkan langsung oleh peserta tour.

Untuk buku, ada tiga buku yang kita luncurkan yaitu: Kamus fotografi A-Z: merupakan buku kolaborasi saya dengan mas Erwin Mulyadi. Smart guide yang merupakan revisi dari buku panduan memilih sistem kamera dan lensa, dan buku belajar editing dan manajemen foto dengan Adobe Lightroom yang saya susun dengan Iesan Liang. Tahun depan ada rencana untuk menyelesaikan beberapa buku lagi.

Terima kasih bagi pembaca Infofotografi.com, instruktur-instruktur yang telah berbagi ilmu di workshop-workshop, peserta workshop maupun tour, kontributor penulis Infofotografi dan pelanggan ranafotovideo.com. Mudah-mudahan di tahun depan makin meningkat kemampuan fotografinya.

Salam sukses dan sekali lagi Selamat tahun baru 2015!

Enche Tjin, Iesan Liang, Erwin Mulyadi, Adi S., Eko Adiyanto, Bisma S.
Team Infofotografi.com 2014

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • aan January 3, 2015, 7:57 pm

    Slamat taun baru jg ko enche…Smoga taun 2015 infofotografi smakin keren postingan.y…
    Saat taking firework menggunakan bulb mode (nikon) auto iso sensitivity controlnya berpengaruh gak? (Misalnya kita set minimum shutter speednya 1/15s)
    Thankz

    • Enche Tjin January 3, 2015, 11:27 pm

      Jangan, ISOnya rendah saja seperti di ISO 100

      • aan January 4, 2015, 11:09 am

        Jd.kita perlu aktifkan(on) auto iso senstvty gak saat pake bulb ?

        • Enche Tjin January 4, 2015, 11:31 am

          Tidak, sebaliknya di OFF saja

          • aan January 4, 2015, 11:56 am

            Uk…thankz

  • slamet kurniadi January 1, 2015, 8:20 pm

    Luar biasa Ko,, saya orang yang banyak sekali belajar fotografi lewat internet,, terutama di website2 fotografi, dari sekian banyak website fotografi di indonesia hanya website ini yg selalu saya kunjungi, saya selalu tunggu setiap postingan terbaru, karena website ini yg menyajikan ulasan tentang fotografi yg begitu nyaman untuk di pelajari, baik dr segi bahasa, penyampaian. Ringan dan mudah di mengerti. Semoga d tahun 2015 ini semakin berkembang, semakin besar terimakasih buat pelajaran dalam thun 2014. Sukses selalu Ko. Kapan2 Main2 ke Lombok.

Leave a Comment