≡ Menu

Tips foto editing Sepia

Sepia adalah salah satu proses foto yang menambahkan tone (warna) ke foto hitam putih untuk memberikan kesan yang lebih hangat. Sejarah sepia ini sudah cukup lama, yaitu dari tahun 1880. Tujuan membuat foto sepia ada dua, pertama adalah supaya foto hitam putih terlihat lebih menarik, kedua adalah sebagai pengawet, karena unsur kimia yang ditambahkan ke dalam foto memperpanjang umur foto.

Di era fotografi digital, foto sepia sudah tidak efektif untuk fungsi pengawet, tapi lebih untuk memberi kesan hangat dan nostalgia. Foto yang cocok dijadikan untuk sepia mirip dengan foto hitam putih (Baca: Kapan hitam putih). Bedanya, kesan foto sepia lebih terkesan jadul, jadi lebih cocok jika isi (content) fotonya jadul pula. Misalnya mobil tua, orang tua, kebudayaan tradisional, bangunan tua.

Selain itu, untuk portrait juga oke, seperti dibawah contoh dibawah ini. Meskipun bukan bertema “tua”, tapi bisa memberikan kesan yang lebih hangat, memberikan kesan pribadi yang lebih ramah dan friendly.

mayanda-fb

Cara proses saya cukup sederhana, yaitu mengunakan Adobe Lightroom (seperti biasa hehe). Langkah pertama adalah mencari preset Sepia yang terletak dipanel sebelah kiri. Kemudian di klik saja.

sepia-preset-lightroom

Jika tidak puas hasilnya, bisa mengatur lagi saturasi dari warna coklatnya di panel Split Toning (bagian kanan layar), dan juga bisa mengatur gelap terang komposisi warnanya lewat panel Black and White Mix. Fokuskan perhatian di bagian Orange (warna kulit) dan warna Magenta/merah (warna lipstik/bibir).
sepia-lightroom-tips

Selamat mencoba.

—-
Bagi yang ingin belajar Adobe Lightroom, dapat melalui workshop satu hari (jadwal disini), atau otodidak dengan membaca dan mengikuti langkah-langkah di buku kursus editing Adobe Lightroom yang saya tulis bersama Iesan.

Model: Mayanda Nabila

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • ahmed March 11, 2015, 5:23 pm

    untuk lightroom sendiri apa koh enche menyediakan software nya, klo mau beli dmn yaa….tks

  • nikonian February 12, 2015, 11:52 am

    Koh mau tanya, terlepas dari postingan diatas, aq mau beli lens wide buat nikon d90 sya, kira2 antara Tokina 12-24 sama 11-16mm.. Lebih mantep mana yah.. Dan ccok nya buat situasi sperti apa untuk msg2 lensa.. Terima kasih

    • Enche Tjin February 13, 2015, 5:31 am

      Dari ketajaman dan bukaan besarnya 11-16mm lebih bagus terutama kalau suka foto yang blur latar belakang dan ditempat yang gelap. Kalau 12-24mm lebih lega zoomnya lebih praktis dilapangan. 16mm sering terasa masih agak terlalu lebar.

  • joko February 10, 2015, 4:46 pm

    koh, untuk bisa install lightroom minimal dengan spek laptop spt apa ya? kalo untuk photoshop harus yg gimana juga ya biar lancaar..mumpuni

    • Enche Tjin February 10, 2015, 7:15 pm

      Kalau Lightroom/Photoshop processornya sebaiknya minimal intel pentium core duo lebih baik i5, memory 8GB, MS Windows 7 atau 8, harddisk kosong minimal 2 GB.

Leave a Comment